Kamis, 08 Januari 2009

From Hero to Zero

Memang benar judulnya "From Hero to Zero", bukan "From Zero to Hero". Hampir setiap kali manusia dibekali dengan tips untuk menjadi orang sukses, tapi bagaimana dengan menganalisa sebuah kegagalan.

Di tengah krisis global dunia, semakin banyak yang bangkrut dan yang sukses sekarang menjadi terengap-engap. Hal ini menjadikan jumlah orang yang stress bertambah. Saya mencoba untuk survei kepada sejumlah keluarga dan mencari solusi terbaik versi manusia yang tidak tahu akan kekejaman dunia nyata ini.

Secara umum dalam teori dikatakan uang yang diperoleh hendaknya 40% digunakan untuk keperluan, 40% investasi dan 20% ditabung. Pada kenyataan yang digunakan untuk keperluan diatas 80%. Dalam dunia nyata, seringkali biaya pengeluaran untuk keperluan rumah tangga diberikan kepada istri. Hal ini dikarenakan suami sudah sibuk akan kepentingannya sendiri.

Hasil penelitian:

Suami biasanya mengkalkulasi biaya untuk keperluan rumah tangga untuk satu tahun ke depan. Setelah selesai diberikan dana tersebut kepada istri. Hasilnya pengeluaran pertahun untuk keperluan tersebut meningkat 30-50%. Tahun selanjutnya dana yang diberikan dinaikan 30% dari tahun sebelumnya. Ternyata hasilnya kembali meleset dan perlu tambahan 30% dari dana yang diberikan pada tahun tersebut. Selidik-selidik, ternyata dana yang diberikan umumnya habis pada bulan ke-8. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ternyata manusia yang tidak tahu sulitnya mencari uang, pada umumnya beranggapan bahwa uang itu mudah untuk didapatkan karena anugrah dan rejeki; dan parahnya tidak dapat melihat uang yang menganggur. Jadi digunakanlah uang tersebut untuk kemudahan dan keperluan seperti hunting barang mahal harga murah di shopping mall. Percaya atau tidak terserah anda karena hasil survei didapatkan bahwa uang yang ada telah selesai terpakai pada bulan ke-2.


Solusi ekstrim, apakah sebaiknya dana keperluan rumah tangga diberikan per-bulan saja atau per-minggu saja. Tampak seperti gajian pekerja saja. Hihihi

Jadi apakah harus mencari pasangan yang merupakan seorang karakter pekerja? Saya tak berani karena diri tak punya hak untuk mencampuri. Hal pasti, jika anda adalah seorang pekerja demi uang harus termotivasi menjadi pembuat lahan uang karena tuntutan. Bila anda pengguna uang maka ubahlah menjadi penjaga dan pengatur keuangan di keluarga atau menjadikan uang tersebut sebagai penghasil padat karya untuk membangun ekonomi sosial yang nyata. Hal lainnya yaitu memiliki rasa prihatin dan tanggung jawab dalam kebersamaan.

Bicara memang mudah, tapi melakukannya sulit. Sama halnya "From Hero to Zero" itu mudah, tapi "From Hero still become Hero" itu sulit.

Sebelumnya, dalam hasil survei saya juga menemukan seorang istri yang sederhana tapi ia berhasil mengubah uang yang seharusnya kurang pada umumnya menjadikan lebih daripada yang seharusnya.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo:
http://girlfriendsgetaway.files.wordpress.com/2007/11/shoe-shopping-gals.jpg

Related Posts by Categories



22 comments:

Ocim mengatakan...

benar-benar pengalaman pribadi nih .. hehehe
sukses dengan atikel terbarunya bos

MooChenk mengatakan...

xixixiiii..
dah survey mpe kmn az cuyyy..???

Johanas mengatakan...

Wuah tidak pertama lagi.....

Udah gak pantes lagi gwe jadi blogger ,(*ya ampoeN)


Ya udah deh....

Sudah kubaca dengan cermat om zener!!

Ombung ( ^ ; ^ )v mengatakan...

mungkin bg org lain cari istri yg pinter ngatur keuangan itu susah, tp Alhamdulillah istriku termasuk orang yg sukses mengatur keuangan, gimana tidak! sarjana akuntan hahaha...

sai mengatakan...

wah... rumit juga klo dah kerja dan punya istri XO

herpal14 - make your mozilla load faster mengatakan...

wah keren nie infonya..
ntar dipraktikin lah klo dah jadi kepala RT...
hahahahaha.....
salam kenal aja omm,,

ghie mengatakan...

survey berapa taon mas?
Q gak terlalu tw nie,,maklum anak2 kadang gak mikir ke sana...
eh tapi jadi dapat pencerahan nie...

EndryBlog mengatakan...

artikel yang sangat inspiratif nih mas..Di tunggu artikel2 berikutnya ya mas,,teruslah memberi inspirasi untuk kita semua :).
salam kenal :)

Rakhmat mengatakan...

Bicara uang memang menarik juga ya... jadi intinya ? pengendalian diri hehehe

vina mengatakan...

from hero to zero... baru baca judul juga... itu mah gue buangetttttt

bejo mengatakan...

asyik juga nih artikel...
tapi emang susah juga ya untuk praktek, alhamdullilah bini bisa mengendalikan gaji_ku yang memang pas-pasan....

Do Follow mengatakan...

Makasih infonya...

Invest mengatakan...

Menyentuh sekali...

Nia mengatakan...

Bisa menjadi motivasi buat saya. Thanks ya!!! Lam kenal aja. Blog baru. Add Link dong mas....

Agen jelly gamat jakarta mengatakan...

stiap sesuatu pasti dimuali dri NOL

Jelly gamat mengatakan...

sukses memang hrus dri nol dulu

Agen xamthone plus malinau mengatakan...

mnarik skli nih pembahasannya

obat tradisional asam urat mengatakan...

artikel yg mnarik,,,,

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

mantap gan nih artikelnya

Wulan mengatakan...

Memang harus terus belajar utk bisa kelola keuangan. Dimulai dari diri sendiri dulu. Nanti kalo sdh berkeluarga sdh pny bekal mengatur keuangan.

Obat Herbal Untuk Mengobati TBC Kelenjar Terbaik mengatakan...

Good job gan,. mantap banget artikelnya
update terus ya, terimakasih

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu