Selasa, 09 Maret 2010

Aku, Keturunan China (Part 3)

Aku (Ero) lahir dan besar di Indonesia. Lalu, mengapa aku harus bangga sebagai keturunan China? Dan mengapa orang tuaku selalu mengatakan aku harus tahu cerita sejarah dan karakter leluhurku?

Ceritanya selalu dimulai dengan:

Bangsa China adalah bangsa besar dan terdiri dari 6 suku etnik besar (56 etnik) yang dalam evolusi kulturalisasinya menjalani berbagai macam proses seperti konflik. Pada akhirnya terjadi pernyatuan yang kemudian dikenal dengan Chinese "Hanlisasi". Ke-6 suku etnik tersebut adalah Han(Chinese), Man (Tunguse), Meng (Monggol), Hui(Turk), Zang(Tibetan) dan Miao(Indo Cina). Persilangan antar suku etnik menyebabkan suku Han murni hanya tinggal sub etniknya saja yaitu Kejia yang memiliki keturunan biologis DNA orang Zhongyuan (Huaxia).

Keturunan ini dalam beberapa periode, sering kali berpindah tempat atau yang dikenal dengan hijrah sehingga keturunan ini tersebar di 16 propinsi dan bertebaran di +80 negara didunia yang dijuluki etnik Chinese Yahudi.

Perjalanan sejarah Hanlisasi terjadi dalam 4 periode yaitu Dinasti Zhou Qin (+400SM ~ +200SM), Sui Tang (+600M ~ +800M), Song Yuan (+1100M ~ +1200M), Man Qing (+1600M ~ +1800M).

Lanjut, mengapa kamu harus bangga menjadi keturunan Han yaitu karena memiliki karakter yang baik alias menjadikan dirimu bibit ungul. Karakter tersebut antara lain patuh ketakdiran Tuhan, hormat leluhur dan orang tua, menabung kekayaan dan keuntungan, mempioritaskan figur kesipilan dari pada kemeliteran, mengutamakan keseremonian dengan bahasa yang halus, penuh rasa harga diri dan rendah hati.

Jadi kamu tahu khan perbedaan antara orang China dan orang India dalam kehidupan Budaya Timur. Orang China pemikirannya mengutamakan realitas, politik dan ekonomi; mengfokuskan kehidupan duniawi dan tidak peduli akan dunia lain. Orang India pemikirannya mengutamakan idealis, spiritual dan falsafah, yang pada akhirnya mengfokuskan kehidupan akhirat tanpa mempedulikan kemiskinan dan kelaparan.

Walau diceritakan oleh orang tua seperti itu, aku tetap biasa saja. Justru makin bangga telah menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Karena sejak awal abad 21, China telah terjadi perubahan mendasar dalam karakter orang karena keterbukaan akan pengaruh asing yang dikatakan sebagai proses perpaduan transisi dengan pemikiran refomasi dan globalisasi. Tapi menurut pandangan saya justru mengarah ke kapitalisme yang menakutkan menuju negara super power Berbahagilah aku karena proses ini tidak terlalu mempengaruhi komunitas Tionghoa lokal di negara Asia Tenggara khususnya Indonesia Pesisir yang mana masih memiliki karakter dasar yaitu rajin, ulet, tekun, sederhana, cekatan, tahan banting ,tercepayaan dan pandai mengelola keuangan.

Meskipun bangga tapi sering sedih juga. Hal ini karena sering kali adanya pandangan bahwa kaum pedagang dan wirausaha Tionghoa disamakan dengan kaum perampok yang terselubung dan secara fisik menguasai kekayaan bangsa Indonesia.

Bicara dengan kerja sama perdagangan Indonesia dengan China ACFTA (Asean Chinese Free Trade Agreement ), apakah negara ini sudah siap?

Lupakan hal yang diatas yang terpenting adalah jangan terpengaruh oleh provokator politik yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan merusak hubungan dan tatanan politik sosial ekonomi bangsa Asia Tenggara terutama Negara Indonesia dengan isu “Sara". Bersama antara etnik local dan kaum Suku Tionghoa (peranakan Tionghoa) bagian dari anak bangsa pasti akan menjadi Negara dan Bangsa yang kuat dan maju.

Di samping itu JiRoLu juga percaya bahwa Pemimpin negeri ini pasti sangat mengenal kelebihan dan kekurangan dari karakter bangsa ,suku dan diri sendiri. Dan pengetahuan ini digunakan dalam menuju proses belajar ,berkembang dan membangun citra bangsa dan negaranya.

Enjoy, peace and love from Sukra

Related Posts by Categories



160 comments:

Bekasi Bersih Partisipasi Blogger mengatakan...

Semangat Sahabat!
saya setuju dengan pendapat anda, bahwasanya bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa mepersatukan perbedaaan didalamnya bukan malah memperbesar perbedaan dan terpecah belah karenanya.

salam

online business mengatakan...

biar keturunan cina asal mau bersosialisasi dgn penduduk lokal saya rasa tidak masalah

grosir baju Murah mengatakan...

ketigaXx

phones-gallery mengatakan...

ane setuju gan ama pendapat agan, setiap orang berhak untuk dihormati dan menghormati...:)

bewleys hotel leeds mengatakan...

Meskipun banyak orang yang sinis terhadap kesuksesan orang china. Saya malah lain, orang China memberikan perbandingan hidup yang harusnya menjadi cerminan bagi bangsa pribumi untuk maju.

Nikmaya John mengatakan...

Terimakasih pencerahannya gan,,,, jadi lebih mengenal china

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Salamkenal,,,artikel anda sangat menarik,,,,

Tahitian Noni Juice mengatakan...

Terimakasih pencerahannya gan,,,,

Data Mobile Phone mengatakan...

biar keturunan cina asal mau bersosialisasi dgn penduduk lokal

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

Salamkenal,,,

kanker mengatakan...

wah sama" keturan cina berarti gan... salam knl

Technology Informasi mengatakan...

setu banget gan ama pendapat agan

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

Terimakasih pencerahannya gan,,,

Business And Finance mengatakan...

ane setuju gan ama pendapat agan

busana muslim mengatakan...

I love this post because it is very very interesting

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

setuju
sembyan negara kita kan bhineka tunggal ika

obat herbal insomnia mengatakan...

mantab blog gan

obat herbal batu ginjal mengatakan...

maju terus kawan crtnya kren

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

nice posting gan

obat herbal tbc mengatakan...

Ternyata ajara klasik angat filisofis,,,

obat herbal jantung koroner mengatakan...

slam hngat

obat herbal kanker mengatakan...

Terimakasih pencerahannya gan,,,,

obat herbal asam urat mengatakan...

slam hngat

obat jerawat mengatakan...

setu banget gan ama pendapat agan

obat diabetes mengatakan...

love this post because it is very very interesting

obat miom mengatakan...

artikel yang bagus mengupas keturunan cina di masa - masa sekarang....

obat trigliserida mengatakan...

saya setuju dengan anda,dimana bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa mepersatukan perbedaaan didalamnya bukan malah memperbesar perbedaan dan terpecah belah karenanya. bangsa indonesia harusnya bisa begitu mengingat bangsa ini terdiri dari banyak sekali suku....

obat jantung bengkak mengatakan...

seharusnya kehidupan orang cina harus ditiru oleh pribumi agar bisa lebih maju dan menghilangkan perpecahan...

obat jantung bocor mengatakan...

nice article gan....
smoga bisa menghilangkan perpecahan di bangsa ini.....

obat flek paru-paru mengatakan...

mantap postnya gan...
semoga bisa dibaca oleh semua orang dan bisa meminimalisirkan perpecahan di bangsa ini...

obat stroke mengatakan...

Salamkenal,,,artikel anda sangat menarik,,,,

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

biar keturunan cina asal mau bersosialisasi dgn penduduk lokal saya rasa tidak masalah

obat hiv mengatakan...

Terimakasih pencerahannya gan,,,

obat kista mengatakan...

setuju
sembyan negara kita kan bhineka tunggal ika

obat herbal sinusitis mengatakan...

Terimakasih pencerahannya gan,,,,

xamthone plus mengatakan...

nice article gan....
smoga bisa menghilangkan perpecahan di bangsa ini.....

obat asam urat mengatakan...

artikel yang bagus mengupas keturunan cina di masa - masa sekarang....

obat diabetes mengatakan...

biar keturunan cina asal mau bersosialisasi dgn penduduk lokal saya rasa tidak masalah

obat darah tinggi mengatakan...

seharusnya kehidupan orang cina harus ditiru oleh pribumi agar bisa lebih maju dan menghilangkan perpecahan...

obat asma mengatakan...

mantap postnya gan...
semoga bisa dibaca oleh semua orang dan bisa meminimalisirkan perpecahan di bangsa ini...

xamthone plus mengatakan...

bagus untuk disimak dulu ne..
ga ada salahnya kalau memang keturunan cina...

Obat tradisional asam urat mengatakan...

meskipun keturunan cina kan juga bisa menyumbang ke dalam negara ini...

obat tradisional diabetes mengatakan...

ulet dan tidak mudah menyerah harus ditiru...

obat tradisional keputihan mengatakan...

jangan terpengaruh oleh provokator politik yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan merusak hubungan dan tatanan politik sosial ekonomi bangsa Asia .
setuju banget ne..

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

semoga bermanfaat buat semua yang baca blog ini...
jangan pernah ter provokator oleh isu sara...
nice...

obat hiv mengatakan...

saya setuju dengan pendapat anda, bahwasanya bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa mepersatukan perbedaaan

obat kista mengatakan...

setuju banget gan ama pendapat agan

obat sinusitis mengatakan...

Terimakasih pencerahannya gan,,,, jadi lebih mengenal china

obat ginjal mengatakan...

biar keturunan cina asal mau bersosialisasi dgn penduduk lokal

obat batu ginjal mengatakan...

I love this post because it is very very interesting

obat ginjal mengatakan...

siang gan,numpang share..

obat batu ginjal mengatakan...

bener gan,.kata kamu..apaun ras,suku kita...kita semua sama dimata tuhan.

obat tbc mengatakan...

cerita yg bgs gan..

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

keren deh pokoknya!

obat hepatitis mengatakan...

thx gan atas ceritanya diatas.

obat tradisional asma mengatakan...

salam blogger...

obat tradisional kolesterol mengatakan...

thx buat ceritanya ya..

obat ambeien tradisional mengatakan...

jangan terpengaruh oleh provokator politik yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan merusak hubungan dan tatanan politik sosial ekonomi bangsa Asia Tenggara terutama Negara Indonesia dengan isu “Sara"..
setuju banget ne sama kata2 di atas...

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

semoga pemimpin bangsa ini bisa mempersatukan keragaman etnik dan suku bangsa di indonesia..

obat tradisional stroke mengatakan...

sebagai keturunan cina kita juga harus bangga karena mewarisi tradisi yang sangat berharga..
nice post...

obat jantung koroner mengatakan...

kunjungan siang bro...~~

obat herbal kanker prostat mengatakan...

artikel anda sangat menarik bngt yaa...

obat batu empedu mengatakan...

aku juga keturunan cina gan):..

obat leukemia mengatakan...

walaupun keturunan yg pntg ttp satu bhineka tunggal ika.oke bro!!..

agen xamthone plus mengatakan...

salam damai selalu bro.

obat sakit kepala mengatakan...

salam damai selalu bro.

obat kolesterol mengatakan...

walaupun keturunan yg pntg ttp satu bhineka tunggal ika.oke bro!!.

obat wasir mengatakan...

aku juga keturunan cina gan):..

obat kanker mengatakan...

salam damai selalu bro.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

walaupun keturunan yg pntg ttp satu bhineka tunggal ika.oke bro!!.

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

makasih share ceritanya ne...

obat hiv aids mengatakan...

i'm chinese n i'm proud of it..

obat tradisional kista mengatakan...

sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menyatukan perbedaan...
mantap..

obat sinusitis mengatakan...

Meskipun banyak orang yang sinis terhadap kesuksesan dan kemajuan orang cina. Saya malah lain, orang Cina memberikan perbandingan hidup yang harusnya menjadi cerminan bagi bangsa pribumi untuk lebih maju. coba tirulah orang cina yang ulet dalam melakukan sesuatu..

obat penyakit ginjal mengatakan...

sama2 keturunan china berarti kita ne..
thx uda share cerita ini ya...
sukses terus..

obat alami batu ginjal mengatakan...

thx buat sejarahnya ne...

obat tradisional tbc mengatakan...

bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa mepersatukan perbedaaan didalamnya bukan malah memperbesar perbedaan dan terpecah belah karenanya.harusnya bangsa ini mengikuti seperti ini jangan terpecah belah hanya karena provokasi..

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

meskipun beda2 tapi tetap satu juga..
maksih uda berbagi....

obat jantung koroner mengatakan...

jalan2 di pagi hari ketemu artikel soal keturunan china,,,
menarik untuk disimak,,,,

obat herbal kanker prostat mengatakan...

nice share..
ulet dan bekerja keras....itu yang harus diteladani dari bangsa cina...

obat penurun kolesterol mengatakan...

sebagai negara yg berbhineka tunggal ika apaun suku kita tetep selalu bersatu bro.

obat herbal kanker hati mengatakan...

meskipun aku jg china,tp aku selalu mao berteman dgn siapa saja,,tdk pandang suku,!

obat leukimia mengatakan...

org cina jaman dulu memang ulet2 bngt gan.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

artikel yg menarik buat diperbincangkan.

obat stroke mengatakan...

meskipun beda2 tapi tetap satu juga

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

jalan2 di pagi hari ketemu artikel soal keturunan china,

obat hiv mengatakan...

menarik untuk disimak,,

obat kista mengatakan...

maksih uda berbagi

obat sinusitis mengatakan...

Meskipun banyak orang yang sinis terhadap kesuksesan dan kemajuan orang cina.

obat batu empedu mengatakan...

thx y uda berbagi ceritanya,.,,,

obat herbal kanker darah mengatakan...

harusnya mengambil teladan dari keturunan cina dimana ulet dan kerja keras....

obat herbal kanker hati mengatakan...

bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa mepersatukan perbedaaan didalamnya bukan malah memperbesar perbedaan dan terpecah belah karenanya....
setuju banget sama pernyataan ini,,,,

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

meskipun berbeda2 harus tetap 1 juga...
jangan terpecah hanya karena perbedaan2 yang ada...

obat lupus mengatakan...

semoga sukses terus ya, ceritanya menarik ne mengajarkan kita agar jangan terpecah belah hanya karena diprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab...
mantap...

obat herbal kanker serviks mengatakan...

saya juga chinese,tp gak mau minder karna saya chinese.

obat paru paru basah mengatakan...

yg pntng satu jiwa,satu hati!

obat gondok mengatakan...

simak-simak dulu,,,hehe..

obat lupus mengatakan...

keren deh,,ini ulasannya.!!

obat miom mengatakan...

seru juga ya bahas ini!

obat ginjal mengatakan...

ini ulasannya.

obat batu ginjal mengatakan...

simak-simak dulu

obat tbc mengatakan...

thx y uda berbagi ceritanya,

obat hepatitis mengatakan...

meskipun aku jg china,tp aku selalu mao berteman dgn siapa saja,,

obat jantung koroner mengatakan...

ceritanya menarik ne mengajarkan kita agar jangan terpecah belah hanya karena diprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab...

obat herbal kanker prostat mengatakan...

meskipun berbeda2 harus tetap 1 juga...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

setuju banget sama pernyataan ini,,,

obat batu empedu mengatakan...

ceritanya menarik ne mengajarkan kita agar jangan terpecah belah hanya karena diprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

obat leukimia mengatakan...

seru juga ya bahas ini

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

meskipun berbeda2 harus tetap 1

obat trigliserida mengatakan...

menurut aku sama jalah gan.

obat lemah jantung mengatakan...

memang sih kalo ygb asli cinanya agak cekatan,karna turunan dr leluhurnya.

obat jantung bengkak mengatakan...

cerita unik juga nie.

obat jantung bocor mengatakan...

semangat aja ahh..

obat jantung bocor mengatakan...

semangat aja ahh..

obat flek paru paru mengatakan...

thx ya gan atas ceritanya.

obat herbal kanker serviks mengatakan...

menurut aku sama jalah

obat paru paru basah mengatakan...

ceritanya menarik ne mengajarkan kita agar jangan terpecah belah hanya karena diprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

obat gondok mengatakan...

meskipun berbeda2 harus tetap 1

obat lupus mengatakan...

ceritanya menarik ne mengajarkan kita agar jangan terpecah belah

obat miom mengatakan...

thx y uda berbagi ceritanya

xamthone plus mengatakan...

Bangsa China adalah bangsa besar dan terdiri dari 6 suku etnik besar (56 etnik) yang dalam evolusi kulturalisasinya menjalani berbagai macam proses seperti konflik.

obat asam urat mengatakan...

thx bngt nie mau berbagi cerita ya gan..

obat diabetes mengatakan...

mantab ya ceritanya bro??

obat darah tinggi mengatakan...

semangat sobat..

obat asma mengatakan...

sip dahh ya.

obat sakit kepala mengatakan...

semoga bisa dibaca oleh semua orang.

obat kolesterol mengatakan...

setuju,,,,

obat wasir mengatakan...

lbh fektif ya...semangat.

obat kanker mengatakan...

oke bngt ya artikelnya.

obat herbal kanker payudara mengatakan...

patut dibaca,,

Anonim mengatakan...

Tulisan berseri harusnya ada link untuk menuju ke seri sebelum atau sesudahnya. Saya sulit sekali mencarinya.

Khasiat Ace Maxs mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya. . sukses untuk blognya
salam sehat

SEHAT ALAMI mengatakan...

Terimakasih ya atas infonya gan. . sukses terus

Pengobatan Alami Kolesterol Tinggi mengatakan...

Pagi gan. . salam sehat dan tetap semangat ya menjalankan aktivitasnya
update terus info terbarunya, kami tunggu

Pengobatan Alami Batuk Berdarah mengatakan...

Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat ya gan. .
nice desainnya, sukses terus
Thank'sSemoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat ya gan. .
nice desainnya, sukses terus
Thank's

Obat Step Pada Anak mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . Mantap banget desain blognya.
Salam sehat

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Herbal Infeksi Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
semoga bermanfaat.

Obat Untuk Penyakit Stroke Trombotik Ekstrak Herbal mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . update terus dan salam sehat

Obat Untuk Penyakit Gondok Beracun Tradisional Alami mengatakan...

Mantap infonya. . nice desain artikelnya
TOP deh, update terus ya, thank's

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

Obat Herbal Penyempitan Pembuluh Darah Ekstrak Alami mengatakan...

artikelnya menarik banget gan. .
thank's ya, semoga bermanfaat

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
Thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Artikel yang menarik gan . update terus ya
salam sehat

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's infonya gan. . semoga bermanfaat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

Obat Herbal Untuk Urat Syaraf Kejepit Alami mengatakan...

Good job gan. . artikelnya menarik
tahnk's ya

Obat Untuk Penyakit Keloid Secara Tradisional mengatakan...

Nice gan artikelnya. . update terus info terbarunya

Obat Herbal Untuk Jantung Bengkak Alami dan Aman mengatakan...

makasih telah berbagi. . mampir balik ya gan

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Artikel yang sangat keren gan.. thanks ya telah berbagai dengan kami
salam sehat dan sukses selalu

Adrian Yohanes Purnomo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Adrian Yohanes Purnomo mengatakan...

Artikel yang bagus, apalagi kalau ditambah dengan bukti bukti yang kuat sekali seperti tes DNA dari perspektif antropologi. Coba anda2 sekalian goggling ke website Human Family Tree, The Genographic Project, 23andme dan ISOGG (International Society Of Genetic Genealogy).

Rental Mobil Surabaya mengatakan...

tapi walau bagaimanapun aku tetap china. dimanapun aku tinggal, tidak mungkin mereka bilang aku orang madura. mungkin para leluhur benar.

Adrian Yohanes Purnomo mengatakan...

Sebetulnya secara Sains, ilmu Antropologi molekuler baik dari "sudut pandang" DNA Autosomal, Kromosom Y dan DNA Mitokondria, mustahil untuk membagi kelompok manusia berdasarkan Ras. Kita semua, umat manusia modern Homo Sapiens semua masih tinggal di Afrika Timur 200.000 tahun lalu BP. Baru sekitar 70.000 - 60.000 tahun lalu BP manusia mulai keluar dari Afrika lewat Semenanjung Arabia selat Bab El Mandeb atau lewat Sungai Nil ke Sinai. Memang, sepertinya perbedaan fisik orang Cina dan Melayu cukup kentara, tetapi dari segi forensik (bentuk tengkorak, perawakan fisik) dan melalui tes DNA, sebetulnya perbedaan fisik orang Cina Selatan Sino Tibet, Tibeto Burmese seperti orang Kanton, Fujian Hokkian, Guangzi, Hainan dan Taiwan Pribumi + Han Taiwanese dan orang Melayu Austroasiatik dan Austronesia dari Semenanjung Indocina (bukan orang Indonesia Timur seperti orang Melanesia, Papua, Maluku, NTT) nyaris sama persis ditandai dengan mayoritas leluhur Ayah Y Haplogroup O-M175 (khas orang Asia Tenggara, orang Cina Tengah dan Selatan) dan sub kelompoknya: Y Hg O1a-M119, O1b-M256 / P-31, O2-M122 dan mayoritas garis leluhur Ibu mtDNA Hg M7 (Tipe M) lalu Hg N9, R11'B, R9 - F (Tipe N dan R). Tapi lain lagi ceritanya kalau mau membedakan rupa fisik dan DNA orang Cina Utara di Beijing dan Shanghai Utara seperti Yao Ming, Zhang Ziyi, Gong Li yang tampaknya sudah ada unsur DNA khas Mongolia, Siberia Tenggara, Altai - Kazakhstan yang bentuk mata nya sipit2 dan bentuk mata nya yang seperti Almond. Asal tahu saja, DNA Kromosom Y Paternal orang Siberia Mongol biasa adalah anggota dari Y Hg C-M130 (sekarang disebut C2) C3-M217. Y Hg C*-M130, D*-M174 adalah Y Haplogroup tertua di luar Afrika, umurnya sekitar 60.000 - 50.000 tahun lalu BP. Berbeda jauh dengan mayoritas Y DNA orang Cina dan Melayu (Y Hg NO*-M214 dan O*-M175), orang Pegunungan Ural dan Finlandia (Y Hg N*-M231), Pribumi Amerika (Y Hg Q*-M242) anak benua India (Y Hg H dan L), orang Eropa Barat (Y Hg R1b-M343), orang Eropa Timur (Y Hg R1a-M173 dan Timteng / Arabia (Y Hg J1 dan J2). Kalau Anda lihat perbedaan dari leluhur Ibu (DNA Mitokondria) maka hasilnya akan lebih diskriminasi. Sudahlah, untuk keterangan lebih lengkap coba kamu kunjungi website FTDNA, The Genographic Project, 23andMe, ISOGG dan DNA Explain nya Mrs Roberta Estes. Dia menjelaskan hal2 yang sangat detail tentang hal2 yang berhubungan dengan DNA Molekuler baik melalui pengujian DNA Uniparental mulai dari Haplogroup Kromosom Y dari Ayah, DNA Mitokondria dari Ibu dan DNA Autosomal dari keluarga besar dengan tingkat akurasi yang meyakinkan dan bisa melacak "Nuclear" DNA dari 5 sampai 8 generasi di atas Anda / Kakek Nenek buyut. Semoga bisa membantu. Terima Kasih!

Artikel Favorit dalam 1 minggu