Sabtu, 26 April 2008

Penyebaran Buddha Vajrayana (Buddha 3)

Anda mungkin sering mendengar dengan istilah Buddha hidup (Tulku) atau Vajraguru, Vajracarya, Rinphoce dengan titisan yang kesekian kalinya. Inilah ciri ajaran yang menyebar ke arah utara dan dikenal dengan Buddha Tibet. Ajaran dengan kitab suci Kagyur dan Tangyur kanon Sansekerta dan bahasa Tibet ini menyebar ke negara Tiongkok, Bhuta, Nepal, Sikkim, Kasmir dan Monggolia.

Dalam ajaran Buddha Tibet ini dikenal dengan beberapa sekte. Sekte besar antara lain Nyimapa (merah), Sakyapa (kembang), Kagyudpa (putih), dan Gelugpa (kuning). Sedangkan sekte kecil, antara lain Shijepa, Zhibyepa, Chonangpa, Shalupa, dan Bonpa (hitam).

Dalam ajaran Vajrayana, sekte menjadi penting karena merupakan sebuah identitas. Ini adalah sekilas informasi tentang sekte-sekte besar:

  • Sekte Nyimapa didirikan oleh Padma Sambava (lebih kurang 700 M) dimana memiliki 6 biara penting dengan subsektenya Dorjadrak, Mindroling, Dzogchen, Zhechen, Kathog, Pelyu. Pimpinan spiritual yang terkenal Mindroling Trichen (Mindroling), Dilgo Khyentse Rinphoche (Zhen Chen), Penor Norbu Rinphoche (Pelyu) dan Talkung Tserul Rinphoche (Dorjadrak).
  • Sekte Sakyapa didirikan oleh Kunchong Gyalpo (1034-1102). Sekte merupakan garis silsilah atau keturunan Khon dengan subsektenya Ngorpa dan Tsharpa. Pimpinan spiritual antara lain Sakya Trinzin (Khon-Dolma Phodrang Place), Dagchen Rimpoche (Khon-Phuntsog Phodrang Place), Luding Khyen Rinphoce (Ngorpa), dan Chogay Trichen Rinpoche (Tsharpa)
  • Sekte Kagyudpa (Dagpo Kagyud) didirikan oleh Gampopa (1079-1133). Subsekte besar antara lain Karma Kagyud dengan subsekte kecilnya di Qin Hai Zurmang Kagyud, Nendo Kagyud, Barom Kagyud, Phagdtru Kadyud, Tsalpa Kagyud dengan pemimpin spiritual Karmapa ke 17 (Black Hat), Sharmapa ke 14 (Red Hat). Subsekte kecil Taglung Kagyud, Trophu Kagyud, Drukpa Kagyud, Martsang Kagyud, Yerpa Kagyud, Shugseb Kagyud, Yazang Kagyud, Dri Khung Kagyud. Pimpinan spiritual antara lain Zhabtrung Rinpoche (Taglung Kagyud), Drugchen Rinpoche (Drukpa Kagyud), dan Kyabgon Chetshang Rinpoche (Dri Khung Kagyud). Garis miring adalah yang keberadaannya masih eksis.
  • Sekte Gelugpa pendirinya adalah Tsongkhapa (1357-1419) dengan 7 biara termasyur yaitu Garden, Drepung, Sera di wilayah Lhasa, Trashi Lhunpu di wilayah Tsang, Taer, Blabrang dan Badgharsume. Pemimpin Spiritualnya adalah Dalai Lama ke 14 untuk wilayah Lhasa dan Bance Lama ke 11 untuk wilayah Tsang. Sekte ini merupakan peleburan dari sekte Khamapa yang didirikan oleh Atisa (982-1054) dimana pernah belajar agama Buddha dengan Dharmakirti dari kerajaan Sriwijaya. Biara Gelugpa untuk kerajaan Dinasti Qing yang berada di Beijing bernama Yong He Gong.

Perjalanan sejarah Tibet dimulai dengan periode kekuasaan Turfan (633-842), perpecahan (843-1026), bangkitnya sekte baru (1027-1240), kekuasaan Sakyapa (1240-1353), masa ini dimulainya Tibet menjadi bagian dari Tiongkok. Dilanjutkan dengan kekuasaan Drukpa Kagyud (1354-1618), Gelugpa (1642-1951) dan Dalai Lama meninggalkan Tibet pada tahun 1959.

Penyebaran agama Buddha Vajrayana di Indonesia diawali ketika T.J.Lie ke Taiwan dimana ia mendapatkan inisiasi Red Cherezig dari Kunga Ani dan kedatangan Thrangu Rinpoche dari sekte Karma Kagyud pada tahun 1982 ke Candi Borobudur. Setelah itu banyak Rinpoche dari berbagai sekte dan subsekte berdatangan mengunjungi Indonesia untuk menyebarkan benih ajaran Buddha Vajrayana. Saat ini penyebarannya yang dalam skala kecil dan dalam tahap penjajakan.

Inilah catatan yang didapatkan dari cerita dan penjelasan dari ayahku. Bila ada kekurangan mohon ditambahkan dan dikoreksi bila ada kesalahan. Terima kasih.

Enjoy, peace and love.

Read More......

Penyebaran Buddha Mahayana (Buddha 2)

Bila anda sering menonton film, anda tentu tahu film kera sakti yaitu perjalanan ke Barat untuk mengambil kitab suci. Berarti disini akan diceritakan perjalanan ke timur dalam penyebaran ajaran Buddha. Ajaran Buddha Mahayana disebut ajaran Buddha Tiongkok yang identik dengan Shaolin-nya. Dimana ajaran ini juga terdapat di negara Korea, Jepang dan Vietnam, dengan kitab sucinya Maha Tripitaka (Da Zang Jing) kanon sansekerta dan bahasa mandarin.

Tiongkok yang identik dengan ajaran Mahayana bukan berarti tidak ada ajaran lainnya. Sekte yang ada antara lain Hinayana dengan sekte Abhi Dharma Kosa (Ju She Zong), Satya Siddhi (Cheng Shi Zong) dan Mahayana dengan sekte Dharma Laksana (Fan Xian Zong), Tri-Sastra (Sam Lum Zung), Vinaya (Lu Zong), Avatamsaka (Hua Yan Zong), Tian Tai (Fa Hua Zong) dengan sub-sekte yang dikenal dari Jepang dengan nama Nichiren, Tantra (Zhe Yan Zong), Sukhavati (Jin Tu Zong) yang kita kenal dengan Buddha Amitabha (E Mi Tuo Fo), Bodhisatwa Avalokitesvara (Guan Yin Pu Sa) dan Maha Sthanaprapta (Da Shi Zhi Pu Sa), Zen (Chan Zong) dengan sub-sekte Lin Jin Zong, Wei Ji Zong, Cao Dong Zong, Yun Men Zong, Fa Yan Zong.

Ajaran Mahayana di Indonesia erat dengan sekte Zen. Hal ini dikarenakan perantau Tionghoa yang datang ke Indonesia mayoritas berasal dari Fujian dan Guan Dong, Tiongkok Selatan dimana sekte ini sangat dominan di propinsi tersebut. Bila diperhatikan maka tampak bahwa vihara-vihara Buddha Mahayana di Indonesia mempunyai hubungan dengan vihara induknya di negeri asalnya. Vihara di propinsi Fujian antara lain Kai Yuan Si, Guang Hua Si, Xi Chan Si, Chong Fu Si, dan Yung Quan Si. Sedangkan di Guan Dong antara lain Guang Xiao Si, Nam Hua Chan Si, Liu Rong Si, Yun Men Si, Bie Chuan Si, dan Kai Yuan Si.

Pada masa ini pembelajaran ajaran Mahayana banyak didapat dari Singapore, Hongkong dan Taiwan dikarenakan pada masa orde baru, Tiongkok dianggap negara komunis dan tidak ada hubungan diplomasi. Demikian datangnya ajaran agama Buddha Taiwan.

Perkembangan ajaran Mahayana di Indonesia pada umumnya terbagi atas dua yaitu Buddha Mahayana dan Buddha Tri-Dharma. Buddha Mahayana merupakan perpaduan sekte Zen dan sekte Sukhavati (unsur ke-Tiongkokannya masih kuat). Sedangkan, Buddha Tri-Dharma (Buddha Klenteng)yang ada di Indonesia adalah perpaduan Buddha Mahayana dengan budaya tradisi Dao Jiao, Run Jiao, dan budaya lokal. Dimana pengembangnya antara lain Kwee Tek Hoay, Khoe Soe Khiam, Ong Kie Tjay, dan Aggi Tje Tje.

Sekilas, sekte Tantra ternyata pernah ada di Indonesia yaitu pada abad ke 9 yang kemudian hilang. Sekte Tantra Indonesia ini dimulai ketika kedatangan Subha Karasingha,Vajra Bodhi dan Amongha Vajra ke Indonesia. Ketika penyebarannya ke Tiongkok, ajaran tantra ini diturunkan kepada Hui Guo. Dimana murid Hui Guo yang bernama Ban Hong dari kerajaan Kalingga Indonesia. Dimana ini yang akan menjadi cekal bakalnya Tantra Laut Kidul (Tantra Borobudur).

Candi Kuno Mahayana banyak terdapat di Indonesia. Candi dari abad ke 9 antara lain situs candi Mendut, Pawon, Borobudur, Kalasan, Sewu, Plaosan yang mana terdapat di Jawa Tengah, kabupaten Magelang dan DI Yogyakarta. Candi dari abad ke 11, situs candi Muara Jambi di Sumatra, Jambi. Candi abad ke 12, situs candi Muara Takus di Sumatra Riau, Pekanbaru.

Inilah catatan yang dapat kuperoleh bila ada kekurangan mohon ditambahkan atau dikoreksi jika ada kesalahan. Terima kasih.

Enjoy, peace and love.

Read More......

Penyebaran Buddha Theravada (Buddha 1)

Dalam kehidupan sehari-hari secara umum, informasi tentang agama Buddha diluar ajarannya hanyalah tentang dimulainya agama ini dari Nepal oleh Sidharta Gautama (565 SM - 486 SM), keberadaan Candi Borobudur, dan kerajaan Buddha Siwa seperti Majapahit. Perkembangan agama Buddha di Indonesia bukan dari abad 9 karena candi tersebut tertimbun dalam tanah lebih dari 1000 tahun atau dari masa kerajaan Majapahit yang runtuh pada abad 15 demikianlah ajaran agama Buddha tertidur selama 500 tahun.

Ditelusuri perkembangan agama Buddha di Indonesia, tumbuh dan mulai berkembang pada abad 20, dekade 50-an. Ajaran agama Buddha di Indonesia terbagi atas 3 yaitu Hinayana, Mahayana, dan Vajrayana. Dimana ajaran tersebut dianut lebih kurang 1.4% dari 240 juta penduduk Indonesia termasuk yang masih memegang agama kepercayan kultur tradisi Tionghoa.

Ajaran Buddha Hinayana yang sering disebut dengan Buddha Theravada atau Buddha Thailand, penyebarannya melalui jalur selatan. Ajaran ini banyak terdapat di negara Srilangka, Myanmar, Thailand, Kamboja dan Laos yang terdiri dari berbagai sekte dengan kitab suci Tri-pitaka kanon (kitab suci yang autentik) pali.

Sekte-sekte Buddha Theravada antara lain sekte Syama Nikaya, Amarapura Nikaya, Ramanna Nikaya dari Srilangka, Thudamma, Shnegyin, Dvara dari Myanmar, Maha Nikaya, Dhammayutika Nikaya dari Thailand, Kamboja dan Laos.

Penyebaran agama Buddha Theravada Indonesia dimulai atas prakarsa Bapak Tri-Dharma Kwee Tek Hoay pada tahun 1934 yang diawali dengan kunjungan Bhante Narada dari Srilangka ke Candi Borobudur untuk penanaman pohon bodhi. Disinilah cikal bakalnya penyebaran agama Buddha dimulai. Pada dekade 50-an kebangkitan agama Buddha ditanah Jawa mulai dirasakan karena ditahbiskannya orang Indonesia pertama The Boen An menjadi Bhante Theravada dengan nama Ashin Jinarakkhita (1953), Ong Tiang Biauw dengan nama Jinaputta (1959) dan I Ketut Tangkas dengan nama Jinapiya (1959). Pada tahun 70-an Indonesia kedatangan Dhammaduta Buddha dari Thailand, Bhante Win Vijano, dimana berjasa atas penyebaran, perkembangan agama Theravada yang sangat erat dengan sekte Thailand lebih kurang selama 38 tahun.

Ajaran Buddha Ekayana (Buddhayana) yang ada di Indonesia, Bhante Ashin Jinarakkhita sebagai pendiri dan pengembangannya dilandasi ajaran Buddha Theravada dipadu dengan unsur ajaran Buddha lainnya dan budaya tradisi lokal.

Candi Theravada Kuno yang ada di Indonesia adalah Situs Candi Batujaya yang berada di kabupaten Karawang, Jawa Barat yang berdiri pada abad ke 4.

Catatan singkat ini mungkin banyak kekurangan. Tolong ditambahkan dan dikoreksi jika diperlukan. Terima kasih.

Enjoy, peace and love.

Catatan: gambar Bhante Narada

Read More......

Jumat, 25 April 2008

Cinta, Suka, Sayang dalam Pacaran

Sebagai manusia jomblo dan masih mengharapkan pacaran sekali lansung menikah. Weitssss...... ini fakta yah. High Quality Jomblo. Saya sering bertanya-tanya apa sih makna dari cinta, suka atau sayang dan mengapa kata-kata tersebut sangat disukai pada masa pacaran. Bukankah masa pacaran adalah masa untuk lebih mengenal antar sesama? Jika iyah, mengapa harus dibumbui dengan cinta, suka dan sayang?

Dari pengamatan saya suatu hubungan yang dimulai dengan cinta, suka dan sayang seringlah kandas. Karena cinta itu buta, dimana seseorang rela melakukan apa saja dan melupakan kewajibannya demi cinta. Pada akhirnya menjadikan dirinya gagal dalam dunia nyata dan dunia pacaran. Suka hanyalah bersifat sementara. Suka berarti tertarik akan sesuatu. Padahal ketertarikan dapat berubah menjadi kebosanan dan sesuatu dapat hilang dimana berarti suka menjadi tidak suka. Terakhir mensalahartikan makna sayang. Sayang adalah keinginan untuk merawat, melindungi dan siap kehilangan agar yang disayangi menjadi lebih baik. Jadi sayang bukanlah merawat, melindungi dan memiliki untuk selamanya, dimana dibuktikan dengan rasa cemburu dan berkurangnya kebebasan bagi yang disayangi.

Kata masyarakat Tiongkok orang yang telah berpacaran berkali-kali menjadikan dirinya tak bernilai. Jadi pacaran adalah mempertaruhkan harga diri. Kesimpulanku apakah perlu, pacaran yang hanya dibumbui dengan cinta, suka dan sayang?

Akhir kata, mohon pendapat dan pandangan tentang cinta, suka dan sayang dalam pacaran. Karena kutahu bahwa diriku adalah seseorang yang bodoh dalam cinta, suka dan sayang. Enjoy, peace and love.

Referensi foto:
http://www.funmunch.com/wallpapers/love/wallpapers/love5_1024x768.jpg


Read More......

Sabtu, 19 April 2008

Binatang Purba Indonesia (Sangiran_3)

Sebelum memulai ada yang harus dipahami terlebih dahulu bahwa binatang purba itu tidaklah selalu berupa dinosaurus. Dinosaurus adalah makhluk yang hidup antara 225 juta hingga 25 juta tahun yang lalu. Sedangkan binatang purba adalah binatang yang hidup pada masa lampau dan hidup pada masa yang sama dengan manusia pertama atau prasejarah.

Jadi di Indonesia terutama Sangiran tak akan kupungkiri bahwa disana pasti ditemukan fosil binatang purba yang beraneka baik dari binatang vertebrata dan invertebrata atau binatang laut dan binatang darat. Karena lapisan tanah di Sangiran ada yang berasal dari lautan dan diketemukan manusia-manusia purba yang mana merupakan satu masa dengan binatang purba tersebut.

Selidik-selidik ternyata binatang purba yang pernah ditemukan di Sangiran tidak kalah hebat dengan binatang purba yang ditemukan di belahan bumi yang lain. Kekalahan Indonesia dalam binatang purba mungkin hanya dinosaurus karena tidak diketemukannya di negara tercinta ini. Jadi Sangiran memeberikan kontribusi lagi dalam memecahkan misteri dari dunia ini. Hihihihi.

Dalam catatan ala kadarnya di Sangiran pernah fosil-fosil vertebrata antara lain:

  • Kategori Chelonia (kura-kura)
  • Kategori Crocodiliaus (buaya)
  • Kategori Bovidae (banteng)
  • Kategori Hippopotamidae (kuda nil)
  • Kategori Rhinocerotidae (badak)
  • Kategori Elephantidae (gajah)
  • Kategori Suidae (babi)
  • Kategori Cervidae (rusa)
  • Kategori Felidae (harimau)
  • Kategori Cercopithecidae(monyet)
Hal paling menarik dari fosil vertebrata di Sangiran yaitu fosil kategori gajah. Karena fosil yang ditemukan berasal dari berbagai jenis bahkan lebih dari separuh jenis gajah yang pernah ada ditemukan disini seperti jenis tetralophodon, mastodon, stegodon, elephas. Bahkan fosil gajah terbesar yang pernah ditemui di dunia ditemukan di Sangiran ini.

Akhir kata, semoga warisan dunia ini tidak hilang dan menjadi harta yang tak dapat tergantikan dengan apapun juga. Btw mohon maaf jika masih banyak data kurang karena ini bukanlah bidangku. Enjoy, peace and love.

Read More......

Evolusi Manusia Purba (Sangiran_2)

Dari mana asal manusia? Jawaban yang pasti adalah dari rahim ibu. Hihihi. Dari mana asal manusia purba? Kusendiri tak yakin, kata orang manusia purba Asia berasal dari Gunung Himalaya, dimana pada 18 juta tahun yang lalu terjadi pengangkatan lempengan, kemudian pada 5 juta tahun terjadi evolusi dimana manusia bergerak dari Barat Daya ke arah Timur Laut (Yunnan Yuanmou melintasi Sungai Yang Zi, Shensi Lantian, Sungai Huang He hingga ke situs Beijing Zhoe Kou Dian) dan ke arah tenggara (hingga ke situs Sangiran).

Sebelum berlanjut cerita, saya membatasi cerita ini hanya di wilayah Indonesia terutama Situs Sangiran. Situs yang luasnya lebih kurang 60 kilometer persegi ini terletak di kaki Gunung Lawu. Situs ini dikenal juga sebagai Sangiran Dome dikarenakan lokasinya sebagai gudang fosil manusia dan binatang purba. Penyelidikan dan penemuan di lokasi ini dimulai oleh G.H.R von Koenigswald, Berlin dan hasil temuannya berkaitan erat dengan penemuan manusia purba (Pithecanthropus Erectus) oleh Eugene Dubois (1891) di Trinil, Jawa Timur.

Disini Sangiran akan menunjukan dirinya sebagai salah satu pengungkap rahasia dunia karena pada situs ini sejarah evolusi kehidupan manusia purba hampir sepenuhnya dapat dijawab. Hal ini dikarenakan fosil manusia purba yang ditemukan berasal dari era zaman Pliosen lebih kurang 2 juta tahun lalu hingga zaman Holosen 15 ribu tahun lalu, mata rantainya tak terputus dan temuan fosilnya mencapai 50% populasi Homo Eresctus di dunia.

Berikut adalah fosil manusia purba Indonesia dengan mata rantainya:
01. Meganthropus Paleojavanicus (Sangiran).
02. Pithecanthropus Robustus (Trinil).
03. Pithecanthropus Erectus (Homo Erectus) (Trinil).
04. Pithecanthropus Dubius (Jetis).
05. Pithecanthropus Mojokertensis (Perning).
06. Homo Javanensis (Sambung Macan).
07. Homo Soloensis (Ngandong).
08. Homo Sapiens Archaic.
09. Homo Sapiens Neandertahlman Asia.
10. Homo Sapiens Wajakensis (Tulungagung)
11. Homo Modernman.

Kelengkapan mata rantai evolusi manusia purba Indonesia, apakah menjadikan bukti bahwa teori Charles Darwin adalah benar? Enjoy, peace and love.

Read More......

Asal Usul Pulau Jawa (Sangiran_1)

Dengan semakin rusaknya alam maka terpikir bagaimanakah bisa terciptanya sebuah pulau. Manusia menciptakan pulau seperti pulau Jawa apakah mungkin? Menurutku hanyalah alam yang bisa membentuk pulau dan hal tersebut berlansung sangat-sangat lama. Karena Bukti yang ada di Pulau Jawa, telah berumur 20juta tahun yang lalu.

Proses terjadinya pulau menurutku terjadi dikarenakan adanya berlakunya teori lempeng tektonik, letusan gunung berapi, dll. Teori Lempeng tektonik menjelaskan benua di dunia seperti rakit yang membeku di dalam es dari suatu arus yang mengalir, terseret bersama dasar samudra. Setelah adanya pergeseran lempengan maka mulai terjadinya pulau. Terjadinya pulau dikarenakan tenggelamnya dataran tinggi yang terletak di pantai (pulau-pulau kontinental) dan adanya zona-zona ketidakstabilan dalam kerak bumi (busur pulau). Pulau kontinental karena dahulu Jawa, Sumatra dan Kalimantan bersatu. Busur Pulau karena adanya palung laut, banyaknya gunung berapi yang menunjukan adanya kegiatan volkanik zaman dahulu.

Umur Pulau Jawa 20 juta tahun yang lalu dikarenakan ditemukannya fosil invertebrata dan vertebrata dimana ditemukan di Situs Sangiran, Jawa Tengah. Tapi untuk sementara dilihat dari sisi kacamata lapisan tanah dulu yah.

Di Situs Sangiran ada 5 formasi tanah dengan lapisannya yang dapat dilihat secara langsung dimana merupakan salah satu keajaiban Sangiran. Formasi tanahnya antara lain:

Formasi Kalibeng (Puren) berumur 5 juta s/d 1.8 juta tahun lalu. Dengan lapisan:
01. Lapisan napal (Marl)
02. Lapisan lempung abu-abu (biru) dari endapan laut dalam
03. Lapisan foraminifera dari endapan laut dangkal
04. Lapisan balanus batu gamping
05. Lapisan lahar bawah dari endapan air payau.


Formasi Pucangan (Sangiran) berumur 1.8 juta s/d 1 juta tahun lalu. Dengan lapisan:
01. Lapisan lempung hitam (kuning) dari endapan air tawar
02. Lapisan batuan kongkresi
03. Lapisan lempung volkanik (Tuff) (ada 14 tuff)
04. Lapisan batuan nodul
05. Lapisan batuan diatome warna kehijauan

Formasi Kabuh (Bapang) berumur 1 juta s/d 250 ribu tahun lalu. Dengan Lapisan:
01. Lapisan konglomerat
02. Lapisan batuan grenzbank sebagai pembatas
03. Lapisan lempeng vulkanik (tuff) (ada 3 tuff)
04. Lapisan pasir halus silang siur
05. Lapisan pasir gravel.

Formasi Notopuro (Phojajar) berumur 250 ribu s/d 15 ribu tahun lalu. Dengan lapisan:
01. Lapisan lahar atas
02. Lapisan teras
03. Lapisan batu pumice

Formasi Teras Solo (Kali Pasir) berumur 15 ribu s/d 1.5 ribu tahun lalu. Dimana hanya memiliki lapisan endapan sungai batu kerikil dan kerakal.

Btw informasi lapisan ini hanyalah sebagai tambahan dan catatan saja dikarenakan takut hilang. Maklum bukan ahli tanah, bila coretan di kertas terbuang maka informasi yang sukar didapat ini tak akan kembali. Lapisan tanah ini juga dijadikan bahan penelitian untuk menentukan usia bumi ini. Hihihihi.......

Sebelum Lupa di tengah area ladang sawah Sangiran terdapat kubangan yang menyemburkan bui air asin yang aktif. Dari informasi awal, lapisan tanah dan kubangan aku menarik kesimpulan bahwa pulau Jawa dahulu adalah lautan dimana akibat pergeseran lempengan sehingga muncul Jawa (Sumatra, Kalimantan, Jawa merupakan satu daratan) dan akibat ketidakstabilan kerak bumi dan erosi sehingga permukaan air laut meninggi sehingga muncul yang namanya pulau. Mohon maaf jika kesimpulanku salah karena sekali lagi aku bukanlah ahli dalam bidang ini.

Akhir kata, satu dari rahasia dunia (meskipun belum terungkap secara keseluruhan) terdapat di Sangiran, Jawa Tengah. Perlukan kita malu sebagai manusia yang tinggal di Indonesia.

Enjoy, peace and love.

Referensi Photo:
http://www.klett-verlag.de/sixcms_upload/media/100/tektonik_welt_500.jpg

Read More......

Rabu, 16 April 2008

"No Money,No Problem"

"Hahaha tak mungkin, nda ada duit mati ajah deh loh", jawaban banyak orang. Dipikir-pikir di zaman dan negara yang semuanya materialistis, hidup tanpa uang sama saja menyiksa diri. Jadi menurutku pernyataan bahwa "no money, no problem adalah tak mungkin" adalah benar dan hanya berlaku bagi orang gagal, alias tidak berlaku untuk diriku dan orang sukses. Pe-de banget yah gue.

"Tidak mungkin" adalah salah karena tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini. Jika anda bilang tidak mungkin maka anda tak akan pernah bisa berhasil dan menjadi sukses. Jadi ingat cerita Wright bersaudara dimana mereka berhasil menciptakan pesawat terbang dimana orang lain berkata tidak mungkin. Jadi "no money, no problem" adalah mungkin.

"Nda ada duit mati ajah deh loh". Percaya tidak percaya ini berlaku bagi orang yang inginnya hidup senang saja dan tak pernah mau susah. Lihat saja disekitar kita, bila seseorang yang memulai sesuatu dari nol dan menjadi sukses ketika ia gagal maka akan berkata kegagalan ini adalah cobaan dan saya akan memulai dari awal lagi. Hasilnya sukses besar karena ia belajar dari kegagalan. Lain bagi yang inginnya senang saja dan tak pernah mau susah, ketika ia gagal atau bangkrut menjadi stress dan kebanyakan kisah selanjutnya adalah mengambil jalan pintas yaitu bunuh diri. Malangnya manusia seperti itu.

Bagi penggemar film mungkin ada film yang membuktikan bahwa "no money, no problem". Ingat film Cast Away dimana seseorang terdampar di sebuah pulau tanpa penghuni. Uang tidak dapat menyelamatkan diri akan keganasan alam sehingga keberanian, kekuatan, dan keahlian menjadi senjata satu-satunya untuk bertahan hidup. Film The Terminal dimana seseorang berada di bandara, tidak boleh keluar dan tiada uang yang dapat digunakan. Ia menggunakan akalnya dan kemampuan dimilikinya untuk tetap dapat bertahan. Disini membuktikan "no money, no problem" merupakan hal akhir dari sebuah kehidupan adalah salah.

Kesimpulan: tanpa uang adalah titik balik berhasil atau tidak berhasilnya seseorang dalam bertahan hidup. Uang adalah senjata ampuh sedangkan akal, keberanian, kekuatan, kemampuan dan keahlian adalah senjata yang tiada tandingannya.

Enjoy, peace and love from Zener.

Referensi Photo: http://www.dancollinscartoons.com/Illustrations/NoMoney_tn.jpg

Read More......

Minggu, 13 April 2008

Arti Sebuah Seni

Seni adalah bentuk ekspresi yang dicurahkan dari dalam jiwa manusia, disampaikan dalam berbagai bentuk dan diterima oleh indra. Contohnya seni suara untuk indra pendengar, seni lukis untuk indra penglihat, dll. Jadi kupercaya bahwa di dalam setiap manusia memiliki jiwa seni dan berbeda-beda karena setiap orang diciptakan tidak ada yang sama. Bentuk seni dapat beraneka ragam dan dapat ditemui dimana saja.

Dalam mengekspresikan seni tentulah jiwa sangatlah berpengaruh karena akan menentukan karakter dan corak dari seni yang dihasilkan. Keindahan dari sebuah seni tentulah harus didukung akan kemampuan seseorang dalam mengolahnya agar seni tersebut dapat dinikmati oleh orang lain.

Seorang seniman tentulah mengerti apa yang hendak dilakukan dan dikerjakannya. Dimana semuanya dilakukan untuk idealis kepuasan dirinya sendiri. Sehingga orang lain yang menikmati hasil seni tersebut dapat merasakan kepuasan yang dirasakan oleh seniman tersebut.

Tapi sangat disayangkan karena banyak "seniman jadi-jadian" dimana menghasilkan karya hanya demi sebuah popularitas bukan suatu keindahan. Lebih parahnya para "seniman jadi-jadian" tersebut mencoreng akan arti sebuah seni dan demi sebuah popularitas mereka lupa akan siapa diri mereka. Mengapa kita tidak belajar dan mencontoh dari almahrum Affandi Maestro Seni Lukis Indonesia. Walaupun terkenal ia menjuluki dirinya sendiri adalah Pelukis Kebo (pelukis bodoh) dan merasa senang mengambar karena dengan coretan-coretan gambar Affandi dapat mengungkapkan perasaannya. Btw sebelum terkenal ia pernah bekerja sebagai pelukis poster bioskop yang mana menunjukan bahwa ia memiliki kemampuan untuk melukis bukan hanya sekedar jadi-jadian.

Enjoy, peace and love from pengagum seni.

Refereni photo:
http://www.dusa.dundee.ac.uk/musicsociety/images/classical-music.jpg
http://www.niaslinc.dk/gateway_to_asia/Asia_Insights/tsunami_pictures/AFFANDI.jpg

Read More......

Sabtu, 12 April 2008

Gracilaria

Sosok unik, istimewa, ramah dan membantu siapa saja yang menggunakannya, Gracilaria si rumput laut. Kehidupan sebagai fitobentos menjadikan diri Gracilaria unik. Fitobentos diambil dari bahasa Yunani dimana fito berarti tumbuhan dan bentos berarti kedalaman laut dimana bentos digunakan untuk makhluk yang hidup melekat di laut yang dalam.

Gracilaria si rumput laut yang berada di kelas Rhodophyceae memiliki nilai ekonomis disamping rumput laut lainnya seperti Caloglosa, Eucheuma, Gelidium, Gelidiopsis, Hypnea, Sargassum, dan Turbinaria. Btw kelas-kelas rumput laut antara lain Chlorophyceae (ganggang hijau), Cyanophyceae (ganggang biru-hijau), Phaeophyceae (ganggang coklat) dan Rhodophyceae (ganggang merah).

Jika anda bukan pakarnya sebaiknya lewatkan paragraf tentang keistimewaan dari Gracilaria ini. Keistimewaan Gracilaria yaitu kandungan pada agarnya dimana mengandung Galactose, 6-0-Methygalactose, 3,6-Anhydrogalactose, R-phycoerythrin, Borid Acid, Eicosapentaenoic Acid, Arachidonic Acid, Sulfated Proteoglycan dan Prostagladin. Bingung khan.....

Ramahnya Gracilaria dikarenakan si rumput laut ini memiliki serat makanan (dietry fiber) yang tinggi. Serat ini sangat bermamfaat untuk menjaga keseimbangan pola makan. Pola makan tidak sehat menyebabkan berat badan, sembelit, kadar gula dan lemak tubuh yang berlebihan. Dalam penelitian akan bubuk instan dari Gracilaria oleh K. Kagawa dari FUKUI university, Jepang dan K.H. Kurniawan dari MMM Research Centre, Jakarta menyatakan bahwa kandungan bubuk instan ini memiliki kadar kalsium 4 kali dari bubuk susu sapi. Informasi lain dari hasil penelitian ini yaitu kadar Ca > Mg dan memiliki kandungan Fe, Na, K, Mn, S, Si, P,Cl, dll.

Gracilaria yang dalam literatur tumbuhan obat China disebut Long Xu Cai memiliki rasa asin, manis, bersifat dingin dan tidak beracun. Khasiat dari Gracilaria antara lain menurunkan demam, panas dalam, peluruh kencing, peluruh dahak, pencahar dalam proses pencernaan, merawat lambung, anti disentri, pelembut, peluruh gumpalan keras atau benjolan terutama bagian leher, anti tumor dll.

Itulah jawaban dari para ahli farmasi, gizi, herbalis tentang Gracilaria si rumput laut. Inikah makanan kesehatan unggulan Indonesia dan dunia abad ke 21? Mengingat Indonesia terdapat lebih kurang 780 species alga yang merupakan 8.6% dari species di dunia.

Akhir kata maaf jika informasi yang diberian kurang akurat dan sulit dicerna karena sulitnya membuat artikel dimana bukan bidangku dan bersifat ilmiah. Jadi ditunggu koreksi dan masukannya. Enjoy, peace, and love.

Referensi:
"Zhon Hoa Ben Cao" Shang Hai Ke Xue Ji Shu Chu Ban She, 1999
http://seaweed.ucg.ie/webpictures/gragra.jpg

Read More......

Jumat, 11 April 2008

Usia dan Status

Dahulu pada saat saya melakukan kesalahan ada yang mengatakan, "kamu tuh sudah besar" atau "dasar anak kecil." Jadi sering kali kubertanya dalam diri tentang kapan seseorang dapat dikatakan dewasa. Apakah 13 tahun untuk wanita dan 16 tahun untuk pria? atau 17 tahun untuk wanita dan 21 tahun untuk pria? Hmm.... Setelah banyak baca buku ternyata tidak ada patokan kapan manusia disebut anak-anak, remaja, dewasa atau tua.

Secara umum usia terbagi atas empat kategori yaitu:

  • Usia kronologis: jumlah tahun sejak dilahirkan
  • Usia biologis: sisa waktu kehidupan sebelum ajal
  • Usia psikologis: kemampuan adaptasi, perasaan subyektif terhadap usianya
  • Usia sosial: pandangan masyarakat akan peran, tangung jawab

Usia Kronologis menurut ilmu kesehatan Tiongkok tingkat kedewasaan (tian gui) dihitung dari siklus yang terjadi pada tubuh manusia dimana pria biasanya siklusnya 8 tahunan dan wanita 7 tahunan.
  • Pertama yaitu tahap pertumbuhan anak ditandai dengan tanggalnya gigi susu (L: 8 thn, W: 7 thn).
  • Kedua, tahap remaja dimana sudah dapat regenerasi karena pria telah dapat mengeluarkan sperma dan wanita menstrubasi (L: 16 thn, W:14 thn).
  • Ketiga, tahap dewasa dan kesiapan berkeluarga ditandai pertumbuhan gigi telah sempurna(L:24 thn, W:21thn).
  • Keempat, pria dan wanita berada di tahap puncak kematangan biologis (L:32thn, W:28thn).
  • Kelima, proses penurunan ditandai dengan munculnya keriput dan rambut mulai rontok (L:40 thn, W:35 thn).
  • Keenam, mulainya masa penuaan karena munculnya uban pada rambut (L:48thn, W:42thn).
  • Terakhir adalah keadaan menurunnya fungsi organ dan alat gerak dan untuk wanita sudah tidak dapar reproduksi lagi(P:64 tahun. W:49thn).
Catatan: perhitungan umur +1 tahun karena berdasarkan perhitungan shio.

Akan tetapi yang menentukan dewasa tidaknya seseorang bukanlah usia kronologis tetapi usia sosial dan usia psikologis yang bersifat subyektif.

Kesimpulannya: Seorang anak kecil dapat dikatakan dewasa bila dapat memikul tanggung jawab besar dan memiliki pandangan luas dimana diperoleh dari pengalaman, pendidikan, dan informasi di sekitarnya. Seorang tua dapat dikatakan muda bila selalu belajar dan tak pernah mau berhenti. Seorang dewasa dikatakan anak kecil bila tidak dapat menjalankan tanggung jawab dan bertingkah laku seperti anak kecil.

Dimanakah status usia anda? Janganlah anda berkata dewasa jika belum dapat menentukan keputusan, melihat resiko yang ada di depan mata dan bertanggung jawab atas pilihan yang diambil.

Enjoy, peace and love

Referensi:
"Intisari: Kumpulan Artikel Psikolog 3", Jakarta, PT Gramedia, 2008
http://static.flickr.com/113/306693777_f9778297c3.jpg

Read More......

Selasa, 08 April 2008

Candi Lebih Tua Dari Borobudur

Kompleks pecandian atau situs Batujaya yang merupakan bangunan stupa diperkirakan berasal dari abad ke-4 (Borobudur dari abad ke 9). Dimana kompleks pecandian yang ditemukan pada tahun 1984 oleh tim arkeolog Fakultas Sastra Universitas Indonesia akan dijadikan pusat perayaan waisak 2008 untuk Jawa Barat. Situs yang dalam perjalanan kurang lebih 1 jam dari pintu gerbang tol Karawang Barat dengan mobil, diperkirakan terdapat 24 buah candi antara lain 13 candi di desa Segaran dan 11 candi di desa Tegaljaya, Karawang.

Dalam kesempatan ini saya berkunjung ke Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Candi-candi ini memiliki keunikan yaitu letaknya yang berada di tengah-tengah persawahan dan bahan-bahan penyusun candi. Bahan penyusun candi terdiri dari 3 bahan yaitu batu andesit untuk bagian bawah candi, batu bata untuk badan candi dan batuan kecil yang direkatkan dengan lapisan putih (stuko) untuk ornamen atap. Disini mematahkan mitos bahwa candi dengan batu bata merupakan candi yang berumur relatif muda daripada candi dengan batuan andesit.


Candi Jiwa bila dilihat tampak biasa saja tapi jika dibayangkan maka akan takjub anda. Struktur bagian atas candi ini membentuk mandala bunga teratai dan bagian tengahnya terdapat struktur melingkar sebagai tempat stupa. Candi ini tidak memiliki tangga sehingga bila dibayangkan adanya arca budha duduk di atas bunga teratai yang sedang mekar dan terapung di atas air. Btw nama candi ini diperoleh karena setiap kali penduduk menambatkan binatang ternak di atas reruntuhan candi, ternak tersebut meninggal. Hihihihi.

Alkisah dari catatan tak lengkap dari Tiongkok. Pada tahun 414 seorang biksu dari China yang bernama Fa Shien mengunjungi Pulau Jawa dan menyatakan bahwa rakyat di Jawa Barat telah menganut agama kepercayaan, Hindu, dan Budha. Bukti nyata situs Cibuaya unsur agama Hindu dan situs Batujaya unsur agama Budha. Dalam catatan juga ada penuturan seorang pangeran (mungkin dari India atau Khasmir atau Srilanka) yang menjadi biksu bernama Qiu Na Ba Mo (Gunavarman) menyebarkan ajarannya di Pantai Utara Jawa Barat dan menasbihkan raja, permaisuri dan rakyatnya untuk berlindung kepada TriRatna

Candi Blandongan adalah candi utama karena ukuran candi yang besar dan memiliki 4 pintu masuk di keempat sisinya. Nama candi ini diambil dari dialek masyarakat setempat yang mana Blandongan memiliki arti tempat peristirahatan. Di selasar bangunan sekitarnya ditemukan Viotive Tablet (Tsa Tsa) dari bahan tanah liat yang terdapat relief yang ada kaitannya dengan cerita Saraswati.

Sekian dulu ceritanya. Sebagai informasi tambahan di daerah Rengasdengklok ada sebuah tugu yang dibangun untuk memperingati kejadian penculikan Soekarno karena tanpa peristiwa tersebut mungkin negara ini tidak merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Enjoy, peace and love.

Read More......

Minggu, 06 April 2008

Banggalah Pemuda Indonesia

Ingat kata pemuda, jadi ingat akan sumpah pemuda yang isinya:

Kami Putera dan Puteri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia.
Kami Putera dan Puteri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia.
Kami Putera dan Puteri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.


Terasa aneh jika seluruh dunia mengumandangkan sumpah pemuda ini. Tapi lebih aneh lagi, banyak orang Indonesia tidak bangga akan tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia. Padahal Indonesia adalah negara yang luas, bangsa yang besar dan bahasa yang cukup banyak penuturnya.

Tanah air Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan 17.000 pulau dan luas wilayahnya no 15 di dunia dan terluas di Asia Tenggara. Tanah air Indonesia kaya akan flora dan faunanya dimana Indonesia salah satu negara yang memiliki jenis fauna burung, spesies ikan, flora untuk obat-obatan terlengkap ke 2 di dunia. Tidak hanya itu Indonesia juga memiliki warisan dunia antara lain Ujung Kulon, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pulau Komodo, Taman Nasional Lorentz, dan situs manusia purba Sangiran. Sebetulnya pernah terpikir dalam benakku, jika saya menggelilingi seluruh tempat wisata di nusantara apakah bisa selesai dalam satu tahun? Karena banyak sekali tempat wisata dan keindahan alam di bumi nusantara ini.


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Dilihat dari jumlah penduduk, Indonesia adalah negara terpadat ke empat di dunia dengan suku bangsa yang banyak. Urutan negara terpadat di dunia: China, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brazilia. Apa karena dahulu zaman perjuangan para pahlawan selalu berkata mati satu tumbuh seribu yah? Jadi ingat dahulu Bangsa Indonesia adalah bangsa yang disegani baik di laut maupun di darat.

Bahasa Indonesia bukanlah bahasa internasional akan tetapi salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Pada awalnya saya tidak percaya tapi setelah diberikan statistik, kubertanya kenapa bahasa Indonesia tidak menjadi bahasa internasional. Urutan jumlah penutur terbanyak: Mandarin, Hindi, Inggris, Spanyol, Arab, Indonesia. Oyah penutur dengan menggunakan bahasa Jawa ternyata lebih banyak dari penutur yang menggunakan bahasa Perancis. Hihihihi aneh tapi nyata. Jadi sebagai orang Indonesia harus bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, benar dan menjadikannya sebagai bahasa primer. Setuju?

Bagi orang yang memandang rendah negara ini berarti mereka belum melihat siapa Indonesia. Karena Indonesia memiliki tanah air yang luas, bangsa besar dan bahasa dengan pengguna yang banyak. Jadi tugas seorang pemuda Indonesia tidaklah ringan karena haruslah memberikan pendangan pada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan tak dapat dipandang sebelah mata.

Enjoy, peace, and love from pemuda Indonesia.

Referensi:
Komandoko Gamal,"Buku Serba Tahu Edisi Senior", Pustaka Widyatama, Jakarta, 2008

Read More......

Jumat, 04 April 2008

Perjalanan dari Kilometer 0

Suatu perjalanan selalu dimulai dengan titik awal atau kilometer 0 dan diakhiri dengan titik akhir. Dalam perjalanan menuju titik akhir, sangat dimungkinkan terjadi berbagai hambatan. Sama hal-nya dengan perjalanan hidup selalu dimulai dari kelahiran dan dalam perjalanan akan banyak rintangan.

Dalam suatu kehidupan, bekal yang diberikan diawal (masa kanak-kanak) merupakan fondasi yang tentu akan sangat berguna dalam perjalanan hidupnya. Sehingga seringkali orang tua mencari cara agar bekal yang diberikan pada anaknya lebih dari cukup dan kadangkala bila bekal yang diperoleh pada anak belum mencukupi jalan pintas diberikan. Hal diatas bisa menjadi positif dan negatif.

Bekal lebih dari cukup tentu menjadikan dirinya lebih maju akan tetapi harus pula dipikirkan bagaimana sisi psikologis pada seorang anak. Untuk memperoleh suatu lebih tentu ada hal yang dikorbankan. Bekal yang biasanya berupa berbagai pendidikan, mengikis masa anak-anak untuk menggali daya imajinasi dan masa bermain dalam mengenal sekitarnya.

Jalan pintas yang diberikan biasanya dikarenakan kasih sayang orang tua yang berlebih. Hal ini dikarenakan menyadari betapa beratnya pendidikan yang diperoleh sehingga seringkali memanjakan anaknya dan kadangkala karena ego-nya kekuatan uangpun bermain bila seorang anak tidak naik kelas. Anak sadar akan kebaikan orang tuanya sering kali salah taksir, sehingga membuat anak merasa nyaman dan kadangkala ngelunjak atau peribahasanya dikasih hati minta kepala.

Pendidikan ekstra tidak selalu menjadi solusi terbaik dalam perkembangan anak. Pendidikan haruslah sesuai dengan perkembangan jiwa dan raga anak, dengan dibekali pemahaman keprajuritan dan king way. Pendidikan yang tidak berlebih memberikan waktu kepada seorang anak untuk mencoba kebebasan daya imajinasinya. Pemahaman keprajuritan untuk melatih disiplin, menghargai, menghormati, tenggang rasa, kerja sama dan memiliki jiwa untuk bertahan hidup (mandiri). Pemahaman king way mengajarkan sopan santun, tingkah laku, dan langkah menjadi seorang pemimpin yang baik dan benar.

Kesimpulannya dalam suatu perjalanan tentulah dimulai dari titik nol dan dalam menyelesaikan berbagai hambatan dalam perjalanan diperlukan pendidikan, pemahaman dan fondasi yang kuat. Suatu bangunan yang megah dan indah tetapi tidak memiliki fondasi yang kuat menjadikan bangunan tersebut tidak layak untuk digunakan.

Enjoy, peace and love.

Referensi foto:
http://www.erfolgreich-marathon.de/images/Startbl%F6cke_01.jpg

Read More......

Rabu, 02 April 2008

Alasan "Muda Tak Dapat Dipercaya"

Ini adalah salah satu kalimat dari salah satu iklan di Indonesia yang cukup populer. Pada awalnya saya bingung apa hubungan antara iklan ini dengan produk yang diperjualkan. Ternyata iklan ini berupaya mengambil hati konsumen dengan tema iklan yang sejalan dengan pandangan konsumen. Pandangan "muda tak dapat dipercaya" membuat saya bertanya-tanya kenapa hal tersebut dapat terjadi.

Apakah dikarenakan pengalaman membuat yang muda tak dapat dipercaya? Jika iyah, mengapa orang tua menyuruh anaknya sekolah hingga tinggi kenapa tidak setelah lulus SD disuruh bekerja. Menurutku pengalaman logika berfikir mungkin membuat yang muda tak dapat dipercaya akan tetapi bukanlah hal yang mutlak karena dapat ditutupi dengan pembelajaran yang diperoleh. Kepercayaan ditentukan oleh hasil, sikap dan tingkah laku manusia itu sendiri.

Hal paling utama yang membuat seseorang tak dapat dipercaya adalah etika (mengambil keuntungan yang bukan haknya). Berikutnya adalah keegoisan manusia, merasa dirinya paling benar sehingga tak mau mendengarkan dan banyak kesalahan tidak disadarinya. Selanjutnya keinginan untuk menjadi orang lain (akibat lingkungan) sehingga lupa akan dirinya sendiri dimana menyebabkan hilangnya kemampuan untuk menentukan apa yang terbaik bagi dirinya. Disini ditunjukan, bagaimana seseorang dapat memberikan keputusan yang terbaik untuk orang lain sedangkan memberikan keputusan yang terbaik untuk dirinya sendiri saja tak bisa. Terakhir tiadanya rasa hormat pada yang lebih tua atau senior disini menunjukan mereka lupa akan hukum timbal balik dimana bila seseorang tak menghormati orang lain maka orang lainpun tak menghormati dirinya.

Dari beberapa kesalahan diatas memang sangat dimungkinkan sehingga muda tak dapat dipercaya akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk yang tua. Pendapat diatas mungkin saja salah karena diriku adalah anak muda yang tak bisa membaca pikiran orang tua tetapi hanya menganalisa dari kehidupan para manusia muda dan diriku sendiri.

Enjoy, peace and love dari anak muda.

Read More......

Artikel Favorit dalam 1 minggu