Senin, 07 September 2009

Fakta Dunia Pendidikan Indonesia

Suatu hari, sahabat bertanya tentang pandangan dan pendapat saya tentang dunia pendidikan dan penelitian. Apa yang harus saya jawab karena ia-lah yang terjun dalam dunianya dan seharusnya lebih tahu daripada diri saya. Tak lama kemudian, karena melihat saya bingung, sahabat saya menjabarkan akan fakta-fakta yang tertulis dalam media koran. Fakta-fakta tersebut antara lain:

  • Depdiknas mencatat jumlah pengangguran terdidik 961.001 orang dan dari jumlah tersebut 598.000 lebih berstatus sarjana (Seputar Indonesia 25 Februari 2009)
  • Sekolah kejuruan diprioritaskan dan targetkan komposisi SMK adalah 60% (Seputar Indonesia 27 Maret 2009)
  • Peminat ke SMK naik karena lebih cepat mendapatkan kerja dan bisa lanjut kuliah (Kompas 22 Juli 2009)
  • Kurang dari 25% yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2009 (republika 31 Juli 2009)
  • Lebih dari 600 ilmuwan Indonesia saat ini bekerja di luar negeri (Kompas 13 Juli 2009)
  • Perguruan Tinggi Indonesia saat ini memiliki 30.569 peneliti yang mana terdiri dari 7.611 peneliti di 144 Falkultas, 13.281 peneliti di 33 lembaga penelitian, 8.164 peneliti di 36 lembaga pengabdian masyarakat dan 1.513 peneliti di 14 politeknik (Kompas 14 Juli 2009)
  • Daftar 2.000 lembaga riset dunia terbaik versi Webometrics menempatkan 3 lembaga riset Indonesia yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (ke 201), Centre for International Forest research (ke 425) dan Badan Penelitian Pengembangan Departemen Pertanian (ke 775) (Kompas 24 Agustus 2009)
  • Publikasi Internasional ilmuan Indonesia yaitu 0.8 artikel persejuta penduduk. Sedangkan negara tetangga seperti India dan Malaisia adalah 12.3 dan 23 artikel persejuta penduduk. (Kompas 20 Agustus 2009)
  • Dari sekitar 400 jurnal ilmiah yang diterbitkan perguruan tinggi dan profesi, baru sekitar 116 jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional dan 9 jurnal ilmiah yang terakreditasi internasional (Kompas 20 Agustus 2009)
  • Indonesia kekurangan Doktor. Saat ini lebih kurang baru 10.000 Doktor (Seputar Indonesia 28 Agustus 2009).

Melihat fakta diatas, bagaimanakah masa depan Indonesia? Dan bagaimanakah Solusinya? Inilah beberapa pandangan:
  • Mahasiswa berfikir: Sebaiknya para pendidik mempunyai standar mutu, konsep, dan bertanggung jawab untuk menciptakan siswa yang siap bekerja dan melanjutkan kuliah.
  • Guru Besar berkata: Dengan pelatihan para guru sekolah, ia mengharap Indonesia akan memiliki 30.000 Doktor untuk 10 tahun kedepan (Koran Jakara 28 Agustus 2009)
  • Rektor Universitas berpendapat: proram s1 dan s2 digabung sehingga beban sks yang ditempuh adalah 160 sks. Dengan harapan dalam 8 tahun bangsa ini akan mendapatkan Doktor berusia 26 tahun sebesar 298.000 orang (Seputar Indonesia 30 Agustus 2009).
Sebuah pertanyaan terlintas dalam benak saya. Begaimana dan berapa lamakah bangsa Indonesia harus menunggu, karena butuh sebuah rencana dan proses yang nyata, tepat dan kesinambungan yang panjang?

Enjoy, peace and love from Sukra.

referensi foto: http://agusjames007.files.wordpress.com/2008/03/ujian.jpg

Related Posts by Categories



224 comments:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 224   Lebih baru›   Terbaru»
Stop Dreaming Start Action mengatakan...

Saya liat untuk pendidikan sekarang sudah mulai makin berkembang yah kang, terlihat dari makin dikembangkan nya sekolah2 yang menghasilkan Skill untuk peluang kerja.. Taraf hidup para Guru pun sudah mulai diperhatikan sekali, karena ibu saya seorang guru... Berkembang atau tidak nya seseorang itu mungkin balik pada pengembangan dirinya sendiri yah, mau usaha dan tetap semangat atau hanya melempem... eh nyambung gak seh??? heheheh... keep sharing kang...

kakve-santi mengatakan...

masalah!
besar....

nahdhi mengatakan...

Fakta Juga. Lebih dari 70% wirausahawan lulusan SMA. Memiliki karyawan yang notabene berpendidikan lebih tinggi dari bosnya.

pasang iklan tanpa daftar mengatakan...

yang terpenting zaman sekarang itu adalah keahlian bukan pendidikan. pendidikan hanyalah status kita dimata orang lain. mohon maaf jika perkataan saya salah. menurut diri pribadi seperti itu.

Lala mengatakan...

idem sama komentar pertama. Saya kira sekarang sudah lebih baik, tinggal bagaimana kita mengaktualisasikan ilmu yang kita dapat hehehe

Detik Pandeglang mengatakan...

hehehe.. SMK memang makin banyak diminati nih, gitu donk.. thx sharingnya kawan. data-datanya disertai sumber :D

NURA mengatakan...

salam sobat
ada AWARD sederhana untuk sobat,,mohon diterima ya,,di blog NURANURANIKU,sahabat di ALJUBAIL.S.A,trims.

Kombes.Com mengatakan...

Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

Salam hormat
http://kombes.Com

Heru Yuono mengatakan...

setuju kalo, S1 dan S2 digabung. selain beban sks nya cuma 160, akan tertapi juga menghemat usia untuk mendapatkan gelar doktor...
kalo bisa sih Profesor.

MINYAK ANGIN AROMATHERAPY mengatakan...

MINYAK ANGIN AROMATHERAPY
lagi-lagi,
kita disudutkan dengan pendidikan di indonesia.
padaha, sudah banyak anak2 bangsa yang memenangkan kejuaraan olyimpiade sains di tingkat dunia.

coffeeoriental mengatakan...

apa guru ikut bertanggungjawab sama nilai siswa?

sementara si guru gag bisa handle kalo muridnya sendiri juga ga bertanggungjawab sama nilainya.

Just For Laugh mengatakan...

Iyalah guru ikut bertanggung jawab... kalo gurunya ga memperhatikan murid gmn muridnya jd berkembang...

Bisnis Pulsa ERAnet mengatakan...

tetap tergantung pribadi masing2.. tentu saja jadi bos dengan pendidikan tinggi lebih baik :D

mobil jakarta mengatakan...

Dunia pendidikan sekarang merosot, biaya kuliah semakin mahal sejak diterapkannya BHMN, kampus2 menjadi seperti industri yang berlomba2 mendapatkan uang sebanyak2nya dari mahasiswa dan unit2 usahanya, bagaimana ini? pemerintah?

cari uang di internet mengatakan...

memang sekarang pendidikannya jauh lebih maju dari pada dulu,,,yg masih sederhana,,semoga nanti lulusan pendidkan kita jauh lebih baik lagi..

salam

fikri

Belajar Bahasa Inggris mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya,
semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.


bisnis pulsa
Cara Membuat WebsiteBelajar Bisnis Online

moratmarit mengatakan...

Semoga pendidikan di Indonesia akan selalu berkembang dan menemukan suatu titik pencerahan dimana pendidikan adalah suatu hal yang layak kita dapatkan.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang | Business Blog SEO

Mengembalikan Jati Diri bangsa mengatakan...

Pendidikan harus dijadikan pilar utama bangsa ini jika menginginkan bangsa menjadi bangsa yang maju

Astaga.com Lifestyle on The Net mengatakan...

Hmm seperti itu yaa fakta pendidikan negeri kita ini?

Ngobrol Bisnis Online mengatakan...

trimakasih banyak atas artikel pendidikannya sob



Astaga.com Lifestyle on The Net

free microsoft word mengatakan...

pendidikan di Indonesia itu perlu diarahkan agar lulusannya lebih mampu untuk berwirausaha, bukan untuk menjadi pekerja. Buktinya, sekarang ini banyak sekali pengangguran padahal mereka berpendidikan tinggi
Microsoft Word Portable

Health tips mengatakan...

fakta yang menarik, mudah-mudahan kedepannya pendidikan di Indonesia semakin maju mas

Roqib's Blog mengatakan...

hallo salam kanal...
btw postingnya ok
belajar seo blogspot

festival museum nusantara mengatakan...

numpang beken sob,makasi

Grosir baju muslim mengatakan...

smuga kesuksesan selalu di pihak kita. amin

nowGoogle.com Adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

artikel yang bagus sobat.jadi ikut perhatian juga nih. dukung kami yah di kontes SEO...nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular yah...sukses selalu buat sobat

Program kasir mengatakan...

Fakta juga mengatakan, lebih dari 75 % wirausaha lulusan SMK memiliki karyawan yang notabene nya lebih tinggi dari bos nya sendiri...
hmhmhmhm jadi gimana itu ?

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

pendidikan yang abik dimulai karena gurunya

sinjay school mengatakan...

saran saya utk pemerintah, Perbaiki sistematika pendidikan di Indonesia dan segala sarana yg dibutuhkan.

Iklan Gratis mengatakan...

Semoga saja kedepan semakin baik pendidikan negeri ini.

Bisnis Internet mengatakan...

Pendidikan Indonesia belakangan ini mengalami kemjuan yg signifikan dibanding tahun2 sebelumnya. Semoga saja semakin baik.

NegeriAds.com Solusi Berpromosi mengatakan...

kita semua harus bergerak dgn sungguh agar kita tidak menunggu terlalu lama

SerbaSerbaCom mengatakan...

Masalahnya kalau mau kuliah mahal kebanyakan terkendala pada biaya

tonbad mengatakan...

ehm memang pendidikan indonesia masih mengalami perkembangan,, supaya tidak tertinggal dengan negara lain.

info terbaru mengatakan...

semakin miris emang ya...
aku selalu merasa menjadi model iklan dalam iklan gudang garam merah..

-sarjana ojek-

Sewa Mobil Bali mengatakan...

thanks atas info pendidikan ini ya,,,

sewa mobil di bali mengatakan...

Fakta Juga. Lebih dari 70% wirausahawan lulusan SMA. Memiliki karyawan yang notabene berpendidikan lebih tinggi dari bosnya.,,,,,

Coretan Imtihan mengatakan...

dunia pendidikan kita seringkali tidak mendidik. saya kira itu juga fakta.

Yanz Alfarez mengatakan...

Numpang Tenar Gan,,,,,,tirulah finlandia dalam hal pendidikan.............makasih

Sewa Mobil Bandung mengatakan...

pendidikan bukan hanya tanggup jawab suatu instansi ataupn dinas saja, melainkan tanggup jawab kita semua, di mulai dari rumah, lingkungan di sekeliling, dan berbagi penegtahuan dengan siapa saja, karna bila sekolah yng kita jadikan patokan untk dunia pendidikan., maka akan menjadi 1 keajaiban ,karna dari dulu sampai sekarang, pemerintah kita belum sepenuhnya meningkatkan mutu pendidikan, sebagai contih kecil, coba kita lihat gedung2 sekolah yang di pinggiran kota,kecamtan,kabupaten atau pedesaa, masih banyak lagi gedung2 swkolah yang SUDAH TIDAK LAYAK HUNI, banggu2 sekolah yang sudah patah, meja2 belajar yang reok, bahkan karna kondisi seperti itu, banyak siswa/i yang harus belajar di lantai,, kenyataan yang sangat tragis bagi negra kita yang konon katanya negara kaya segala sumber daya..

Nikmaya John mengatakan...

ane juga pesimis dengan gaya mengajar dosen skrg, ane ngmg begini karena ane sdkt gak puas dengan cara ngjar doseen ane yg sedikit egois tanpa memndang keadaan dan prkembangan mahasiswanya,,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Semoga pendidikan di Indonesia jadi lebih maju,,,,

ariefthetransporter mengatakan...

menurut saya pendidikan bukan hanya sebatas gelar, atau pekerjaan. pendidikan lebih dari itu, menurut saya,pendidikan kita carut marut akibat kesalahkaprahan memahami pendidikan sebagai sebatas jenjang, gelar dan pintu masuk dunia kerja belaka

ariefthetransporter mengatakan...

pendidikan buklan hanya masalah gelar, dan kemudahan mencari pekerjaan, pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia,,pendidikan kita carut marut karena kesalahkaprahan memahami pendidikan hanya sebagai pemermudah pencarian pekerjaan dan hanya sebatas jenjang prestise belaka

Tahitian Noni Juice mengatakan...

yang terpenting zaman sekarang itu adalah keahlian bukan pendidikan.

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

tetap tergantung pribadi masing2.. tentu saja jadi bos dengan pendidikan tinggi lebih baik

Mobile Phone Application mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya,
semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua

kanker mengatakan...

weeeeewww klo dibilang pendidikan di indonesia mah udah kagag jelas gan..... nasib nasib

Technology Informasi mengatakan...

Dunia pendidikan sekarang merosot, biaya kuliah semakin mahal sejak diterapkannya BHMN,

Nokia N8 mengatakan...

SMK memang makin banyak diminati nih, gitu donk.

Nokia 700 mengatakan...

moga saja kedepan semakin baik pendidikan negeri ini

Business And Finance mengatakan...

Blog anda OK dan unik Banget!

blogger mengatakan...

setuju dengan mas budi di atas
Ban Terbaik di Indonesia GT Radial

obat herbal penyakit batu ginjal mengatakan...

goof blog

obat herbal penyakit gagal ginjal kronis mengatakan...

salam blogger

obat herbal ambeien wasir mengatakan...

nice share thanks for post

obat herbal kolesterol tinggi mengatakan...

cool blog thanks

obat herbal kanker payudara mengatakan...

salam kenal

xamthone plus mengatakan...

blog agan unik dan keren sekali

obat herbal amandel alami mengatakan...

thanks atas postingannya bermutu sekali

obat herbal penyakit kista ovarium mengatakan...

cool post very exellent

obat herbal sinusitis alami mengatakan...

salam kenal gan,mampir ya di blog saya

obat herbal vertigo alami mengatakan...

nice inpoh gan,bermanfaat sekali

obat herbal insomnia kronis mengatakan...

thanks for sharing good info

obat herbal penyakit asam urat mengatakan...

saya sangat setuju degn post anda gan

obat herbal penyakit maag mengatakan...

trimakasih portingannya semoga bermanfaat

obat herbal asma alami mengatakan...

wow blognya keren sekali mas

obat herbal penyakit batu ginjal mengatakan...

setuju sekali

obat herbal penyakit gagal ginjal kronis mengatakan...

yang terpenting zaman sekarang itu adalah keahlian bukan pendidikan

obat herbal ambeien wasir mengatakan...

Lebih dari 70% wirausahawan lulusan SMA. Memiliki karyawan yang notabene berpendidikan lebih tinggi dari bosnya

obat herbal kolesterol tinggi mengatakan...

hehehe.. SMK memang makin banyak diminati nih, gitu donk..

obat herbal kanker payudara mengatakan...

good blog thanks for the share

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

Saya liat untuk pendidikan sekarang sudah mulai makin berkembang

obat herbal kanker otak mengatakan...

lagi-lagi,
kita disudutkan dengan pendidikan di indonesia.
padaha, sudah banyak anak2 bangsa yang memenangkan kejuaraan olyimpiade sains

obat herbal kanker hati mengatakan...

yang terpenting zaman sekarang itu adalah keahlian bukan pendidikan

obat herbal kanker rahim serviks mengatakan...

masalah!
besar....

obat herbal kanker rahim serviks mengatakan...

setuju kalo, S1 dan S2 digabung

obat herbal kanker usus mengatakan...

Blog anda OK dan unik Banget!

obat herbal kanker darah leukemia mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya,

obat herbal penyakit keputihan mengatakan...

tetap tergantung pribadi masing2

obat herbal penyakit jantung koroner mengatakan...

tetap tergantung pribadi masing2

obat herbal penyakit diabetes melitus mengatakan...

pendidikan di Indonesia itu perlu diarahkan agar lulusannya lebih mampu untuk berwirausaha

obat herbal penyakit tbc mengatakan...

lagi-lagi,
kita disudutkan dengan pendidikan di indonesia.

obat herbal penyakit stroke mengatakan...

artikel yang bagus sobat.jadi ikut perhatian juga nih.

obat herbal penyakit gondok mengatakan...

hallo salam kanal...
btw postingnya ok

xamthone plus mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya,
semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.

busana muslim mengatakan...

memang harus dikebangkan lagi dan dibenahi

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

dunia pendidikan di negara harus di kembangkan dan kalo perlu di perbaiki lagi

xamthone mengatakan...

luar biasa,....

XAMthone Plus | Qurban | Aqiqah Jakarta | Qurban Aqiqah | Suara Khilafah | Tebar Hewan | Alat Peraga| Kaligrafi Arab | XAMthone Plus

obat asam urat mengatakan...

lagi-lagi,
kita disudutkan dengan pendidikan di indonesia.

obast stroke alami mengatakan...

Dalam cinta, jangan menunggu orang yg tepat menghampiri hidupmu. Lebih baik jadilah orang yg tepat yg menhampiri hidup seseorang.

obast stroke alami mengatakan...

kern emang kern

obat kencing manis alami mengatakan...

夜はまだ肌寒い気がしますが。。。
皆様 体調には気をつけて

それでは今回の思い付き企画

『 Men'sが選ぶ女性に着てほしい洋服BEST3』

obat kencing manis alami mengatakan...

夜はまだ肌寒い気がしますが。。。
皆様 体調には気をつけて

それでは今回の思い付き企画

『 Men'sが選ぶ女性に着てほしい洋服BEST3』

Obat Kanker Hati Alami mengatakan...

our job or at least your thought process but sorry to say, I honestly think you would have fully sold me on the idea had you been able to back up your premis with a substantial bit more solid facts.

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

jadi masalah besar kalau kaya begini keadaannya

obat hiv aids mengatakan...

memang harus dikembangkan dan dibenahi lagi jangan cuma teori aja...
prakteknya yang penting...

obat tradisional kista mengatakan...

yang penting untuk sekarang ini adalah skill dan pendidikan....
jadi jangan berhenti untuk mengasah pendidikan dan keahlian....
mantap...

obat sinusitis mengatakan...

pendidikan adalah tanggung jawab dari semuanya jadi jangan hanya diperhatikan dari instansinya saja tapi kurikulum dan tenaga pengajarnya juga perlu untuk diperhatikan.

obat penyakit ginjal mengatakan...

Lebih dari 600 ilmuwan Indonesia saat ini bekerja di luar negeri (Kompas 13 Juli 2009) ini masalah penting karena di indonesia ini ilmuwan kurang diperhatikan dan dana yang kurang untuk dilakukan penelitian makanya pada kabur semua...

obat herbal kanker serviks mengatakan...

bermanfaat nie gan...

obat paru paru basah mengatakan...

kalo menurut saya,pendidikan memang pntng....tp kalo gak punya niat bt berusaha mendapatkan apa yg dicita-citakan,semua bakal sia-sia...itu kalo pendapat saya gan..maap ya sblmnya kalo ada kata yg salah... hehe..

obat gondok mengatakan...

pendidikan di indonesia uda cukup bagus koq..buktinya di solo aja uda ada mobil hasil buatan anak bansa indonesia..mantab gak tuh..

obat lupus mengatakan...

lanjutkan gan..

obat miom mengatakan...

makasih ya gan,uda blh mampir n share..

obat alami batu ginjal mengatakan...

kalau data sekarang kira-kira gimana ya???
semoga bisa menjadi lebih baik lagi..

obat tradisional tbc mengatakan...

gila di tahun 2009 banyak sekali pengangguran yang berstatus sarjana...
bahaya besar kalau begini...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

meskipun dalam perkuliahan sudah ditingkatkan mutu,kualitasnya kalau memang lapangan pekerjaan masih kurang ya susah juga...
harusnya pemerintah bisa membuka lapangan-lapangan pekerjaan baru...

obat jantung koroner mengatakan...

semoga saja untuk ke depannya bisa tercipta lapangan - lapangan pekerjaan baru sehingga pengangguran bisa berkurang...

obat herbal kanker prostat mengatakan...

great article...
sharenya juga disertai dengan sumber-sumbernya jadi terbukti kebenarannya..
mantap...
sukses terus...

obat herbal ginjal mengatakan...

kalo menurut saya,pendidikan memang pntng....tp kalo gak punya niat bt berusaha mendapatkan apa yg dicita-citakan,semua bakal sia-sia...itu kalo pendapat saya gan..maap ya sblmnya kalo ada kata yg salah... hehe..

obat herbal batu ginjal mengatakan...

makasih ya gan,uda blh mampir n share..

obat herbal tbc mengatakan...

jadi masalah besar kalau kaya begini keadaannya

obat hepatitis b mengatakan...

kalau data sekarang kira-kira gimana ya???
semoga bisa menjadi lebih baik lagi..

obat herbal jantung koroner mengatakan...

bermanfaat nie gan...

obat trigliserida mengatakan...

sore gan...izin nyimak ya..!!!

obat lemah jantung mengatakan...

penddikan skrg uda maju jg koq..

obat jantung bengkak mengatakan...

hebat deh buat guru-guru skrg.

obat jantung bocor mengatakan...

mantab buat artikelmu gan.

obat flek paru paru mengatakan...

acungkan jempol buat dunia pendidikan skrg ini.

obat batu empedu mengatakan...

great post...
makasih share infonya

obat herbal kanker darah mengatakan...

semoga pendidikan di indonesia bisa semakin maju dan berkembang....

obat herbal kanker hati mengatakan...

kalau sarjana aja bisa menganggur bagaimana dengan lulusan sma aja???

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

semoga saja data sekarang bisa lebih baik lagi..
pengangguran bisa berkurang.

obat lupus mengatakan...

harus segera dibenahi semoga saja masalah ini tidak berlangsung berkepanjangan dan bisa cepat diatasi....

xamthone plus mengatakan...

yang terpenting zaman sekarang itu adalah keahlian bukan pendidikan bro..!!

obat asam urat mengatakan...

SMK memang makin banyak diminati nih soalnya bnyk anak muda hebat didunia otomotif dan elektronik.

obat diabetes mengatakan...

pendidikan di Indonesia itu perlu diarahkan agar lulusannya lebih mampu untuk berwirausaha dan berkembang dari negara laen.

obat darah tinggi mengatakan...

Dunia pendidikan sekarang merosot karna bnyk anak yg terhimpit masalah ekonomi dan transportasi.

obat asma mengatakan...

Semoga saja kedepan semakin baik pendidikan negeri di negeri ini ya bro!!?

obat kanker prostat mengatakan...

Dunia pendidikan sekarang merosot

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

pengangguran bisa berkurang.

obat herbal batu empedu mengatakan...

pendidikan di Indonesia itu perlu diarahkan agar lulusannya lebih mampu untuk berwirausaha dan berkembang dari negara laen.

obat herbal leukimia mengatakan...

kalau sarjana aja bisa menganggur bagaimana dengan lulusan sma

obat kanker paru paru mengatakan...

teergantung individu

obat miom mengatakan...

semoga pendidikan semakin maju dan pengangguran semakin berkurang...

obat trigliserida mengatakan...

kalau untuk pendidikan sekarang udah mulai makin berkembang yah ,terlihat dari makin dikembangkan nya sekolah2 yang menghasilkan Skill untuk peluang kerja..

obat jantung bengkak mengatakan...

yang terpenting di zaman sekarang itu adalah keahlian bukan pendidikan...
percuma kalau pendidikan tinggi tapi ga ada keahlian cuma bisa teori terus,,,

obat jantung bocor mengatakan...

setuju kalo, S1 dan S2 digabung. selain beban sks nya cuma 160, akan tertapi juga menghemat usia untuk mendapatkan gelar doktor... jadi untuk gelar prof ga terlalu tua...

obat flek paru paru mengatakan...

semoga ke depannya pendidikan di negeri ini bisa semakin maju dan berkembang...
maju terus...

xamthone plus mengatakan...

menurut saya pendidikan bukan hanya sebatas gelar, atau pekerjaan tapi pendidikan harus dilihat juga sebagai salah satu cara untuk membangun karakter dan sikap..

Obat tradisional asam urat mengatakan...

pendidikan dan keahlian yang terpenting...
daripada iq aja eq juga harus ditingkatkan..

obat tradisional diabetes mengatakan...

fakta yang siampaikan mengerikan juga ya, kalau kaya bgt trus gmn mau maju negaranya???

obat tradisional keputihan mengatakan...

sarjana aja masih banyak menganggur bagaimana nasib yang hanya sma atau smp ya??

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

pendidikan jaman sekarang harus lebih ditingkatkan masalah kepribadian dan sosial, lihat aja banyaknya tawuran menandakan moralnya ga ada...

obat sakit kepala mengatakan...

maju terus buat dunia pendidikan,,,

obat kolesterol mengatakan...

jgn sampelah sarjana ngangur,,

obat wasir mengatakan...

Dunia pendidikan sekarang merosot...bnyk dipungut biaya jg.

obat kanker mengatakan...

lagi-lagi,
kita disudutkan dengan pendidikan di indonesia.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

fakta yang menarik bngt nie.

obat kanker serviks mengatakan...

fakta yang siampaikan mengerikan juga ya,

obat herbal radang paru paru mengatakan...

kalau untuk pendidikan sekarang udah mulai makin berkembang yah

obat herbal gondok mengatakan...

pendidikan dan keahlian yang terpenting

obat penyakit lupus mengatakan...

Dunia pendidikan sekarang merosot karna bnyk anak yg terhimpit masalah ekonomi

obat herbal miom mengatakan...

harus segera dibenahi semoga saja masalah ini tidak berlangsung berkepanjangan

obat tradisional asma mengatakan...

serem banget kalau liat banyaknya pengangguran yang terdidik....

obat tradisional kolesterol mengatakan...

semoga aja pemerintah di indo bisa cepat mengatasi masalah ini.....

obat ambeien tradisional mengatakan...

semoga dunia pendidikan jaman sekarang sudah menjadi lebih baik ya...

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

Lebih dari 600 ilmuwan Indonesia saat ini bekerja di luar negeri fakta yang menyedihkan ya, seharusnya peneliti lebih diperhatikan di bangsa ini..

obat tradisional stroke mengatakan...

dunia pendidikan di indonesia ini harus lebih diperbaiki lagi dan bisa menjadikan anak didiknya lebih berkualitas lagi..
sukses terus buat dunia pendidikan..

obat stroke mengatakan...

semoga aja pemerintah memperhatikan anak-anak bangsa.

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

pendidikan skrg sudah sangat bgs koq.

obat hiv mengatakan...

semangat buat anak bansa di dunia pendidikan.

obat kista mengatakan...

kalo bisa pendidikan jgn dimahalin,supaya sekolah pada semangat juga.

obat herbal sinusitis mengatakan...

sukses buat penddikan.

xamthone mengatakan...

semoga dunia pendidikan jaman sekarang sudah menjadi lebih baik

obat herbal asam urat mengatakan...

dunia pendidikan di indonesia ini harus lebih diperbaiki lagi dan bisa menjadikan anak didiknya lebih berkualitas lagi

obat herbal diabetes mengatakan...

harus segera dibenahi

obat herbal darah tinggi mengatakan...

fakta yang siampaikan mengerikan

obat herbal asma mengatakan...

maju terus buat dunia pendidikan

obat herbal sakit kepala mengatakan...

Saya liat untuk pendidikan sekarang sudah mulai makin berkembang yah kang, terlihat dari makin dikembangkan nya sekolah2 yang menghasilkan Skill untuk peluang kerja

obat herbal kolesterol mengatakan...

harus segera dibenahi semoga saja masalah ini

obat herbal wasir mengatakan...

pendidikan skrg sudah sangat bgs

obat herbal kanker mengatakan...

Dunia pendidikan sekarang merosot

obat kanker payudara mengatakan...

maju terus buat dunia pendidikan..ciayooo

obat ginjal mengatakan...

gto donk gan..

obat batu ginjal mengatakan...

pendidikan harus dimajukan lagi nie,terutama didaerah terpencil yg gak keliatan.

obat tbc mengatakan...

maju kan dunia pendidikan.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

semangat yaa...

obat hepatitis mengatakan...

tingkatkan dunia pendidikan.

obat batu empedu mengatakan...

maju terus buat dunia pendidikan..ciayooo

obat leukemia mengatakan...

setuju sekali

obat herbal kanker hati mengatakan...

Semoga saja kedepan semakin baik pendidikan negeri ini.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

tetap tergantung pribadi masing2.. tentu saja jadi bos dengan pendidikan tinggi lebih baik

obat herbal kanker serviks mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya,
semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.

obat paru paru basah mengatakan...

big problmo!

obat herbal stroke mengatakan...

pendidikan harus dimajukan lagi nie

obat gagal ginjal mengatakan...

semangat yaa..

obat herbal hiv aids mengatakan...

pendidikan harus dimajukan lagi nie

obat herbal kista mengatakan...

semangat yaa..

obat herbal sinusitis mengatakan...

semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua

obat jantung koroner mengatakan...

Peminat ke SMK naik karena lebih cepat mendapatkan kerja dan bisa lanjut kuliah.

obat herbal kanker prostat mengatakan...

info yg harus dikembangkan.

obat batu empedu mengatakan...

info mantab nie..

obat leukemia mengatakan...

keren yaaa.....

agen xamthone plus mengatakan...

sip!!!!

obat penurun kolesterol mengatakan...

yang terpenting zaman sekarang itu adalah keahlian bukan pendidikan.

obat herbal kanker hati mengatakan...

artikel yg menarik ya bro.

obat leukimia mengatakan...

izin share bentar ya..

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

Fakta Juga.

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 224   Lebih baru› Terbaru»

Artikel Favorit dalam 1 minggu