Minggu, 06 Juni 2010

Xiao Bai Ge

Xiao Bai Ge (Merpati putih) adalah seorang wanita keturunan Tionghua. Berbintang Libra, bershio macan, dan tahun ini (2010) genap berusia 60 tahun. Sosok teguh, tekun, ulet, rajin, pantang menyerah demi cita-citanya ada pada dirinya yang mana juga berperan sebagai istri dalam keluarga sosial budaya timur.

Masa lalu dapat dikatakan sebagai masa suram baginya. Tepat pada 5 April 1966(Qingming) ketika masa remaja, terjadi tragedi pendidikan bagi kaum komunitas Tionghoa Indonesia. Sebuah tragedi dimana seluruh sekolah berbasis bahasa Tionghoa dan organisasi berbasis kechinaan dilarang. Sebagai suatu kebijakan politik pemerintah orde baru yang anti China. Masa remaja yang seharusnya ada di lingkungan sekolah, apadaya putus sekolah tak dapat terelakan. Sekolah terakhir yang pernah dirasakan hanya SMP Bazhong Chinese School Jakarta. Era kehidupan memaksakannya untuk membantu roda ekonomi keluarga, dengan kondisi belajar yang tidak kondusif.

Tekad untuk terus belajar, dan hanya berbekal bimbingan singkat dari kakek serta garis ibu seorang sastrawan puisi China perjalanan untuk menimba ilmu tidak berhenti di SMP. Dimulainya sebuah rangkaian karya tulis yang secara perdananya dimuat 13 Agustus 1970, pada Harian Indonesia (Terbit perdana 12 September 1966 sampai era kabinet reformasi Gusdur Oktober 1999) yang mana merupakan media koran satu-satunya yang berbahasa Tionghoa dalam kurun waktu 40 tahun. Saat ini karyanya sudah lebih dari 500 karya tulis yang berupa sastra puisi ,prosa, cerpen dan telah dimuat di beberapa media cetak berbahasa Tionghoa di dalam dan luar negeri. Sebuah karya yang tidak bisa dibilang sedikit.

Pada awal tahun 1980, Xiau Bai Ge menikah dengan seorang terapis medis yang sederhana, yang haus dan peduli akan perkembangan ilmu pengetahuan dan dunia pendidikan. Pada tahun 1996, sebuah peristiwa yang menjadi titik tolak akan adanya sebuah perubahan karena suaminya mendapatkan kepercayaan sebagai seorang inspirator, motivator, pembimbing dan penasehat bagi sanak keluarga dan komunitas kelompok belajar, rekan diskusi serta para peneliti untuk bersosialisasi menyambut dan menuju impian masyarakat baru dengan menuntut belajar ilmu pengetahuan dengan jenjang pendidikan dan keprofesionalan berkarya.

Dengan tekad yang keras dan dapat dorongan dari sang suami, sebuah perjalanan pendidikan Xiao Bai Ge dapat kembali berlansung. Berawal dengan mengikuti program pendidikan overseas (jarak jauh / Universitas terbuka ) Xiamen University, Fujian China jurusan bahasa China bidang sastra Hanyu. Tahun 2001, ia mengikuti tes ujian HSK dengan nilai 379. Tahun selanjutnya 2002, ia mendapatkan sertifikat Advence level. Tahun 2003, ia lulus Diploma kejuruan (Dazhuan) dan 2006 mendapatkan gelar Sarjana Sastra dengan judul skripsi “Kajian awal mini novel bahasa Tionghoa dalam kondisi serta perkembangan di Indonesia”. Pada tahun 2010 ini diusia 60 tahun, telah dijadwalkan pada 28 Juni nanti akan diwisuda dengan gelar Magister sastra bahasa China dari Universitas negeri Hua Qiao University, Fujian China (The Chinese Language & Culture of The Nasional Hua Qiao University) jurusan sastra moderen, bidang studi sastra China dikawasan Hongkong, Macao, Taiwan dan perantauan dengan tema tesis “Pengkajian mini novel bahasa Tionghoa di Indonesia”.

Inilah gambaran sebuah keluarga sederhana yang sangat peduli akan profesi sebagai guru, pengajar, peneliti dan sangat atensi pada pengenalan jati diri dengan konsep belajar dan belajar, serta tidak ada kata lambat demi kesuksesan dan perkembangan pengetahuan demi mengabdi kehidupan manusia dalam masyarakat sosial budaya bangsa di zaman demokrasi dan teknologi moderen.

Enjoy, peace and love from Sukra

referensi foto: http://1.bp.blogspot.com/_XyNCwpESiaU/SfLSJ_C17iI/AAAAAAAAAN0/88PDtpU6nmg/s400/698dove.jpg

Related Posts by Categories



174 comments:

inge / cyber dreamer mengatakan...

tak pernah ada kata terlambat unk belajar... setuju bgt dech ^^

thx 4 share

notebook murah mengatakan...

setuju bos....

ridwan mengatakan...

setuju

Brilliando mengatakan...

Wow kisah inspiratif yang luar biasa, jd betul kata pepatah yg mengatakan, "tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat" so ga ada kata trlambat utk blajar.

SAALLUUUTTT... :D

grosir baju anak mengatakan...

sip sip gan

Hester mengatakan...

Hi Zen,
Setahu saya Xiao Bai Ge adalah ibunda tersayang dari Sukra?.Anda harus meniru Xiao Bai Ge. :-).

rental mobil di surabaya mengatakan...

nice post

sewa mobil mengatakan...

bagus artikelnya, thanks

hasan mengatakan...

mantabZZZZ

rumah dijual mengatakan...

inspiratif..

xamthone plus mengatakan...

setuju baget gan
thank buat infonya

buy magento themes mengatakan...

Just want to say,People will appreciate your post.

Nikmaya John mengatakan...

sangat inspiratif, di balim tekanan keadaan yang menghimpit, masih terselit cita2 dan semangat yang mulia,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Bisa jadi inspirasi buat generasi muda indonesia, betapa pendidikan sangat penting untuk kamajuan mbangsa kita

web hosting india mengatakan...

I needed to thank you due to this great read!! I definitely enjoying every bit of it I have you bookmarked to view new items you pos

Android developers mengatakan...

Very excellent snap of the child you have taken.I hope it will help you a guide for other.The photo is really a mixture of some living and non living things which look so gorgeous.Thanks.I wait your feed back.

Data Mobile Phone mengatakan...

MMaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannntaaaaaaappp

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

Bisa jadi inspirasi buat generasi muda indonesia, betapa pendidikan sangat penting

Tahitian Noni Juice mengatakan...

thx 4 share

kanker mengatakan...

setuju bozzz

Technology Informasi mengatakan...

sangat inspiratif, di balim tekanan keadaan yang menghimpit,

bursa haberleri mengatakan...

great post thanks a lot.yatakodası

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

setuju bgt dech ^^

Business And Finance mengatakan...

nice post

Life Stlye mengatakan...

pendidikan sangat penting

Buy facebook fans mengatakan...

Facebook is the biggest social networking website today and millions of people are connected with this as per their interests. www.fanbullet.com provides you with that group of facebook fans that are interested in your products and this interest will certainly turn into sales with just a little efforts.

busana muslim mengatakan...

I like

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

bagus sekali

obat tradisional kanker prostat mengatakan...

sangat menginsfirasikan sekali

kingston commercial real estate mengatakan...

Thank you for posting the great content…I was looking for something like this…I found it quiet interesting, hopefully you will keep posting such blogs….Keep sharing

Anonim mengatakan...

a

obat jerawat mengatakan...

sangat inspiratif, di balim tekanan keadaan yang menghimpit,

obat herbal batu empedu mengatakan...

tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar gan....

obat kanker darah mengatakan...

nice artikel gan..

obat kanker hati mengatakan...

ceritanya sangat inspiratif....
mantap...

obat kanker paru paru mengatakan...

study is very important....

obat penyakit lupus mengatakan...

setuju bgt sama artikelnya....
mantap...

obat ginjal mengatakan...

salam kenal aj yah

obat batu ginjal mengatakan...

inspiratif..

obat tbc mengatakan...

sangat inspiratif, di balim tekanan keadaan yang menghimpit, masih terselit cita2 dan semangat yang mulia,,,

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

mantabZZZZ.....bngt

obat hepatitis mengatakan...

makasih...

obat herbal miom mengatakan...

thx ceritanya menarik

obat trigliserida tinggi mengatakan...

tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai belajar...

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

setuju d sama ceritanya

obat herbal jantung bocor mengatakan...

meskipun keluarga sederhana tapi tetap selalu mencari kesempatan untuk belajar...

obat herbal flek paru paru mengatakan...

setuju banget sama artikelnya...
bagus buat disimak..

jual obat kanker rahim mengatakan...

inspiratif..

jual obat paru paru basah mengatakan...

study is very important....

jual obat gondok mengatakan...

ceritanya sangat inspiratif....
mantap...

jual obat lupus mengatakan...

makasih...

jual obat miom mengatakan...

sangat inspiratif, di balim tekanan keadaan yang menghimpit, masih terselit cita2 dan semangat yang mulia,,,

obat kolesterol mengatakan...

Just want to say,People will appreciate your post.

obat wasir mengatakan...

Wow kisah inspiratif yang luar biasa, jd betul kata pepatah yg mengatakan, "tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat" so ga ada kata trlambat utk blajar.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

setuju baget gan
thank buat infonya

obat stroke mengatakan...

Bisa jadi inspirasi buat generasi muda indonesia, betapa pendidikan sangat penting

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

ditunggu postingannya yg gak kalah menarik dan inspiratif

obat jantung koroner mengatakan...

haaii sob,pa kabar...??

obat herbal kanker prostat mengatakan...

wuiihh....bgs bngt ya??

obat batu empedu mengatakan...

sama donk,aku jg shio macan...memang ullet koq hehe...

obat leukemia mengatakan...

jadi terinspirasi nie..

agen xamthone plus mengatakan...

semoga aja pendidikan dizaman sekarang lbh ditingkatkan ya bro.oia thx ya bt artikelnya...

xamthone mengatakan...

mantap sekali artikelnya ne....
thx uda share..

obat alami asam urat mengatakan...

setuju banget d sama post yang satu ini.
postnya menarik

obat alami diabetes mengatakan...

memang untuk belajar tidak ada pernah ada kata terlambat....

obat keputihan alami mengatakan...

ilmu tidak akan pernah habis jadi jangan pernah berhenti belajar untuk sesuatu yang lebih baik.

obat alami darah tinggi mengatakan...

thx untuk share ceritanya...
sangat inspiratif...

obat penurun kolesterol mengatakan...

setuju bngt saya gan..!!

obat herbal kanker hati mengatakan...

Wow kisah inspiratif yang sangat luar biasa..patut dicontoh...

obat leukimia mengatakan...

Bisa jadi inspirasi buat generasi muda indonesia,lanjutkan bro..

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

bagus bngt artikelnya bro,mantab bngt!!):..

pengobatan xamthoneweb mengatakan...

bagus bngt artikelnya bro,mantab bngt!!):..

pengobatan alami asam urat mengatakan...

ilmu tidak akan pernah habis jadi jangan pernah berhenti belajar untuk sesuatu yang lebih baik.

pengobatan alami diabetes mengatakan...

lmu tidak akan pernah habis jadi jangan pernah berhenti belajar untuk sesuatu yang lebih baik.

pengobatan alami darah tinggi mengatakan...

thx untuk share ceritanya...
sangat inspiratif...

pengobatan alami asma mengatakan...

setuju bngt saya gan..!!

obat asma alami mengatakan...

gambarnya bagus ne...
ijin buat sedot ya...

obat alami kolesterol mengatakan...

memang untuk belajar tidak pernah ada kata terlambat....karena ilmu memang tidak ada habisnya..

obat tradisional wasir mengatakan...

kisah inspiratif yang sangat luar biasa, betul kata pepatah yg mengatakan, "tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat" jadi ga pernah ada kata terlambat untuk belajar...

obat alami kanker payudara mengatakan...

tidak ada kata terlambat demi kesuksesan dan perkembangan pengetahuan demi mengabdi kehidupan manusia dalam masyarakat sosial budaya bangsa di zaman demokrasi dan teknologi moderen.
maju terus untuk belajar...

obat alami stroke mengatakan...

setuju banget sama artikel ini tidak pernah ada kata terlambat untuk mencari ilmu...
sukses dan maju terus..

obat gagal ginjal mengatakan...

ilmu tidak pernah ada habisnya..
kejarlah ilmu sampai ke liang lahat...
nice...

obat tradisional hiv aids mengatakan...

sip banget ne artikelnya..
makasih uda share,,,

obat penyakit kista mengatakan...

di balik keadaan yang terhimpit tapi masih tetap mencari ilmu...
mantap...

obat herbal sinusitis mengatakan...

tidak ada kata lambat demi kesuksesan dan perkembangan pengetahuan..
semua pasti bisa dicapai....

obat tradisional ginjal mengatakan...

maksih uda share artikelnya,,..
sangat menarik dan memberikan inspirasi...
nice info..

obat herbal kanker serviks mengatakan...

setuju bngt,,

obat paru paru basah mengatakan...

mantab deh ceritanya.

obat gondok mengatakan...

aku seneng bacanya gan.

obat lupus mengatakan...

blog yg oke gan.

obat miom mengatakan...

lanjutkan ceritamu.

obat sakit kepala mengatakan...

tidak ada kata lambat demi kesuksesan dan perkembangan pengetahuan

obat penyakit kepala mengatakan...

tidak ada kata lambat demi kesuksesan dan perkembangan pengetahua

obat penyakit kolestrol mengatakan...

maksih uda share artikelnya

obat penyakit wasir mengatakan...

blog yg oke

obat penyakit kanker mengatakan...

aku seneng bacanya

obat penyakit kanker payudara mengatakan...

di balik keadaan yang terhimpit tapi masih tetap mencari ilmu

obat tradisional batu ginjal mengatakan...

i like the post...

obat alami tbc mengatakan...

sip banget ne...

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

memang kalau ilmu tidak pernah habis untuk dicari..
makasih ya.

obat herbal jantung koroner mengatakan...

harus diteladani ne keluarga yang sederhana tapi perduli akan profesi sebagai guru, pengajar, peneliti dan sangat atensi pada pengenalan jati diri dengan konsep belajar dan belajar

obat kanker prostat mengatakan...

it's never to late to learn new knowledge....
nice share...

obat trigliserida mengatakan...

tunututlah ilmu setinggi langit,xiao bai ge!!^_^..

obat lemah jantung mengatakan...

ilmu memang harus dicari.

obat jantung bengkak mengatakan...

semangat ya buat pendidikan.

obat jantung bocor mengatakan...

artikel yg bgs,.

obat flek paru paru mengatakan...

sunguh2 menarik!!

obat stroke alami mengatakan...

maksih uda share

obat gagal ginjal alami mengatakan...

aku seneng

obat hiv alami mengatakan...

harus diteladani ne keluarga yang sederhana

obat kista alami mengatakan...

i like the post

obat sinusitis alami mengatakan...

tunututlah ilmu setinggi langi

obat herbal ginjal bocor mengatakan...

memang kalau ilmu tidak pernah habis untuk dicari..

obat penyakit batu ginjal mengatakan...

memang kalau ilmu tidak pernah habis untuk dicari..

obat herbal penyakit tbc mengatakan...

setuju bngt

obat herbal hepatitis mengatakan...

bagus buat disimak.

obat alami penyakit jantung koroner mengatakan...

ilmu memang harus dicari

xamthone plus mengatakan...

mantab niie,xiao bai ge...

obat asam urat mengatakan...

hebat,,,

obat diabetes mengatakan...

lanjutkan xiao bai ge...

obat darah tinggi mengatakan...

menginspirasi bngt!

obat asma mengatakan...

tq bro ceritanya.

obat alamiah kanker prostat mengatakan...

memang kalau ilmu tidak pernah habis untuk dicari.

obat alamiah kanker kelenjar getah bening mengatakan...

harus diteladani ne

obat alamiah batu empedu mengatakan...

,xiao bai ge...

obat alamiah leukimia mengatakan...

harus diteladani ne keluarga yang sederhana tapi perduli akan profesi sebagai guru, pengajar, peneliti dan sangat atensi pada pengenalan jati diri dengan konsep belajar

obat alamiah kanker paru paru mengatakan...

tidak ada kata lambat demi kesuksesan

obat sakit kepala mengatakan...

bagus nie berita blognya.

obat kolesterol mengatakan...

manteb deh gan,,,,

obat wasir mengatakan...

cerita ini unik juga ya.

obat kanker mengatakan...

sip bro!!

obat herbal kanker payudara mengatakan...

ajeb bngt.

obat stroke mengatakan...

Tekad untuk terus belajar..

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

tak pernah ada kata terlambat unk belajar.

obat hiv mengatakan...

menggali ilmu sedalam-dalamnya.

obat kista mengatakan...

ilmu memang perlu di kejar.

obat herbal sinusitis mengatakan...

oke bngt deh bro.

agen 368bet teranyar mengatakan...

sangat menarik dan inspiratif ;)

electronic assembly mengatakan...

Thank a ton! I have spent a lot of money and time for this information which you have provided here very easily. Really helpful Thanks again.

tek parça film izle mengatakan...

tek parça film izle

pokemon tüm bölümler izle

jual gas detector mengatakan...

jadi motivasi buat ane,

Flash card can talk mengatakan...

Makasih untuk infonya sangat menarik dan bermanfaat

Khasiat Ace Maxs mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya. . sukses untuk blognya
salam sehat

Obat Herbal Untuk Menyembuhkan TBC Paru Andalan mengatakan...

Mantap gan artikelnya. . update terus ya, kami tunggu
Thank's

Pengobatan Alternatif Kista Otak Herbal mengatakan...

Ijin nyimak artikelnya gan. . sangat bermanfaat juga infonya
update terus ya, dan sukses selalu

Pengobatan Alternatif Gendang Telinga Bolong mengatakan...

Makasih atas informasinya. . ijin nyimak ya gan
salam sehat

Pengobatan Alami Kolesterol Tinggi mengatakan...

Pagi gan. . salam sehat dan tetap semangat ya menjalankan aktivitasnya
update terus info terbarunya, kami tunggu

Pengobatan Alami Batuk Berdarah mengatakan...

Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat ya gan. .
nice desainnya, sukses terus
Thank's

Obat Step Pada Anak mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . Mantap banget desain blognya.
Salam sehat

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Herbal Infeksi Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
semoga bermanfaat.

Obat Untuk Penyakit Stroke Trombotik Ekstrak Herbal mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . update terus dan salam sehat

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Obat Varikokel Tanpa Operasi mengatakan...

Terimakasih infonya. .
semoga bermanfaat dan sukses terus ya gan

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

Obat Herbal Penyempitan Pembuluh Darah Ekstrak Alami mengatakan...

artikelnya menarik banget gan. .
thank's ya, semoga bermanfaat

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
Thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Artikel yang menarik gan . update terus ya
salam sehat

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's infonya gan. . semoga bermanfaat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Untuk Penyakit Usus Buntu Secara Herbal mengatakan...

informasi dan ceritanya menarik gan. . update terus ya
terimakasih

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

Obat Herbal Untuk Urat Syaraf Kejepit Alami mengatakan...

Good job gan. . artikelnya menarik
tahnk's ya

Obat Untuk Penyakit Keloid Secara Tradisional mengatakan...

Nice gan artikelnya. . update terus info terbarunya

Pengobatan Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan.. update terus ya

Obat Herbal Untuk Jantung Bengkak Alami dan Aman mengatakan...

makasih telah berbagi. . mampir balik ya gan

Obat Encok Herbal mengatakan...

Artikel yang sangat bagus gan.. isinya menarik banget
terimakasih ya telah berbagi

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Artikel yang sangat keren gan.. thanks ya telah berbagai dengan kami
salam sehat dan sukses selalu

Obat Untuk Penyakit Sesak Nafas Paling Ampuh mengatakan...

Informasi yang disajikan di blog sukra ini sangat menarik dan bermanfaat banget min..
update terus ya

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...

Situs yang sangat fantastis dan gaya bekerja begitu cepat. Ini benar-benar sebuah artikel yang dibutuhkan banyak orang. Terima kasih atas kebaikan dengan berbagi pengetahuan

Artikel Favorit dalam 1 minggu