Kamis, 14 Februari 2008

Dewi Samudra

Perjalanan kali ini adalah ke Vihara Dewi Samudra yang sering disebut Klenteng Tian Hou Gong. Klenteng yang berada di Bandengan Selatan, Jakarta ini ternyata sudah tua lohhh.... Klenteng ini dibangun pada Tahun 1784 dan dewa yang paling dikenal adalah dewa Ma Zu Po.

Dahulu kala para perantau Tiong Hua (umumnya dari Tiongkok Selatan terutama dari Fu Jian) membawa kultur dan dewa pelindung mereka. Yak benar! Salah satunya adalah dewa Ma Zu Po. Btw sebelum menjadi dewa Ma Zu Po adalah manusia biasa dilahirkan dari keluarga Lin anak ke 6 di kabupaten Pu Tian dengan nama Lin Mo pada tahun ± 960 Masehi. Setelah kisah entah bagaimana akhirnya Lin Mo menjadi dewa yang dipuja untuk perlindungan para pelaut (nelayan), pedagang, bencana (kebanjiran, kekeringan dan penyakit). Buktinya Laksamana Zheng He (Chen Ho) setiap perjalanannya selalu meminta perlindungannya. Btw, Ma Zu Po juga sebagai dewa pelindung wanita (keluarga, kehamilan, pasca melahirkan) dan dewa kepintaran untuk anak-anak (sekolah, ujian). Hal yang perlu diketahui bahwa pada vihara ini, Ma Zu Po didampingi oleh dewa si Mata 1000 Li dan dewa si Kuping Angin. Perayaan untuk dewa Ma Zu Po ini dilakukan pada bulan Lunar tangal 23 bulan 3.

Oyah ada lagenda yang didengar yang sulit dipercaya secara historis. Dewa Ma Zu Po adalah dewa yang cantik dan pintar sehingga Zu Shi Gong mengaguminya hingga timbul rasa sayang. Akan tetapi cinta dan sayangnya terhadap Ma Zu Po ditolak mentah-mentah. Jadi Zu Shi Gong tak terima dan bersabda Ma Zu Po yaitu pada hari jadinya akan datang hujan agar kecantikannya memudar. Ma Zu Po pun tak kalah dan membalasnya yaitu pada hari jadi Zu Shi Gong akan datang angin kencang sehingga rambut dan kumisnya berantakan sehingga hilang kewibawaannya.

Oya Zu Shi Gong adalah dewa yang berdiam di klenteng Tanjung Kait, Tanggerang yang didirikan pada tahun 1742. Zu Shi Gong sama halnya dengan dewa Ma Zu Po yaitu sebelum menjadi dewa adalah manusia biasa. Zu Shi Gong lahir di kabupaten Yong Chun dengan nama Chen Ying pada tahun 1044. Zu Shi Gong memiliki sebutan lain yaitu dewa Muka Hitam atau si Hidung Copot. Ia sebagai dewa datangnya hujan, dewa penyelesai masalah, dewa obat dan pertanian. Perayaannya pada Lunar tangal 6 bulan 11.

Ok sekian dulu cerita aku. Happy valentine. Enjoy, peace and love zener.

Related Posts by Categories



0 comments:

Artikel Favorit dalam 1 minggu