Kamis, 28 Februari 2008

Yi Jing

Anda mungkin sering dengar sebutan Yin dan Yang yang diidentifikasikan dengan positif negatif atau siang malam, dsb. Dimanakah kita dapat menemukan cerita tentang Yin dan Yang ini? Yi Jing lah yang mengungkap tentang diagram tersebut.

Yi memiliki arti mudah, perubahan dan Jing memiliki arti kitab. Yi Jing adalah sebuah kitab untuk prediksi perubahan. Bagiku Yi Jing yang telah berumur lebih dari 5000 Tahun dan pada awalnya diagram-diagram tersebut ditulis pada batok kura-kura. Menurutku ini lebih menarik disebut sebagai kitab evolusi (perkembangan kuno). Hihihihi.

Balik ke Yin dan Yang menurut aku selain positif negatif masih ada satu hal lagi yang masih terpendam dan belum terungkap dalam diagram tersebut adalah diagram tak nyata atau tak jelas atau tak terdefinisikan atau error yang disebut dengan Chong. Garis S yang memisahkan warna putih dan warna hitam di dalam lingkaran bola. Hihihihihi.

Yin dan Yang berlanjut ke 8 triagram dasar. Triagram berarti memiliki 3 garis yaitu bagian atas, tengah dan bawah. Untuk 8 Triagram ini ternyata terbagi dalam dua kategori yaitu kategori sebelum kejadian yang merujuk ke unsur bawaan atau turunan dan kategori sesudah kejadian yang merujuk ke unsur proses dan perkembangan.

Dari 8 triagram ini berpadu menjadi 64 Heksagram. Walah makin pusing dan makin ribet. 64 Heksagram ini memiliki unsur langit, manusia dan bumi. Btw 64 Heksagram berarti ada 384 ( 64 x 6 ) garis faktor perubahan dan perkembangan. Untuk 64 Heksagram cukup sekian dulu.

Balik ke 8 Triagram. Ternyata di tiap kategori memiliki 2 unsur yang penting. Untuk kategori sebelum kejadian yaitu triagram Qian dan Kun. Qian merujuk ke fusi energi yang berkolerasi dengan waktu, sedangkan Kun merujuk ke struktur molekul yang berkolerasi dengan ruang. Untuk kategori sesudah kejadian yaitu triagram Li dan Kan. Li (api, selatan) dan Kun (air, utara) memiliki hubungan dengan energi, alam, kehidupan dan sosial.

Jadi kesimpulannya Yi Jing dapat memprediksi kejadian perubahan dan perkembangan terhadap keadaan alam lingkungan, kehidupan seseorang dan masyarakat sosial.

Maaf jika ada informasi yang salah atau kurang karena diriku sama dengan kalian yang masih mencari dan belajar. Enjoy, peace and love.

Referensi Photo:
http://www.bergoiata.org/fe/yin-yang/Ying%20Yang%20XP.jpg

Related Posts by Categories



2 comments:

Nikmaya John mengatakan...

PERTAMAXX...

Ecommerce web development mengatakan...

Interesting blog and good layout, your blogs are easily to clever the visitors, because its so impressive. thanks providing this entertainment blog.

Artikel Favorit dalam 1 minggu