Minggu, 17 Januari 2010

h-Index

Ketika jalan-jalan di dunia maya, Aji menemukan sebuah data yang kemudian dijadikan bahan obrolan dengan sahabatnya (Ero, Ilu). Data yang menunjukan dunia pendidikan dan penelitian Indonesia yang penuh guyonan (canda). Data tersebut merupakan hasil pemetaan peneliti unggulan di kawasan negara Asia Tenggara oleh F.Gruber dan A. Degelsegger; yang dipublikasikan oleh www.sea-eu.net

Dalam hasil pemetaan terdapat 9 orang Indonesia dari 33 nama sebagai peneliti unggulan (excellent researchers ) yaitu:

  • Dr. Koo Hendrik Kurniawan (Maju Makmur Mandiri Foundation Research Center, Jakarta)
  • Dr. Terry Mart (Fisika, Universitas Indonesia)
  • Dr. Sri Yudawati Cahyarini (Geoteknologi, LIPI Bandung)
  • Dr. Nurul Taufiqu Rochman (Fisika, LIPI Serpong)
  • Dr. Khie Khiong (Imunologi, Kedokteran, Universitas Kristen Maranatha Bandung)
  • Dr. Sunu Budhi Raharjo (Kardiologi Vaskular, Kedokteran, Universitas Indonesia)
  • Dr. Gunawan Indrayanto (Biologi Farmasi, Universitas Airlangga Surabaya)
  • Dr. Muhilal (Nutrisi, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen kesehatan (NIHRD) Bogor)
  • Dr. Maggy Thenawidjaja Suhartono (Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor)

Hebatnya Indonesia memiliki banyak peneliti unggulan. Ketika pemerintah hampir tidak peduli akan nasib peneliti ternyata masih ada yang berjuang dan mengharumkan nama bangsa, celetuk Ero.

Seketika Ilu memotong. Apanya hebat !!! Data ini menunjukan betapa menakutkannya dunia pendidikan dan penelitian Indonesia. Negara besar tapi jumlah peneliti unggulan masih terhitung dengan jari.

Lalu... ... Contoh hasil pemetaan yang dilakukan dengan metodologi rujukan penelitian Hirsch Index (h-index), Dr. Koo Hendrik Kurniawan memiliki h-index 12 ( 67 dokumen versi scorpus documents published tahun 1995 sampai 2009). Hal ini menunjukan bahwa peneliti Indonesia yang memiliki h-index diatas 10 dapat terhitung dengan jari. Sekarang!!! coba cek h-index dosen, profesor atau rektor anda, jangan-jangan nilainya 0. Jadi, yang hendak saya sampaikan adalah seberapa banyak pendidik dan peneliti yang dapat menggiring siswa atau mahasiswanya ke jalur mahakarya untuk membangun bangsa dan Negara.

Apakah anda tahu bahwa calon peraih nobel fisika memiliki h-index diatas 50? Jadi, mimpi untuk meraih nobel dalam waktu kurun 10 tahun adalah sesuatu yang dapat terealisasi atau hanya kebohongan belaka untuk meningkatkan pamor.


Inilah dilema atau aib yang harus kita hadapi. Banyak mereka menunjukan diri mereka adalah manusia hebat tapi pada kenyataan tiada arti dalam dunia nyata yang sempit ini.

Enjoy, peace and love from Sukra.

referensi foto: http://speakingoffaith.publicradio.org/programs/einsteinsethics/images/einstein-pressconference1950.jpg

Related Posts by Categories



160 comments:

IHSAN mengatakan...

seperti katak dalam tempurung

he he he

semoga dengan bergantinya kabinet Indonesia ini berganti juga h-index mayoritas masyarakat kita. tentunya harus lebih tinggi

Ngeposting ni yee mengatakan...

semoga bangsa kita bisa mengharagai para ilmuan bangsa..

dhanang mengatakan...

kita mampu kalo ada dana om..he2
jer basuki mowo beyo..

gRosir baju anak mengatakan...

keempatX

Rumah di Jual mengatakan...

karena krg dihargai banyak ilmuwan2 dari indonesia yang bekerja di luar negeri

Lifestyle Inspiration mengatakan...

yah seperti biasa, punya banyak sumberdaya manusia tp kurang bisa memanfaatkan....
Lifestyle Inspiration
Skripsi Teknik|Ebook|Download

ICT Learning mengatakan...

Ijin menyimak... tapi tetep semangat

WordWelding mengatakan...

Tetep kita harus dukung anak bangsa..

Business Tips mengatakan...

Semoga indonesia bangkit... dan mandiri di atas kaki sendiri dengan kekuatan sendiri

motivasi mengatakan...

buat menghibur diri pakde. sekalian kalo bisa buat memotivasi diri

Anonim mengatakan...

Good day, sun shines!
There have been times of hardship when I didn't know about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright stupid person.
I have never imagined that there weren't any need in big initial investment.
Nowadays, I feel good, I begin take up real money.
It's all about how to choose a proper partner who uses your money in a right way - that is incorporate it in real business, parts and divides the profit with me.

You may get interested, if there are such firms? I'm obliged to answer the truth, YES, there are. Please be informed of one of them:
http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

chyardi mengatakan...

Wah, obrolan tingkat duwur iki, mumet aku mas ....

ichan mengatakan...

kalau memang dipandang dari sudut h-index., sepertinya kita masih kurang.. pertama krna ketiadaktahuan h-index itu apa, kedua bagaimana mengukurnya, an ketiga untk apa sih itu??atau seberapa penting..??
shg hal ini perlu di sosialisasikan lebih jauh agar memacu motivasi masyarakat untuk meningkatkan "h-index"
nice post., thanks for share.,

Nikmaya John mengatakan...

Ketenaran sama arti jati diri kadang memang bertentangan,,,, kadang harus membalikkan jati diri demi kemashuran

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Apakah ada ya pemimpin yang seutuhnya jujur???

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

Ijin menyimak...

Mobile Phone Application mengatakan...

Wah, obrolan tingkat duwur iki, mumet aku mas ....

Technology Informasi mengatakan...

Good day, sun shines!
There have been times of hardship when I didn't know about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright stupid person.
I have never imagined that there weren't any need in big initial investment.
Nowadays, I feel good, I begin take up real money.
It's all about how to choose a proper partner who uses your money in a right way - that is incorporate it in real business, parts and divides the profit with me.

kanker mengatakan...

gag mudeng gwe mah gan

TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in Indonesia mengatakan...

menyedihkan banget indonesia ne

TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in Indonesia mengatakan...

salam kenal,,,kunjung balik

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

kita mampu kalo ada dana om..

Business And Finance mengatakan...

karena krg dihargai banyak ilmuwan2 dari indonesia

Life Stlye mengatakan...

walking" mas zer...

Lowongan Kerja mengatakan...

sangat bermanfaat sekali isi artikelnya...

busana muslim mengatakan...

satu suku satu bangsa

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

ijin baca

obat herbal asam urat mengatakan...

satu suku satu bangsa

xamthone plus mengatakan...

thx infonya gan...

Obat tradisional asam urat mengatakan...

disimak dulu gan...

obat tradisional diabetes mengatakan...

semoga aja para peneliti bisa lebih dihargai oleh bangsa ini

obat tradisional keputihan mengatakan...

kalau ada dana pasti semua peneliti bisa meneliti dengan baik....

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

sayang di indonesia ini peneliti kurang dihargai jadi banyak yang pindah keluar negeri....
thx infonya gan....

xamthone plus mengatakan...

Ijin menyimak... tapi tetep semangat

obat asam urat mengatakan...

semoga bangsa kita bisa mengharagai para ilmuan bangsa..

obat diabetes mengatakan...

karena krg dihargai banyak ilmuwan2 dari indonesia yang bekerja di luar negeri

obat darah tinggi mengatakan...

Semoga indonesia bangkit... dan mandiri di atas kaki sendiri dengan kekuatan sendiri

obat asma mengatakan...

satu suku satu bangsa...

obat sakit kepala mengatakan...

semoga aja para peneliti bisa lebih dihargai oleh bangsa ini

obat kolesterol mengatakan...

semoga aja para peneliti bisa lebih dihargai oleh bangsa ini

obat wasir mengatakan...

kalau ada dana pasti semua peneliti bisa meneliti dengan baik....

obat kanker mengatakan...

thx infonya gan...

xamthone mengatakan...

sayang di indonesia ini peneliti kurang dihargai jadi banyak yang pindah keluar negeri....
thx infonya gan....

obat herbal kanker payudara mengatakan...

sayang di indonesia ini peneliti kurang dihargai jadi banyak yang pindah keluar negeri....
thx infonya gan....

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

banyak sekali sumber daya yang ada di indonesia sayang sekali masih belum diberdayakan dengan baik.

obat hiv aids mengatakan...

sayang sekali kalau banyak peneliti yang kurang diperhatikan..

obat tradisional kista mengatakan...

semoga bangsa ini bisa berubah dan lebih memperhatikan para peneliti...
jangan mau kalah dengan bangsa lain.

obat sinusitis mengatakan...

betapa menakutkannya dunia pendidikan dan penelitian Indonesia. Negara besar tapi jumlah peneliti unggulan masih terhitung dengan jari. maka dari itu harus selalu diperhatikan untuk peneliti-peneliti indonesia

obat penyakit ginjal mengatakan...

semoga bangsa ini bisa lebih maju lagi dan berkembang...
semoga pemerintahan bisa lebih memperhatikan para peneliti...
tx for share..

obat sakit kepala mengatakan...

salam gan..

obat kolesterol mengatakan...

kalo aku blng anak bangsa skrg uda pada pintar koq.

obat wasir mengatakan...

blognya bgs bro.

obat wasir mengatakan...

blognya bgs bro.

obat kanker mengatakan...

aku acungkan jempol aja buat kamu bro.hebatt!!!

obat herbal kanker payudara mengatakan...

thx gan.semangat ya!!

obat tbc mengatakan...

semoga bangsa kita bisa mengharagai para ilmuan bangsa..

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

Ketenaran sama arti jati diri kadang memang bertentangan,,,, kadang harus membalikkan jati diri demi kemashuran

obat hepatitis mengatakan...

kita mampu kalo ada dana om

obat jantung koroner mengatakan...

Semoga indonesia bangkit... dan mandiri di atas kaki sendiri dengan kekuatan sendiri

obat herbal kanker prostat mengatakan...

Apakah ada ya pemimpin yang seutuhnya jujur???

obat tradisional asma mengatakan...

kunjungan siang-siang ne gan..
numpang nyimak dulu ya,,,

obat tradisional kolesterol mengatakan...

ya kalau bangsa ini mau lebih memperhatikan para peneliti, bangsa ini akan menjadi lebih maju lagi..

obat ambeien tradisional mengatakan...

thx buat infonya ya...

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

kalau bangsa ini mau maju coba digunakan dengan sebaik-baiknya segala sumber yang ada.,...

obat tradisional stroke mengatakan...

semoga bangsa ini bisa bangkit dan sadar kalau indonesia ini banyak sumber daya yang bisa diberdayakan....

obat stroke mengatakan...

Ijin menyimak bro...

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

mantab...

obat hiv mengatakan...

tetep semangat bro!!!.

obat kista mengatakan...

Semoga indonesia bangkit... dan mandiri di atas kaki sendiri dengan kekuatan sendiri,maju terus indonesiaku!

obat herbal sinusitis mengatakan...

thx gan!!!...

obat stroke mengatakan...

thx gan!!!..

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

Semoga indonesia bangkit

obat hiv mengatakan...

tetep semangat bro!!!

obat kista mengatakan...

mantab.

obat sinusitis mengatakan...

Ijin menyimak bro..

obat alami batu ginjal mengatakan...

blognya keren ne...
thx uda share..

obat tradisional tbc mengatakan...

h-index itu jadi pemetaan mengenai berapa banyak peneliti di indonesia ya??
nice share..

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

para peneliti seharusnya lebih diperhatikan oleh bangsa ini sehingga bisa mengabdi dan menjadikan bangsa ini semakin maju dan berkembang..

obat jantung koroner mengatakan...

mengerikan banget ya,banyak sekali ternyata peneliti dari indonesia dan ternyata bangsa ini dari segi ilmu pengetahuannya ga kalah dari bangsa2 lain..

obat herbal kanker prostat mengatakan...

coba kalau pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan dari para peneliti di indonesia ini, pasti bangsa ini akan menjadi lebih maju lagi..

obat batu empedu mengatakan...

mantap artikelnya....

obat herbal kanker darah mengatakan...

Hebatnya Indonesia memiliki banyak peneliti unggulan, kenapa pemerintah tidak ada perhatiannya ya???

obat herbal kanker hati mengatakan...

negara ini memang negara yang besar dengan jumlah sumber daya terbanyak, tapi sayang masih belum bisa dimanfaatkan dengan sebaik2nya,...

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

nice post...
thx for sharing..

obat lupus mengatakan...

semoga indonesia bisa berubah dan lebih memperhatikan sumber daya yang ada sehingga negara ini akan menjadi lebih maju dan berkembang...

obat ginjal mengatakan...

cerita artikel yg bgs nie gan.

obat ginjal mengatakan...

pemerintah tolong perhatikan anak bangsa donk yang sudah bekerja keras.

obat tbc mengatakan...

pendidikan di negara kita sudah termasuk maju,cuma kurang ada perhatian saja.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

semangat buat pendidikan dan tekhnologi yg lbh maju.

obat hepatitis mengatakan...

maju terus bro..!!

obat ginjal mengatakan...

negara ini memang negara yang besar dengan jumlah sumber daya terbanyak

obat batu ginjal mengatakan...

Hebatnya Indonesia memiliki banyak peneliti unggulan,

obat tbc mengatakan...

semoga indonesia bisa berubah

obat hepatitis mengatakan...

para peneliti seharusnya lebih diperhatikan oleh bangsa ini s

obat jantung koroner mengatakan...

mantap artikelnya

obat miom mengatakan...

ketika peneliti tidak terlalu diperhatikan maka peneliti2 akan kabur ke luar negeri..

obat trigliserida mengatakan...

bangsa ini memiliki banyak sekali sumber daya,coba kalau diperhatikan pasti akan menjadi lebih baik lagi,,,,

obat jantung bengkak mengatakan...

memang menjadi sebuah dilema kalau para peneliti di bangsa ini kurang diperhatikan...

obat jantung bocor mengatakan...

makasih ya uda share infonya..

obat flek paru paru mengatakan...

maksih buat artikelnya...
semoga saja dengan bergantinya pemerintahan peneliti bisa lebih diperhatikan lagi..

obat jantung koroner mengatakan...

mudah-mudahan hasil karya anak bangsa di hargai,karna mereka sudah berusaha,.!

obat herbal kanker prostat mengatakan...

semoga aja anak bangsa makin maju.

obat batu empedu mengatakan...

bgs donk kalo memang makin bnyk ilmuwan..!

obat leukemia mengatakan...

acungkan jempol kan buat anak bangsa skrg,,,tp kalo bisa jgn ada lagi tawuran...sedih dgrnya kalo ada yg gugur sia-sia!

agen xamthone plus mengatakan...

semangat buat hasil karya anak bangsa.

obat herbal kanker prostat mengatakan...

acungkan jempol kan buat anak bangsa skrg,

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

bangsa ini memiliki banyak sekali sumber daya

obat batu empedu mengatakan...

maksih buat artikelnya

obat leukimia mengatakan...

ketika peneliti tidak terlalu diperhatikan maka peneliti2 akan kabur

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

bangsa ini memiliki banyak sekali sumber daya

obat herbal kanker serviks mengatakan...

para peneliti seharusnya lebih diperhatikan oleh bangsa ini sehingga bisa mengabdi dan menjadikan bangsa ini semakin maju dan berkembang..

obat paru paru basah mengatakan...

mudah-mudahan hasil karya anak bangsa di hargai

obat gondok mengatakan...

semoga aja anak bangsa makin maju

obat lupus mengatakan...

bgs donk kalo memang makin bnyk ilmuwan

obat miom mengatakan...

bangsa ini memiliki banyak sekali sumber daya

obat penurun kolesterol mengatakan...

harus tetep semangat ya.

obat herbal kanker hati mengatakan...

walupun ada anak yg gak sekolah tinggi yg pntg ada kemauan.

obat leukimia mengatakan...

pendidikan skrg memang harus dimajukan.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

bnyk peneliti tapi kalo gak ad yg kembangin,,sayang donk..

xamthone plus mengatakan...

pendidikan skrg memang harus dimajukan

obat asam urat mengatakan...

para peneliti seharusnya lebih diperhatikan oleh bangsa ini sehingga bisa mengabdi dan menjadikan bangsa ini semakin maju dan berkembang

obat diabetes mengatakan...

Good day, sun shines

obat darah tinggi mengatakan...

acungkan jempol kan buat anak bangsa skrg,

obat asma mengatakan...

maksih buat artikelnya.

obat herbal kanker serviks mengatakan...

Indonesia memiliki banyak peneliti unggulan. Ketika pemerintah hampir tidak peduli akan nasib peneliti ternyata masih ada yang berjuang dan mengharumkan nama bangsa.

obat paru paru basah mengatakan...

bgtu donk,harumkan nama bangsa.

obat gondok mengatakan...

semangat ya bro.

obat lupus mengatakan...

keren ya artikelnya.

obat miom mengatakan...

sip buat blognya

obat trigliserida mengatakan...

Ijin menyimak bentar.

obat lemah jantung mengatakan...

banyak sumberdaya manusia tp kurang bisa memanfaatkan....

obat jantung bengkak mengatakan...

kadang harus membalikkan jati diri demi kemashuran.

obat jantung bocor mengatakan...

semangat.

obat flek paru paru mengatakan...

keren ya bro...

agus salam mengatakan...

kunjungan siang gan

selvi rahmayanti mengatakan...

ijin nyimak sob, artikelnya sangat bermnafaat

flash card gratis mengatakan...

Informasi yang bagus gan mantap

Khasiat Ace Maxs mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya. . sukses untuk blognya
salam sehat

SEHAT ALAMI mengatakan...

Terimakasih ya atas infonya gan. . sukses terus

Pengobatan Alami Kolesterol Tinggi mengatakan...

Pagi gan. . salam sehat dan tetap semangat ya menjalankan aktivitasnya
update terus info terbarunya, kami tunggu

Obat Step Pada Anak mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . Mantap banget desain blognya.
Salam sehat

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Untuk Penyakit Stroke Trombotik Ekstrak Herbal mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya

Obat Untuk Penyakit Gondok Beracun Tradisional Alami mengatakan...

Mantap infonya. . nice desain artikelnya
TOP deh, update terus ya, thank's

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

Obat Herbal Penyempitan Pembuluh Darah Ekstrak Alami mengatakan...

artikelnya menarik banget gan. .
thank's ya, semoga bermanfaat

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
Thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Artikel yang menarik gan . update terus ya
salam sehat

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's infonya gan. . semoga bermanfaat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

Obat Untuk Penyakit Keloid Secara Tradisional mengatakan...

Nice gan artikelnya. . update terus info terbarunya

Obat Herbal Untuk Jantung Bengkak Alami dan Aman mengatakan...

Terimakasih gan telah berbagi sajian artikelnya. .
mantap banget

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Artikel yang sangat keren gan.. thanks ya telah berbagai dengan kami
salam sehat dan sukses selalu

Surabaya Mobil Sewa mengatakan...

That was a very needy help for me.Thanks and keep sharing.

Artikel Favorit dalam 1 minggu