Sabtu, 22 Desember 2007

kesan pertama begitu menggoda

Pernah ingat akan slogan ini??? Tapi benarkah dengan menggunaan produk itu maka kesan pertama begitu menggoda??? ternyata salah. Jadi bagaimanakah agar kesan pertama begitu menggoda???

Pertama kita harus mengetahui apa yang orang tangkap pada pertemuan pertama. Jawabannya:
a. mereka menangkap informasi awal dengan memperhatikan bahasa tubuh, kata-kata dan respon kita ( con: Jika anda bertemu seseorang yang sedang marah maka anda akan menggolongkan sebagai orang pemarah )
b. membentuk kesan dan memberikan penilaian seperti apa diri kita dan memprediksi sikap kita di masa depan ( ketika berinteraksi akan banyak ucapan. apakah ucapan membuat anda bangga, dihormati atau sebaliknya. Jadi untuk hal emosional ini untuk mendapatkan kesan pertama yang positif adalah memperhatikan perasaan orang lain terhadap dirinya)
c.menilai diri kita dan menilai karakter kita. ( con jika orang merasa dipahami maka mereka akan memproyeksikan kesenangan terhadap anda dan memandang positif anda, begitu pula dengan sebaliknya)

Untuk di dalam suatu percakapan, interaksi akan dipengaruhi oleh
a. perasaan diri anda sendiri

b. perasaan anda terhadap lawan bicara
c. perasaan lawan bicara terhadap anda
d. perasaan lawan bicara terhadap dirinya sendiri

Dari keempat perasaan diatas yang paling penting dan paling sering dilupakan adalah yang nomor 4 yang memiliki arti mengutamakan kepentingan dan perasaan orang lain di atas kepentingan dan perasaan diri sendiri. Sebagai bukti nyata orang akan mencari orang lain yang memberi perasaan dan kuuntungan yang mereka inginkan dan orang yang paling banyak memberi mereka keuntungan yang paling mereka inginkan (hukum timbal balik).

Masuk ke bagaimana bersikap baik dalam pergaulan. Ternyata membutuhkan 4 modal yaitu apresiasi, koneksi, hiburan dan pencerahan. Apresiasi adalah saat anda menunjukan bahwa anda memahami dan menghargai kualitas positif seseorang. Koneksi adalah mencari titik temu dengan seseorang bisa melalui persamaan minat atau pengalaman yang sama. Hiburan adalah bagaimana membuat orang merasa senang, gembira sebagai contoh adalah tersenyum. Pencerahan adalah sesuatu yang memberikan stimulasi dan menjadi pribadi yang menarik bagi orang lain.

Jadi kesan terhadap seseorang terbentuk dengan sangat cepat dan tanpa disadari. Kesan timbul melalui kata-kata dan tindakan diawal pertemuan. Perilaku di awal menggambarkan perilaku secara keseluruhan, meskipun tidak benar. Memberikan kesan pertama yang positif adalah mudah, yaitu fokuskan pada perasaan orang lain dan khususnya perasaan mereka terhadap diri mereka sendiri karena adanya hukum timbal balik. Hal itu dapat terpenuhi dengan menunjukan apresiasi terhadap sifat-sifat positif mereka.


Referensi:
Demarais Ann, Valerie White
Pentingnya Kesan Pertama, Jakarta
Gramedia Pustaka Utama, 2005

referensi photo:
http://images.lifescript.com/www/LifeScript/quiz/FirstImpression_pic.jpg

Related Posts by Categories



3 comments:

Strategi Marketing mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya,
semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
Bisnis Internet
Internet Marketing

Cara Membuat Website

X-Blog Contest mengatakan...

tips pergaulannya menarik bro...

busana muslim mengatakan...

woww great post good luck

Artikel Favorit dalam 1 minggu