Kamis, 09 September 2010

Kebajikan “Yi Shan”


Diatas pintu masuk rumah kediaman sahabat Jepang ku, terdapat sebuah cermin kecil yang berhuruf “Yi Shan” ,kiranya mempunyai makna sebagai benda bertuah untuk tolak bala. Banggenphot (nama samaran) berpendapat hal tersebut terkait dengan makna Bab 9 dan 81, kitab Dao De Jing ( Laozi 580 SM ~ 500 SM ).

Pengertian secara bebas seperti berikut:

Berkuasa tahta hingga daya berakhir
Seyogianya sadar, tiba waktu berhenti mundur
Menempa besi mengasah mata pedang
Tipis tajam tak kuat bertahan
Telah jadi repas penumpulan

Berburu harta permata hingga berlimpah
Bersombong diri memamerkan citra
Bertata laku carut marut
Tercela moral dan karakter
Langit bumi jenuh , murka
Bertubi datang mala petaka
Siapapun tak dapat melindunginya

Ini sebuah isyarat
Masa pengabdian ,kejayaan diri
Tertera redup berakhir
Ikhlaslah ,
Mundur dan berhentilah
Ini sebuah jalan
Menuju kebijakan arif “Xian Ren “

Kata kebenaran tak berhiasan indah
Kata hiasan indah tak berkebenaran
Orang berhati ramah tak berdebat kusir
Orang berdebat kusir tak beramah hati
Merasa pintar, tak luas pengetahuannya
Luas pengetahuan tak merasa pintar

Sang bajik
Tak memburu harta
Banyak membantu dan mendana
Menuju kebahagian dengan keberkahan
Sang bajik
Belajar dan berkarya
Bukan bertarung dalam bersaingan
Demi kemuliaan dan keakhlakan
Menuju kebajikan tulus “Yi Shan “

Kebajikan tulus “Yi Shan “
Menerima keselamatan sakral
Mendapat pahala dan sejahtera
Menuju hidup damai serta sentosa “De Dao “

“Xiu shen qi jia, zhi guo ping tian xia.
Gong cheng ming sui, Shen tui tian zhi dao”
Artinya memawas diri, membina keluarga, memimpin Negara, mem- perdamai dunia. Setelah pengabdian capai nama kesuksesan, seyogianya memundurkan diri inilah jalan kebajikan langit.

Referensi artikel Blog terkait Dao De Jing
Keberadaan nama “Dao Ming “ (Bab I) (02082008)
Keakhlakan sejati “ Shang De “ (Bab 38) (14032010)
Kepemimpinan berkaliber “Tai Shang “ (Bab 17,18,19)(16072010)
Kehidupan manusia “Xing Ming” (Bab 50)(08082010)
Kecerahan Naluri “Dao Chong “ (Bab 4 ,21,42 )(18082010)
Kelanggengan bijak “ Da Shun “(Bab 65)(17082010)

Wejangan kitab Dao De Jing bisa pendekatan dengan cara pandang biologi naluri, kultur sosial atau spiritual sains untuk menuju jalan kebajikan dan kebijakan.

Sekilas timbulnya kehidupan manusia dengan niat kebajikan tulus Yi Shan, ia akan merasakan pahala kehidupan batin yang penuh makna kedamaian.

Para milliarder bangsa Amerika berjanji akan menyumbangkan sedikitnya 50% kekayaan mereka untuk amal. Contohnya Bill Gates, Warren Buffett, Larry Ellison, Michael Bloomberg, Paul G Allen, George Lucas, David Rockefeler, Willian B.Hilton, Ted Turner ,Alfred.E.Mann.(Seputar Indonesia halaman utama 11082010). Saya merenungkan, mungkinkah ada milliarder bangsa Indonesia juga mempunyai nurani mulia tersebut. Bukan membebankan negara dan menyengsarakan rakyatnya.

Kita harus sadar, kehidupan panjang, kekuasaan lama, kekayaan limpah, tidak menjanjikan kehidupan sejahtera , langgeng dan selamat ,hanya sejarah yang mencatat perjalanan kehidupan sebenarnya.

Kehidupan manusia yang mengenal siapa diri aku dan engkau ,ia akan menemukan jatidiri seutuhnya dengan kemampuan mengenal dan mengontrol panca indra serta mencamkan kehidupan sejatinya. Inilah kehidupan manusia dalam kebajikan tulus Yi Shan .

Bagaimana pendapat anda,tentang isu kontroversial seputar diri dan keluarga para pemimpin bangsa di era demokrasi yang bablas saat ini?bagaimana pendapat anda, tentang dugaan pelecehan yang dialami paskibar putri DKI oleh instruktur seniornya.?mengapa jatidiri anak bangsa penuh masalah yang tak kunjung selesai ? apakah pola pendidikan telah mengabaikan moral,etika,karakter dan rasa tanggung jawab sejak usia dini atau sakitnya lingkungan sosial?


Referensi :
01. Ivan Tani Putera “History of China” Yogyakarta, AR-Ruzz Media April 2008
02. Budiono Kusumohamidjojo “Sejarah filsafat Tiongkok”, Yogyakarta Jalasutra Agustus 2010


referensi foto:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fa/Geopelia_striata_Big_Island_Hawaii.JPG

Related Posts by Categories



323 comments:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 323   Lebih baru›   Terbaru»
bolehngeblog mengatakan...

selamat hari raya idul fitri 1431 H (bagi yang merayakannya), bagi yang merayakannya dengan cara mudik ke kampung halaman, tetap hati-hati di jalan karena keluarga anda menanti anda...
sekali lagi mohon maaf ya, mungkin ada tulisan di postingan saya yang tidak berkenan...

salam,
Bolehngeblog

loyalty program mengatakan...

Thanks for the infonya mas! I love your blog!

anak nelayan mengatakan...

mantab infonya sobat

Infoomatic mengatakan...

ternyata orang china penuh dengan petuah-petuah bijak,.. tidak heran jika ada hadist Rasul yang menyarankan agar menuntut ilmu sampai ke negeri China

ParnoOnline mengatakan...

yah nih,makanya orang cina banyak yang kaya-kaya apa karena banyak ppetuahnya itu ya,

exercises mengatakan...

boleh kita contoh ini
biar kita bisa menjadi kayak dia
nice info kak

diets mengatakan...

bagus banget ni ceritanya
bagus bagus gan
lanjutkan

Pusat Kerajinan Indonesia mengatakan...

Inspiratif sob

infoomatic mengatakan...

tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China.. org cina memamng penug dngn filsuf

kucing mengatakan...

mantap gan.:D

graco infant car seats mengatakan...

semua atribut moral dan agama cuma dijadikan pajangan/benda bertuah, tapi nilai2nya sendiri ga dianut,,jauh deh buat berbuat kebajikan.

Obat alternatif asam urat mengatakan...

wih....
memang china sangt memperhatikan legenda kuno

hybrid cars mengatakan...

Baru menemukan blog ini lewat ref kampusblog.com. Menarik sekali isinya dan dikupas mendalam.
salam kenal sobat...

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...

inti dari itu semua adalah moral, moral bangsa yang telah lama rusak sejak kecil

infoomatic mengatakan...

tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri china.. krn mamang bnyk pengetahuan di sana

Esha Putra mengatakan...

thanks for the info...
i really appreciate it..
regards...

setting wordpress mengatakan...

Dari tadi muter2 baca2 isi blog ini, kontentnya benar2 menarik dan unik gan.... salam kenal

obat maag mengatakan...

wah thank's y udah mau share

cinta islam mengatakan...

nasehat yang bagus. salut deh dengan blog ini

success mengatakan...

subhanalloh... petuah yang luar biasa. makasih bro atas pencerahannya

rental mobil mengatakan...

nice post

rumah dijual mengatakan...

two tumbs.. inspiratip

geneva mengatakan...

nice cerita
thnks udah share

garmi mengatakan...

cerita yang bagus

tivo mengatakan...

nice posting

XAMthone plus mengatakan...

salam kenal GAN dari ku yang newbie

internet bisnis mengatakan...

ngomong2 gambar burungnya keren tuh, masih ada gak yah burung begituan

balimed hospital mengatakan...

Jika petuah ditas dijalankan, benar mulia kehidupan di dunia :)
but yg penting mari kita mulai dari diri masing.
dan mendoakan semua orang untuk sesegera mendapatkan jalan kebajikan hehee
nice share sukra

komik blaze crew mengatakan...

nice info mas....


mas numpang psang link nih...
http://komikblaze.blogspot.com
baca komik naruto bahasa indonesia
baca komik one piece bahasa indonesia

Cara Buat Blog mengatakan...

jadi nyadar kita terkadang harus seperti itu...

Muhammad Chandra mengatakan...

mantaa sob.. salam kenal deh :)

redhy uii jogja mengatakan...

senang membaca blog anda mas...keep posting

rega mengatakan...

carilah ilmu ke negeri cina...nice post, thanks for sharing...

grosir PAKAian murah mengatakan...

Nice post

Jual Batik solo mengatakan...

Salam kenal

grosir busaNA muslim mengatakan...

Happy blogging

BAJU MUSLIM ANak mengatakan...

Selamat pagi semua

yusril mengatakan...

terima kasih atas infonya

Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )

Links of Technology mengatakan...

mantap nih tulisannya...
emang sig filsuf2 jaman dulu tuh mempunyai pemikiran yang sangat kritis...




Power of Technology
Best of Lunch
Telecommunication Expert
King of Real Estate

arashi kensho mengatakan...

ow.. begitu yaa..

Steve mengatakan...

salam kenal mas sukra...

pepatah cina memang sangat mendunia... ngomong2 tentang cina, kemarin saya baca di vivanews, katanya tahun 2030 nanti cina diperkirakan akan jadi negara nomor 1 diantara Lima Raksasa Ekonomi Dunia. dan kabar bagusnya, indonesia ada di posisi 5.

World of Football mengatakan...

keren2 nih filsuf2 asal negara tiongkok..
:)


Home Interior and Design
Great Home Improvement

Berita Sepak Bola Dunia mengatakan...

wahh,,benar2 nasehat yang bijak..semoga kita bisa memetik kandungannya..

Untuk Info & Berita Sepak Bola Dunia Terkini, kunjungi reviewsepakbola.co.cc

jaka mengatakan...

begitu mendalam...

obat alami mengatakan...

itu yang di butuhkan kiya tks, infonya

obat alami mengatakan...

asyik gan

obat herbal mengatakan...

ok juga.tapi kita juga ga kalah unik.bro

Business Tips mengatakan...

mantap nih pemikiran filsuf2 cina dimasa lalu...
:)


Entertainment Center
Health Information
Home Improvement
Game Update

mobil keluarga ideal terbaik indonesia mengatakan...

Thanks for the infonya mas! I love your blog!

tutorial blogger mengatakan...

Ane udah baca artikelnya gan, klo menurut ane, Indonesia kalau mau punya jati diri bangsa yg bagus, masih perlu berpuluh tahun lagi, pas zaman anak cucu kita.. Walau kita masih punya pejabat yang bermoral, tapi masih bisa dihitung dengan jari,
met taon baru gan, salam kenal ya...

Home Idea mengatakan...

keren euy...
filsuf2 jamna dulu emang maknyos semua...
:)


Business and Finance Idea
Doing Arts to Car
Business and Marketing
Technology Today

Currency Trade Pro mengatakan...

mantep lah nih posting soal filsuf2 tiongkok..
keren..


Technology Update
Modern Technology
Bulletin Food and Cake
Smart Parent

Women Friendly mengatakan...

tahun baru harus semangat baru sob!!!
sukses!!!

Leisure And Vacation mengatakan...

nahhh, ini nih yang saya suka, pemikiran para filsuf yang harusnya kita tiru..

Technology Review mengatakan...

negara kita sudah terlalu bobrok..
harus ada regenerasi dulu..

Traveling Information mengatakan...

ijin naroh BL yah gan...
makasih...

Anonim mengatakan...

filusup cinanya keren gemar ya mas..

Technology And Electronics mengatakan...

mantap nih cerita2nya soal filsuf..
:)

Traveling And Vacation mengatakan...

seru juga nh ceritanya...
huhuhu...

Technology And Electronics mengatakan...

cerita yang menarik dari filsuf2 kelas dunia dari Cina..
mantap..

Download and News mengatakan...

china memang penuh cerita legenda, thank infonya

Women And Healthy mengatakan...

china emang banyak melahirkan tokoh filsuf..
mantap gan!

Women Inspiration mengatakan...

luar biasa yah perkembangan China sekarang ini...
wajar sih, filsuf2nya keren2..

Nice Home mengatakan...

nice post gan!!!
kayakya penggemar filsafat nih...
:D

Business Magazines mengatakan...

thanks for sharing it with us..
:)

Travel And Hotel mengatakan...

mantap gan infonya!!!
makasih..

Vacation Info mengatakan...

mantep nih infonya..
makasih yah udah bagi2 ke kita..
:)

Smart Women mengatakan...

tengkyu mas buat tulisannya...
jadi nambah2 ilmu nih..

House Happines mengatakan...

keren nih postingannya...
sukses terus mas..
kunjungan balik donk..

grosir bajU murah mengatakan...

Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

grosir Baju anak mengatakan...

Thxz infonya ya kawan

peluang usaha sAmpingan mengatakan...

Keep blogging, smuga berguna ilmunya

poles marmer mengatakan...

wah crita dr negara jepang yah...

Game News mengatakan...

mantep nih infonya...
makasih yah udah bagi2 ke kita...
:)

Webmaster Area mengatakan...

tengkyu mas buat tulisannya...
jadi nambah2 ilmu nih...

Investasi mengatakan...

keren nih postingannya...
sukses terus mas..
kunjungan balik donk...

Women Matters mengatakan...

wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...

Women Place mengatakan...

Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas..

Women Club mengatakan...

akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas.....

Hot e-Lifesyle mengatakan...

ijin main2 yah kang..
sukses selalu...

Technology High End mengatakan...

widihhh..mantep banget nih tulisannya.
keep posting sob!

Personality Women mengatakan...

ane setuju banget sama postingan ente gan!
mantep dahhh..

Document Technology mengatakan...

salam kenal dari bandung om..
:)
sukses terus!!!

Women Interest mengatakan...

wah, mantap kali you punya tulisan..
sukses yaaa.

Brankas mengatakan...

sajak yang indah.. =)

thanks for the info! :D

Bisnis Rumahan mengatakan...

Padahal sebenernya Bangsa kita juga kaya dengan petuah-petuah bijak.
Bahkan hampir semua suku yang ada di Indonesia punya petuah-petuah bijaknya sendiri.
Namun sayangnya kita semakin melupakan petuah bijak itu dan lebih suka mengadopsi petuah-petuah MTV !

haris mengatakan...

makasih infonya. salam kenal

phone mengatakan...

kerennnnn
i like it

tuentinaenstudios mengatakan...

Filosofi yang bagus sekali..
nice post

JOIN NOW at:
http://tuentinaenstudios.com

Entertainment For You mengatakan...

Great Post!
thanks for sharing it...

Entertainment Magazines mengatakan...

wah, mantap kali you punya tulisan..
sukses yaaa.

Traveling Tips mengatakan...

ane setuju banget sama postingan ente gan!
mantep dahhh..

Memories at House mengatakan...

widihhh..mantep banget nih tulisannya.
keep posting sob!

Business And Financial mengatakan...

akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas.....

Professional Business mengatakan...

Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas..

Great Entertainment mengatakan...

wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...

Entertainment News mengatakan...

tengkyu mas buat tulisannya...
jadi nambah2 ilmu nih...

Baju Grosir mengatakan...

Terima kasih telah berbagi pengetahuan

Interesting Facts mengatakan...

ada yang namanya Dao Ming, hahaha..
jadi inget meteor garden :D

Nikmaya John mengatakan...

yimak aza gan,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Nice article sob,,,,

Gudang Baju Anak mengatakan...

wuihhh... Filsafatnya dalem banget tuh...

salam

Yanty Tan - Baju Anak Murah

Tahitian Noni Juice mengatakan...

ternyata orang china penuh dengan petuah-petuah bijak,..

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

Nice post...
saya setuju

kanker mengatakan...

boleh kita contoh ini
biar kita bisa menjadi kayak dia

Technology Informasi mengatakan...

Baru menemukan blog ini lewat ref kampusblog.com. Menarik sekali isinya dan dikupas mendalam.

Nokia C8 mengatakan...

boleh kita contoh ini

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

karya yg baguus

Free Downloads Games mengatakan...

boleh kita contoh ini

Business And Finance mengatakan...

mantap nih tulisannya..

Health Care Solution mengatakan...

salam knl booozz

Business And Finance mengatakan...

thank's y

Free Downloads Games mengatakan...

mantep nih infonya...

Business And Finance mengatakan...

boleh kita contoh ini
biar kita bisa menjadi kayak dia. Thanks for the info Business Financial Beauty And Fashion

Life Stlye mengatakan...

seeppt dech infonya zen

Lowongan Kerja mengatakan...

lumayan juga ceritanya.....

obat herbal penyakit diabetes melitus mengatakan...

nice share thanks for posting such good info

obat herbal penyakit jantung koroner mengatakan...

cool stuff,very good vlog

obat herbal penyakit stroke mengatakan...

nice,exellent,incridible

obat herbal penyakit tbc mengatakan...

salam kenal mas dari blogger newbie ini

obat herbal penyakit gondok mengatakan...

tq mas atas informasi yg berguna

obat herbal amandel alami mengatakan...

Thanks for the infonya mas! I love your blog!

obat herbal penyakit kista ovarium mengatakan...

mantab infonya sobat

Data Mobile Phone mengatakan...

thanks for the info...

Compare Cell Phone mengatakan...

happy blogging brother

Mobile Phone Apps mengatakan...

Great Post!

busana muslim mengatakan...

Thank you for posting this. It’s exactly what I was looking for!

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

salam kenal ya

obat tradisional kanker prostat mengatakan...

patut untuk di contoh ni

obat tradisional kanker prostat mengatakan...

nice artikelnya

Propolis Diamond mengatakan...

very interesting article, very useful to increase my knowledge and a lot of people ..
thank you

xamthone plus mengatakan...

xamthone plus

xamthone mengatakan...

xamthine ku keren

obat herbal penyakit lupus mengatakan...

obat herbal penyakit lupus

obat penyakit lupus mengatakan...

obat penyakit lupus

obat lupus mengatakan...

obat lupus

obat herbal darah rendah alami mengatakan...

obat herbal darah rendah alami

obat darah rendah mengatakan...

obat darah rendah

obat herbal demam berdarah alami mengatakan...

obat herbal demam berdarah alami

obat demam berdarah mengatakan...

obat demam berdarah

obat herbal diare alami mengatakan...

obat herbal diare alami

obat herbal diare mengatakan...

obat herbal diare

obat disfungsi seksual mengatakan...

obat disfungsi seksual

obat herbal hepatitis b mengatakan...

obat herbal hepatitis b

obat hepatitis c mengatakan...

obat hepatitis c

obat herbal penyakit jantung bocor mengatakan...

obat herbal penyakit jantung bocor

obat jantung bocor mengatakan...

obat jantung bocor

obat lemah jantung mengatakan...

obat lemah jantung

obat jantung berdebar mengatakan...

obat jantung berdebar

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

obat herbal jantung bengkak

obat jantung bengkak mengatakan...

obat jantung bengkak

obat ginjal bocor mengatakan...

obat ginjal bocor

obat jerawat batu mengatakan...

obat jerawat batu

obat herbal jerawat mengatakan...

obat herbal jerawat

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

obat kanker kelenjar getah bening

obat leukimia mengatakan...

obat leukimia

obat penyakit liver mengatakan...

obat penyakit liver

obat herbal liver mengatakan...

obat herbal liver

obat herbal batu empedu mengatakan...

obat herbal batu empedu

obat herbal miom mengatakan...

obat herbal miom

obat miom mengatakan...

obat miom

obat herbal radang paru paru mengatakan...

obat herbal radang paru paru

obat paru paru basah mengatakan...

obat paru paru basah

obat radang paru paru mengatakan...

obat radang paru paru

obat flek paru paru mengatakan...

obat flek paru paru

obat herbal sakit kepala mengatakan...

obat herbal sakit kepala

obat trigliserida tinggi mengatakan...

obat trigliserida tinggi

obat trigliserida mengatakan...

obat trigliserida

obat herbal kanker payudara mengatakan...

hanks for the infonya mas! I love your blog!

obat herbal stroke mengatakan...

mantap nih pemikiran filsuf2 cina dimasa lalu...

obat herbal asam urat mengatakan...

nice posting

obat jerawat mengatakan...

bagus banget ni ceritanya
bagus bagus gan
lanjutkan

obat asam urat mengatakan...

xamthone plus

obat keputihan mengatakan...

mantab kawan

xamthone plus mengatakan...

terima kasih mas,,,,

xamthone mengatakan...

thanks....

obat maag tradisional mengatakan...

Inspiratif sob

obat miom mengatakan...

mantap sob..
tx sharingnya..

obat trigliserida mengatakan...

thank u infonya...
keren

obat jantung bengkak mengatakan...

ceritanya bagus ne....
thx ya..

obat jantung bocor mengatakan...

salam sukses selalu ya buat blognya...

obat flek paru paru mengatakan...

mantap gan.....
teruskan karya-karyanya...
mantap...

obat sakit kepala mengatakan...

tuntut ilmu sampai ke negeri cina..bnr bngt tuh,hahaha....

obat kolesterol mengatakan...

puisinya panjang bngt.

obat wasir mengatakan...

mantab bngt nie blognya..

obat kanker mengatakan...

mgkn uda dari turun temurun x ya china dikenal cekatan

obat herbal kanker payudara mengatakan...

thx ya moga bermanfaat bngt buat para pembaca yg membuka blog ini.

xamthone plus mengatakan...

mantab artikelnya....

Obat tradisional asam urat mengatakan...

thx uda share puisinya...
keren

obat tradisional diabetes mengatakan...

sorry ne numpang nyimak ya...
makasih...

obat tradisional keputihan mengatakan...

puisinya ijin buat di copas ya...
keren...

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

great article....
puisinya keren maknanya juga mendalam banget.....
sukses terus ya...

xamthone mengatakan...

thx ya moga bermanfaat bngt buat para pembaca yg membuka blog ini.

obat herbal asam urat mengatakan...

mgkn uda dari turun temurun x ya china dikenal cekatan

obat herbal diabetes mengatakan...

thx ya moga bermanfaat bngt buat para pembaca yg membuka blog ini.

obat herbal darah tinggi mengatakan...

sorry ne numpang nyimak ya...
makasih...

obat herbal asma mengatakan...

puisinya panjang bngt.

obat stroke mengatakan...

arti dari kebajikan apa sih???

obat hiv mengatakan...

puyeng bacanya..

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 323   Lebih baru› Terbaru»

Artikel Favorit dalam 1 minggu