Sabtu, 19 April 2008

Evolusi Manusia Purba (Sangiran_2)

Dari mana asal manusia? Jawaban yang pasti adalah dari rahim ibu. Hihihi. Dari mana asal manusia purba? Kusendiri tak yakin, kata orang manusia purba Asia berasal dari Gunung Himalaya, dimana pada 18 juta tahun yang lalu terjadi pengangkatan lempengan, kemudian pada 5 juta tahun terjadi evolusi dimana manusia bergerak dari Barat Daya ke arah Timur Laut (Yunnan Yuanmou melintasi Sungai Yang Zi, Shensi Lantian, Sungai Huang He hingga ke situs Beijing Zhoe Kou Dian) dan ke arah tenggara (hingga ke situs Sangiran).

Sebelum berlanjut cerita, saya membatasi cerita ini hanya di wilayah Indonesia terutama Situs Sangiran. Situs yang luasnya lebih kurang 60 kilometer persegi ini terletak di kaki Gunung Lawu. Situs ini dikenal juga sebagai Sangiran Dome dikarenakan lokasinya sebagai gudang fosil manusia dan binatang purba. Penyelidikan dan penemuan di lokasi ini dimulai oleh G.H.R von Koenigswald, Berlin dan hasil temuannya berkaitan erat dengan penemuan manusia purba (Pithecanthropus Erectus) oleh Eugene Dubois (1891) di Trinil, Jawa Timur.

Disini Sangiran akan menunjukan dirinya sebagai salah satu pengungkap rahasia dunia karena pada situs ini sejarah evolusi kehidupan manusia purba hampir sepenuhnya dapat dijawab. Hal ini dikarenakan fosil manusia purba yang ditemukan berasal dari era zaman Pliosen lebih kurang 2 juta tahun lalu hingga zaman Holosen 15 ribu tahun lalu, mata rantainya tak terputus dan temuan fosilnya mencapai 50% populasi Homo Eresctus di dunia.

Berikut adalah fosil manusia purba Indonesia dengan mata rantainya:
01. Meganthropus Paleojavanicus (Sangiran).
02. Pithecanthropus Robustus (Trinil).
03. Pithecanthropus Erectus (Homo Erectus) (Trinil).
04. Pithecanthropus Dubius (Jetis).
05. Pithecanthropus Mojokertensis (Perning).
06. Homo Javanensis (Sambung Macan).
07. Homo Soloensis (Ngandong).
08. Homo Sapiens Archaic.
09. Homo Sapiens Neandertahlman Asia.
10. Homo Sapiens Wajakensis (Tulungagung)
11. Homo Modernman.

Kelengkapan mata rantai evolusi manusia purba Indonesia, apakah menjadikan bukti bahwa teori Charles Darwin adalah benar? Enjoy, peace and love.

Related Posts by Categories



247 comments:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 247   Lebih baru›   Terbaru»
infogue mengatakan...

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://fossil.infogue.com
http://fossil.infogue.com/evolusi_manusia_purba_sangiran_2_

parto_sentono mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi, terlalu dini kalau menyimpulkan bahwa teori evolusi benar. :D

Dhe mengatakan...

teori darwin?? kayakna ga ilmiah banget deh tu teori :D,

dulu waktu masih kecil daku percaya tu teori karena daku belum paham dari mana penciptaan, tp setelah membaca "ATLAS PENCIPTAAN" HARUN YAHYA (http://www.harunyahya.com/indo/buku/atlas/atlas_01.html).wa bertemu "ARTIKEL2 HARUN YAHYA" yang mematahkan Teori darwin dengan rentetan penjelasan2 ilmiahnya tentang Peciptaan. daku jadi tak ragu2 lagi.

semoga saja tak ada lagi yang berkata, teori darwin adalah benar!!

88th mengatakan...

TEORI orang YAHUDI aja kok dipercaya. kalo emang manusia purba tu ada ya, harusnya nenek moyang manusia di bumi itu asalnya dari INDONESIA. karena fosil2 manusia purba itu banyak ditemuin di INDONESIA, bukannya orang NEGRO.

http://www.evolutiondeceit.com/malaysian/penipuanevolusi10.php

fakta penciptaan udah ada titik terang di abab ini. teknologi pasti nglupain teori ngeyel kayak gitu.

yang ngrasa nenek moyangnya monyet yo wes, gwa kagak ikutan.

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

teori evvolusi

Agen jelly gamat tarakan mengatakan...

artikel yg mnarik mas...

XAMthone mengatakan...

mantap juga nie artikel nya sangat menarik nie...
dana sangat bagus.........

xamthone plus mengatakan...

good post...sangat bermanfaat sekali

xamthone mengatakan...

teori yang sepertinya telah menyesatkan kita dalam waktu lama ya

xamthone mengatakan...

teori manusia murtad nih

obat herbal amandel alami mengatakan...

good blog to read thanks

obat herbal penyakit kista ovarium mengatakan...

blogwalking sahabat

obat herbal vertigo alami mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi, terlalu dini kalau menyimpulkan bahwa teori evolusi benar.

obat herbal sinusitis alami mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi, terlalu dini kalau menyimpulkan bahwa teori evolusi benar.

obat herbal insomnia kronis mengatakan...

teori darwin?? kayakna ga ilmiah banget deh tu teori

obat herbal penyakit asam urat mengatakan...

dulu waktu masih kecil daku percaya tu teori karena daku belum paham dari mana penciptaan, tp setelah membaca "ATLAS PENCIPTAAN" HARUN YAHYA

obat herbal penyakit maag mengatakan...

dulu waktu masih kecil daku percaya tu teori karena daku belum paham dari mana penciptaan, tp setelah membaca "ATLAS PENCIPTAAN" HARUN YAHYA

obat herbal asma alami mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi, terlalu dini kalau menyimpulkan bahwa teori evolusi benar.

obat herbal penyakit batu ginjal mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi, terlalu dini kalau menyimpulkan bahwa teori evolusi benar.

obat herbal penyakit gagal ginjal kronis mengatakan...

artikel yg mnarik mas...

obat herbal ambeien wasir mengatakan...

semoga saja tak ada lagi yang berkata, teori darwin adalah benar!!

obat herbal kolesterol tinggi mengatakan...

semoga saja tak ada lagi yang berkata, teori darwin adalah benar!!

obat herbal kanker payudara mengatakan...

semoga saja tak ada lagi yang berkata, teori darwin adalah benar!!

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

saya setuju dengan teori darwis bukan darwin

obat herbal kanker otak mengatakan...

semoga saja tak ada lagi yang berkata, teori darwin adalah benar!!

obat herbal kanker hati mengatakan...

blog anda keren sekali

obat herbal kanker rahim serviks mengatakan...

Teori darwin dengan rentetan penjelasan2 ilmiahnya tentang Peciptaan

obat herbal kanker usus mengatakan...

Teori darwin dengan rentetan penjelasan2 ilmiahnya tentang Peciptaan

obat herbal kanker darah leukemia mengatakan...

artikel yg sangat menarik

obat herbal penyakit keputihan mengatakan...

yang ngrasa nenek moyangnya monyet yo wes, gwa kagak ikutan.

obat herbal penyakit diabetes melitus mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi, terlalu dini kalau menyimpulkan bahwa teori evolusi benar

obat herbal penyakit jantung koroner mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi, terlalu dini kalau menyimpulkan bahwa teori evolusi benar.

obat herbal penyakit stroke mengatakan...

mantap juga nie artikel nya sangat menarik nie...
dana sangat bagus

obat herbal penyakit tbc mengatakan...

cuma ALlah yang tahu

obat herbal penyakit gondok mengatakan...

sepintar2nya manusia tidak akan sampai ke pemikiran Allah

obat herbal penyakit lupus mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi

obat herbal darah tinggi hipertensi mengatakan...

teori darwin?? kayakna ga ilmiah banget deh tu teori

obat herbal demam berdarah alami mengatakan...

teori evvolusi

obat herbal darah rendah alami mengatakan...

nice blog gan

obat herbal demam berdarah alami mengatakan...

semoga saja tak ada lagi yang berkata, teori darwin adalah benar

obat herbal diare alami mengatakan...

semoga saja tak ada lagi yang berkata, teori darwin adalah benar!!

obat herbal disfungsi seksual mengatakan...

saya setuju dengan teori darwis bukan darwin

obat herbal disfungsi ereksi mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi, terlalu dini kalau menyimpulkan bahwa teori evolusi benar.

cara mengatasi ejakulasi dini mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi, terlalu dini kalau menyimpulkan bahwa teori evolusi benar.

obat herbal hepatitis b c mengatakan...

nice blog keep posting

obat herbal jantung bocor mengatakan...

salam blogger

obat herbal lemah jantung mengatakan...

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca

obat herbal jantung berdebar mengatakan...

tidak percaya teori evolusi

obat herbal jantung berdebar mengatakan...

salam kawan

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

teori yang menyesatkan

obat herbal ginjal bocor mengatakan...

hanya Tuhan yang tahu

obat alami jerawat batu mengatakan...

nice artikel bos

obat herbal mengatasi jerawat mengatakan...

yang ngrasa nenek moyangnya monyet yo wes, gwa kagak ikutan.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi,

obat alami rambut rontok mengatakan...

good post...sangat bermanfaat sekali

obat alami rambut rontok mengatakan...

teori darwin adalah benar!!

obat penyakit leukemia leukimia mengatakan...

pusing dipikirin trus

obat herbal penyakit liver lever mengatakan...

saya sih percaya sama Tuhan saja

obat herbal batu empedu mengatakan...

artikel yg sangat menarik

obat herbal penyakit miom mengatakan...

siapa yang benar ya??

obat herbal pneumonia mengatakan...

blog anda keren sekali

obat herbal paru paru basah mengatakan...

blog anda keren sekali

obat penyakit flek paru paru pada anak mengatakan...

blogwalking gan

obat herbal sakit kepala mengatakan...

trims infonya

obat herbal penyakit trigliserida tinggi mengatakan...

thanks info yang bermanfaat

obat herbal penyakit kanker mengatakan...

nice blog,nice artikel keren pokoe

obat herbal sinusitis mengatakan...

sudahlah jangan dipikirkan dari mana asal kita yang penting kita harus tahu klo telur sama ayam duluan mana???
wkwkwkwk

obat herbal jantung koroner mengatakan...

bener tuch lebih baik janganlah berdebat sesuatu yang belum benar keberadaanya..klo masih ngeyel yang ngerasa dirinya setuju ama teori darwin sih boleh2 aja...

obat herbal amandel mengatakan...

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca

obat amandel mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi

xamthone plus mengatakan...

mantap juga nie artikel nya sangat menarik nie...
dana sangat bagus.........

obat gagal ginjal mengatakan...

teori ini kan berlaku untuk dunia bukan indonesia aja..

obat tradisional hiv aids mengatakan...

thx infonya gan..

obat penyakit kista mengatakan...

nice article gan...

obat herbal sinusitis mengatakan...

jadi apakah semua teori-teori yang ada salah semua???

obat tradisional ginjal mengatakan...

ga perduli yang mana yang benar yang penting semua ciptaan Tuhan...
Sukses gan artikelnya..

obat miom mengatakan...

teori yang bagus jangan dijadikan perdebatan karena ya tanpa teori manusia akan bingung mau kemana....

obat trigliserida mengatakan...

percaya atau tidak percaya ya ini namanya teori yang sudah dibuat....
nice article...

obat jantung bengkak mengatakan...

great blog to read....
thx...

obat jantung bocor mengatakan...

teori hanyalah teori tapi yang pasti teori itu sudah dibuat dan dilakukan penelitian....

obat flek paru paru mengatakan...

yang penting bukan darimana tapi bagaimana menjalani yang sudah ada...
mantap....

obat sinusitis alami mengatakan...

artikel yg mnarik mas...

obat penyakit batu ginjal mengatakan...

sepintar2nya manusia tidak akan sampai ke pemikiran Allah

obat penyakit tbc mengatakan...

mantap juga nie artikel nya sangat menarik nie...
dana sangat bagus

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

sudahlah jangan dipikirkan dari mana asal kita yang penting kita harus tahu klo telur sama ayam duluan mana???
wkwkwkwk

obat herbal hepatitis b mengatakan...

thx gan infonya...

obat stroke mengatakan...

numpang share blognya ya gan..?

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

apa benar nenek moyang kita monyet???kayaknya enggak deh ahh....tp kalo ada yg berpikiran seperti itu sih blh jg ,gpp koq,,,,tp aku gak ikutan ya gan hehehe...

obat hiv mengatakan...

mantab nie gan blognya,,,

obat kista mengatakan...

oke deh kalo menurut kalian benar...hahahaha(")

obat herbal sinusitis mengatakan...

thx ya bro,uda share di blog kamu.

obat herbal gondok mengatakan...

teori evvolusi

obat penyakit lupus mengatakan...

artikel yg sangat menarik

obat herbal miom mengatakan...

Teori darwin dengan rentetan penjelasan2 ilmiahnya tentang Peciptaan

obat trigliserida tinggi mengatakan...

semoga saja tak ada lagi yang berkata, teori darwin adalah benar!!

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi

obat herbal flek paru paru mengatakan...

yang ngrasa nenek moyangnya monyet yo wes, gwa kagak ikutan.

obat tradisional batu ginjal mengatakan...

wah teori yang menarik..

obat alami tbc mengatakan...

lebih baik jangan berdebat sesuatu yang masih belum benar keberadaanya..

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

mantep juga ne artikelnya,,,
bagus buat disimak.

obat herbal jantung koroner mengatakan...

ditunggu artikel-artikel soal teori lainnya ya...

obat kanker prostat mengatakan...

bermanfaat artikelnya bisa menambah wawasan.
thx.

obat herbal ginjal mengatakan...

wah teori yang menarik..

obat herbal batu ginjal mengatakan...

saya tetap tidak percaya teori evolusi

obat herbal tbc mengatakan...

semoga saja tak ada lagi yang berkata, teori darwin adalah benar!!

obat hepatitis b mengatakan...

artikel yg sangat menarik

obat herbal jantung koroner mengatakan...

artikel yg sangat menarik

xamthone plus mengatakan...

teori yang menarik

obat penyakit jantung koroner mengatakan...

pagi gan...

obat penyakit kanker prostat mengatakan...

semangat,semangat!!!!

obat penyakit batu empedu mengatakan...

zaman sekarang masih ada manusia purba gak ya gan...??

obat kanker darah mengatakan...

tp diberita jg kadang suka bnyk tuh gan penemuan tulang2 jaman purba.

agen resmi xamthone plus mengatakan...

thx deh gan informasi yg kamu kasih.

obat ginjal mengatakan...

percaya gak percaya namanya jg legenda,iya gak bro?

obat batu ginjal mengatakan...

menarik jg..

obat tbc mengatakan...

dgr cerita ada zaman purba itu seru lho gan.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

cerita sejarah tentang zaman purba uda jarang ya bro,ayo lanjutkan artikelmu yg laen lg bro,karna ini cukup bgs bngt koq.

obat hepatitis mengatakan...

semangat ya bro!!!!!thx.

obat herbal batu empedu mengatakan...

teori yang menarik...

obat kanker darah mengatakan...

namanya juga masih teori jadi bisa benar bisa juga salah...

obat kanker hati mengatakan...

mungkin teori ini didukung oleh penemuan-penemuan tulang tapi juga tidak menutup kemungkinan masih ada kesalahan kan??
karena kita diciptakan kan dari yang Maha besar..

obat kanker paru paru mengatakan...

great post
thx..

obat penyakit lupus mengatakan...

makasih ya uda share tentang teori ini..
ya kebenarannya masih perlu untuk dibuktikan...
semoga maju terus...

xamthone plus mengatakan...

teori yang sangat menarik tapi perlu untuk dibuktikan dulu kebenarannya..

Obat tradisional asam urat mengatakan...

artikel yang menarik karena teori ini masih perlu untuk dibuktikan mengingat masih banyak teori-teori yang lain..

obat tradisional diabetes mengatakan...

ditunggu pembahasan artikel lainnya ya,,,
sangat menarik teori evolusi ini..

obat tradisional keputihan mengatakan...

salam blogger...
ijin nyimak ya..

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

keren postnya ne soal teori darwin.,,,
mantap,,,,

obat penurun kolesterol tinggi mengatakan...

artikel yg mnarik bro...

obat penyakit kanker hati mengatakan...

teori evvolusi yaa,,,...

obat herbal leukimia mengatakan...

mantap juga nie artikel nya sangat menarik nie...!!!):...

obat penyakit kanker paru paru mengatakan...

blogwalking sahabatku.....!!??

obat kanker prostat mengatakan...

mantap juga nie artikel nya sangat menarik nie...
dana sangat bagus.........

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

salam blogger...
ijin nyimak ya.

obat herbal batu empedu mengatakan...

artikel yg mnarik bro...

obat herbal leukimia mengatakan...

eren postnya ne soal teori darwin.,,,
mantap,,,,

obat kanker paru paru mengatakan...

salam blogger...
ijin nyimak ya..

obat jantung koroner mengatakan...

good post..!!!!

obat herbal kanker prostat mengatakan...

sangat bermanfaat sekali bro..

obat batu empedu mengatakan...

artikel yg mnarik bngt ya..

obat leukemia mengatakan...

kayakna ga ilmiah banget deh tu teori bro!

agen xamthone plus mengatakan...

sangat menarik,mantab....

obat herbal miom mengatakan...

artikelnya sangat menarik ne..

obat trigliserida tinggi mengatakan...

namanya teori pasti uda dilakukan penelitian,,,
ya percaya ga percaya ne teorinya..

obat herbal jantung bengkak mengatakan...

kunjungan siang ne sob...
menarik untuk dibaca artikelnya..

obat herbal jantung bocor mengatakan...

wqah ini memang teori yang sulit untuk dipercaya..

obat herbal flek paru paru mengatakan...

Teori darwin dengan rentetan penjelasan2 ilmiahnya tentang awal mulanya manusia...
keren artikelnya..

obat tradisional asma mengatakan...

artikel yang menarik buat dibaca...

obat tradisional kolesterol mengatakan...

memang teori ini sulit untuk dipercaya,,

obat ambeien tradisional mengatakan...

great article...

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

teori ini memang susah buat dipercaya,ya berdasarkan teori ini mungkin benar tapi menurut versi agama susah juga baut dikatakan benar..

obat tradisional stroke mengatakan...

ditunggu post2 selanjutnya,...
semoga sukses terus ya..

xamthone mengatakan...

artikel yang menarik...

obat alami asam urat mengatakan...

great post...

obat alami diabetes mengatakan...

teori yang menarik, tapi ya ga usah bingung kita semua adalah ciptaan Tuhan...

obat keputihan alami mengatakan...

maksih ya uda share infonya soal teori darwin ini....
keren...

obat alami darah tinggi mengatakan...

pernah denger c pas sekolah tapi bener apa ga ya???
maksih uda berbagi wawasan,....

obat kanker rahim mengatakan...

salam sahabat gan..?

obat radang paru paru mengatakan...

cerita sejarah yg bgs nie...

obat penyakit gondok mengatakan...

teori yg bgs nie...

obat herbal lupus mengatakan...

masi ada gak cerita kaya gto disekolah2 ya??

obat penyakit miom mengatakan...

siip artikelnya bro!

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

salam blogger...

obat hiv aids mengatakan...

teori yang sebenernya bukan menyesatkan tapi hanya menambah wawasan..

obat tradisional kista mengatakan...

great article...

obat sinusitis mengatakan...

mantap banget bahas soal teori darwin....

obat penyakit ginjal mengatakan...

sukses terus dan ditunggu untuk post2 teori lainnya...
dahsyat..

obat alami batu ginjal mengatakan...

teori evolusi sebenarnya sangat menarik apakah bener kalau manusia itu asalnya dari monyet yang berevolusi???

obat tradisional tbc mengatakan...

yang pasti darimana pun kita berasal pasti semua ciptaan Tuhan...
nice...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

ga percaya sama teori ini, masa c kita berasal dari monyet???
hehehe..

obat jantung koroner mengatakan...

pelajaran waktu sekolah ini mah ya...
teori evolusi darwin...

obat herbal kanker prostat mengatakan...

makasih uda berbagi wawasan ya....
infonya menarik banget ne...

obat kanker serviks mengatakan...

yang pasti darimana pun kita berasal pasti semua ciptaan Tuhan...
nice

obat herbal radang paru paru mengatakan...

great article..

obat herbal gondok mengatakan...

sukses terus dan ditunggu untuk post2 teori lainnya...
dahsyat.

obat penyakit lupus mengatakan...

makasih uda berbagi wawasan ya....
infonya menarik banget ne

obat herbal miom mengatakan...

mantap banget bahas soal teori darwin..

obat penurun kolesterol mengatakan...

teori evvolusi lg di perbincangkan he,,,,

obat herbal kanker hati mengatakan...

pengetahuan yg bgs.

obat leukimia mengatakan...

salam sahabat aja deh.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

mitos aja tuh,,

obat asma alami mengatakan...

wah teori yang menarik ne,...

obat alami kolesterol mengatakan...

ga terlalu percaya utk teori ini...

obat tradisional wasir mengatakan...

great article....
makasih ya uda share...

obat alami kanker payudara mengatakan...

evolusi atau bukan yang penting kita adalah cipataan Tuhan....

obat alami stroke mengatakan...

pas sekolah c pernah denger soal teori ini....
nice post.....

obat batu empedu mengatakan...

nice share....

obat herbal kanker darah mengatakan...

thx y uda share.....

obat herbal kanker hati mengatakan...

teori ini pernah dapat di pelajaran sekolah dulu,,,
mantap....

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

semangat terus buat blog2nya ya....

obat lupus mengatakan...

artikel yang menarik memang, tapi darimana juga kita berasal pasti Tuhan yang mencipatakan....
good post...

obat penyakit trigliserida mengatakan...

dulu sih percaya.

obat penyakit lemah jantung mengatakan...

beneran,apa teori aja ya.

obat penyakit jantung bengkak mengatakan...

cerita sejarah yg menarik.

obat penyakit jantung bocor mengatakan...

diperbanyak lg donk artikelnya,...

obat penyakit flek paru paru mengatakan...

semangat terus ya,.!

obat herbal kanker serviks mengatakan...

percaya gak percaya sih.

obat paru paru basah mengatakan...

sebenarnya teori itu masih ada gak ya dizaman skrg.

obat gondok mengatakan...

waktu sekolah sih aku ada diajarin juga gan.tentang teori evolusi.

obat lupus mengatakan...

bnr2 bgs nie cerita sejarahnya,.!

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 247   Lebih baru› Terbaru»

Artikel Favorit dalam 1 minggu