Rabu, 03 Maret 2010

Kearifan Ajaran Klasik (part 1)

Semakin hari, berita tentang Indonesia semakin menyerupai sinetron. Apakah mungkin Indonesia bisa seperti Jepang, meskipun kalah perang pada tahun 1945 saat ini menjadi salah satu negara maju di dunia. (Keluh Ero)

Kenapa tidak mungkin, semua itu mungkin lagi. Asalkan, semua manusia mau belajar dari sejarah, siap bangkit dari kekalahan dan keterpurukan serta membangun karakter bangsa yang tabah, tegar dan tangguh. Tak lupa, hal tersebut harus dilakukan dengan sepenuh hati jangan setengah-setengah, sebab jika tidak maka kita akan tersesat dalam kebelengguan. Menginggatkan aku (Ilu) akan sosok samurai Jepang yang bernama Miyamoto Musashi (1584-1645).

Mungkin hal-hal yang harus ditanamkan kearifan dalam diri manusia adalah

  • Pencerahan batin menuju manusia hidup kekal, kearifan tentang kesadaran jangan terbelenggu olehnya dalam ketakhayulan.
  • Dalam kehidupan bersosial, manusia hendaknya menjadi teladan, kearifan hendaknya transparanan dan jangan terbelenggu dalam kepesimisan (kepasifan)
  • Etika dan moral manusia dalam kehidupan persaudaraan, kearifan tentang kejatian jangan dirusak oleh kemunafikan.
  • Agar manusia hidup dalam keharmonisan dan berkesinambungan, kearifan tentang ketenteraman jangan dikotori dengan adanya keeuforian.
  • Perubahan untuk menuju manusia hidup yang lebih dinamis, kearifan tentang situasi dan kondisi jangan terhambat oleh keraguan.
  • Pola berfikir manusia membawa ke hidup berdialektis, kearifan tentang kelancaran jangan terjerumus dalam kesofisan.
  • Kepemimpinan menjadikan manusia hidup perkasa, kearifan tentang kekuasaan jangan didasarkan pada kekejaman.
  • Persaingan menuju manusia cerdas, berani, kearifan tentang tindak keputusan jangan tercampur dengan kelicikan.
  • Koalisi bertujuan mematangkan sebuah rencana, kearifan tentang kepastian akuratan jangan ada kecurangan didalamnya.
  • Hidup sehat wajah berseri, kearifan tentang keholistikan jangan disertai dengan ragam pantangan.
  • Makna dualitas menuju manusia memahami akan alam semesta, kearifan tentang paradok keambiguitasan jangan disamakan dengan samar kekhayalan.
  • Makna musin menuju manusia hidup sederhana dan bahagia, kearifan tentang nyaman kesegaran jangan terbelenggu olehnya dalam kepurukan hina diri.

Tunggu dulu sepertinya saya (Aji) pernah ingat akan kearifan yang barusan kamu sebut Ilu. Dari yang pertama, Fo jia (Gautama), Dao jia (Lao zi), Ru jia (Kong zi), Mo jia (Mo zi), Yi jia (Yi jing), Ming Jia (Logika), Fa Jia (Legalis), Bing Jia (militer), Zhong Heng (Strategi), Yi Jia (kesehatan), Yin Yang (Yin Yang), Nong Jia (pertanian).

Tapi Ilu......Manusia itu khan penuh akan kebohongan, kesombongan, kemunafikan yang merupakan akibat dari kultur budaya feodalis dan kolonial yang mengakar sangat kuat tentang kehargadiriannya dimana terkandung didalamnya yaitu ketenaran, kekayaan dan kekuasaan.

Benar yang kamu sebut Aji. Jadi balik pada kesadaran masing-masing setiap manusia. Manusia yang mengabaikan atau tidak mau belajar dari sejarah dan budaya bangsanya maka akan menjadi tokoh tontonan dengan prilaku karakter yang menjenuhkan, menjijikan dan menjengkelkan dalam pentas masyarakat dan politik. Tentu berimplikasi dengan keburukan, kemuduran, dan kejanggalan dalam kehidupan keradaban berdemokrasi Negara dan bangsanya sendiri. Jawab Ilu.

Tiba-tiba Ero celetuk. Nah... itu dia, mengapa saya bilang berita Indonesia sudah seperti sinetron saja.

Konsep pembelajaran pemahaman,pepaduan menjadi dasar pemikiran demokratis yang pluralis dalam evolusi sejarah budaya sebuah bangsa dan negara menuju kemajuan tahap lanjut yang pasti.

Enjoy, peace and love from Sukra.

referensi foto: http://dorukakan.files.wordpress.com/2009/01/kuniyoshi-miyamoto_musashi_killing_a_giant_nue.jpg

Related Posts by Categories



154 comments:

iqbal rekarupa mengatakan...

ajaran klasik memangpadat akan nasehat jangka panjang, tetapi banyak yang sudah kita tinggalkan.
sebenernya sayang banget karena mayoritas ajaran tersebut sangat fleksibel menghadapi perubahan jaman

senter setrum mengatakan...

numpang baca

Nikmaya John mengatakan...

Ternyata ajara klasik angat filisofis,,,

Iklan gratis tanpa daftarh mengatakan...

Ajaran klasik cenderung lebih keras dan disiplin ilmunya tinggi,,, beda sama zaman skarang,,,

Tahitian Noni Juice mengatakan...

Ajaran klasik cenderung lebih keras dan disiplin ilmunya tinggi,,,

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

salam knl juragan

Data Mobile Phone mengatakan...

numpang baca+comment+kenalan ^_^

kanker mengatakan...

serrrruuuuuuu ajaran klasik tp masih ada di era modern

Technology Informasih mengatakan...

wah ajaran klasik ngeri gan masih jodoh menjodohkan

TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in Indonesia mengatakan...

kayaknya mimpi doank

TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in Indonesia mengatakan...

kayak nya indonesia makin ancur aja tu

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

sebenernya sayang banget karena mayoritas ajaran tersebut sangat fleksibel menghadapi perubahan jaman

Business And Finance mengatakan...

wah ajaran klasik

busana muslim mengatakan...

ajaran klasik memang bagus

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

masih adakah ajaran klasih di era zaman sekarang??

obat herbal insomnia mengatakan...

mntab blog nya gan

obat herbal batu ginjal mengatakan...

kita jdi mns hrus arif

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

nice posting bro

obat herbal tbc mengatakan...

Ternyata ajara klasik angat filisofis,,,

obat herbal jantung koroner mengatakan...

slam knal

obat herbal kanker mengatakan...

nice blog gan

obat herbal hepatitis b dan c mengatakan...

kren bgt blog nya bro

obat jerawat mengatakan...

wah ajaran klasik ngeri gan masih jodoh menjodohkan

obat tradisional asma mengatakan...

ajaran klasik memangpadat akan nasehat jangka panjang, tetapi banyak yang sudah kita tinggalkan karena banyak sekali ajaran-ajaran baru yang masuk.

obat tradisional kolesterol mengatakan...

Manusia itu khan penuh akan kebohongan, kesombongan, kemunafikan yang merupakan akibat dari kultur budaya feodalis dan kolonial yang mengakar sangat kuat
setuju soal ini...

obat ambeien tradisional mengatakan...

disimak dulu ya gan.....
tx...

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

Dalam kehidupan bersosial, manusia hendaknya menjadi teladan supaya manusia lainnya bisa mengikuti teladan yang baik...

obat tradisional stroke mengatakan...

sepertinya ajaran klasik sekarang ini sudah tidak ada lagi....

obat jantung koroner mengatakan...

numpang baca..ya bro

obat herbal kanker prostat mengatakan...

wah ajaran klasik ngeri gan masih jodoh menjodohkan

obat batu empedu mengatakan...

wah ajaran klasik ngeri gan masih jodoh menjodohkan

obat leukemia mengatakan...

wah ajaran klasik..

agen xamthone plus mengatakan...

kren bgt blog nya bro,makasih yaa.

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

ijin nyimak dulu ya ....

obat hiv aids mengatakan...

wah kayanya ajaran klasik uda ditinggalkan karena masuknya ajaran-ajaran modern..

obat tradisional kista mengatakan...

thx buat share ajaran klasiknya...

obat sinusitis mengatakan...

Dalam kehidupan bersosial, manusia hendaknya menjadi teladan setuju banget ne karena memang manusia diciptakan sebagai makhluk sosial,..
thx..

obat penyakit ginjal mengatakan...

kemunafikan memang jangan sampai merusak etika dan moral manusia apalagi dalam hubungan bisnis..
thx ya untuk info ajaran klasiknya...

obat stroke mengatakan...

ijin nyimak dulu ya ....

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

disimak dulu ya gan.....
tx...

obat hiv mengatakan...

wah ajaran klasik ngeri gan masih jodoh menjodohkan

obat kista mengatakan...

disimak dulu ya gan.....
tx...

obat sinusitis mengatakan...

numpang baca..ya bro

obat batu empedu mengatakan...

Ternyata ajara klasik angat filisofis,,,

obat penurun kolesterol mengatakan...

salam kenal gan.

obat herbal kanker hati mengatakan...

izin share dan simak ya gan.

obat leukimia mengatakan...

kalo zaman skrg seperti zaman dulu mgkn anak muda skrg gak akan terkena pergaulan bebas x ya gan...kan adat zaman dulu sangat bnr-bnr keras.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

makasih gan aku uda boleh mampir ya..cerita yg good..!!

obat leukemia mengatakan...

Ajaran klasik cenderung lebih keras dan disiplin ilmunya tinggi,,, beda sama zaman skarang,,,

obat herbal kanker hati mengatakan...

naiz post bro... good...

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

good article

obat herbal kanker serviks mengatakan...

thx mas bro udah share infonya

obat paru paru basah mengatakan...

mantab mas bro infonya, bagi lagi donk yang lain heheheh

obat alami batu ginjal mengatakan...

ajaran klasik memang padat akan nasehat jangka panjang, tetapi banyak yang sudah kita tinggalkan. karena banyaknya masuk ajaran-ajaran modern

obat tradisional tbc mengatakan...

thx uda share ..

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

numpang baca dulu ya..
artikelnya keren

obat jantung koroner mengatakan...

Hidup sehat wajah berseri, kearifan tentang keholistikan jangan disertai dengan ragam pantangan.
setuju ne kata-katanya..

obat herbal kanker prostat mengatakan...

semoga sukses terus ya buat post-post selanjutnya....
great article..

obat herbal kanker serviks mengatakan...

Ajaran klasik cenderung lebih keras dan disiplin ilmunya tinggi bngt daripada zaman skrg..

obat paru paru basah mengatakan...

indonesia kapan bangkitnya ya..??

obat gondok mengatakan...

ajaran klasik sebenarnya bgs jg sih,,..mendidik..

obat lupus mengatakan...

keren,keren bngt!!!!!...):>>

obat miom mengatakan...

mantab,mantab,mantab!!!

obat ginjal mengatakan...

keren,keren bngt!!!!!...):>>

obat batu ginjal mengatakan...

ajaran klasik sebenarnya bgs jg sih,,..mendidik.

obat tbc mengatakan...

mantab,mantab,mantab!!!

obat hepatitis mengatakan...

semoga sukses terus ya buat post-post selanjutnya....
great article..

obat jantung koroner mengatakan...

ajaran klasik sebenarnya bgs jg sih,,..mendidik..

obat batu empedu mengatakan...

nice article.....

obat herbal kanker darah mengatakan...

ajaran klasik sepertinya semakin lama semakin memudar dengan masuknya ajaran2 baru yang modern..

obat herbal kanker hati mengatakan...

jangan sampao ada kecurangan dalam berkoalisi sehingga bisa mendapatkan kepercayaan dari teman2 lainnya...

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

artikelnya mantap banget ne tentang ajaran klasik..

obat lupus mengatakan...

orang yang lupa akan kebudayaannya sendiri tentu akan menjadi seseorang yang lupa akan dirinya sendiri..jangan pernah lupakan kebudayaan bangsa dan ajaran2 klasik yang sudah ada,....

obat miom mengatakan...

mantap ne artikelnya....

obat trigliserida mengatakan...

ajaran klasik seharusnya ga boleh terlupakan...

obat jantung bengkak mengatakan...

ajaran klasik memang padat akan nasehat jangka panjang, tetapi banyak yang sudah kita tinggalkan karena masuknya ajaran2 modern.....

obat jantung bocor mengatakan...

ajaran klasik meskipun panjang dan nasihat terus tapi ajaran klasik termasuk ajaran yang fleksibel terhadap ajaran modern....

obat flek paru paru mengatakan...

ajaran klasik memang bagus....
nice share..

obat trigliserida mengatakan...

pagi bro!!??

obat lemah jantung mengatakan...

bgs nie bro artikelnya,kamu jg uda berbagi cerita ya.

obat jantung bengkak mengatakan...

ajaran klasik zaman skrg msh ada sdkt2 koq,walaupun sekarang uda zaman modern.

obat jantung bocor mengatakan...

manteb bnget bro.kamu hebat ya bisa copas artikel kaya gini.

obat flek paru paru mengatakan...

lanjutkan terus bro,biar makin oke hehe!!

obat herbal kanker prostat mengatakan...

ajaran klasik memang bagus

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

tinggalkan karena masuknya ajaran2 modern..

obat batu empedu mengatakan...

bgs nie bro artikelnya

obat leukimia mengatakan...

nice share.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

jangan pernah lupakan kebudayaan bangsa dan ajaran2 klasik yang sudah ada,

xamthone plus mengatakan...

ajaran klasik yang menarik....

Obat tradisional asam urat mengatakan...

bagus ne artikelnya...
makasih ya bro...

obat tradisional diabetes mengatakan...

ajaran klasik memang padat akan nasehat jangka panjang, tetapi banyak yang sudah kita tinggalkan karena banyaknya masuk ajaran2 modern,,,,

obat tradisional keputihan mengatakan...

Dalam kehidupan bersosial, manusia hendaknya menjadi teladan, kearifan hendaknya transparanan dan jangan terbelenggu dalam kepesimisan (kepasifan)....
betul banget ne..

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

semoga sukses terus ya buat karya2nya,,,
filosofi klasik yang sangat menarik...

xamthone plus mengatakan...

indonesia memang terlalu bnyk berkhayal hehe..

obat asam urat mengatakan...

mimpi khayalan ya gan hahahahaha.....

obat diabetes mengatakan...

masih masukkah ajaran klasik dizaman skrg?

obat darah tinggi mengatakan...

org zaman dulu memang keras.

obat asma mengatakan...

diikutin sajalah...,ajaran klasik!

obat herbal kanker serviks mengatakan...

indonesia memang terlalu bnyk berkhayal

obat paru paru basah mengatakan...

lanjutkan terus bro

obat gondok mengatakan...

betul banget ne

obat lupus mengatakan...

lanjutkan terus bro,biar makin oke

xamthone plus mengatakan...

mimpi khayalan ya gan hahahahaha

obat asam urat mengatakan...

ajaran klasik seharusnya ga boleh terlupakan

obat diabetes mengatakan...

indonesia memang terlalu bnyk berkhayal hehe

obat darah tinggi mengatakan...

lanjutkan terus

obat asma mengatakan...

ajaran klasik memangpadat akan nasehat jangka panjang, tetapi banyak yang sudah kita tinggalkan.

obat sakit kepala mengatakan...

Semakin hari, berita tentang Indonesia semakin menyerupai sinetron,memang bnr nie gan.

obat kolesterol mengatakan...

salam sahabat ya gan??

obat wasir mengatakan...

numpang share ya..

obat kanker mengatakan...

semangat ajalah..

obat herbal kanker payudara mengatakan...

bgs blognya.

obat sakit kepala mengatakan...

numpang share ya.

obat kolesterol mengatakan...

mimpi khayalan ya gan hahaha

obat wasir mengatakan...

indonesia memang terlalu bnyk berkhayal

obat kanker mengatakan...

salam sahabat ya gan?

obat herbal kanker payudara mengatakan...

semoga sukses terus ya buat karya2nya,,

obat stroke mengatakan...

semangat bro..

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

arif ya ???

obat hiv mengatakan...

mantab aje deh.

obat kista mengatakan...

kearifan memang perlu biar menjadi bijaksana.

obat herbal sinusitis mengatakan...

harus bngt itu,cerita yg menarik.

obat ginjal mengatakan...

Ajaran klasik cenderung lebih keras dan disiplin ilmunya sangat tinggi,,,

obat batu ginjal mengatakan...

serrrruuuuuuu bngt ya..

obat tbc mengatakan...

keren abizzzzzzzzzzz,,,,,,,,,,,,,,

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

cerita oke!!

obat hepatitis mengatakan...

nice artikel ya.

flash card untuk bayi mengatakan...

Infonya mantap gan lanjut terus

Khasiat Ace Maxs mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya. . sukses untuk blognya
salam sehat

SEHAT ALAMI mengatakan...

Terimakasih ya atas infonya gan. . sukses terus

Pengobatan Alami Kolesterol Tinggi mengatakan...

Pagi gan. . salam sehat dan tetap semangat ya menjalankan aktivitasnya
update terus info terbarunya, kami tunggu

Pengobatan Alami Batuk Berdarah mengatakan...

Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat ya gan. .
nice desainnya, sukses terus
Thank's

Obat Step Pada Anak mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . Mantap banget desain blognya.
Salam sehat

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Herbal Infeksi Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
semoga bermanfaat.

Obat Untuk Penyakit Stroke Trombotik Ekstrak Herbal mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . update terus dan salam sehat

Obat Untuk Penyakit Gondok Beracun Tradisional Alami mengatakan...

Mantap infonya. . nice desain artikelnya
TOP deh, update terus ya, thank's

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

Obat Herbal Penyempitan Pembuluh Darah Ekstrak Alami mengatakan...

artikelnya menarik banget gan. .
thank's ya, semoga bermanfaat

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
Thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Artikel yang menarik gan . update terus ya
salam sehat

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's infonya gan. . semoga bermanfaat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

Obat Herbal Untuk Urat Syaraf Kejepit Alami mengatakan...

Good job gan. . artikelnya menarik
tahnk's ya

Obat Untuk Penyakit Keloid Secara Tradisional mengatakan...

Nice gan artikelnya. . update terus info terbarunya

Obat Herbal Untuk Jantung Bengkak Alami dan Aman mengatakan...

makasih telah berbagi. . mampir balik ya gan

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Artikel yang sangat keren gan.. thanks ya telah berbagai dengan kami
salam sehat dan sukses selalu

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...

siapa bilang jepang kalah pada 1945. dia pulang kerena lihat keluarganya akibat bom atom hiroshima dan nagazaki.

Artikel Favorit dalam 1 minggu