Selasa, 01 Januari 2008

Wayang di pergelaran

Untuk mendukung program pemerintah visit Indonesia 2008 tidak salah bukan kita melihat sedikit kebudayaan kita yaitu wayang. Apa sih wayang itu dan apa yang ada di dibenak anda? Benda dengan gambar aneh kemudian dimainkan di belakang layar dengan bahasa jawa dan gamelan. Bener nda????

Sebenarnya, wayang di pergelaran yaitu wayang yang memadukan beraneka ragam seni, dimulai dari seni drama, seni suara, seni sastra, seni rupa dan sebagainya. Dalam pergelaran tersebut terdapat peran sentral yaitu dalang dengan dibantu dengan pengrawit, swarawati dan lainnya. Mereka mewujudkan wayang menjadi sajian seni yang menarik dalam ujud yang utuh baik secara estetika, etika maupun falsalfahnya.

Lalu apa sih yang menarik dari wayang itu jika kita melihat bayangannya saja dalam suatu pertunjukan? Nah, itu merupakan suatu kesalahan besar. Wayang bukanlah sekedar permainan bayang-bayang (shadow play) melainkan yangane ngaurip yaitu bayangan kehidupan manusia. Jadi dalam pertunjukan wayang, dapat dinalar dan dirasakan bagaimana kehidupan manusia sejak lahir hingga mati dan perjalanan hidup manusia untuk berjuang menegakan yang benar dengan mengalahkan yang salah.

Pada kenyataannya wayang dan seni pendalangan sering disebut dengan teater total. Hal ini disebabkan setiap lakon wayang digelar dalam pentas total, dengan diutamakannya ketotalan kualiatif yang dinyatakan dalam bentuk lambang-lambang. Cerita dan seluruh peralatan berguna untuk mengekspresikan keseluruhan hidup manusia. Ruang kosong tempat pentas wayang melambangkan alam semesta sebelum Tuhan menciptakan adanya kehidupan. Layar atau kelir sebagai angkasa, pohon pisang sebagai bumi, blencong atau lampu sebagai matahari, wayang melambangkan manusia dan makhluk penghuni dunia lainya, gamelan untuk keharmonisan hidup. Bahkan kehadiran penontonpun ada maksudnya yaitu sebagai roh yang hadir dalam pentas wayang. Jadi penonton merupakan satu kesatuan dalam pergelaran tidak hanya untuk menonton tetapi diajak berpikir dengan kemampuan penalaran, rasa sosial dan filosofis.

ok enjoy, peace and love from me.

Referensi:
Ensiklopedi Wayang Indonesia , Jakarta, Sena Wangi, 1999
http://static.flickr.com/64/172088580_954ef25408_m.jpg

Related Posts by Categories



1 comments:

ary mengatakan...

wayang kulit maupun pertunjukkan wayang kulit adalah karya seni yang sangat indah..
sebelum adanya televisi dan teknologi lainnya, seniman dulu sangat cerdas dalam membuat media hiburan dan pendidikan melalui pertunjukan wayang (terutama wayang kulit yang memakai kelir)

Artikel Favorit dalam 1 minggu