Selasa, 06 Oktober 2009

JiRoLu

Di suatu sudut kota metropolitan, terdapat 3 ekor tikus yang selalu memimpikan sebuah perubahan. Sesuatu yang menjadikan dirinya berharga dan dikenang sepanjang masa. 3 tikus tersebut adalah Aji yang terkenal akan kepandaiannya, Ero yang terkenal akan kekayaannya dan Ilu akan kegilaannya.


Melihat terangnya bulan dan sunyinya malam hari, Ilu berpikir mengapa kami (Aji, Ero dan Ilu) yang memiliki kemampuan besar tidak mampu mengubah dunia. Padahal 3 makhluk yang paling ditakuti adalah makhluk yang pintar, kaya dan gila. Berpikir sejenak, apakah ini adalah akar masalahnya? Tidak dipandangnya makhluk yang pintar dan gila di negeri ini karena di kepala mereka hanya ada uang, uang dan uang. Padahal makhluk yang pintar dapat menciptakan sesuatu yang sebelumnya tidak ada dan makhluk yang gila dapat memecahkan sebuah permasalahan dengan cara yang ekstrim dan efektif.

Ketika ketiga sahabat tersebut berkumpul, Ilu menyampaikan pandangannya, dan berpendapat bagaimana jika kita pindah ke sebuah negara yang menghargai orang-orang seperti kita (negeri Jepang). Bagi Ero, ini adalah sebuah peluang untuk memperluas jaringan. Akan tetapi bagi Aji, pindah ke negara lain menciptakan sebuah keraguan akan kemampuannya.

Sadar akan keraguan Aji, Ilu celetuk dan berkata: Kita adalah makhluk yang kuat dan mampu beradaptasi dalam segala situasi dan keadaan. Hal yang terpenting gunakan otakmu untuk memecahkan berbagai masalah. Dan inilah kesempatan kita untuk berkembang menjadi lebih baik dan menunjukan bahwa kita adalah makhluk yang unggul walau secara kenyataan keadaanlah yang memaksa diri kita menjadi makhluk yang unggul dalam tantangan.

Walau ragu, Aji yang melihat Ilu dengan keyakinannya dan Ero dengan kesiapannya, akhirnya memberanikan diri dan mempersiapkan nyali untuk merantau di negeri orang. Satu hal yang perlu digaris bawahi mempersiapkan nyali bukan berarti nekad karena itu sama saja dengan bunuh diri.

Menanti kedatangan hari keberangkatan Aji, Ero dan Ilu pamitan dengan sahabat-sahabatnya dan menyelesaikan hal-hal yang perlu. Pamitan dilakukan karena segala sesuatu yang akan dilakukan haruslah ada dukungan dan tugas yang diselesaikan adalah tanggung jawab hal yang tidak boleh ditinggalkan dengan alasan apapun.

Menunggu hari, jam, detik...... Emosi dan rasiopun memuncak dalam menentukan pilihan dan rencana yang hendak dilakukan dalam hidup ini guna mencapai sebuah cita-cita.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Photo dari kanan ke kiri: Aji, Ilu, Ero

Related Posts by Categories



209 comments:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 209   Lebih baru›   Terbaru»
muchlisin mengatakan...

Pertama waktu baca judulnya mengira JiRoLu itu Siti Loro Telu (1 2 3). Ternyata kisah 3 tikus yang sering terjadi pada manusia. Bisa saja idenya.

Wisata Riau mengatakan...

hm.... apakah tikus ini tinggal di inonesia? cerita yg bagus... kreatif...

zener_lie mengatakan...

@muchilsin: emang bener lagi. a + siji jadi aji, e + loro jadi ero dan i + telu jadi ilu.

ROSMANA APOLLA PUTERA mengatakan...

Waduh... saya kira Siji, loro, telu.... (1,2,3) mas... sama dengan mas Muchlisin diatas... hehehe

my life my adventure mengatakan...

ternyata orang tho...kirain tikus beneran!

neilhoja mengatakan...

heu heu.. nice idea. :D

btw mas, kalo aku liat, sampean kok selalu nulis inbound link ya, bisa dikasih tau ga tipsnya?

aku ko bingung, kan suka lupa dengan tulisan2 yang dulu.. jadi ga tau, kalo ada kata yang mo di link di postingan yang terdahulu.. gimana tuh sampean mensiasatinya.. :D

maaph oot

zener_lie mengatakan...

@my life my adventure: maksudnya dengan orang apa?

@neilhoja: aduhhh saya juga tak tahu. kira2x ajah apa ayng pernah ditulis. biasanya aku buka semua file yang pernah aku tulis terus cari ada kata yang sama tidak. hihihih

Lala mengatakan...

kisah "JiRoLu" ini apakah kisahnya si penulis yang kebetulan hendak merantau untuk menuntut ilmu?

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang mengatakan...

MANTEP KISAHNYA...., MET BERJUANG SOBAT

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

cerita yang bagus kang.. gak heran artikel2 disini bisa sampe dibukukan.. :D

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang mengatakan...

Kalo di Sunda jiwalu

rental mobil murah mengatakan...

idenya memang kreatif. kembangkan terus imajinatifnya.

sewa mobil di surabaya mengatakan...

harus memotivasi diri kita sendiri untuk memperoleh ke-3 tikus itu dalam diri kita.

banggundul mengatakan...

menurut saya sich walaupun seseorang memiliki kemampuan seperti aji, ero dan ilu belum tentu dapat merubah dunia, apa lagi hanya memikirkan uang semata, seperti para koruptor yang mempunyai kemampuan untuk bisa merubah dunia ini tetapi mereka hanya memikirkan uang dan uang dari pada memikirkan hal apa yang bisa mereka perbuat buat orang lain.

ROSMANA APOLLA PUTERA mengatakan...

Newpost mas Zener!

usb-wifi mengatakan...

tikus banyak sekali pengibaratannya bak koruptor yg rakus akan harta, tahta dan wanita.
Make Paypal Acount

Anonim mengatakan...

bagus sekali

ronny mengatakan...

salam kenal, blog yg unik ...

Job Terbaru mengatakan...

jirolu itu kan bahasa jawa ? bener gak sih ?

Thiar Theaz mengatakan...

Bagus sekali. Ada aja idenya

DeNi mengatakan...

mantap bos tulisannya
salam kenal ya

alfan butway mengatakan...

jirolupatmonemtulungo gung :D

secangkir teh dan skerat roti mengatakan...

sudag lama gag main kesni.. :)

kerja keras adalah energi kita mengatakan...

mantep ceritanya penuh arti

dog training store mengatakan...

cerita yang penuh arti

Tiara mengatakan...

kunjungan tengah malam berharap untuk bisa bertukar link...setelah link tertukar persahabatanpun makin erat ....

Kerja Keras Adalah Energi Kita mengatakan...

Ini cerita pribadi ya mas?
Trus piye skrng jirolu ning jepang? hehe

Salam kerja keras adalah energi kita

Ono sendaI mengatakan...

mantap. Bisa jadi inspirasi...

HoneyBUZZin mengatakan...

Cerita yg menarik....bukankah kita seperti itu?

Free Download PowerPoint Templates mengatakan...

teruskan penjuanganmu, tunjukkanlah kehebatanmu pada dunia :D

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

Artikelnya sangat menarik dan penuh dengan pesan2 moral dan ide tulisan anda sangat brilian.

Salam kenal mas...............
Kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang.

~PakKaramu~ mengatakan...

Salam ziarah dari pak karamu

Serunya Belajar SEO mengatakan...

cerita motivasi yang bagus .. bena radanya ketika kita ingin menggapai cita2 maka keyakinan harus diteguhkan ;)

hanum mengatakan...

cerita yang kreatif, unik dan dapat memotifasi. Nice posting. Two thumbs up ^_^

sirih merah mengatakan...

selamat berjuang di negri orang, semoga sukses

Hidup Untuk Berbagi mengatakan...

kreatif bener postnya...sep dah

kesehatan mengatakan...

itulah manusia dengan segala kelakukannya.

grosiR baju Muslim mengatakan...

wah wah kirain itu bahasa jawa 1,2,3 gitu mas

Jadwal Lengkap Piala Dunia 2010 mengatakan...

Kita memang harus selalu berubah, apapun caranya

NegeriAds.com Solusi Berpromosi mengatakan...

cukup menginspirasi .. seepp mas ;)

Sport Supplement mengatakan...

menarik sekali mas critanya memberikan wawasan baru bagi kita.

ArenaBetting.com dukung fair play FIFA world cup AFSEL 2010 mengatakan...

jirolu maksudnya satu dua tiga ya .. mirip basa jawa soalnya ;)

Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace mengatakan...

selamat blognya udah menjadi pemenang blog award sehat .. semoga makin sukses

Salehdbrent Sgdashhousedotcom mengatakan...

ditunggu cerita-cerita menarik lainnya mas .. thanks

Used Stationary Bikes mengatakan...

cukup banyak menginspirasi .. makasih banyak artikelnya

used stationary bikes mengatakan...

I will encourage my friends to visit your wonderful blog.

ArenaBetting.com dukung fair play FIFA world cup AFSEL 2010 mengatakan...

wahhhhhhh "jirolu" jadi inget waktu masih di jawa.

Blogger Templates Colorizetemplates.com mengatakan...

beruntung kali tuch tikus.
di kasih nama. hehehe

Anonim mengatakan...

tikus banyak sekali pengibaratannya bak koruptor yg rakus akan harta, tahta dan wanita.Health

Bisnis Syariah mengatakan...

Cerita analogi yang menarik dari seekor tikus.

Rumah Mungil Yang Sehat mengatakan...

Ceritanya menarik skali mengkritisi yang tepat sasaran.

Win real money playing online slots at Karamba.com mengatakan...

JiRoLu dalam bahasa jawa berarti satu dua tiga ..

Diskon Gila Disdus.com mengatakan...

Ditunggu cerita2 dengan anlago menarik lainnya.

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...

Blog yang hebat memang pantas menjadi jawara internet sehat.

Montenegro Hotel mengatakan...

This really is certainly Awesome experience having writing and plenty of thanks to yahoo search engine pick up me on here.

Public Holidays mengatakan...

I beloved studying your content material and added to the guide marks.

Submit Article mengatakan...

The recommendations you used to place up was clearly understandable.

Steve mengatakan...

kisah aji dkk sangat inspiratif sekali ya mas...

obat stroke mengatakan...

wah ceritanya mantap gan,,, terima kasih gan salam kenal aja gan

Tahitian Noni Juice mengatakan...

ternyata orang tho...kirain tikus beneran!

Mobile Phone Application mengatakan...

idenya memang kreatif. kembangkan terus imajinatifnya.

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

jirolu itu kan bahasa jawa ? bener gak sih

kanker mengatakan...

cerita yang kreatif, unik dan dapat memotifasi. Nice posting.

Technology Informasi mengatakan...

tikus banyak sekali pengibaratannya bak koruptor yg rakus akan harta

Nokia N8 mengatakan...

kreatif bener postnya

Nokia 700 mengatakan...

JiRoLu itu Siti Loro Telu (1 2 3)

Bejubel Market Place Terbaik Indonesia mengatakan...

Saya sangat menikmati isi cerita ini..

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

pat mo nem tu.... xixixixi

Business And Finance mengatakan...

heu heu.. nice idea.

Life Stlye mengatakan...

great information. nice post...
thanks

1234 mengatakan...

Ezytravel Situs Booking Tiket Pesawat Murah | Booking Tiket Pesawat Murah |
Hot G String | Foto Sex | Kim Kardashian | Kim Kardashian Bugil | wallpaper lucu | cheat gta 4 | Behel G String | BB+18 Info Trend Terbaru Shuffle Dance Info Trend Terbaru

software akuntansi laporan keuangan terbaik mengatakan...

Salam buat para tikus.

Asurion Verizon mengatakan...

kirain td apa mas.... judulnya ji ro lu asli jawa yah mas ?

Gaming Servers mengatakan...

kisah bersejarah buat mas zener ya ini

Small Business Financial Crisis mengatakan...

kreatif banget mas idenya

Racing News mengatakan...

terima kasih ceritanya gan salam kenal aja gan

Banks mengatakan...

nice post and you have good idea

Compare Cell Phone Plans mengatakan...

tikus tikus menyusahkan hahahahaha

busana muslim mengatakan...

pertamaxx

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

di tunggu postingan selanjtunya ya

Info Terkini mengatakan...

Tiket Pesawat Murah | Sari Jahe | Promo | Info Promo Diskon Hari Ini | Diskon | Promo Diskon | Harga Tiket Pesawat | Temulawak | Photo Prewedding | UPVC WINDOW | Kamera CCTV | Jual CCTV | Pasang CCTV | Minuman Suplemen | Tiket Pesawat Murah | Harga Tiket Pesawat | Tiket Pesawat Online

Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik | Harga Notebook | Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik | Harga Notebook | Kim Kardashian Bugil | wallpaper lucu | Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik | Info Terkini | Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik | Harga Notebook

Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik mengatakan...

More people need to read Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik this and understand this aspect of the story. I cant believe Harga Notebook not more popular.

Kursus Komputer mengatakan...

I am not sure whether this post Kursus Komputer is written by him as no one else know such detailed about my trouble. Thanks for spending the time to Game Terbaru discuss this. I feel strongly about it and love UEFA EURO 2012 Bertaruh di 12BET reading more on this topic.

Mainan Anak mengatakan...

Simply amazing and Mainan Anak this kept my interest in reading and I enjoyed it. Generally I never read Baju Bayi whole articles but the way you wrote this information. This will be a person that is useful blogs Susu Bayi ever arrive across about this subject. You most definitely have Perlengkapan Bayi made this blog into something special.

Pakaian Anak-Anak mengatakan...

Your look at nevertheless Busana Anak-Anak this is great and ways in which I truly feel. You have some really good articles Pakaian Anak-Anak and I feel I would be a good asset. I recently now mailed him Rumah Dijual this internet site to say him your personal view. Please let me know if you are looking for Jual Beli Mobil Bekas article author for your site.

obat herbal asam urat mengatakan...

sudag lama gag main kesni.. :)

obat tradisional asma mengatakan...

ane pikir cerita 123 gan...

obat tradisional kolesterol mengatakan...

ceritanya bagus gan...

obat ambeien tradisional mengatakan...

harus mengorbankan semua demi cita-cita....

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

kelanjutannya setelah pindah gmn tuh???

obat tradisional stroke mengatakan...

harus siap nyali memang dimana-mana supaya bisa meraih cita-cita...
mantap ceritanya

obat sakit kepala mengatakan...

salm kenal gan..blog yg unik

obat kolesterol mengatakan...

itulah manusia dengan segala kelakukannya

obat wasir mengatakan...

Bagus sekali. Ada aja idenya

obat kanker mengatakan...

kreatif bener postnya...sep dah

obat herbal kanker payudara mengatakan...

Cerita analogi yang menarik dari seekor tiku1.

obat stroke mengatakan...

salm kenal gan..blog yg unik

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

harus mengorbankan semua demi cita-cita....

obat hiv mengatakan...

kreatif bener postnya...sep dah

obat kista mengatakan...

harus siap nyali memang dimana-mana supaya bisa meraih cita-cita...
mantap ceritanya

obat sinusitis mengatakan...

Bagus sekali. Ada aja idenya

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

kirain artikel soal 123...
ternyata tentang cerita tikus...
nice..

obat hiv aids mengatakan...

wah akhirnya ketemuan lagi ga tuh ya???
uda jadi sukses atau gmn ya??

obat tradisional kista mengatakan...

ceritanya bagus ne.....
tx.

obat sinusitis mengatakan...

mepersiapkan nyali bukan berarti nekat..
kalau nekat ya sama aja ga punya keahlian apa2 tapi merantau..

obat penyakit ginjal mengatakan...

semoga sukses di blog-blog selanjutnya ya...
keren ceritanya...

obat stroke mengatakan...

salam sahabat gan.

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

tikus aja bs kumpul ya..aplg manusia..hehe..

obat hiv mengatakan...

tikus,aku takut sama bulunya!!!!haha..

obat kista mengatakan...

tikus aja punya motivasi,kita sebagai manusia juga harus lebih punya motivasi.

obat herbal sinusitis mengatakan...

mantab bngt tuh ya si tikus hahahhahahha....

obat batu empedu mengatakan...

Pertama waktu baca judulnya mengira JiRoLu itu Siti Loro Telu (1 2 3). Ternyata kisah 3 tikus yang sering terjadi pada manusia. Bisa saja idenya.

obat leukemia mengatakan...

itulah manusia dengan segala kelakukannya.

obat herbal kanker hati mengatakan...

kreatif bener postnya...sep dah

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

JiRoLu dalam bahasa jawa berarti satu dua tiga ..

obat herbal kanker serviks mengatakan...

Bagus sekali. Ada aja idenya

obat paru paru basah mengatakan...

hm.... apakah tikus ini tinggal di inonesia? cerita yg bagus... kreatif...

obat alami batu ginjal mengatakan...

nice story...

obat tradisional tbc mengatakan...

kirain cerita 1 2 3 tau2nya tiga tikus....
great blog...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

akhirnya ketiga tikus itu ketemu lagi atau ga tuh??

obat jantung koroner mengatakan...

mantap ceritanya ne,...

obat herbal kanker prostat mengatakan...

Hal yang terpenting gunakan otakmu untuk memecahkan berbagai masalah...
bagus banget ne kata-katanya...

obat ginjal mengatakan...

Kalo di Sunda jiwalu hahahahaha.....

obat batu ginjal mengatakan...

cerita yang bagus bro..

obat tbc mengatakan...

mantbb... Bisa jadi inspirasibuat aku.!

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

kembangkan terus imajinatifnya ya bro!!!):>>>

obat hepatitis mengatakan...

selamat berjuang ya bro!!!,semangat..

obat ginjal mengatakan...

mantbb... Bisa jadi inspirasibuat aku.!

obat batu ginjal mengatakan...

kembangkan terus imajinatifnya ya bro!!!

obat tbc mengatakan...

mantbb

obat hepatitis mengatakan...

!,semangat.

obat jantung koroner mengatakan...

Bisa jadi inspirasibuat aku.!

obat batu empedu mengatakan...

jirolu kirain bahas soal apaan, ternyata cerita tentang 3 tikus...
mantap..

obat herbal kanker darah mengatakan...

harusnya uda memiliki modal coba dikembangkan di negara sendiri dulu baru keluar...kalau berkembang di luar tidak ada kontribusinya untuk bangsa ini...

obat herbal kanker hati mengatakan...

makasih ya uda share ceritanya...
sangat menarik..

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

ternyata dari 1 orang sahabat yang yakin akan berhasil bisa membuat kedua temannya yang lain mengikuti dan mencoba..

obat lupus mengatakan...

akhirnya bagaimana tuh ketiga tikusnya???
apakah berhasil di negara baru??
ditunggu cerita selanjutnya...
great post..

obat miom mengatakan...

mantaff ne artikelnya..

obat trigliserida mengatakan...

judulnya menarik, kirain membahas apaan jirolu tau2nya cerita tentang 3 ekor tikus yang mau merantau ke negeri orang...
hehhe...

obat jantung bengkak mengatakan...

kenapa yang dijadiin tokohnya tikus ya???bukannya tikus identik dengan jorok,suka di tempat2 kotor??

obat jantung bocor mengatakan...

gunakan otak untuk menyelesaikan semua masalahmu...jangan gunakan kekuatan....

obat flek paru paru mengatakan...

ceritanya menarik banget untuk dibaca ne..
makasih uda mau berbagi ya..

obat jantung koroner mengatakan...

cerita yg membangun.

obat herbal kanker prostat mengatakan...

memotivasi saya buat bekerja keras.

obat batu empedu mengatakan...

tujuan hidup ini memang harus selalu berusaha.

obat leukemia mengatakan...

tikus aja bisa berusaha dgn pndah ke luar kota,kita sbg manusia jgn kalah donk hehe..

agen xamthone plus mengatakan...

lucu-lucu..

obat herbal kanker prostat mengatakan...

gunakan otak untuk menyelesaikan semua masalahmu..

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

judulnya menarik,

obat batu empedu mengatakan...

makasih uda mau berbagi ya.

obat leukimia mengatakan...

ceritanya menarik banget untuk dibaca ne.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

makasih uda mau berbagi ya

xamthone plus mengatakan...

thx buat artikelnya....

Obat tradisional asam urat mengatakan...

jirolu kirain cerita tentang apa ne,...
judul yang menarik...

obat tradisional diabetes mengatakan...

tikus2 yang bernyali ya,dengan kemampuan masing2...
mantap...

obat tradisional keputihan mengatakan...

dari 1 orang yang berhasil dan sukses akan bisa membawa perubahan buat yang lainnya...
mantap...

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

idenya memang kreatif terutama dalam pemilihan judul...
jadi lebih menarik blognya...

obat penurun kolesterol mengatakan...

hmm,,,cerita yg ucu ya,,,masa tikus!

obat herbal kanker hati mengatakan...

tikus lari keluar negeri hahahahah,,,,

obat leukimia mengatakan...

tikus kecil aja bisa punya pikiran buat merubah hidup,aplg kita manusia!!ckckck...

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

kocak juga ya!!!^_^....

obat herbal kanker serviks mengatakan...

tikus lari keluar negeri

obat paru paru basah mengatakan...

jirolu kirain cerita tentang apa ne

obat gondok mengatakan...

dari 1 orang yang berhasil dan sukses akan bisa membawa perubahan buat yang lainnya

obat lupus mengatakan...

udul yang menarik..

obat miom mengatakan...

idenya memang kreatif terutama dalam pemilihan judul.

xamthone plus mengatakan...

http://sukrablog.blogspot.com/2009/10/jirolu.html

obat asam urat mengatakan...

tikus2 yang bernyali ya,dengan kemampuan masing2.

obat diabetes mengatakan...

ternyata orang tho...kirain tikus beneranry

obat darah tinggi mengatakan...

dari 1 orang yang berhasil dan sukses akan bisa membawa perubahan buat yang lainnya...

obat asma mengatakan...

jadi lebih menarik blognya..

obat herbal kanker serviks mengatakan...

tikus aja mao ada perubahan ya.

obat paru paru basah mengatakan...

ayo kita jgn mau kalah bro.

obat gondok mengatakan...

judul cerita yg bgs ya.

obat lupus mengatakan...

hehe,,tikus yg lucu.

obat miom mengatakan...

mantaff,,

obat sakit kepala mengatakan...

tikus kecil aja bisa punya pikiran buat merubah hidup

obat kolesterol mengatakan...

Blog yang hebat memang pantas menjadi jawara internet

obat wasir mengatakan...

The recommendations you used to place up was clearly understandable

obat kanker mengatakan...

mantap. Bisa jadi inspirasi.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

bena radanya ketika kita ingin menggapai cita2 maka keyakinan harus diteguhkan ;)

obat trigliserida mengatakan...

Padahal makhluk yang pintar dapat menciptakan sesuatu yang sebelumnya tidak ada dan makhluk yang gila dapat memecahkan sebuah permasalahan dengan cara yang ekstrim dan efektif.

obat lemah jantung mengatakan...

tikus yg unik.

obat jantung bengkak mengatakan...

tikus yg keren,seperti manusia.

obat jantung bocor mengatakan...

mantab ya gan.

obat flek paru paru mengatakan...

sip bngt..

dedekita mengatakan...

wah 3 tikus yang nyata ya. salam kenal om, nitip link ya
Perlengkapan bayi

selimut bayi mengatakan...

selimut bayi

SEHAT ALAMI mengatakan...

Terimakasih ya atas infonya gan. . sukses terus

Pengobatan Alami Kolesterol Tinggi mengatakan...

Pagi gan. . salam sehat dan tetap semangat ya menjalankan aktivitasnya
update terus info terbarunya, kami tunggu

Obat Step Pada Anak mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . Mantap banget desain blognya.
Salam sehat

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Herbal Infeksi Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
semoga bermanfaat.

Obat Untuk Penyakit Gondok Beracun Tradisional Alami mengatakan...

Mantap infonya. . nice desain artikelnya
TOP deh, update terus ya, thank's

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 209   Lebih baru› Terbaru»

Artikel Favorit dalam 1 minggu