Sabtu, 14 Juni 2008

Buah Pisang

Salah satu buah paling enak jika digoreng, tapi tetap enak jika tidak digoreng. Selain digoreng pisang bisa juga dibakar, kemudian dikasih es krim jadi banana split, itu juga uenak tenaaaannnnnnn......... Sudah-sudah yang pasti pisang dengan nama latin Musa Paradisiaca L var Speientum dari marga Musa famili Musacea ini telah menjadi salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sampai-sampai katering yang dikirimkan ke saya buahnya pisang melulu.

Secara umum pisang yang dimakan itu tidak ada biji kecuali pisang batu. Betul nda???? Padahal pada awalnya nenek moyang pisang itu berbiji, justru yang tidak berbiji itu tidak ada. Hahaha. Jadi pisang yang umum ditemui adalah mutasi dari perkawinan silang antara jenis pisang liar buah berbiji Musa Aluminata Colla dengan Musa Balbisiana Colla. Jadi dalam evolusinya terjadi tumbuhan baru yaitu jenis diploid (yang berbiji), triploid dan tetraploid.

Jenis-jenis pisang yang umum dijumpai, saya bagi tiga yaitu pisang yang dapat dimakan secara lansung, pisang yang harus diolah terlebih dahulu dan pisang batu. Pisang yang dapat dimakan langsung antara lain pisang emas, pisang lilin, pisang ambon, pisang ambon lumut, pisang raja, pisang raja sereh, dll. Pisang yang harus diolah (seperti kolak, dikukus, dan sebagainya)antara lain pisang talun, pisang tanduk, pisang uli, pisang kepok, pisang nangka, dll. Pisang batu (klutuk) pisang yang dimakan sebagai rujak tumbuk.

Pisang yang dapat lansung dimakan umumya rasanya manis dan memiliki sifat dingin. Tapi jangan dikonsumsi bagi yang sedang batuk dingin, datang bulan, radang usus, radang ginjal, buang-buang air besar, kencing manis, asam lambung, radang sendi, dan rematik. Oke....

Btw jangan tanya saya apa-apa yah, jika ditambahin syukur. Maklum bukan ahli botani. Enjoy, peace and love.

Enjoy, peace and love.

Reference photo: http://static.flickr.com/51/178397199_225fc7d5af.jpg


Related Posts by Categories



6 comments:

Anonim mengatakan...

wah saya suka ma yg namanya buah pisang, melancarkan pup hehehehe

Nikmaya John mengatakan...

Buah pisang kesukaan ane,,, juga banyak mengandung vitamin,,,, pass banget dah,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Pisang,,, enak tuh

Turun Berat Badan mengatakan...

buah pisang memang bagus untuk kesehatan,,
bisa juga untuk kecantikan,,
dan untuk menghilangkan bekas luka dengan kulitnya,,

cara mengobati gondok mengatakan...

pisang mantap sekali

judi bola online mengatakan...

wah ini mah buah kesukaan ane

Artikel Favorit dalam 1 minggu