Kamis, 06 Agustus 2009

Cinta Terlarang

Rajamosa mengadakan sebuah syukuran kecil-kecilan. Disanalah awal pertemuan antara Pangjaya dan si gadis darah biru, Cantini. Mungkin pada saat itu belum ada yang namanya cinta tapi disanalah benih cinta ditebarkan. Kenalan, ngobrol, tukeran nomor telepon dan alamat e-mail meskipun malu-malu tapi itulah yang terjadi.

Komunikasi diantara kedua insan berjalan terus. Setiap hari yang dilewati, membuat mereka lebih mengenal dan mengagumi pasanganannya. Salah satu bukti yaitu sepucuk surat yang terselip di sebuah buku milik Pangjaya. Isinya:

Cantini dirimu begitu cantik dan mempesona. Tidak hanya secara fisik, tapi secara keseluruhan. Keramahanmu dan senyum manismu membuat diriku ingin mengenal dirimu lebih jauh lagi. Dan jika dirimu tahu, jantungku berdebar kencang ketika dirimu melakukan berbagai aktifitas. Seperti membatik atau menenun dari bulu unggas, memasak makanan dengan citarasa istimewa, mengekspresikan jiwa seni dalam melukis dan bernyanyi. Hal yang membuatku tak bisa berhenti memikirkanmu ketika dirimu mengajar, mendidik anak-anak.

Cinta, cinta memang sulit untuk dimengerti.

Dalam perjalanan cinta mereka, terjadi berbagai hal baik suka maupun duka. Sebuah kejadian yang mungkin umum terjadi, tapi inilah yang mengubah semua cerita cinta mereka. Pangjaya terkena demam berdarah dan mengharuskan melakukan pengambilan darah untuk mengetahui kondisi tubuhnya. Memang tidak sampai perlu infus darah tapi informasi yang disampaikan dokterlah yang sangat mengejutkan yaitu golongan darah Pangjaya, AB negatif. Sebuah darah yang sangat jarang dan sangatlah aneh ini bisa terjadi karena kedua orang tuanya bergolongan darah O.

Setelah sembuh, Pangjaya bertanya apa yang terjadi dengan dirinya. Dan bagaimana itu semua bisa terjadi. Ayah Pangjaya akhirnya membuka rahasia ini. Pangjaya bukanlah anak kandungnya, melainkan anak dari sahabat karibnya yang telah meninggal dalam penelitian ketika Pangjaya masih kecil. Diceritakannya bahwa kedua orang tua Pangjaya adalah peneliti yang melakukan penelitian terhadap DNA manusia. Penelitian yang juga pernah dilakukan oleh Joe Hin Tjio (Indonesia), dan Albert Levan (Swedia) pada tahun 1955 yang berhasil mengungkapkan kebenaran bahwa manusia memiliki 23 pasang kromosom keturunan. Dan ini ada sebuah buku yang menggambarkan apa yang dikerjakan ayahmu "Genom" karangan Matt Ridley penerbit gramedia, 2005.

Tunggu sebentar, saya (ayah Pangjaya) cari sebuah surat dulu. Ini surat yang dititipkan orang tuamu dan dikatakannya untuk diberikan ketika dirimu ingin mengetahui siapa dirimu sebenarnya. Berikut adalah penggalan dari isi surat ayah kandung Pangjaya:

Pangjaya, dirimu adalah anak ke-3 dan satu-satunya anak kami yang dapat bertahan hidup yang mana kakak pertama dan keduamu meninggal ketika dilahirkan. Dan ketika dirimu lahir, pada saat yang bersamaan ibumu meninggal. Itulah sebuah kenyataan yang harus saya dan dirimu hadapi. Oleh sebab itu saya berjanji untuk anak-anak di dunia sehingga saya harus kembali ke dalam laboratorium untuk memecahkan rahasia DNA ini.

Dirimu terlahir tidaklah sempurna tapi saya percaya dalam ketidak sempurnaan ini dirimu dapat memberikan yang terbaik untuk bumi dan manusia. Dalam dirimu ada perbedaan dengan orang lain secara umum adalah kromosom 6, 9, 11, 15, 16 dan 21. Kromosom 6 dengan kecerdasan IQ 180, kromosom 9 dengan golongan darah AB negatif. Kromosom 11 dengan kepribadian sederhana dan pengabdi. Kromosom 15 dengan semar sindrom. Kromosom 16 dengan memori unsur waktu dan ruang. Kromosom 21 dengan struktur organ jantung di kanan dan hati di kiri. Jadi dirimu adalah manusia langka yang mana merupakan satu per 22 juta kemungkinan. Hal sedih yang harus sampaikan bahwa dengan kondisi yang ada, dirimu dilarang untuk beristri, dan pekerjaan yang cocok adalah sebagai penasehat atau dosen ilmu pengetahuan.

Perasaan sakit yang dirasakan Pangjaya ketika membaca surat tersebut. Tapi itulah kenyataan dan manusia tidak dapat menghindar. Meskipun tak tahu bagaimana, ia harus memberitahu Cantini akan kabar buruk ini. Akhirnya Pangjaya mengajaknya bertemu di belakang bukit yang mana dari sana bisa melihat keindahan desa Jayanusa, kawasan Bintang bermuda dan bintang yang berkelap kelip di langit malam.

Bertemu di balik bukit dengan hari yang telah ditentukan (tanggal 7 bulan 7 penanggalan lunar). Pangjaya menceritakan semuanya kepada Cantini. Apa daya cinta mereka sangatlah dalam tapi pada kenyataan mereka tidak boleh ada namanya hubungan cinta. Untuk sebab itu di bawah sinar bintang Alshain, Altair, Tarazed dari rasi Aquila dan bintang Vega (rasi Lyra); mereka berjanji hanya ketemu muka ketika di hari yang telah ditentukan oleh langit. Bagiamanakah kelanjutnya? itu masih sebuah misteri karena hanya merekalah yang tahu.


Catatan: Bintang Altair (rasi Aquila), bintang Vega (rasi Lyra) dan bintang Deneb (rasi Cygnus) diberi julukan "The Summer Triangle" dan rasi Cygnus sendiri disebut bintang Salib Utara.

ini hanaylah sebuah cerita fiksi. Jadi mohon maaf jika ada kesamaan nama atau tempat.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi gambar: Ridpath, Ian "Star and Planets", A Dorling Kindersley Book, London, 2002

Related Posts by Categories



85 comments:

muchlisin mengatakan...

Wah, sastra Jawa ya? belum familiar dengan nama-nama itu...

Lala mengatakan...

Cerita yang menarik, penasaran gimana akhirnya kisah cinta mereka.

Genduk mengatakan...

Nice story...

Dana Telecom mengatakan...

Wah, tak dalami dulu, nggak ngerti sekali baca nih.

BIG SUGENG mengatakan...

Mungkin pacaran jaman dulu cuma lirik-lirkan, kedip-kedipan dan pegang-pegangan ya....?

Mengembalikan Jati Diri Bangsa mengatakan...

Seperti lagunya the Virgin Bro... :D
ditunggu lanjutannya

rental mobil murah mengatakan...

wah manusia ajaib tuh.

sewa mobil di surabaya mengatakan...

ditunggu kelanjutannya. sudah gak sabar neh :D

صبي مُضَحِّك mengatakan...

tak kirain lagunya st12! hehehe! ditunggu kelanjutannya

kakve-santi mengatakan...

wew..

muter muter kepala saya mas.. :D

waluyo mengatakan...

bersambung to ceritanya...ditunggu nieh

Gudang Hikmah mengatakan...

wah,keren ni. kayak yg menjiwai banget gitu yg bknnya

ROSMANA APOLLA PUTERA mengatakan...

Penasaran...

Belajar SEO Para Pemula mengatakan...

iya nie mas...
seperti lagu the virgin az...

Go To Future mengatakan...

Mantab bro

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

wah ini berlanjut ke postingan selanjutnya nih.. hahaha.. :D

Service manual mengatakan...

waduh kira-kira ending nya gimana ya?
Service manual

ocim mengatakan...

hehe..kayak lirik lagu

Gadis Rantau mengatakan...

jika masih bersambung, komenya juga bersambung yach?he..he..

Dwi mengatakan...

selalu menarik untuk dibaca..

alhejawi mengatakan...

Ikutan baca..... :D

4com mengatakan...

Siip... woke tenan...

daywalker mengatakan...

wah bisa nyaingin kang Abik nih hehehe

Blogpreneur mengatakan...

asli , maaf ribed bangets yaaa, ada sinopsisnya ga?

William_Eight mengatakan...

wah menarik neh ceritanya
biarpun fiksi ada dimasukin ilmu astrologi xm ilmu kedokteran/biologi
nice story
keep posting yah^^
lam kenal..

Technology and Computers mengatakan...

Sebuah cerita yg sangat menarik dan ditunggu yaaa kelanjutannya....

antwa mengatakan...

ceritanya keren....=)
salam kenal yah!

naruto mengatakan...

muantabz ceritanya......ditunggu kelanjutanya =)

miyabi mengatakan...

lumayan ceritanya

Azim mengatakan...

Cerita yang menarik...

Indonesia Bumiku mengatakan...

thank's for sharing info,..!
Kerja Keras Adalah Energi Kita
INDONESIA BUMIKU

Astaga.com Lifestyle on The Net mengatakan...

wah kok kayak puisi nihh
salam kenal sob
Astaga.com Lifestyle on The Net

Indonesia Java International Destination mengatakan...

Harus dilanjutin nih biar ga penasaran !!

astaga.com lifestyle on the net

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

kenapa harus dilarang yah padahal salink mencintai, mungkin lebih ke norma ya
nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

great
nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular

Teknik SEO mengatakan...

cari yg mudah2 aja alias cinta yg boleh.

Cara Membuat Blog mengatakan...

Thx ya sharingnya semoga berguna

Blogger Templates Colorizetemplates.com mengatakan...

cinta kok dilarang-larang/
hehehe

Free Software Download and reviews mengatakan...

penasaran nih bagaimana kisah terakhirnya

Komputer Teknologi mengatakan...

wah bacanya perlu lebih teliti nih soalnya penasaran

Pulsa Elektrik dan Operator telekomunikasi mengatakan...

wah ceritanya bersambung yah?

abied mengatakan...

wah cerita bagus gan, salam kenal, kunjung balik,. ke blog sy

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...

cerita yang menarik sob.....

Coretan Imtihan mengatakan...

sebuah fiksi ilmiah yg bagus sekali.

Chicken Recipes mengatakan...

saya masih bingung dengan istilah2nya.... btw, pesan yang saya tangkap dari cerita ini sungguh sangat luar biasa... makasih sharingnya

Resep Nasi Goreng mengatakan...

cerita yang menyentuh dan bisa dipetik beberapa pelajaran

Nikmaya John mengatakan...

to be continued,,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Cinta tempoe doloe,,,

jus manggis mengatakan...

begitu ya ceritanya
hehe

bagus banget

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

cerita yang seru ...
makasih ya udah share

Tahitian Noni Juice mengatakan...

ditunggu kelanjutannya. sudah gak sabar neh

Mobile Phone Application mengatakan...

Cerita yang menarik

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

wah ini berlanjut ke postingan selanjutnya nih.. hahaha.

kanker mengatakan...

hikz hikz hikz lagunya the virgin ea kang cinta terlarang

Technology Informasi mengatakan...

bersambung to ceritanya..

Business And Finance mengatakan...

ditunggu kelanjutannya.

busana muslim mengatakan...

cerita yang mengagumkan

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

cerita yg menarik sekali

xamthone plus jakarta mengatakan...

cantik nya

Xamthone Plus mengatakan...

nice blog

obat herbal amandel mengatakan...

obat herbal amandel

obat herbal asam urat mengatakan...

Cerita yang menarik, penasaran gimana akhirnya kisah cinta mereka.

agen sbobet mengatakan...

artikel yg menarik, keep sharing ya

toko genset termurah mengatakan...

cerita yang menarik gan :)

aksesoris mobil xenia mengatakan...

cerita nya bagus gan....menarik untuk disimak..

Khasiat Ace Maxs mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya. . sukses untuk blognya
salam sehat

Toko Ace Maxs mengatakan...

Informasi yang disajikan diwebsite ini bermanfaat banget gan. . thank's ya
Jangan lupa mampir balik

Obat Kolesterol Tinggi Tradisional mengatakan...

Terimakasih ya gan untuk semua informasinya. .
Nice juga desain blognya. . sukses terus

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Herbal Infeksi Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
semoga bermanfaat.

Obat Untuk Penyakit Gondok Beracun Tradisional Alami mengatakan...

Mantap infonya. . nice desain artikelnya
TOP deh, update terus ya, thank's

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

Obat Herbal Penyempitan Pembuluh Darah Ekstrak Alami mengatakan...

artikelnya menarik banget gan. .
thank's ya, semoga bermanfaat

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
Thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Artikel yang menarik gan . update terus ya
salam sehat

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's infonya gan. . semoga bermanfaat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Sewa Mobil Di Surabaya mengatakan...

Well thanks for posting such an outstanding idea. I like this blog & I like the topic and thinking of making it right.

Artikel Favorit dalam 1 minggu