Kamis, 27 Agustus 2009

Naga Gahara

1 hari menjelang ulang tahun Haga (hati naga) ke 21, ia pergi keliling kota untuk melihat-lihat. Tidak ada yang dipikirkan dan segalanya adalah menyenangkan hingga Haga bertemu seorang kakek tua.

Kakek tua berkata:
Hai anak muda, malam ini adalah malam ulang tahunmu bukan? Peganglah batu akik Nogosuwe ini karena batu ini adalah tiket balik dari dunia ilusi yang akan terjadi malam ini. Saya tidak berbohong dan ilusi tersebut pasti terjadi karena anda adalah keturunan Nogo Gahara, keturunan bangsawan naga.

Haga kaget dan bingung. Ketika hendak bertanya balik kakek tersebut telah hilang. Hati Haga tidak tenang dan bergegas pulang. Sesampai di rumah, Haga terus memikirkan apa yang dikatakan kakek tua dan terus berusaha agar terjaga (contoh minum kopi). Apa daya rasa kantuk tidak terelakan dan akhirnya tertidur. Dan kisah perjalanan dalam dunia ilusi terjadi.

Dimanakah ini? Tak pernah, saya (Haga) melihat kampung ini. Kampung yang mana belum ada listrik tapi telah tertata dengan rapi. Selain itu kampung ini dikelilingi oleh gunung dan kali. Dimanakah ini?

Tiba-tiba kakek tua itu datang lagi dari belakang. Inilah kampung yang ditinggali oleh Sindro Malanensis yang merupakan keturunan darah biru Niwa Meruyen yang mana cikal bakal nenek moyangmu. Kampung ini telah ada 30.000 tahun yang lalu dan dikelilingi oleh Gunung Lawu, Gunung Merapi, Kali Cemoro dan Benganwan Solo. Tapi 5.000 tahun yang lalu, kampung ini mengalami bencana alam yang dashyat yaitu gempa akibat letusan gunung berapi dan banjir pada waktu yang bersamaan hingga memporak porandakan seisi kampung ini.

Mereka melakukan pengungsian ke dua arah yaitu ke tenggara dan ke barat daya. Pengungsian ke arah tenggara dipimpin oleh Putri Wulan Dadi. Mereka mengungsi ke kawasan gunung Bromo, gunung Mahameru, sungai Brantas yang sekarang dikenal dengan penggunungan Tengger. Dalam pengungsian mereka bertemu dengan seekor singa yang bernama Prabu Singanada dan tempatnya dikenal dengan nama Probolinggo. Putri melakukan pertapaan dan tempatnya dikenal dengan dengan Purwodadi. Sedangkan rakyatnya membangun budaya wajak yang saat ini telah hilang dan menjadi sebuah misteri dalam catatan prasejarah.

Pengungsian ke arah barat daya dipimpin oleh Ratu Nanwa Buana Sima. Mereka mengungsi hingga ke kawasan gunung Dieng, gunung Slamet, kali Klawing, kali Serayu yang mana terkenal akan bumi alamnya yang indah nan subur disebutnya Bumiayu, Banyumas; laut luas dengan karang yang kokoh disebutnya Karang Anyar, Karang Ayam dan Karang Sambung. Tempat-tempat tersebut dikenal dengan pegunungan Serayu dan cekungan Banyumas.

Dalam pengungsian ke barat daya ini juga terdapat kisah bahwa di kaki gunung Slamet ini sang ratu bertemu dengan seekor raja naga yang bernama Lelono Broto. Yang mana atas kehendak dewa pelindung Barata Sangkala, keturunannya memulai memimpin sebuah masyarakat baru dan itupun menjadi tugasmu, Haga sebagai keturunannya. Disana tempat pedepokan untuk berdoa dan bersembahyang pada dewa dan leluhur nenek moyang yang disebut Purbalingga. Sedangkan tempat tinggal keturunan Ratu Nanwa dan Raja Naga disebut dengan Purwonegoro dan Banjarnegara.


Tanah tempat dirimu berdiri sekarang adalah tempat sang ratu yang mana telah menjadi lapisan bebatuan pancawarna japis ati ayam. Sedangkan disana tempat sang raja yang telah menjadi bebatuan pancawarna japis nogosuwe. Semua ini akan diwariskan kepada keturunannya termasuk dirimu sebagai simbol petuah dalam budaya kultur adat sebagai sumpah janji kepada nenek moyang dalam titahnya menjalankan tugas negara dengan tetap menjunjung tinggi moral, etika, adat budaya yang diwariskan.

Sekarang saatnya anda kembali ke dalam dunia anda. Ketuklah batu yang tadi siang kuberikan sebagai janjimu kepada nenek moyangmu dan seketika maka pintu kembali keduniamu akan terbuka. Atau dirimu akan selalu tinggal dalam dunia ini.

Maaf jika ada kesamaan nama dan tempat. Ini hanyalah cerita fiksi yang mana merupakan imajinasi dari kota Purwokerto yang mana merupakan budaya "manusia Nogora" yang hilang dan menjadi misteri sejak 3.000 tahun yang lalu.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi foto: http://4.bp.blogspot.com/_vsVPcLcxJ_c/Sgktf4v1DKI/AAAAAAAAAC0/UWjhMOhsoI4/S740/Dragon_and_Phoenix_by_mengqingfei.jpg

Related Posts by Categories



77 comments:

ketunk mengatakan...

met sukses

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

nice artikel. sukses selalu bro.
salam kenal. :)

kakve-santi mengatakan...

lama tidak kemari mas...

abutiar mengatakan...

OOOH gitu ya ceritanya bagus juga tuh
Sukses selalu...

khairuddin syach mengatakan...

ini cerita legenda ya kang??
Naga gahara, apa itu artinya kang?

Kenali Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

cerita bagus sih, tapi agak berat.. hehe :P

Info Wisata mengatakan...

ini menceritakan tentang sejarah puwokerta ya kang? ^^'

Rusli Zainal Sang Visioner mengatakan...

pandai sekali membuat cerita fiksi dengan tuntunan bahasa yang sangat mudah dimengerti
terus udpate mas ditunggu seri berikutnya ..

Cara membuat website mengatakan...

Trims sharingnya ya..

Stop Dreaming Start Action

pasang iklan gratis mengatakan...

Terimakasih sharingnya semoga bermanfaat bagi semua pembaca,
Salam Action


Stop Dreaming Start Action

Hendy su mengatakan...

semangat terus y bro. Postingannya unik benar. i rise my thumb for u.
Jalan-jalan ke blog aku juga y. Saya tunggu masukkan dan komentarnya bro. TRims ^^
http://inspire4soul.blogspot.com

peluang usaha mengatakan...

makasih ceritanya menarik dan menghibur

sewa mobil mengatakan...

sukses selalu ya

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang mengatakan...

dah lama nih gak liat ini blog, komen ah, mantep artikelnya

dukdukmonk mengatakan...

dapeeeeeeetttt aja idenya.. anteph dah..

Blogger Templates Colorizetemplates.com mengatakan...

Naga graha? dongeng dr negeri mana nech asalnya??

Fishing Store mengatakan...

mantep artikelnya...dan met sukses selalu

Free Software Download and reviews mengatakan...

sukses selalu

Komputer Teknologi mengatakan...

salam kenal kawan

obat darah tinggi mengatakan...

ceritanya bagus juga ni,,,terima kasih gan,,,

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...

kisah yg banyak mengandung pelajaran....

Coretan Imtihan mengatakan...

waduh!!! pakek nyebut2 gunung merapi lagi> Ada mbah Marijan gak?

Nikmaya John mengatakan...

Numpang baca2 aza,,,,

Chicken Recipes mengatakan...

sengaja menyamakan nama dengan dunia nyata juga gak apa2, asal penyebutan nama tersebut untuk hal yang membanggakan bagi yang punya kesamaan nama

Obat jantung koroner mengatakan...

waw naga bener tuh mas, makasih banyak buat infonya salam kenal aja gan

Resep Nasi Goreng mengatakan...

masih bingung dgn istilah2 yg dipakai di sini

XAMthone plus mengatakan...

terimakasih banyak nih gan buat infonya semoga bermanfaat gan , salam kenal aja gan

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Numpang baca artikel gan,,,,

Tahitian Noni Juice mengatakan...

Terimakasih sharingnya semoga bermanfaat bagi semua pembaca,

Mobile Phone Application mengatakan...

sukses selalu

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

dah lama nih gak liat ini blog, komen ah, mantep artikelnya

kanker mengatakan...

semoga sukses selaku gan....

Technology Informasi mengatakan...

terima kasih banyak gan infonya sangat bermanfaat

Business And Finance mengatakan...

sejarah puwokerta ya kang?

Materi Pendidikan mengatakan...

Bacaan yang sangat menarik tambah sukses...........

busana muslim mengatakan...

legenda nihh kyanya

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

cerita yg bagus

obat herbal diare mengatakan...

nice blog, lanjutkan gan

obat herbal stroke mengatakan...

naga yang keren

obat herbal sinusitis mengatakan...

obat herbal sinusitis

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

obat herbal batu ginjal

obat herbal jantung koroner mengatakan...

obat herbal jantung koroner

obat herbal kanker mengatakan...

obat herbal kanker

obat herbal batu empedu mengatakan...

obat herbal batu empedu

obat herbal kanker otak mengatakan...

obat herbal kanker otak

obat herbal kanker hati mengatakan...

obat herbal kanker hati

obat herbal kanker serviks mengatakan...

obat herbal kanker serviks

obat herbal kanker paru-paru mengatakan...

obat herbal kanker paru-paru

obat herbal kanker usus mengatakan...

obat herbal kanker usus

obat herbal radang paru-paru mengatakan...

obat herbal paru-paru basah

obat herbal lupus mengatakan...

obat herbal lupus

Obat herbal leukimia mengatakan...

obat herbal leukimia

obat herbal mengatakan...

nice blog, lanjutkan gan

agen bola mengatakan...

mice poting.. ditunggu artikel menarik lainnya

agen bola mengatakan...

nice sharing, thankyou..

agen ibcbet mengatakan...

ceritanya menarik gan, ternyata agan pinter mendongeng

rental genset terpecaya mengatakan...

nice story gan :) hehe baru pertama kali baca

Toko Ace Maxs mengatakan...

Informasi yang disajikan diwebsite ini bermanfaat banget gan. . thank's ya
Jangan lupa mampir balik

Obat Kolesterol Tinggi Tradisional mengatakan...

Terimakasih ya gan untuk semua informasinya. .
Nice juga desain blognya. . sukses terus

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Herbal Infeksi Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
semoga bermanfaat.

Obat Untuk Penyakit Gondok Beracun Tradisional Alami mengatakan...

Mantap infonya. . nice desain artikelnya
TOP deh, update terus ya, thank's

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
Thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Artikel yang menarik gan . update terus ya
salam sehat

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's infonya gan. . semoga bermanfaat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Rental Mobil Surabaya mengatakan...

Its give us lots of interest and pleasure. Its opportunity are so fantastic and working style so speedy..

Artikel Favorit dalam 1 minggu