Rabu, 06 Februari 2008

Mo Tze

Lau Tze, Kong Tze (Confucius) dan Mo Tze adalah filosof China yang paling berpengaruh pada massa sebelum masehi. Mo Tze yang lahir pada 480 SM (1 tahun setelah meninggalnya Confucius) memiliki tujuan yaitu mencapai kebersamaan, kesetaraan dan ketertiban dalam membangun negara.

Mo Tze adalah seseorang yang hebat dalam bidang strategi perang (pertahanan kota, anti agresi), fisika, pengobatan, dan menyebarkan ajaran kasih semesta . Btw Mo Tze orang yang disiplin, hidup sederhana dan menghormati orang yang bijak dan cakap. Sehingga pada kenyataan banyak sekali raja tidak menyukainya dikarenakan menurut mereka fisolosi Mo Tze hanya baik untuk mengantisipasi perperangan tapi tidak untuk kondisi damai dikarenakan Mo Tze menjunjung demokrasi yang mana tidak menguntungkan raja atas kekuasaan ditaktornya.

Contoh perbandingan ajaran Confucius dengan ajaran Mo Tze dalam pandangan akan musik:
Confucius: musik menimbulkan kesenangan, tanpa itu kodrat manusia tidak dapat diinspirasikan.
Mo Tze: Apakah yang menyebabkan penguasa melalaikan tugasnya dan orang banyak melalaikan pekerjaannya? Karena musik membuainya.

Untuk hal yang terakhir bukan berarti kita harus menolak akan musik yah. Musik dibutuhkan tapi bukanlah untuk suatu kesenangan sehingga menyebabkan kita lalai untuk kewajiban.

Btw ada film yang menceritakan secara umum menerapkan filosofi Mo Tze ini yaitu a Battle of Wits. Di film ini menceritakan tentang negara Zhao yang ingin menduduki negara Liang. Jadi Ge Li (Andy Lau) sebagai murid Mo Tze datang untuk membantu negara tersebut. Disini akan ditunjukan keahlian berperang (mempertahankan suatu kota), filosofi, ajaran kasih semesta dan beberapa sifat orang pada umumnya seperti penghianat, raja yang suka mabuk-mabukan, membunuh secara sewenang-wenang, sifat orang yang lebih memilih menyerah daripada menderita dan politik negara yang komplex.

Sekian dulu dari gue. Selamat menonton bagi yang belum menonton dan selamat bersenang-senang. Enjoy, peace and love from me.

Referensi:
Creel.H.G, "Alam Pikiran Cina",Yogyakarta, PT Tiara Wacana Yogya, 1990
http://static.flickr.com/135/318238857_ec40b48508_m.jpg

Related Posts by Categories



2 comments:

Nikmaya John mengatakan...

Pertamaxxx... Sering dengar istilah Mo Tze di film,,, tapi gak tau persis artinya, baru tau sekarang aku.

Ecommerce web development mengatakan...

I agree china is one of good developing countries and they achieves lots of things.its good information about china. thanks for your great sharing.

Artikel Favorit dalam 1 minggu