Kamis, 17 Juni 2010

Cendekia

Hei nama ayahmu ada di "Google Cendekia", sahabatku berkata. Dan aku hanya bisa berkata "O yah" seakan tidak mengetahuinya karena kusadari bahwa di negara ini masih minim akan masyarakat yang ingin mengetahui akan dunia cendekia.

Sejak dahulu didinding tembok dalam ruang kerja pribadi ayah terdapat tulisan di sebuah batu marmer dan ditanda tangani oleh seorang pemimpin bangsa "Spiritualisme, Patriotisme dan Nasionalisme adalah nilai-nilai dasar manusia Indonesia. Manusia yang cerdas dan berdaya saing yang dipimpin oleh pemimpin bijak dan tangguh adalah tiang kehidupan bangsa. Tempat yang indah dan teduh ini merupakan persemaian dan tumbuhnya tekad cita-cita serta prakasa untuk mengabdi dan berbuat terbaik bagi bangsa dan negara”.

Pada kenyataan sangatlah sulit bercerita tentang ayahku yang memiliki karakter “langka” dan kental akan kebijakan-kebijakan jawanisme, corak ajaran taoismenya , dan unsur Yin Yang dalam dualisme paradoks yang berkesinambungan. Benang merah yang jelas tetapi terbebas dari kepentingan dan keuntungan pribadi, demi terobosan spektakuler yang sulit dimengerti dan hanya kepastian dari proses yang sedang berjalan dan ditekuninya, yang mana membuat dirinya terkesan memiliki ciri dari tokoh “ free thinker & dewa gila.”

Ayah dilahirkan dalam keluarga sederhana , yang mana merupakan anak sulung dan laki-laki tunggal dari 5 saudara. Sejak remaja hidup mandiri, dan sempat bekerja sebagai kuli angkutan, pengantar barang elektronik, pegawai pelayan lepas waktu, guru sukarela. Akan tetapi keinginnan terus belajar terus ada dalam dirinya sebagi bukti nyata yaitu menuntut ilmu pengetahuan hingga ke berapa negara.

Catatan kecil tentang ayahku. Di era 80-an, ayah dikenal sebagai seorang terapis medis bertangan dingin dan pengabdi yang tulus dengan pola hidup sederhana. Jadi ingat kata kakek “Ayahmu membangakan, bersahaja, penuh kejutan,ketika resepsi pernikahannya juga diluar dugaan dihadiri oleh ketua MPR/DPR saat itu”. Pada dekade 90 an, karena pengetahuan bidang disiplin ilmu yang luas dan kemampuan profesi yang tinggi, jadi memungkinkan untuk berhubungan dan berinteraksi dengan para pengusaha berkaliber serta kaum elite pemerintah pusat dan daerah. Sipil serta militer dalam diskusi kajian pola pandang tentang sejarah, politik, ekonomi, sosial, budaya dan strategi untuk kemasa datang. Ayah lebih condong kearah konsep reformasi dan perubahan dalam koridor kultur bangsa dan pendidikan sumber manusia demi membangun sistem demokrasi tertata untuk menuju proses negara sejahtera yang maju, juga sebagai narasumber penasehat kandidat pimpinan Negara.

Pada era tahun 2000 an, untuk Indonesia maju, ayah mengfokuskan pikiran kebidang penelitian berteknologi dan pendidikan berlokakarya bersama rekan idealisnya mendirikan “Research center” non profit. Dibangunnya prasarana penelitian berteknoklogi nanosecond yang langka di bumi Indonesia. Pada tahun 2010 telah diawalinya era penelitian berteknologi pikosecond serta metode "non destructive test analsys" yang tak kalah dengan negara maju.

Lebih dari 180 publikasi ilmiah telah dihasilkan oleh para rekan peneliti sukarela si “Research center” serta ringkasannya tertera di dunia cyber ”Google cendekia” yang mana lebih dari 80 judul tercantum nama ayah. Saat ini Hirsch Index 9 dari 42 dokumen versi scorpus documents published.

Mungkin anda tidak percaya di era kehidupan komunikasi moderen, sosok ayahku yang langka ini tidak tersentuh dengan yang namanya HP. Kegiatan rutin sehari-hari berkendaraan umum, jalan kaki dan tugas "belajar dan berkarya” di dalam dunianya, dan padat waktu. Baginya “waktu itu belajar”, “waktu itu berkarya”, “waktu itu kehidupan”, inilah sebagian sisi sosok ayah yang “langka tapi logis” yang dihormati dan disegani oleh kami sekeluarga serta rekan-rekan sahabat , teman dan kelompok komunitasnya.

"Jika berjodoh dimanapun akan mudah saling memandu, bila tidak berjodoh di depan matapun sulit untuk saling menyapa"

Siapakah dia? Ini adalah secarit kertas coretan yang pernah dibuang mungkin bisa menjawabnya.

Aku manusia biasa yang luar biasa
Biasa akan proses hidup sama lahir dan mati
Luar biasa karena mempunyai tugas dan cita-cita
Demi menjaga bumi dan manusia yang mengabdi.

Aku manusia biasa yang telanjang transparan
Biasa karena drajat manusia sama dihadapannya
Luar biasa karena tiadanya beban dosa bayangan
Demi membuka pintu sukma jiwa dan hati
Apa artinya sebuah hidupku
Luar biasa dalam hidup kemuliaan manusia
Apa artinya sebuah namaku
Biasa telanjang tranparan tak bermakna

Inilah aku manusia biasa
Tranparan kekekalan jiwa dan sukma
Tanpa dengan nama noda
Inilah aku manusia luar biasa
Kehidupan manusia sejati
Tanpa dengan beban bayang dosa.

“seorang pemimpin intelektual bangsa membangun jati dirinya dengan berkarya dan hidup bersahaja, bukan menjadi seorang selebritis penari topeng di panggung sandiwara, untuk mencitrakan dirinya”.

“Mari kita belajar hidup dalam kenyataan dan menjalankan kejujuran, kesiplinan, ketekunan, kebenaran, kepastian dan tanggung jawab, untuk membangun kemuliaan jati diri ”.

Enjoy, peace and love freom sukra

referensi foto: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjS-uGSXHO_K_gtH9uNKa8v80lgf9TPGeEYi2UA7SlLzsnCNXRAUfRIiVCGhzoYmTARM6Maxx8-6E0lMqHEy7OLiIf4pVTzGBII-0UrfglalRnxgwQsK_QlKf9ce3r3XukrRt_cWecshpve/s400/Copy+of+Eagle.jpg

Related Posts by Categories



181 comments:

BeDa mengatakan...

Sosok ayah yang membanggakan. Masing-masing anak memiliki kebanggaan pada sisi tertentu yang mungkin berbeda pada ayah...

Dengar Lagu mengatakan...

membaca ini membuat g bangga ,,,

Hester mengatakan...

Zen, saya kenal ayahmu, dia seorang langka dan tulus pengabdian, bersahaya. Mari kita merayakan father day 20 june ini semoga ayah selalu menjadi panutan teladan pemimpin bagi kita semua.

Kurniawan mengatakan...

Ayahmu teman saya sejak SMP yang berinteraksi lebih dari 40 thn, dia seorang yang saya kenal sangat keras, tegas, berprinsip dan disiplin, konsisten, konsekwen, kommitment, dan Indonesian banget, orangnya baik hati dan sangat perduli dengan kehidupan lingkungan dan sosial masyarakat yang berbudaya kultur dan bercita cita masyarakat sejahtera

Cerita Seru mengatakan...

bagus sekali ceritanya, sungguh seru dan mengharukan.

eskelapa mengatakan...

nice post om..
sukses selalu...

Anonim mengatakan...

Your father has supported my family for many many yeras now, and I just want to say, on behalf of my family - thank you!

Anonim mengatakan...

I would like to thank him so much for supporting me throughout the years. This type of wisdom is not something that is easy to explain or understand, yet it is undoubtedly real and is something I truly respect and am grateful for.

Anonim mengatakan...

Thank you to your dad, tomorrow i am graduating from bio chem cambridge, and your dad supporting me throughout the years with his advice, i respect him very much.

ellis mengatakan...

As a friend of your dad's for over 2 decades, I share your respect and admiration for him. His dedication and commitment in pursue of knowledge is admirable. A visionary who is selfless in imparting his wisdom and knowledge. I have had the good fortune to listen to his many eye-opening and enlightening theories and hypothesis. But most of all, his integrity and compassion is most cherished. Like a guiding light, he is always there to lend a helping hand in times of need. Be proud to call him dad!

*Photon* , Peace, And Joy!

AK mengatakan...

I've known your dad through my parents for almost all my life. Throughout the years, he has been giving our family meaningful and essential advice on life and ways to improve them. After reading your blog, I couldn't agree more with your view towards your dad. What I really admire is his selfless attitude, and his bravery on following his instincts and gut feelings. He is never afraid to share his knowledge to others. I have nothing but respect and admiration towards your father. Be proud of him.

agus kurniawan mengatakan...

Zener,saya kenal Ayahanda lebih dari 20thn. Pertama-tama bagi saya beliau adalah teman yg Baik dan Bijak.Seorang teman diskusi yg seru,menarik dan mencerahkam! Ayahanda adalah seorang yg konsisten dan tak pernah berhenti in search of excelence di bidang yg dia minati! Lebih dari kemampuan daya analisanya yg memang sangat tajam,Ayahanda mempunyai daya IMAGINASI yg unik dan orisinal yg menqualifikasikan beliau sebagai seorang Renaisance man(Ahli Ilmu pasti dan sosial), seorang CENDEKIA LANGKA!

Om Agus

agus kurniawan mengatakan...

Saya kenal Ayahmu lebih dari 20 thn. Pertama-tama bagi saya ayahmu adalah seorang sahabat yg baik dan bijak. Seorang teman diskusi yg seru,menarik dan mencerahkan. Seorang yg konsisten dan tidak berhenti in search of excellent di bidang yg ia minati.Selain memiliki daya analisa yg sangat tajam,ayahanda memiliki daya IMAGINASI yg unik,orisinal dan tidak lazim ,yg mana menqualifikasikan beliau sebagai seorang renaissance man( ahli ilmu art and science)seorang CENDEKIA LANGKA dan Eksentrik

Alvin mengatakan...

A great man. A really great man. An extraordinary man. A man of unmatchable capabilities. I am grateful to have known your father. I cannot express how grateful I am. I am really really grateful.

hasan mengatakan...

bgs skali ceritanya brow!!
salut gw!!
thanks

apliakasi dan game unik mengatakan...

jadi inget ayah

obat kolesterol mengatakan...

wah sosok ayah yang jadi dambaan

xamthone plus mengatakan...

terima kasih gan buat infonya,,
semoga bermanfaat

Nikmaya John mengatakan...

Sya ikut bangga membaca cerita ini,,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Sungguh saya suka karakter ayahanda agan,,,,

Obat herbal Asam Urat mengatakan...

cerita yang sangat bagus nih gan, makasih banyak atas infonya gan

Obat Alternatif Nyeri Sendi mengatakan...

informasi nya bagus banget nih gan, semoga bermanfaat yah, sukses selalu yah

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

Thank you to your dad, tomorrow i am graduating from bio chem cambridge

Tahitian Noni Juice mengatakan...

terima kasih gan buat infonya,,

kanker mengatakan...

As a friend of your dad's for over 2 decades, I share your respect and admiration for him. His dedication and commitment in pursue of knowledge is admirable.

Technology Informasi mengatakan...

I would like to thank him so much for supporting me throughout the years.

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

Sosok ayah yang membanggakan

Free Downloads Games mengatakan...

bagus sekali ceritanya

Business And Finance mengatakan...

bagus sekali ceritanya

Bank mengatakan...

nice post gan

Gaming Servers mengatakan...

wah jadi bangga ane gan waktu baca postnya

Racing News mengatakan...

cerita yg top markotop om

Asurion Verizon mengatakan...

Thank you to your dad

Small Business Financial Crisis mengatakan...

seorang ayah yang membaggakan

Compare Cell Phone Plans mengatakan...

I am grateful to have known your father

busana muslim mengatakan...

artikel tulisan yang baik,,nice post slam kenal

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

sosok seseorang yg patut di turuti

obat tradisional kanker prostat mengatakan...

sangat membanggakan sekali

herizal alwi mengatakan...

sebuah kisah semoga mengispirasimu…

Di siang bolong seorang Darwis masuk-keluar pasar dengan membawa sebuah lilin ditanganya. Ada yang menegur dia, Apa yang sedang engkau cari? Untuk apa pula menyalakan lilin? Tidak cukuplah cahaya matahari?”

Darwis menjawab,”aku sedang mencari seseorang manusia”

Seorang manusia? Pasar ini penuh dengan manusia dimana-mana, siapakah yang kau maksudkan?”

“seorang manusia sejati. Ia yang mampu pertahankan kemanusiaanya dalam dua keadaan.”

Keadaan apa?”

“pertama, dalam keadaan marah, Yang “kedua dalam keadaaan lapar. Bila ada yang mampu mempertahankan kemanusiaanya dalam keadaam itu, maka dialah seorang manusia sejati.”

“engkau sedang mencari sesuatu yang sangat langka, katakana apa yang kan kau lakukan jika bertemu dengan seorang manusia sejati seperti itu?

“aku akan mengabdi kepadanya, seumur hidup, untuk selama-lamanya.”

“sungguh engkau sedang mencari ranting. Kenapa tidak mencari akar? Engkau memperhatikan busa menutupi permukaan laut, kenapa tidak memperhatikan laut.

Cerita diatas adalah kiasan yang diberikan jalaludin rumi dalam karya fenomenalnya, masnawi, jika membaca cerita diatas, paling tidak ada dua makna tersirat yang bisa kita dapatkan.

Pertama, manusia sejati adalah manusia yang dapat mengendalikan diri saat marah dan lapar. Bagi rumi, saat mengalami dua hal itulah, manusia terkadang kehilangan kesadaranya. Ketika dilanda marah, biasanya manusia kan membabi buta baik perkataanya maupun perbuatanya. Kata-kata orang marah biasnya ngelantur kesana-kemari, caci maki, hinaan, ejekan, sumpah serapah, merendahkan orang, dan yang sejenisnya yang keluar tanpa control.

Kedua, kita harus menjadi pelaku atas manusia sejati, kita tidak perlu mencari manusia sejati, tetapi kita jadikan diri kita sebagai manusia sejati, rumi mengatakan di akhir ceritanya,”sungguh engkau sedang mencari ranting. Kenapa tidak mencari akar? Engkau memperhatikan busa yang menutupi permukaan laut, kenapa tidak memperhatikan laut?”

obat jerawat mengatakan...

Thank you to your dad, tomorrow i am graduating from bio chem cambridge

obat herbal miom mengatakan...

coretan yang sangat bagus gan...

obat trigliserida tinggi mengatakan...

Sosok ayah yang sangat membanggakan...

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

mantep gan artikelnya....

obat herbal jantung bocor mengatakan...

ceritanya bagus bgt...
buat saya jadi bangga untuk sosok ayah...

obat herbal flek paru paru mengatakan...

ceritanya TOP bgt gan...
ditunggu post-post selanjutnya...

obat jantung koroner mengatakan...

salam kenal gan.....

obat herbal kanker prostat mengatakan...

jadi inget ayah

obat batu empedu mengatakan...

Sosok ayah yang membanggakan....

obat leukemia mengatakan...

bagus sekali ceritanya

agen xamthone plus mengatakan...

wah jadi bangga ane gan waktu baca postnya

xamthone mengatakan...

sosok ayah yang sangat membanggakan..

obat alami asam urat mengatakan...

sosok ayah yang menjadi dambaan buat semua anak..

obat alami diabetes mengatakan...

terima kasih buat ceritanya yang menarik...

obat alami darah tinggi mengatakan...

sangat menarik artikelnya gan...
sukses terus ya...
salam blogger...

xamthone plus mengatakan...

bagus sekali ceritanya

obat asam urat mengatakan...

wah jadi bangga ane gan waktu baca postnya

Unknown mengatakan...

ceritanya TOP bgt gan...
ditunggu post-post selanjutnya...

obat diabetes mengatakan...

ceritanya TOP bgt gan...
ditunggu post-post selanjutnya...

obat darah tinggi mengatakan...

sosok ayah yang menjadi dambaan buat semua anak..

obat asma mengatakan...

coretan yang sangat bagus gan...

obat hiv mengatakan...

terima kasih gan buat infonya,,

obat kista mengatakan...

Sosok ayah yang membanggakan

obat sinusitis mengatakan...

Your father has supported my family for many many yeras now, and I just want to say, on behalf of my family - thank you!

obat ginjal mengatakan...

wah sosok ayah yang jadi dambaan

obat batu ginjal mengatakan...

bgs skali ceritanya brow!!
salut gw!!
thanks

obat penurun kolesterol mengatakan...

manteb bro..perlu disimak nie

obat herbal kanker hati mengatakan...

keren..!!

obat leukimia mengatakan...

ayah yang membanggakan.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

dizaman sekarang apa masih ada ayah seperti itu...???

obat asma alami mengatakan...

sosok ayah yang sangat membanggakan buat anaknya...

obat alami kolesterol mengatakan...

malam-malam berkunjung dulu ne...
artikelnya menarik..

obat tradisional wasir mengatakan...

superb article....
i hope i have a dad like that...
so inspiring..

obat alami kanker payudara mengatakan...

Jika berjodoh dimanapun akan mudah saling memandu, bila tidak berjodoh di depan matapun sulit untuk saling menyapa...
betul banget ne..
kalau ada jodoh pasti bisa saling memandu...

obat alami stroke mengatakan...

Mari kita belajar hidup dalam kenyataan dan menjalankan kejujuran, kesiplinan, ketekunan, kebenaran, kepastian dan tanggung jawab, untuk membangun kemuliaan jati diri...
dan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup..

obat herbal kanker serviks mengatakan...

numpang nyimak ya bro..??

obat paru paru basah mengatakan...

baca artikel ini memotivasi diri aku..(").

obat gondok mengatakan...

bagus sekali ceritanya bro..!!

obat lupus mengatakan...

saya suka sekali artikelnya,bermanfaat bngt..mantab,,!!

obat miom mengatakan...

jadi ingat papa aku bro T.T...

obat herbal sakit kepala mengatakan...

Jika berjodoh dimanapun akan mudah saling memandu, bila tidak berjodoh di depan matapun sulit untuk saling menyapa...
betul banget ne..
kalau ada jodoh pasti bisa saling memandu...

obat sakit kepala mengatakan...

Jika berjodoh dimanapun akan mudah saling memandu, bila tidak berjodoh di depan matapun sulit untuk saling menyapa...
betul banget ne..
kalau ada jodoh pasti bisa saling memandu...

obat kolesterol mengatakan...

bagus sekali ceritanya bro..!!

obat wasir mengatakan...

agus sekali ceritanya bro..!!

obat kanker mengatakan...

bagus sekali ceritanya bro..!!

obat herbal kanker payudara mengatakan...

Jika berjodoh dimanapun akan mudah saling memandu, bila tidak berjodoh di depan matapun sulit untuk saling menyapa...
betul banget ne..
kalau ada jodoh pasti bisa saling memandu...

obat gagal ginjal mengatakan...

Spiritualisme, Patriotisme dan Nasionalisme adalah nilai-nilai dasar manusia Indonesia...
kalau sekarang apa masih ada nilai-nilai dasar tersebut???

obat tradisional hiv aids mengatakan...

Manusia yang cerdas dan berdaya saing yang dipimpin oleh pemimpin bijak dan tangguh adalah tiang kehidupan bangsa..seharunya bangsa ini mencontoh seperti kutipan di atas...
jangan dipimpin oleh pemimpin yang penipu dan lemah...

obat penyakit kista mengatakan...

Apa artinya sebuah namaku
Biasa telanjang tranparan tak bermakna... mantap sekali ne kata2nya...

obat herbal sinusitis mengatakan...

keren banget ceritanya..sosok ayah yang sangat membanggakan dan menjadi idola buat anaknya...
dan memiliki filsafat yang sangat menarik dalam kehidupan..

obat tradisional ginjal mengatakan...

seorang pemimpin intelektual bangsa membangun jati dirinya dengan berkarya dan hidup bersahaja, bukan menjadi seorang selebritis penari topeng di panggung sandiwara, untuk mencitrakan dirinya..
setuju banget dengan kata2 diatas tapi sepertinya di jaman sekarang ini sudah tidak ada pemimpin yang seperti itu..

obat alami tbc mengatakan...

ceritanya sangat menarik sekali...
makasih uda berbagi ceritanya..

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

A really great man. An extraordinary man. A man of unmatchable capabilities....
sangat menjadi dambaan ayah dari semua ank...

obat herbal jantung koroner mengatakan...

waktu itu belajar”, “waktu itu berkarya..jangan pernah sia2kan waktu..
mantep banget ne, jadi kata2 buat motivasi..

obat kanker prostat mengatakan...

seorang pemimpin intelektual bangsa membangun jati dirinya dengan berkarya dan hidup bersahaja, bukan menjadi seorang selebritis penari topeng di panggung sandiwara, untuk mencitrakan dirinya. bukan seperti pemimpin sekarang yang kebanyakan hanya menjadi orang yang memakai topeng dalam segala hal..

obat trigliserida mengatakan...

mengharukanT.T,,,

obat lemah jantung mengatakan...

bgs gan infonya.

obat jantung bengkak mengatakan...

patut diikutin nie ceritanya,.

obat jantung bocor mengatakan...

mantab bngt bgan.

obat flek paru paru mengatakan...

thx gan..

obat stroke mengatakan...

Sosok ayah yang membanggakan

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

seorang pemimpin intelektual bangsa membangun jati dirinya dengan berkarya dan hidup bersahaja,

obat hiv mengatakan...

waktu itu belajar”, “waktu itu berkarya..

obat kista mengatakan...

memiliki filsafat yang sangat menarik dalam kehidupan

obat sinusitis mengatakan...

Jika berjodoh dimanapun akan mudah saling memandu

obat herbal batu empedu mengatakan...

Manusia yang cerdas dan berdaya saing yang dipimpin oleh pemimpin bijak dan tangguh adalah tiang kehidupan bangsa...
setuju banget ne gan..

obat kanker darah mengatakan...

Aku manusia biasa yang luar biasa maknanya mendalam ne....
mantap....

obat kanker hati mengatakan...

sosok ayah yang membanggakan sekali ne..

obat kanker paru paru mengatakan...

bagus banget ceritanya....bisa memotivasi diri sendiri...

obat penyakit lupus mengatakan...

seorang pemimpin intelektual bangsa membangun jati dirinya dengan berkarya dan hidup bersahaja jangan dengan memakai topeng aja...
para pemimpin harus meneladani pemimpin yang besar..

xamthone plus mengatakan...

sosok ayah yg membanggakan.

obat asam urat mengatakan...

hebat yah ayah kamu!.

obat diabetes mengatakan...

bangga bngt saya sama kamu.

obat darah tinggi mengatakan...

menarik nie sejarah,!

obat asma mengatakan...

semangat,semangat!!..

obat ginjal mengatakan...

Manusia yang cerdas dan berdaya saing yang dipimpin oleh pemimpin bijak dan tangguh adalah tiang kehidupan bangsa.

obat batu ginjal mengatakan...

seorang pemimpin intelektual bangsa membangun jati dirinya dengan berkarya

obat tbc mengatakan...

sosok ayah yang membanggakan

obat hepatitis mengatakan...

para pemimpin harus meneladani pemimpin yang besar

obat jantung koroner mengatakan...

waktu itu belajar”

obat herbal kanker prostat mengatakan...

bangga bngt saya sama kamu

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

bisa memotivasi diri sendiri...

obat batu empedu mengatakan...

sosok ayah yg membanggakan

obat leukimia mengatakan...

Manusia yang cerdas dan berdaya saing yang dipimpin oleh pemimpin bijak dan tangguh adalah tiang kehidupan bangsa...

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

setuju banget ne gan.

obat sakit kepala mengatakan...

sosok ayah yg hebat ya.

obat kolesterol mengatakan...

patut diacungkan jempol.

obat wasir mengatakan...

bangga ya ..??

obat kanker mengatakan...

dahsyat ya papanya...??

obat herbal kanker payudara mengatakan...

bgs lho artikelnya.

obat herbal kanker serviks mengatakan...

terima kasih gan buat infonya,,

obat paru paru basah mengatakan...

bangga bngt saya sama kamu

obat gondok mengatakan...

Aku manusia biasa yang luar biasa maknanya mendalam ne.

obat lupus mengatakan...

Manusia yang cerdas dan berdaya saing yang dipimpin oleh pemimpin bijak dan tangguh

obat miom mengatakan...

seorang pemimpin intelektual bangsa membangun jati dirinya dengan berkarya dan hidup bersahaja jangan dengan memakai topeng aja..

obat stroke mengatakan...

bangga bngt.

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

hebat bngt ya.

obat hiv mengatakan...

membaca ini membuat aku bangga bngt sob.

obat kista mengatakan...

sip aja,bingung komen apalagi...

obat herbal sinusitis mengatakan...

ckckck...hebat ya.

obat ginjal mengatakan...

Manusia yang cerdas dan berdaya saing yang dipimpin oleh pemimpin bijak dan tangguh adalah tiang kehidupan bangsa. Tempat yang indah dan teduh ini merupakan persemaian dan tumbuhnya tekad cita-cita serta prakasa untuk mengabdi dan berbuat terbaik bagi bangsa dan negara”.

obat batu ginjal mengatakan...

bagus sekali ceritanya.

obat tbc mengatakan...

terharu bro.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

sungguh blog yg bgs.

obat hepatitis mengatakan...

mantab ya.

agen sbobet indonesia mengatakan...

bangga sekali ya punya sosok ayah seperti itu:) apapun

agen bola mengatakan...

nice posting gan.. terus berkarya

Template Booklet Company Profile mengatakan...

nice article :)

Template Booklet Company Profile mengatakan...

nice article :)

Flash card can talk mengatakan...

Terima kasih untuk infonya sangat bermanfaat dan menarik

Khasiat Ace Maxs mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya. . sukses untuk blognya
salam sehat

Obat Herbal Untuk Menyembuhkan TBC Paru Andalan mengatakan...

Mantap gan artikelnya. . update terus ya, kami tunggu
Thank's

Pengobatan Alternatif Kista Otak Herbal mengatakan...

Ijin nyimak artikelnya gan. . sangat bermanfaat juga infonya
update terus ya, dan sukses selalu

Pengobatan Alternatif Gendang Telinga Bolong mengatakan...

Makasih atas informasinya. . ijin nyimak ya gan
salam sehat

Pengobatan Alami Kolesterol Tinggi mengatakan...

Pagi gan. . salam sehat dan tetap semangat ya menjalankan aktivitasnya
update terus info terbarunya, kami tunggu

Pengobatan Alami Batuk Berdarah mengatakan...

Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat ya gan. .
nice desainnya, sukses terus
Thank's

Obat Step Pada Anak mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . Mantap banget desain blognya.
Salam sehat

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, SuksesIjin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Herbal Infeksi Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
semoga bermanfaat.

Obat Untuk Penyakit Stroke Trombotik Ekstrak Herbal mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . update terus dan salam sehat

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Obat Varikokel Tanpa Operasi mengatakan...

Terimakasih infonya. .
semoga bermanfaat dan sukses terus ya gan

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

Obat Herbal Penyempitan Pembuluh Darah Ekstrak Alami mengatakan...

artikelnya menarik banget gan. .
thank's ya, semoga bermanfaat

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
Thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Artikel yang menarik gan . update terus ya
salam sehat

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's infonya gan. . semoga bermanfaat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Untuk Penyakit Usus Buntu Secara Herbal mengatakan...

informasi dan ceritanya menarik gan. . update terus ya
terimakasih

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

Obat Herbal Untuk Urat Syaraf Kejepit Alami mengatakan...

Good job gan. . artikelnya menarik
tahnk's ya

Obat Untuk Penyakit Keloid Secara Tradisional mengatakan...

Nice gan artikelnya. . update terus info terbarunya

Pengobatan Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan.. update terus ya

Obat Herbal Untuk Jantung Bengkak Alami dan Aman mengatakan...

makasih telah berbagi. . mampir balik ya gan

Obat Encok Herbal mengatakan...

Artikel yang sangat bagus gan.. isinya menarik banget
terimakasih ya telah berbagi

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Artikel yang sangat keren gan.. thanks ya telah berbagai dengan kami
salam sehat dan sukses selalu

Obat Herbal Untuk Penyakit Tetanus mengatakan...

Very nice the article gan..
terimakasih telah berbagi dengan kami, update terus

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...

informasi yang sangat menarik. Terima kasih banyak telah berbagi posting yang bermanfaat ini.

Artikel Favorit dalam 1 minggu