Rabu, 05 Maret 2008

Suksesi Perusahaan Besar

Suatu ketika aku diajak ke sebuah perusahaan besar berskala internasional dan dapat dikatakan sebagai perusahaan keluarga dikarenakan pemimpin-pemimpin perusahaan ini berasal dari sebuah keluarga. Perusahaan tersebut menghasilkan produk yang berasal dari rumput laut seperti agar-agar.

Seorang sahabatnya berkata padaku. Bila aku ingin mengetahui apakah perusahaan ini memiliki masa depan yang progresif dan menjanjikan, cukup bertanya akan pendidikan apa yang diemban oleh suksesinya. Bila ada yang berpendidikan management financial maka perusahaan tersebut akan berjalan aman dan bertahan karena perusahaan mempunyai kekuatan dalam perlindungan aset. Bila ada yang berpendidikan management marketing dan promosi maka perusahaan akan berkembang terus karena informasi akan pasar sehingga dapat menentukan tindakan selanjutnya dan tentu ditunjang dengan nilai biaya promosinya. Terakhir apa ada yang menguasai produk kontrol yang memiliki tugas menjaga kualitas dari aneka product tersebut, maka perusahaan akan berjaya.

Setelah selesai diajak berputar-putar aku diajak bertemu dengan pemilik perusahaan ini. Pemilik ini terbuka dan memberikan informasi penting bagaimana perusahaan ini bisa besar. Seseorang tidak hanya membutuhkan pendidikan saja tapi membutuh keberuntungan (hoki), tempat (hong sui) dan relasi (ho peng) yang baik. Keberuntungan yang datang pada pendirinya dikarenakan jujur, tekun, terbuka dan memberikan informasi akan pengalamannya kepada generasi berikut.

Ok sekian dulu dari aku. Btw gambar yang ditampilkan adalah tempat masak rumput laut yang pernah digunakan di Jepang kurang lebih 80 tahun yang lalu dan diletakan di depan pintu kantor PT. Agarindo Bogatama. Enjoy, peace and love.

Related Posts by Categories



1 comments:

Jasa SEO Profesional mengatakan...

Suksesnya suatu perusahaan itu banyak di dukung oleh berbagai hal gan. Yang penting adalah tanggung jawab setiap karyawannya.

Artikel Favorit dalam 1 minggu