Sabtu, 02 Februari 2008

Pendidikan

Negara akan menjadi bangsa yang besar jika memiliki standard pendidikan yang baik. Oleh sebab itu pendidikan harus digalakan dimana harus dimulai dari komunitas yang paling kecil yaitu keluarga. Bicara akan pendidikan mari kita cari tahu pendidikan apa saja yang ada dan dibutuhkan.

Menurut anda pendidikan ada apa saja? Jika anda bilang IPA, IPS dan Bahasa maka jawaban itu tidaklah sepenuhnya benar karena semua itu hanya satu dari lima bagian dari pendidikan yaitu pendidikan umum. Untuk mempermudah, orang menilai tinggi tidaknya kualitas seseorang dari apanya? Tentu anda akan menjawab IQ, EQ dan SQ. Nah anda menjawab tiga bagian kualitas pendidikan yang ada dan masih ada dua bagian lagi yang dibutuhkan. Berikut adalah penjelasan dari kelima bagian tersebut.

  • Pertama adalah pendidikan umum yang mana kita peroleh dari sekolah dan bagian ini yang akan menunjukan tinggi rendahnya IQ seseorang.
  • Kedua adalah pendidikan sosial yang mana berfungsi untuk menunjukan emosi kita dalam kehidupan bersosial yang mana ditunjukan oleh EQ.
  • Ketiga adalah pendidikan spiritual yang mendekatkan kita pada Tuhan dan biasanya diajarkan di tempat ibadah.
  • Keempat adalah pendidikan moral. Pendidikan diperoleh dari sekolah dan rumah yang mana pendidikan ini berfungsi mendidik etika seseorang. Ini adalah salah satu kelemahan dari pendidikan Indonesia yang mana pendidikan moral (tata krama) ini jarang diteladankan dan dicontohkan..
  • Kelima adalah pendidikan yang hanya dapat diperoleh dari dirinya sendiri. Pendidikan yang mustahil didapatkan dari orang lain karena pendidikan ini bersifat menganal jati diri, pengendalian diri dan koreksi diri. Btw banyak orang mengatakan bahwa pendidikan ini sama seperti motivasi diri. Itu hanya bagian kecil dari pendidikan ini.

"Manusia yang cerdas, sehat dan berakhlak mulia merupakan modal dasar dan sekaligus penggerak kehidupan bangsa, menjawab tantangan zaman dan peradaban," Susilo Bambang Yudhoyono

Ok sekian dulu tentang pendidikan yang harus dimiliki oleh setiap insan dan anak bangsa. Enjoy, peace and love from me.

Related Posts by Categories



1 comments:

Jeri mengatakan...

Pendidikan memeang penting.
Coba KALAU BISA sekolah2 di indonesia nerapin kelima point yg anda sebutkan di ats, niscaya, rakyat indonesia pnya pola pikir, IQ n Skill di ats rata2.
Umumnya sekolah di indonesia cm nerapin Point yg prtama sj. Sulitkah?

Artikel Favorit dalam 1 minggu