Minggu, 25 Januari 2009

Maskot Naga, Phoenix, Kirin (Ji Xiang Wu Tu) (Kongbaba 4)

Ini adalah sebuah kenyataan bahwa manusia seringkali menjadikan sebuah obyek menjadi maskot, simbol atau lambang. Sebagai contoh yang sering anda temui pada akhir artikel saya: "Enjoy, peace and love from Sukra". Maskot yang ada pada masyarakat secara umum berupa hewan, tumbuhan (bunga, buah), benda kerajinan tangan, langit alam bintang semesta dan kaligafi (huruf, gambar, atau tulisan).

Pada kesempatan ini, saya mencoba mengambil beberapa maskot dari binatang yang mana merupakan binatang imaginasi atau "tidak nyata". Binatang yang terpilih yaitu naga atau liong (Long), burung phoenix atau burung hong (Feng Huang), dan kirin (Qi Lin) karena menurut saya mereka adalah bagian dari indentitas budaya peradaban China.

Dalam literatur naga dikisahkan sebagai maskot yang telah tertera di kitab Yi Jing kuno 5000 tahun yang lalu, sebagai binatang bertuah yang mana menjadi maskot dewa, leluhur bangsa China. Naga dikatakan memiliki 3 bagian yang sama panjang yaitu bagian kepala hingga lengan, lengan hingga pinggang, dan pinggang hingga ekor; dan merupakan penggabungan dari 9 binatang yaitu rusa menjangan (tanduk), onta (kepala), kelinci (mata), ular (leher), kerang(Tridacna gigas) (perut), ikan (tubuh yang bersisik), elang (cakar), macan (telapak kaki), sapi (telinga). Akan tetapi menurut Kongbaba yang melihat dari fisiknya, naga merupakan jenis binatang dinosaurus yang telah punah, buaya (Alligator sinensis) atau biawak besar (varanus spp). Catatan: sisik pada naga umumnya berjumlah 117 yang mana 81 sisik bersifat Yang dan 36 sisik bersifat Yin.

Phoenix merupakan maskot raja dari para burung. Burung phoenix didiskripsikan dalam literatur adalah penggabungan beberapa binatang seperti burung walet (wajah), ular (leher), kura-kura (punggung pundak), bulus (perut depan), bangau (dahi), ayam jantan (paruh), angsa (Anser cygnoides) (dada), ikan (ekor), rusa (kaki belakang). Ada juga yang mendeskripsikan phoenix dengan burung angsa (kepala), bebek Tiongkok (Aix galericulcata) (pikiran), bangau putih (Egretta intermedian) (kaki), burung merak (Pavo cristatus) (ekor), burung beo (paruh), burung walet (sayap). Sebagian orang berpandangan, phoenix adalah inspirasi dari ayam kalkun (Meleagris ocellata), sedangkan dari Kongbaba lebih condong pada burung onta (Struthio camelus), burung kasuari (Casuarius spp), atau burung cenderawasih (famili Paradisaeidae).

Binatang selanjutnya yaitu kirin yang mana dipercaya sebagai binatang bijaksana dan disimbolkan sebagai anak cucu yang berbakti. Kirin yang jantan disebut Ki dan betina disebut Rin. Kirin digambarkan dengan tubuh berbadan rusa (elaphurus davidianus), berkaki kuda, berekor sapi, kuku bulat, kepala serigala dengan sebuah cula yang berisi atau berotot. Sehingga banyak orang mengatakan kirin adalah insiprasi dari kijang kencana (Muntiacus muntjak), kambing hutan (Lie Ling) (Capricornis Sumatraensis), atau antilop (Cephalophus spp) . Sedangkan menurut Kongbaba lebih menyerupai badak dari Jawa yang bercula satu (Rhinocerus sondaicus).

Kirin persepsi umum yang mana menyerupai singa dan sering dipertunjukan (barongsai) adalah persepsi dari singa (Panthera Leo). Karena sudah terlanjur saya lanjutkan saja sebagai informasi. Singa yang berada di pintu bagian kiri dan dan kaki kirinya menginjak bola api adalah singa jantan yang bermakna proteksi akan ancaman luar; sedangkan, yang berada di pintu bagian kanan dan kaki kanannya menginjak anak adalah singa betina yang berarti melindungi keluarga.

Ada kirin versi lain lagi yaitu kirin yang berbadan singa dan memiliki tanduk. Kirin ini dahulunya diimaginasikan dengan jerapah yang mana dapat dilihat dari bahasa Jepang atau Taiwan.


Bagaimana dengan anda? Hewan-hewan diatas dideskripsikan sebagai apa?

Kongbaba teringat akan perkataan dari Liesinse yang saya sendiri tak mengerti:

Maskot adalah petuah sehingga jangan disalah gunakan karena dapat menimbulkan bencana. Petuah Tiongkok "Long Fei Feng Wu, Ma Ta Fei Yan", sedangkan pada tahun tikus (Wu Zi) dengan pepatah "Chuan Zhen Xiong Mao, Ao Huo Shui Niao" menjadi kesan sebuah paradoks bencana.

O yah, binatang yang disebut Kongbaba ternyata ada di Indonesia semua lohhh: Komodo (biawak besar) di pulau Komodo, badak bercula satu di Ujung Kulon, kambing hutan di Sumatra, burung kasuari dan burung cenderawasih yang terdapat di Irian dan Maluku.

Selamat tahun baru "Gong Xi Xing Chun Wan Shi Ru Yi"
Selamat tahun baru imlek semoga lancar dan sukses.

Kongbaba menginformasikan dari catatan Liesinse:

Pada masa kerajaan di Tiongkok, tahun baru disebut Guo Nian (lewat tahun) jatuh pada hari Li Chun (4 Februari) sebagai hari pergantian shio. Presiden Tiongkok Republik pertama sementara, Sun Zhong San, pada tahun 1912 memberlakukan sistem kalender internasional (Gong Li). Sedangkan, penggantinya presiden Yuan Shi Kai pada tahun 1913 menetapkan Nian Zhu Yi (tanggal 1 bulan 1) kalender lunar (Jiu Li) sebagai hari Chun Jie yang sekarang dikenal dengan tahun baru imlek. Catatan tahun sejarah Tiongkok diawali dengan tahun Gong He yaitu tahun monyet (Gen Shen) 841 SM. Hal yang membingungkan buat saya, Chun Jie atau tahun baru imlek bukan hari raya keagamaan. Sedangkan, di Indonesia yang pada tahun 2002 lalu Chun Jie ditetapkan sebagai hari libur nasional, ternyata dikaitkan dengan kelahiran Kong Zi yaitu 551 SM. Tak percaya, coba hitung sendiri yang mana pada tahun ini 2009 merupakan Chun Jie yang ke 2560.

Jika ada kesalahan persepsi, mohon dimaafkan dan tolong diberikan masukan.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo:

Related Posts by Categories



52 comments:

Li mengatakan...

wah zener menguasai sekali yaa budaya cina...hebat...^^
keep post sob....

YST mengatakan...

Nice, saya suka artikelnya. Good job. Selamat berkarya. Salam kenal dr http://b371ny03.blogspot.com. Thanks.

vicky mengatakan...

wo....keren..minta angpaonya yach mas

Cece™ mengatakan...

two thumbs up deh.. kalau perlu aku pinjem punya tetangga buat nambah :)
Bener2 nambah ilmu nih...

Xie xie *senyum lagi*

good luck yo fren

Barumbung mengatakan...

Emang zener orang keturunan tionghoa atau orang china..???kayaknya tau banyak tuh sama kebudayaan china....

atca mengatakan...

nice info mas..
masih keturunan tionghoa yah??

zener_lie mengatakan...

Kongbaba dan Liesinse adalah orang Tionghoa yang lahir di Indonesia.

Saya adalah bangsa dan warga negara Indonesia

Dhie mengatakan...

Great post.
Manggut.manggut

Kristina Dian Safitry mengatakan...

Qung hei fatcoi...apa bener tulisanya gitu ya,kalo kita mau ngucapin met hari raya imlek.

sibaho mengatakan...

tulisan bagus, jadi banyak tahu nih :)

FATAMORGANA mengatakan...

hebat banget deskripsinya.
kok, binatang kecoa gak termasuk ya?

oPa mengatakan...

ampun dah ma blogger satu ii, ilmu nya banyak baget...
maju terus sobat!!

Erik mengatakan...

Ternyata Naga merupakan gabungan dari 9 binatang. Sifatnya panas ya, karena lebih banyak unsur Yang pada sisiknya.

Ternyata kirin itu spt barongsai itu ya? Kalau peralatan elektronik merk kirin, apakah mengambil dari nama/simbol ini juga?

sai mengatakan...

huaha... kakak keren....

angpaonya ditunggu y xp

ExiOST mengatakan...

wah dapet angpo neh... :D

dedi mengatakan...

mmmmm seeep dah, saluttt.....
btw shionya apa nih??.. hehehe...

andri mengatakan...

cool saya bukan warga keturunan tapi senang ma budaya china, keep posting boss i'll follow

boykesn mengatakan...

hmmm....simbol-simbol banatang yang memiliki arti dan fungsi sendiri. Kebudayaan cina memang luar biasa.

mocca_chi mengatakan...

walah ini toh artikel yg dikerjain mpe lembur tengah malam wkwkwkwk
niat bgt diirmu, serius pula.

btw, imlekan kah? met imlek ya. moga badanya bisa gede kek kerbau hiii

mozink mengatakan...

artikel yang menarik, pas dengan hari imlek :)

Ide Gokil mengatakan...

Wah artikelnya keren banget, jangan2 koko zener ini seorang sejarawan china yup?

dah maried belum?kalo' udah bagi angpao dunk hehe...

adealfay mengatakan...

makasih infonya..
jadi tau nih cerita2nya..
mau donk angpaonya.. hehe

Rakhmat mengatakan...

Infonya menarik nih sobat :)

Pascal mengatakan...

memang budaya cina selalu membuat saya terkagum-kagum apalagi denagn kemajuan mereka sekarang dan saya merasa aneh dengan orang tiongkok yang selalu memakai tata tertib islam, contohnya tentang "kebersihan sebagian daripada iman" dan liat saja sekarang negara2 dan kota2 china (hong kong, taiwan, singapore, thailand, macau, shenzhen, guangzhou dll) sungguh bersih dan cling juga tata jalan kotanya yang rapih. apalagi saya pengen jalan2 ke hongkong hehehe... sesuai dengan ini

dan satu lagi tentang perkataan nabi, "belajarlah sampai ke negeri china" itu apa yah maksudnya? ada yang tahu? kali aja mungkin sampai sekarang china menyimpan rahasia yang sangat besar

Rio Sembilan mengatakan...

minta angpao juga donk, hehehe..

md mengatakan...

lumayan juga nih tulisannya..... mas... sampeyan orang tionghoa yah ...???

jokobodo mengatakan...

koleksi naga

DegDegan.duniamaya98 mengatakan...

memang, manusia suka sekali dengan perlambang-perlambang, lihatlah semua negara pasti punya lambang2 negara juga... tak lupa saya, juga punya perlambang juga....
ttd,
Duniamaya98

Johanas mengatakan...

eh...

Ternyata kepala Naga itu gabungan dari Onta....

Hehehehehe.

Masih tetep keren tapi

david mengatakan...

wah keren y....nice post

Anonim mengatakan...

Keren, banyak menambah wawasan, TQ banget

agen xamthone plus tangerang mengatakan...

oke thanks atas infonya,, jadi menambah pengetahuan....

xamthone plus mengatakan...

hmmm.....

hebat dech klo gitu,,,,,

Nikmaya John mengatakan...

Mantapp gan maskotnya,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Filosofis banget,,,

Compare cell phone plans mengatakan...

oow... orng indo juga yah zen

Small Business Financial Crisis mengatakan...

budaya china keren" mas

Free downloads games mengatakan...

wah jadi bisa belajar budaya cina nih

Life Style mengatakan...

emang mas zener blajar budaya china dari mana mas

Hary mengatakan...

visist this site:

Tycoon Game
Anime Download
Pets blog
E-Banking
Cancer Treathment

Transformer 3 dark of the moon Download

obat tradisional hepatitis a mengatakan...

informasi yang sangat bagus...
saya suka dengan gambar naga dan phoenixnya...

STEFANI MAHESA JELITA mengatakan...

terima kasih ya.. sangat membantu untuk tugas saya.. saya juga sangat tertarik dengan artikel anda,.

sidomabur mengatakan...

tragedi 98

obat herbal mengatakan...

emang mas zener blajar budaya china dari mana mas

obat herbal keputihan mengatakan...

keep post sob..

obat herbal diabetes mengatakan...

nformasi yang sangat bagus...

xamthone plus mengatakan...

Mkasudnya apa ya...?

xamthone plus mengatakan...

ooo gitu ya gan....

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

sepatu anak murah mengatakan...

makasih infonya shob, keren bannget neh artikelnya.

sepatu nike murah mengatakan...

terimahkasih ifonya artikel yang sangat bermanfaat neh bagi aku shob.

Artikel Favorit dalam 1 minggu