Sabtu, 14 Juni 2008

Jeruk, Bukan Film Jeruk

Susah kalo bicara buah-buahan jika buah itu sudah dijadikan film. Contohnya buah jeruk yang merupakan buah tropis ini. Bila ditanyakan apa yang terpikirkan bila disebutkan buah jeruk, bisa-bisa jawabannya "Hantu Jeruk Purut." Hahaha canda.

Ngomong-ngomong hantu jadi ingat bahwa jeruk bisa menjadi momok yang menakutkan bila dimakan dalam kondisi tertentu. Tentu tiap jeruk memiliki kondisi yang berbeda. Ada hal lain lagi yang membuat jeruk itu menjadi aneh. Jeruk yang mudah ditemui di pasar atau toko buah ternyata belum ada kesepakatan mengenai taksonomi klasifikasi species oleh para ahli botani. Alasannya karena jeruk memiliki sifat poliembrioni yang menyebabkan mudah terjadi mutasi akibat silangan antara jenis atau silangan ganda. Jadi kalsifikasi yang kucoba lakukan sekarang adalah berdasarkan ukuran, bentuk, warna dan rasanya. Padahal semuanya relatif. Duhhh...... kacau......

Beberapa jeruk dengan momoknya yang terbagi atas klasifikasi ukurannya:

Jeruk-jeruk yang memiliki ukuran besar antara lain:

  • Jeruk besar (jeruk Bali) atau Citrus Maxima Merr dengan rasa asam manis dan sifat yang dingin momok bagi tubuh yang lemah, kurang darah dan nyeri perut.
  • Jeruk sukade (jeruk sirtum atau jeruk kates) dengan nama ilmiah Citrus Medica L dengan rasa pahit asam dan agak pedas dengan sifat hangat, menjadi pantangan bagi orangyang sedang panas dalam, gusi bengkak dan sariawan. Varietas yang terkenal sebagai obat herbal jeruk jari buddha (Citrus Medica var Sarcodactylis)
  • Jeruk squash dengan nama ilmiah Citrus Lemonia Sp yang memiliki rasa asam manis dan sifat hangat, sangat tidak baik bagi yang sedang sakit gigi atau menderita kencing manis.

Jeruk dengan ukuran sedang (sebesar bola tenis) antara lain:
  • Jeruk garut (jeruk mandarin atau jeruk keprok) atau Citrus Nobilis Sp memiliki rasa manis asam dengan sifat netral agak dingin. Pantangan bagi yang sedang batuk dingin, nyeri lambung, kencing batu, kencing manis, dahak darah dan panas dalam. Oyah varietas dari jeruk ini yaitu jeruk siam dengan nama ilmiahnya Citrus Nobilis var Microcarpa.
  • Jeruk manis atau Citrus Sintesis L dengan rasa manis asam agak pahit dan sifat agak sejuk. Larangan kali ini adalah untuk terkena batuk dingin, lambung dingin, nyeri lambung, buang-buang air besar dan panas dalam.
  • Jeruk asam alias Citrus Aurantium memiliki rasa pahit asam dan sifat agak dingin. Bagi yang terkena nyeri lambung dan lambung dingin jangan makan dahulu yah.

Jeruk dengan ukuran kecil antara lain:
  • Jeruk lemon dengan nama ilmian Citrus Limon. Dengar ini jadi ingin minum lemon tea. Hihihhi. Jeruk ini memiliki rasa asam (manis), sifat agak hangat, dan menjadi pantangan bagi yang terkena asam lambung.
  • Jeruk purut dengan nama Citrus Hystrix DC rasanya pedas asam pahit degan sifat dingin. Jeruk ini menjadi hantu bagi yang sedang nyeri lambung dan asam lambung.
  • Jeruk kum quat alias Fortunella Margarita Swingle memiliki rasa asam manis pedas dengan sifat hangat. Pantangan bagi yang menderita pencernaan lemah, nyeri gusi dan bengkak, kencing manis.
  • Jeruk kingkit atau Triphasia Aurantifolia Lour, rasanya manis pahit dan sifatnya hangat. Menjadi pantangan bagi mulut lidah yang sedang nyeri, gusi bengkak dan kencing manis.
  • Buah lainnya yang masuk kategori ini jeruk kasturi (Citrus Microcarpa Bunce), jeruk nipis (Citrus Aurantifolia sp), jeruk Limau (Citrus ambluycarpa).
Bingung,aku juga bingung. Tapi satu hal yang pasti, jeruk mengandung banyak vitamin C kata orang tua. Sayangnya saya tetep bingung kebanyakan pantangannya. Hihihihhihi. Apa daya demi kesehatan kudu tahu juga pantangannya asalkan tidak menjadikan saya tidak makan buah.

Enjoy, peace and love

Referensi photo: http://static.flickr.com/207/468197050_2d24044442.jpg

Related Posts by Categories



1 comments:

Anonim mengatakan...

gw jd keinget iklan yg ada kalimat gini : masa' jeruk minum jeruk??
hehee...

Artikel Favorit dalam 1 minggu