Selasa, 23 Desember 2008

Kerajaan Curcuma

Suatu kerajaan kecil yang sering kali tidak dipedulikan. Padahal di kerajaan ini terdapat suatu harta tersembunyi yang memiliki nilai tak ternilai untuk zaman edan ini yaitu bahan alami untuk mengatasi berbagai penyakit seperti virus HIV, jantung, pembuluh darah, otak syaraf, depresi. Kerajaan Curcuma adalah kerajaan dari suku Zingiberaceae yang terbagi atas tiga bagian yaitu Jiang Huang, Yu Jin, dan E Zhu yang memiliki tugas untuk mengembangkan bahan alami tersebut.

Jiang Huang memiliki rasa pedas dan sifat hangat; berhubungan dengan meridian hati dan limpa. Khasiat untuk anti rematik, analgesik, fibriolitik, anti virus, obat sesak nafas, sakit lambung, nyeri, haid, luka memar, kulit koreng, kanker hati, kanker kulit. Pendukung bagian ini antara lain Curcuma domestika (temu kunyit merah), Curcuma alba (temu kunyit putih).

Yu Jin memiliki rasa pahit, sifat sejuk agak dingin; berhubungan dengan meridian hati, empedu, jantung dan paru. Khasiat untuk karminatif stomakik, kolagog, laktagog, spasimolitik, anti piretik, analgesik, anti virus, anti inflamasi, obat sembelit, wasir, diare, sesak nafas, sakit perut, lambung, penyakit kuning, batu empedu, epilepsi, kejiwaan, kandungan, kanker hati, otak dan payudara. Pendukung bagian ini antara lain Curcuma Xanthorriza (temulawak), Curcuma petiolata (temu putri), Curcuma aromatica (temu wangi).

E Zhu memiliki rasa pahit, sifat hangat; berhubungan dengan meridian hati, limpa. Khasiat untuk karminatif, fibriolitik, emenagog, stomakik, ekspetoran, anti rematik, anti inflamasi, obat kulit koreng, cacing, sakit dada, perut, asma, luka memar, kelainan haid, tumor, kanker rahim, rongga perut, kulit, tenggorokan, dll. Pendukung bagian ini adalah Curcuma zeodaria (temu putih), Curcuma aeruginosa (temu hitam), Curcuma phaeocaulis (temu biru), Curcuma mangga (temu mangga), Curcuma purpurancens (temu tis), Curcuma heyneana (temu giring), Curcuma solonensis (temu glenyeh), Curcuma euchroma (temu batok), Curcuma aurantiaca (temu blobo). Curcuma mangga digunakan untuk pengecilan rahim dan Curcuma heyneana sebagai bahan kosmetik. Suatu hal yang kutakyakin apakan Curcuma mangga adalah Curcuma amada yang mana dikatakan sebagai obat pencegah HIV.

Itulah sebagian dari kerajaan Curcuma yang tersebar di seluruh dunia yang mana mayoritas pendukung bagian tersebut ada di negara Indonesia, meskipun pengembangannya masih lebih maju di negara luar.

Untuk lebih lanjutnya tanyakan saja kepada para ahlinya.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi:
"Senarai Tumbuhan Obat Indonesia", Departemen Kesehatan RI, 1986
"Vardemekum Bahan Obat Alam", Departemen Kesehatan RI, 1989
"Inventaris Tanaman Obat Indonesia", Litbang Departemen Kesehatan RI, 2000

Referensi photo:
http://tanamanherbal.files.wordpress.com/2007/12/temulawak.jpg

gambar: temulawak

Related Posts by Categories



7 comments:

Johanas mengatakan...

Wuah !!! Curcuma bisa buat obat HIV ? kirain buat nambah nafsu(makan) aja ,hahahaha .Bagus deh!!

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

wahh bguss ya buat obat...

obat tradisional asam urat mengatakan...

thanks bwt informasinya,,, sngt bermnfaat skali,,,,,,,

obat herbal diabetes melitus mengatakan...

Ternyata Indonesia benar-benar kaya akan tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan,,,sayang belum bisa di maksimalkan pengolahanya

stiker hologram mengatakan...

ternyata curcuma banyak manfaatnya buat kesehatan

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu