Rabu, 23 Januari 2008

Sudah Mandiri???

Mandiri memiliki arti hidup sendiri tanpa bergantung dengan orang lain atau hanya sebatas mandi sendiri. Hihihi, jadi inget plesetan ketika sd. Jadi jika kutanyakan pada dirimu, apakah anda sudah mandiri dalam arti yang sebenarnya, untuk hidup berumah tangga mapan??

Aku bertanya hal ini karena aku bingung dengan perhitungan yang mana menyatakan batas hidup mandiri. Perhitunganku sederhana saja, cukup memiliki sebuah rumah dan kendaraan dimana bukan milik bersama (orang tua) dan telah bebas dari kredit. Milik bersama berarti anda masih bergantung terhadap orang tua, belum bebas dari kredit berarti masih meminjam dari bank (jadi kudu bayar khan sama ajah utang).

Anggap rumah dan kendaraan yang dibayarkan dengan kerdit memiliki harga z. Bunga per tahun adalah 12%. Lama kredit yang dilakukan adalah 20 tahun. Nah hitung-hitung maka total harga yang kudu dibayarkan adalah 3.4x dari harga z. Jadi biaya yang dikeluarkan perbulan adalah sekitar 0.014x dari harga z. Contoh jika harga z adalah 500 juta maka biaya perbulan adalah 7 juta. Perhitungan kasar ini belum termasuk biaya makan, keperluan sehari-hari, pajak, pengobatan, dll.

Kesimpulanku: Mayoritas masyarakat kita hidup dalam kemandirian yang semu karena pada kenyataannya masih ada utang yang belum terselesaikan.

Jadi untuk saat ini apakah dirimu sudah pantas dikatakan dapat hidup mandiri? Jika belum, sampai kapan? 10 tahun atau 20 tahun atau lebih?

enjoy, peace and love from me.

referensi foto:
http://farm2.static.flickr.com/1117/1082322928_7765b5eed5_m.jpg

Related Posts by Categories



0 comments:

Artikel Favorit dalam 1 minggu