Kamis, 05 Juni 2008

Aneka Zingiberacea (Jahe) dan Khasiatnya

Di suatu malam yang dingin di Bandung, kumenikmati segelas wedang jahe. Weleh-weleh uenak tenannnn... Sama halnya ketika aku masuk angin, minum obat yang memilki kandungan jahe seperti angin bablas dari tubuhku. Di dalam benakku apakah jahe yang kuminum adalah jahe yang sama pada umumnya. Rasa penasaran, akhirnya membuatku mencari data tentang jahe.

Zingiberacea adalah taksonomi tumbuhan untuk famili jahe yang umumnya digunakan sebagai rempah atau obat seperti yang telah disebut diatas. Famili zingiberacea memiliki beberapa marga (genus) dan aneka jenisnya (species) antara lain:
  1. Marga Achasma: Achasma Megalocheilus (tepus), Achasma Foeten Val (tepus sigung).
  2. Marga Alpnia:Alpnia Galanga Willd (langkuas putih), Alpnia Officinarum Hance (langkuas merah).
  3. Marga Amomum: Amomum Curamomum Willd (kapulaga), Amomum Hochreutineri Val (cecabutan).
  4. Marga Curcuma: Curcuma Domestika Val (kunyit), Curcuma Xanthorrhiza Roxb (temulawak), Curcuma Petiolata Roxb (temu putri), Curcuma Zeodaria Roscoe (temu putih), Curcuma Aeruginosa Roxb (temu hitam), Curcuma Mangga Val (temu mangga), Curcuma Purpurascens BL (temu tis), Curcuma Hyneana Val (temu giring), Curcuma Soloensis Val (temu glenyeh).
  5. Marga Kaempferia: Kaempferia Galanga L (kencur), Kaempferia Angustifoum Roscoe (kunci pepet), Kaempferia Pandurata Roxb (temu kunci)
  6. Marga Zingiber: Zingiber Offical Roxb (jahe gajah, jahe merah, jahe emprit), Zingiber Purpureum Roxb (bangle), Zingiber Ottensii Val (bangle hantu), Zingiber Aromaticum Val (lempuyang wangi), Zingiber Amaricans BL (lempuyang pahit), Zingiber Zerumbet L (lempuyang gajah)
Jahe (ginger) yang biasa kita kenal adalah Zingiber Offical Roxb yang memiliki kandungan Zingiberol, Zingiberene, Phellandrene, Curcumene, Borneol, Champhene, Citral, Garanial, Galanolactone, Furanogermenone, Pipecolic Acid, Aspartic Acid, Glutamic Acid, dll.

Hihihihi. Bingung. Maaf yang diatas hanya sebagai catatan supaya tak hilang informasi tentang famili Zingiberacea (jahe). Berikut adalah khasiat dari famili Zingiberacea dengan paduan formula lainnya yang umum digunakan dalam kehidupan sosial tradisional:
  1. Jahe, secang (Cesalpinia Sappan), gula aren (Arenga Pinnata): diminum untuk tolak angin jahat dari dalam tubuh.
  2. Jahe, kencur (Kaempferia Galanca): diboreh (seperti bedak basah yang dioles pada tubuh) untuk tolak angin (pegel linu).
  3. Jahe, bawang putih (Allium Sativum), dringo (Acorus Calamus) digunakan seperti aroma terapi untuk menolak udara yang tak segar (penyakit).
  4. Jahe merah, kelor (Moringa Oleifera), ketumbar (Coriandrum Sativum), adas pedas (Foeniculum Valgare), adas sowa (Anethum Graveolens), adas manis (Carum Carvi), adas cina (Illicum Verum), jinten manis (pimpinella Anisum), jinten putih (Cuminum Cyminum): digantung secara bersama untuk menolak bala bencana pada keluarga.
  5. Bangle, sirih (Piper Betle): disembur ke muka, dipercaya untuk menghindari gangguan roh jahat.
  6. Tepus, kasumba (Canthanus Tinctorius), wijaya kusuma (Epiphyllum oxypetalum). Dipakai pada saat mandi untuk menolak gangguan kotor (kiriman), karma buruk, dan merenung jati diri dan mempertajam aura kharisma seseorang.
Apakah betul khasiat jahe seperti diatas? Terserah pada keyakinan anda yang pasti jahe ini dipakai dalam kehidupan sosial tradisional. Btw jahe sama gingseng lebih berkhasiat mana yah???

Enjoy, peace and love

Referensi photo: http://static.flickr.com/38/125690982_17a101e3de.jpg

Related Posts by Categories



3 comments:

Anonim mengatakan...

I will not agree on it. I think nice post. Specially the title-deed attracted me to review the unscathed story.

Anonim mengatakan...

Good fill someone in on and this mail helped me alot in my college assignement. Gratefulness you seeking your information.

produk perawatan kulit mengatakan...

jahe merah untuk mengusir hawa jahat dengan cara digantung,,
unik nih,,
tapi memang jahe untuk kehangatan tubuh bisa,,

Artikel Favorit dalam 1 minggu