Selasa, 23 Desember 2008

Obat Alami untuk Kesehatan

Setiap manusia ingin hidup sehat sehingga mereka mengkonsumsi vitamin dan obat-obatan (terutama pada keadaan sakit). Jika mengkonsumsi obat dari dokter saya tidak bisa berkomentar karena itu adalah sesuatu yang wajib bila ingin sembuh atau sehat. Seringkali kita mengkonsumsi hal lain yang dipercaya dapat menjadikan hidup lebih sehat seperti obat paten Tiongkok atau tumbuhan obat yang dipercaya membantu penyembuhan. Untuk obat umum dan multivitamin untuk sementara saya tidak bahas.

Tahu tidak mengapa saya sebut obat paten Tiongkok terlebih dahulu baru tumbuhan obat Indonesia yang dipercaya untuk penyembuhan? Obat patent Tiongkok bukanlah obat alternatif karena mereka pasti telah melakukan ujian klinis sehingga dapat dipercaya khasiatnya. Akan tetapi untuk tumbuhan obat Indonesia, digunakan karena dipercaya turun-temurun dan belum teruji secara klinis. Sebagai informasi tumbuhan obat Indonesia adalah yang terlengkap ke-2 di dunia setelah Brazil tapi komoditasnya sangat kecil sekitar 3.6% di dunia, 10% di Asia di bawah Tiongkok.

Siapakah yang perlu disalahkan? Kekayaan alam yang tak pernah dimamfaatkan karena manusia yang tak pernah mau belajar dan mencari sesuatu yang baru. Btw berikut adalah beberapa informasi tentang tumbuhan obat Indonesia dan obat patent terobosan Tiongkok. O yah setiap obat pasti ada aturan penggunaan dan efek sampingnya, tapi untuk saat ini saya hanya menginformasikan khasiatnya saja.

Tumbuhan obat unggulan Indonesia:

  • Bratawali (Tinospora crispa miers) memiliki khasiat anti piretik, analgesik, tonikum, obat sakit perut, sakit kuning dan sakit kulit.
  • Cabe Jawa (Piper retrofractum vahl) berkhasiat sebagai anti piretik, analgesik, stimulan, diaforetik, karminatif, obat gosok.
  • Jati Belanda (Guazuma ulmifolia L) untuk karminatif, obat batuk, encok, asma, pelangsing tubuh.
  • Kaki kuda (Cetella asiatica L) untuk diuretik, anti piretik, anti infeksi, anti toksik, obat asma.
  • Keji Beling (Sericocalyx crispus L) berkhasiat sebagai diuretik, obat disentri, wasir.
  • Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus BL) memiliki khasiat diuretik, anti inflamasi, obat batu ginjal dan encok.
  • Meniran (Phylanthus niruri L) memiliki khasiat diuretik, anti piretik, anti bakteri, anti hepatotosik, anti diare, obat sariawan mulut.
  • Salam (Syzygium polyanthum walp) untuk obat mencret, adstringen
  • Sambiloto (Andrographis paniculata nees) khasiat diuretik, anti piretik, anti biotik, anti radang, obat sakit perut, typhus, gatal, kencing manis, kena racun.
  • Temulawak (Curcuma xanthorrhiza roxb) untuk anti inflamasi, anti hepatotosik, anti radang, obat empedu, sembelit, wasir, diare.

Obat paten unggulan Tiongkok
  • An Gong Niu Huang Wan berkhasiat untuk demam tinggi, koma, delirium, konfusi, epilepsi, epidemi ensefalitis B, tosik disentri, keracunan urine, infektif koma, kecelakaan cerebral vaskular. Obat khusus: koma, stroke, kejang, pendarahan otak.
  • Jing Wan Hong Ruan Gao sebagai salep untuk luka bakar, luka kulit. Obat khusus: salep luar.
  • Liu Shen Wan memiliki khasiat tonsilitis stomatitis, periodontitis, parotitis, faringitis akut, laringitis. Obat khusus: radang mulut, tenggorokan, anti virus dan terapi kanker.
  • Long Dan Xie Gan Wan berkhasiat untuk konjuctiva kongesti, otalgia, tinitus, nyeri tulang rawan, nyeri haid, urine keruh. Obat khusus: saluran kantung kemih, anti virus dan herpes.
  • Niu Huang Qing Xin Wan berkhasiat untuk vertigo, afasia, hemiplegia, disfagia. Obat khusus: mencegah kelainan pembuluh darah, jantung, otak, saraf dan darah tinggi.
  • Pian Zi Huang dengan khasiat untuk hepatitis akut atau kronis, tympanitis, bengkak gusi, luka pada rongga mulut, pembengkakan atau luka sengatan binatang atau serangga. Obat khusus anti radang dan luka pasca operasi.
  • Shi Hu Ye Guang Wan berkhasiat untuk katarak, glaukoma, retinitis, koroiditis, optik neuratis. Obat khusus penyakit dan kesehatan mata.
  • Wu Ji Bai Feng Wan berkhasiat untuk haid yang tidak teratur, metrorrhagia, metrostaxin, leukorrhagia. Obat khusus untuk kesehatan wanita.
  • Yun Nan Bai Yao berkhasiat untuk haid tidak teratur, pendarahan organ dalam, bengkak, luka memar akibat kecelakaan. Obat khusus: kecelakaan, luka dalam terpukul, pendarahan organ dalam.
  • Zhi Bao San Bian Wan berkhasiat untuk impoten, fatigue, amnesia, tinitus, tubuh dan nadi lemah, nafas pendek. Obat khusus: kesehatan laki-laki.

Siapa tahu berguna. Tiada maksud untuk promosi lagian untuk lebih jelasnya tanyakan ke herbalis atau Zhung Yi Chinese Medical doctor (Dai Fu).

Enjoy, peace and love from Sukra

Referensi:
"Vademekum Bahan Obat Alam", Depkes Indonesia, 1989
"Highly Efficacious Chinese Patent Medicines", House of Shanghai College of Traditional Chinese Medicine, 1998

Referensi photo:
http://lh3.ggpht.com/_4TkRQTOkb4E/Rtar83uNd3I/AAAAAAAAAV4/o5pXguKVLrM/DSCN3832.JPG
http://www.tongrentang.com/en/product/anniu.gif

gambar1: gambar kumis kucing
gambar2: gambar An Gong Niu Huang Wan

Related Posts by Categories



9 comments:

Pengobatan alami mengatakan...

Back to nature, selain baik untuk kesehatan obat alami tidak ada efeknya sampingnya...

Cara pemesanan xamthone mengatakan...

aneh' bgt ya nama obat alaminya

ace maxs mengatakan...

sangat bermanfaat nih,, pengetahuan baru!!

obat asam urat mengatakan...

Terimakasih untuk informasinya nih gan!!

diabetes mengatakan...

Ilmu kesehatan Indonesia khususnya ttg herbal tidak kalah dengan negara tiongkok. Aku dah follow blog agan. Mampir gan ke blog ane, disana ada artikel yg menarik ttg herbal juga. Ane tunggu kunjungannya. Trma kasih gan atas infonya.

kanker otak mengatakan...

Aku suka sekali artikel ttg kesehatan. Keren buat nambah ilmu.

obat herbal asam urat alami mengatakan...

Ternyata obat tradisional tiongkok banyak macamnya jg. Jadi nambah ilmu ttg herbal. Makasih atas postingannya.

Cara Menyembuhkan Penyakit Muntaber Herbal mengatakan...

Terimakasih gan untuk informasinya, semoga bermanfaat
jangan lupa mampir balik diweb kami. . Salam kenal

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu