Minggu, 02 Desember 2007

Lab di Indonesia

Adakah sihhh lab yang bagus di indonesia? LIPI itulah yang di Indonesia paling sering didengar. Sebetulnya, ada sebuah lab di Indonesia tepatnya di Jakarta yaitu lab optoelektronik alias lab yang berisikan dengan laser-laser. Lab ini merupakan salah satu lab terbaik untuk lab opto di Asia Tenggara dan mungkin masuk 5 terbaik di asia. Hmmm.... Pasti banyak yang tak percaya.

Penelitian yang dilakukan adalah peneltian plasma fisika (zat keempat) dengan metode Laser induced shockwave plasma spectroscopy (LSIPS). Penelitian ini dilaporkan sebagai yang pertama di dunia terdeteksinya Hidrogen dan isotopnya Deuterium dalam sampel zat padat. Oyah plasma itu adalah gas panas yang berisi atom-atom netral yang tereksitasi, elektron, ion dalam jumlah besar dan tidak memenuhi hukum gas ideal.

Ok, lab ini namanya MMM (Maju Makmur Mandiri) Research Centre. Untuk webnya dapat dilihat di http://www.mmmfoundation.org/. Btw jangan bayangkan di lab ini banyak penelitinya yah. Lab ini hanya sedikit peneliti (mayoritas telah bergelar doktor dan bekerja di univ yang berbeda) akan tetapi mengharumkan lohhh... karena sudah banyak paper yang dipublish di skala internasional dan konferensi internasional. Oke, cukup sekian dulu tentang tempat penelitian yang hampir tak ada di negara indonesia ini.

Enjoy, peace and love. bye2

Related Posts by Categories



3 comments:

Orang aneh..... mengatakan...

hehehe thanks y atas infonya
:D
tp kok linknya error y???

X-Blog Contest mengatakan...

itu tentu membanggakan kita sebagai bangsa indonesia

busana muslim mengatakan...

mantap nih informasi nya thank buat share nya

Artikel Favorit dalam 1 minggu