Kamis, 13 Maret 2008

Pramugari

Pramugari adalah salah satu sosok yang paling kukagumi apalagi ketika sedang berpergian ke luar kota atau ke luar negeri. Memang pramugari hanyalah orang biasa yang bertugas melayani penumpang pesawat dan biasanya memiliki paras yang cantik akan tetapi aku melihat mereka tidaklah sebatas itu.

Hal-hal yang kukagumi dan kujadikan bahan belajar untuk diriku antara lain:

  • Selalu berpakaian rapih, bersih, sopan, dan selalu tersenyum. Hal ini akan membuat diri memiliki sebuah kharisma, jati diri dan dapat membuat setiap orang menghargainya.
  • Melayani. Suatu tindakan yang sulit untuk dilakukan karena keberadaan ego dalam diri manusia dan merupakan tindakan yang mementingkan kepentingan orang banyak daripada kepentingan dirinya sendiri.
  • Memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Telah siap dalam menghadapi globalisasi dan menyadarkan pentingnya komunikasi dalam dunia informasi ini.
  • Memahami dan bersikap adil setiap penumpangnya. Menunjukan bahwa setiap manusia patut dihargai, dimengerti, dihormati dan memiliki hak yang sama sehingga setiap orang tidak merasakan dirugikan.
  • Mengetahui berbagai hal seperti mengolah masakan, bagian pesawat (meskipun tak sehebat ahli mesin), ilmu kedokteran (meskipun tak sehebat dokter). Ini menyadarkan bahwa mengetahui banyak hal disamping suatu kekhususan akan menjadikan seseorang jauh lebih berharga.
  • Cepat, tepat dan efektif. Menghargai waktu karena setiap detiknya memiliki arti.
  • Tenang dalam segala situasi dan dapat mengambil keputusan. Sikap yang harus dimiliki agar dapat mengatasi segala sesuatu dikarenakan dapat berpikir secara jernih dan membuat orang lain merasa tenang.

Mungkin masih banyak hal yang tidak kuketahui dari pramugari. Tapi setidaknya kudapat belajar "Setiap manusisa dapat menjadi guru bagi orang lain baik secara lansung maupun tidak lansung". Enjoy, peace and love.

Referensi photo:
http://www.oricon.co.jp/upimg/news/20060613/20060613S13ZG5700.jpg
gambar dari film attention please

Related Posts by Categories



2 comments:

Anonim mengatakan...

Zen, tentang pramugari, pasti loe naeknya Garuda deh!

Coba sekali-kali naik budget airline, pasti beda.

FYI, pramugari luar negeri, katanya, [in UK and USA] galak-galak dan rata-rata udah mak-mak. :D

-hindra-

zener_lie mengatakan...

emang pramugari luar negeri galak2x and udah emak2x tapi tetep ajah gue kagum. hihihihi. menunjukan keprofesionalannya.

gue melihatnya pramugari bukanlah pramugari yang asal cantik dan jadi. tapi yang emang dilatih menjadi pramugari prof. makanya servis juga menentukan budget bukan?

Artikel Favorit dalam 1 minggu