Minggu, 13 Januari 2008

Identitas Gajah di tahun Tikus Tanah

Sadar atau tidak sadar di artikel sebelumnya tentang Gajah Mada anda telah menemukan tiga buah kata gajah yaitu Gajah Mada, Gajah Mungkur dan Gajah purba. Apa makna dibalik ketiga gajah tersebut. Cari jawabannya sendiri ajah yah.

Gajah adalah nama sebuah binatang yang mudah dikenal karena besar. Gajah juga dijadikan simbol akan kepintaran dan kebijaksanaan yang dikenal dengan Ganesha (yang mana digunakan sebagai lambang ITB).

Tahun 2008, menurut kepercayaan orang Tiong Hua adalah tahunnya tikus tanah. Tikus adalah lambang kecerdikan dan pintar yang mana digunakan pula di dunia anak-anak (mickey mouse). Di dalam agama Hindu-Budha sebagai lambang dari keberuntungan yang mana di Jawa terkenal dengan dewa Kuwera (Zambala).

Sadar dan tidak sadar gajah dan tikus adalah lambang kecerdasan dan keberuntungan. Gajah yang merupakan simbolis dari budaya Hindia dan tikus yang merupakan simbolis 12 shio dari Tiong Kok. Apabila gajah dan tikus bersatu adalah simbol dari dewa Ganapati. Ganapati yang merupakan dewa penganut Hindu Budha.

Kesimpulannya Gajah Mada adalah tokoh yang mempersatukan bumi nusantara, Ganesha adalah simbol kecerdasan dalam keilmuan, Ganapati adalah dewa keberuntungan dalam ekonomi. Jadi identitas apa yang akan dilakukan oleh pemimpin, diriku, dan dirimu pada tahun 2008?

Enjoy, peace and love from me.

Related Posts by Categories



0 comments:

Artikel Favorit dalam 1 minggu