Kamis, 11 Maret 2010

Ke jia - Jepang (Part 4)

Apa sih? Dari tadi kamu lihatin aku terus. Keluh Ero kepada Ilu.

Gpp. Aku hanya penasaran akan cerita sahabat Jepangku yang bernama Higashiyo Hozoku (nama samaran). Sahabat keturunan etnik Han Kejia Chinese yang lahir dan besar di Jepang. Jadi saya hanya sedang mencerna apa yang diceritakannya dan melihat kamu sebagai perbandingannya.

Higashiyo Hozoku bercerita bahwa ia adalah kelompok minoritas didasarkan pada kenyataan sebagai keturunan Han Kejia yang menggunakan standar dialek Meixian (populasi penduduk Chinanya kurang lebih 5%). Dialek ini terpelihara baik selama lebih kurang 2000 tahun dan menjadikan hal yang paling berharga bagi dirinya. Sehingga ia menciptakan moto: lebih baik menjual sawah leluhur, daripada menggadaikan bahasa nenek moyang.

Sebagai informasi: Etnik Han berjumlah +92% dari populasi penduduk China dan berbahasa Hanyu. Bahasa Hanyu ini terdiri dari 8 logat dan pada umumnya menggunakan bahasa logat utara dialek Beijing (yang dikenal juga sebagai bahasa resminya). Dialek Shanghai,Changsha , Nanchang, Fuzhou , Xiamen, Guangzhou dan Meixian adalah standar logat rumpun lainnya.

Kejia yang merupakan etnik Han Utara melakukan migrasi ke selatan dengan mambawa budaya He Luo. Migrasi bermula dari “Jembatan Luoyang” daerah dataran rendah Zhongyuan, sungai Huanghe dan Luohe propinsi Shanxi dan Henan khususnya. Sehingga Kejia dikenal sebagai etnik perantauan. Di samping itu, etnik Kejia dikenal juga sebagai etnik yang berpendidikan, rajin, ulet, pekerja keras, tahan banting, pembuka lahan, mudah beradaptasi, sederhana dan semi tertutup. Hal ini sangat dimungkinkan karena faktor sejarah yang membawa etnik ini kedaerah berbukit, terpencil, tanah yang gersang, migrasi ke propinsi lain atau belayar merantau ke negeri orang.

Informasi tentang migrasi etnik Han Kejia dari Zhongyuan ke propinsi lainnya terutama bagian China selatan terdapat 6 periode masa.

Periode pertama :221sm ~ th 310, masa Qin, Han.
Periode kedua :th 311 ~ th 873, masa Jin, Nan Bei Chao.
Periode ketiga :th 874 ~ th 1126, masa Tang,Wu Dai
Periode keempat :th 1127 ~ th 1640, masa Song,Yuan
Periode kelima :th 1641 ~ th 1860, masa Ming akhir,Qing awal
Periode keenam :th 1861 ~ th 1950, masa Qing akhir.Minguo.

Dalam cerita Higashiyo Hozoku tak ketinggalan kisah kaum perempuan yang mana terus mendukung perjuangan, dan tantangan yang dihadapi dalam perjalanan kehidupan. Perempuan diibaratkan sebagai wonder woman karena mereka adalah pekerja keras, pintar, rajin, gigih, cekatan dalam mengurus anak dan keluarga, sawah dan rumah, wajan dapur, benang jarum. Dan inilah cikal bekal kesuksesan dan karakter sebagai pemimpin keluarga, masyarakat dan bangsa.

Jadi ketika melihat dirimu (Ero), aku (Ilu) teringat bahwa etnis Kejia yang berada di pulau Jawa Indonesia umumnya adalah pedagang eceran, kelontong dan warung yang mana pola hidupnya sederhana, rendah hati dan berpendidikan.

Oyah, bolehkah aku melihat jari kelingkingmu? Higashiyo Hozoku berkata etnik Kejia memiliki tanda gen biologis keturunan di tubuhnya yaitu kuku yang terbelah di jeriji kaki kelingking. Benar khan, ada....

Hal terakhir tentang Kejia dkatakannya bahwa tokoh-tokoh di era modern seperti Sun Zhong Shan, Song Mei Ling, Mao Ze Dong, Zhu de,Ye Jian Ing , Li Deng Hui, Chen Shui Bian, Ma ying Jiu, Lee Kuan Yew, Goh Chok Tong, Carazon Aquino mengalir gen biologis KeJia. Bener nda sih?

Enjoy, peace and love from Sukra

Related Posts by Categories



161 comments:

harga laptop mengatakan...

jadi pengen ke jepang nih

heru kurniawan mengatakan...

excellent history..

keep posting

Anonim mengatakan...

Genial dispatch and this mail helped me alot in my college assignement. Thanks you as your information.

carlebur mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

mas, apakah anda kejia jepang jawa?, kriteria istri anda bolehkan aku tahu?. kesuksesan anda pasti didukung oleh sang istri. bolehkah tahu istri anda dan anda sendiri diperhitungan kalender cina termasuk tahun?.

bekasi bersih partisipasi blogger mengatakan...

bener g sih ?? pertanyaan diakhir cerita huh

Bisnis Internet mengatakan...

wah jadi pengen ke jepang lagi nih

grosir baju murah mengatakan...

wow japan japan

toko online mengatakan...

oke banget...

cerita bercampur fakta sejarah

Catatan Blogger Seo Matre Ajib mengatakan...

alhamdulilah sudah pernah kerja di jepang, saat ini kerja di korsel. nasib jadi tki melulu

salam

Andrik Sugianto

Anonim mengatakan...

Sorry for my bad english. Thank you so much for your good post. Your post helped me in my college assignment, If you can provide me more details please email me.

Florida Detox mengatakan...

Thanks for sharing a nice blog.I really like your post. The picture you have posted here is really very nice. Great post!

Bali Property mengatakan...

waahhh klo ada rejeki pengen tuh jalan2 ke Jepang....

salam
Bali Property

Data Mobile Phone mengatakan...

weeeeeewww jauhnya sampai ke jepang.. jadi pengen niiicchh sambil bisnis mobile phone

Tahitian Noni Juice mengatakan...

alhamdulilah sudah pernah kerja di jepang

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

Thanks for sharing a nice blog

kanker mengatakan...

alhamdulilah sudah pernah kerja di jepang, saat ini kerja di korsel

Technology Informasi mengatakan...

Genial dispatch and this mail helped me alot in my college assignement.

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

asik nich kayaknya klo bisa ke jepang

Business And Finance mengatakan...

keep posting

busana muslim mengatakan...

Very good article. Congratulations.

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

kapan ya bisa ke jepang??

obat jerawat mengatakan...

waahhh klo ada rejeki pengen tuh jalan2 ke Jepang....

tq info nya gan

obat batu empedu alami herbal mengatakan...

cerita yang menarik artikelnya...

obat kanker darah alami herbal mengatakan...

tx sharenya ya.....

obat kanker hati alami herbal mengatakan...

enak ne kalau bisa ke jepang...
jadi pengen ke jepang....

obat kanker paru-paru alami herbal mengatakan...

terima kasih uda dikasih info soal jepang....
menarik jepang karena bunga sakuranya
dan orang-orang di jepang terkenal dengan kerja kerasnya...
mantap...

obat lupus herbal mengatakan...

great article about japanese....
keep blogging...
tx..

obat sakit kepala mengatakan...

numpang share jg ya n salam kenal....

obat kolesterol mengatakan...

pengen bngt nie kejepang..

obat wasir mengatakan...

nice blog..!!

obat kanker mengatakan...

ttp semangat ya bro............

obat herbal kanker payudara mengatakan...

oke banget...

cerita bercampur fakta sejarah

pengobatan miom mengatakan...

wah enak bgt kali ya kalau bisa ke jepang...

pengobatan trigliserida mengatakan...

sejarah digabung dengan fakta..
keren...

pengobatan jantung bengkak mengatakan...

thx ya uda sharing artikel soal jepang....
nice..

pengobatan jantung bocor mengatakan...

great blogging....

pengobatan flek paru-paru mengatakan...

jepang terkenal dengan bunga sakura dan kebiasaan orang jepang yang sangat rajin bekerja...
postnya bagus ne gan...
teruskan karyanya,,,

obat herbal kanker prostat mengatakan...

great blogging....

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

great article about japanese....
keep blogging...
tx..

obat batu empedu mengatakan...

oke banget...

cerita bercampur fakta sejarah

obat leukimia mengatakan...

waahhh klo ada rejeki pengen tuh jalan2 ke Jepang....

tq info nya gan

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

oke banget...

cerita bercampur fakta sejarah

obat herbal kanker serviks mengatakan...

oke banget...

cerita bercampur fakta sejarah

obat paru paru basah mengatakan...

thx ya uda sharing artikel soal jepang....
nice..

obat gondok mengatakan...

oke banget...

cerita bercampur fakta sejarah

obat lupus mengatakan...

wah enak bgt kali ya kalau bisa ke jepang...

obat miom mengatakan...

cerita yang menarik artikelnya...

obat kolesterol mengatakan...

jadi pengen ke jepang nih

obat wasir mengatakan...

japanese girls is awesome!!!

obat herbal kanker payudara mengatakan...

wekz... jauhnya sampai ke jepang.. jadi pengen niiicchh sambil bisnis mobile phone

obat stroke mengatakan...

Thanks for sharing a nice blog.I really like your post. The picture you have posted here is really very nice. Great post!

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

Genial dispatch and this mail helped me alot in my college assignement.

obat stroke mengatakan...

jepang kota yang indah penuh dgn bunga sakura...??bnr gak sih bro??

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

cerita bermakna sejarah jepang..

obat hiv mengatakan...

jepang kaya apa ya...tp serem sering bnyak bencana jg disana.

obat kista mengatakan...

tante aku ada dijepang..tp aku gak pernah ketemuT.T...

obat herbal sinusitis mengatakan...

aduh makasih ya bro tentang artikel ini..uda boleh share.

jual obat herbal xamthonemart mengatakan...

wah artikelnya tentang jepang ne...
keren..

jual obat asam urat alami mengatakan...

great article about japan...

jual obat diabetes alami mengatakan...

wah kelewat ne part yang lainnya...

jual obat keputihan alami mengatakan...

thx buat sharenya..

jual obat darah tinggi alami mengatakan...

sedih banget ga pernah ke jepang soalnya...
tapi artikelnya menarik ne....
makasih ya

obat ginjal mengatakan...

pengen bngt kejepang nie..!!

obat batu ginjal mengatakan...

artikel ini ceritanya bercampur dgn cerita sejarah ya bro??

obat tbc mengatakan...

kapan yaa aku ada rezeki bs kejepang!!...T.T...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

SEMANGAT,SEMANGAT,SEMANGAT!!!!....

obat hepatitis mengatakan...

mantabb bro...!!...nice good.

xamthone plus mengatakan...

kapan yaa aku ada rezeki bs kejepang!!...T.T.

obat asam urat mengatakan...

sedih banget ga pernah ke jepang soalnya.

obat diabetes mengatakan...

great article about japan..

obat darah tinggi mengatakan...

artikel ini ceritanya bercampur dgn cerita sejarah ya bro??

obat asma mengatakan...

SEMANGAT,SEMANGAT,SEMANGAT!!!!..

obat tradisional asma alami mengatakan...

wah ceritanya jadi pengen ke jepang ne....

obat tradisional kolestrol alami mengatakan...

nanti kalau ada rejeki pengen banget ke jepang...
makasih uda share ceritanya/...

obat ambeien wasir tradisional mengatakan...

wah sayang banget uda kelewat yang part 1,2,3 nya...
tapi keren ne sharenya soal migrasi keturunan ya..

obat tradisional kanker payudara alami mengatakan...

wah perempuan di ceritanya kuat dan bisa menjadi pemimpin dalam keluarga, masyarakat dan bangsa ya...
mantap..

obat tradisional stroke alami mengatakan...

it's a very interesting artikel....
makasih uda share cerita yang menarik ini,.....
sukses terus ya..

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

jepang memang keren banget negaranya...

obat herbal hiv aids mengatakan...

artikelnya ada sejarahnya juga...
paduan yang menarik cerita dan sejarah...
nice..

obat herbal penyakit kista mengatakan...

great article...

obat tradisional sinusitis alami mengatakan...

jepang salah satu negara di asia yang memiliki perkembangan teknologi tercepat..keren ya...

obat herbal ginjal mengatakan...

keren banget ne artikelnya sayang uda
langsung ke part4 jadi ketinggalan d..
maksih uda share..

obat jantung koroner mengatakan...

ini termasuk sejarah jepang ya gan??

obat herbal kanker prostat mengatakan...

perempuan skrg mah uda pada hebat,,walaupun dulu wanita pada kuat,,tp lbh kuat sekarang bro,,,buktinya wanita skrg uda bisa urus rumah sambil kerja pula hehe...

obat batu empedu mengatakan...

jepang memang indah bngt-bngt.

obat leukemia mengatakan...

keren gan artikelnya,nice bngt!

agen xamthone plus mengatakan...

semoga jepang selalu maju.

obat sakit kepala mengatakan...

jepang memang keren

obat kolesterol mengatakan...

nanti kalau ada rejeki pengen banget ke jepang.

obat wasir mengatakan...

makasih uda share ceritanya/

obat kanker mengatakan...

ini termasuk sejarah jepang ya

obat herbal kanker payudara mengatakan...

sukses terus ya

obat batu ginjal mengatakan...

makasih ceritanya...

obat tbc mengatakan...

cool post...

obat tradisional alami kanker kelenjar getah bening mengatakan...

jepang memang negara yang mantep banget..
pengen jalan2 ksana...

obat jantung koroner tradisional mengatakan...

jadi pengen lihat kota jepang kaya gmn....

obat tradisional alami kanker prostat mengatakan...

makasih ya uda berbagi ceritanya...
semoga sukses terus buat blognya....

obat penurun kolesterol mengatakan...

mao bngt kejepang!!

obat herbal kanker hati mengatakan...

jepang rumahnya kecil-kecil ya gan??

obat leukimia mengatakan...

ckckckck,,,,jepang itu kaya apa sih??

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

benar gak sih tuh ceritanya??

obat stroke mengatakan...

benar gak sih tuh ceritanya

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

makasih uda share

obat hiv mengatakan...

nanti kalau ada rejeki pengen banget ke jepang

obat kista mengatakan...

sukses terus

obat sinusitis mengatakan...

perempuan skrg mah uda pada hebat

obat ginjal mengatakan...

jepang memang negara yang mantep banget

obat batu ginjal mengatakan...

waahhh klo ada rejeki pengen tuh jalan2 ke Jepang..

obat tbc mengatakan...

semoga sukses terus buat blognya

obat hepatitis mengatakan...

keren banget ne artikelnya sayang uda
langsung ke part4 jadi ketinggalan d

obat jantung koroner mengatakan...

jadi pengen lihat kota jepang kaya gmn.

obat herbal kanker serviks mengatakan...

kota jepang itu kaya apa ya??

obat paru paru basah mengatakan...

aku mao bngt kejepang...T.T...

obat gondok mengatakan...

cerita diatas bnr gak sih??

obat lupus mengatakan...

ehhmm,,,,disimak ja deh...

obat miom mengatakan...

mantab ya blognya.

obat herbal kanker prostat mengatakan...

makasih uda share ceritanya/..

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

keren banget ne artikelnya sayang uda
langsung ke part4

obat batu empedu mengatakan...

jepang memang negara yang mantep banget

obat leukimia mengatakan...

sejarah digabung dengan fakta

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

jadi pengen lihat kota jepang

obat trigliserida mengatakan...

Dalam cerita Higashiyo Hozoku tak ketinggalan kisah kaum perempuan yang mana terus mendukung perjuangan, dan tantangan yang dihadapi dalam perjalanan kehidupan. Perempuan diibaratkan sebagai wonder woman karena mereka adalah pekerja keras, pintar, rajin, gigih, cekatan dalam mengurus anak dan keluarga, sawah dan rumah, wajan dapur, benang jarum. Dan inilah cikal bekal kesuksesan dan karakter sebagai pemimpin keluarga, masyarakat dan bangsa.

obat lemah jantung mengatakan...

keren nie ceritanya bro.

obat jantung bengkak mengatakan...

artikel yg menarik ya gan.

obat jantung bocor mengatakan...

asik bngt deh pokoknya.

obat flek paru paru mengatakan...

asik ceritanya gan.

xamthone plus mengatakan...

JEPANG KAYA APA YA GAN??

obat asam urat mengatakan...

semangat ya...

obat diabetes mengatakan...

mungkin indah kali ya bro.

obat darah tinggi mengatakan...

hore,,,,

obat asma mengatakan...

asikkk,,,

Obat Herbal mengatakan...

benarkah ada tanda gen genetik di jari?

Flash card can talk mengatakan...

informasi yang sangat menarik gan bermanfaat banget

Flash card can talk mengatakan...

informasi yang sangat menarik gan bermanfaat banget

Khasiat Ace Maxs mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya. . sukses untuk blognya
salam sehat

SEHAT ALAMI mengatakan...

Terimakasih ya atas infonya gan. . sukses terus

Pengobatan Alami Kolesterol Tinggi mengatakan...

Pagi gan. . salam sehat dan tetap semangat ya menjalankan aktivitasnya
update terus info terbarunya, kami tunggu

Pengobatan Alami Batuk Berdarah mengatakan...

Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat ya gan. .
nice desainnya, sukses terus
Thank's

Obat Step Pada Anak mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . Mantap banget desain blognya.
Salam sehat

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Herbal Infeksi Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
semoga bermanfaat.

Obat Untuk Penyakit Stroke Trombotik Ekstrak Herbal mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . update terus dan salam sehat

Obat Untuk Penyakit Gondok Beracun Tradisional Alami mengatakan...

Mantap infonya. . nice desain artikelnya
TOP deh, update terus ya, thank's

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Obat Varikokel Tanpa Operasi mengatakan...

Terimakasih infonya. .
semoga bermanfaat dan sukses terus ya gan

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

Obat Herbal Penyempitan Pembuluh Darah Ekstrak Alami mengatakan...

artikelnya menarik banget gan. .
thank's ya, semoga bermanfaat

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
Thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Untuk Penyakit Usus Buntu Secara Herbal mengatakan...

informasi dan ceritanya menarik gan. . update terus ya
terimakasih

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

Obat Herbal Untuk Urat Syaraf Kejepit Alami mengatakan...

Good job gan. . artikelnya menarik
tahnk's ya

Obat Untuk Penyakit Keloid Secara Tradisional mengatakan...

Nice gan artikelnya. . update terus info terbarunya

Obat Herbal Untuk Jantung Bengkak Alami dan Aman mengatakan...

makasih telah berbagi. . mampir balik ya gan

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Artikel yang sangat keren gan.. thanks ya telah berbagai dengan kami
salam sehat dan sukses selalu

Rental Mobil Surabaya mengatakan...

walaupun Higashiyo Hozoku dari kelompok minoritas tapi dia temasuk orang hebat. Terima kasih atas kebaikan dengan berbagi pengetahuan

Artikel Favorit dalam 1 minggu