Rabu, 16 Maret 2011

Hari Kelabu di Jepang

Dimulai dari 11 Maret 2011 hingga 15 Maret 2011 adalah hari kelabu di Jepang bagi saya. Melihat berbagai bencana yang terus-menerus terjadi membuat perasaan cemas, takut dan panik menghampiri. Siapakah yang tinggal di Jepang (khususnya bagian timur jepang) tidak cemas, takut dan panik melihat negara tempat ia berdiri tenggelam.

Hari-hari kelabu ini dimulai dari gempa besar 9 skala ritcher dan tsunami yang tingginya 10 meter, tanggal 11 Maret 2011. Kemudian keesokannya, 12 Maret 2011, bagian luar gedung pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi 1 meledak. Bagi saya, kejadian ini sudah cukup membuat Jepang tenggelam dalam berbagai hal.

13 Maret 2011, keadaan di Jepang sudah mulai menenang walau gempa susulan masih saja ada. Saya berpikir puncak bencana telah berakhir. Walau masih ada rasa cemas dan takut meskipun jauh dari pusat bencana. Disela rasa cemas ini, saya memutuskan untuk melakukan janji saya dengan sahabat-sahabat internasional (Peru, Madagaskar, Mynmar, Jepang, China, Filipina, USA, German, Prancis) untuk makan malam dan kumpul bersama. Mungkin saya dapat dianggap manusia yang tidak peka, tapi namanya sebuah janji haruslah ditepati. Dalam makan malam bersama ini saya menyuguhkan beberapa masakan Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat asing hanya tahu nasi goreng untuk masakan Indonesia dan saya bersyukur mereka menyukai masakan-masakan Indonesia yang saya suguhkan.

Dalam pembicaraan, saya kurang memperhatikan karena sebagai tuan rumah saya harus mempersiapkan segalanya. Tapi yang saya tahu, mereka bercerita tentang kecemasan keluarga mereka tentang keberadaan dirinya dan keberadaan Jepang. Dan sahabat, keluarga mereka menunggu kabar terbaru tentang Jepang dari teman-teman saya ini. Akhirnya saya sadar mereka (warga di dunia ini) peduli akan bencana ini, dan mungkin mereka menganggap ini adalah bencana internasional bukan hanya bencana nasional Jepang.

14 Maret 2011, saya berharap hari ini menjadi hari yang indah karena saya berulang tahun ke 27 pada tanggal ini. Pergi ke universitas untuk melakukan penelitian seperti hari-hari biasa hal ini dikarenakan kita (warga asing) harus beradaptasi dengan sifat orang Jepang yang workholic. Sesampai di universitas, rasa cemas dan takut kembali memuncak setelah mendengar kabar PLTN Fukushima reaktor 3 meledak. Beberapa saat kemudian kabar buruk datang kembali, reaktor nomor 2 mengalami kegagalan. Jadi bisa dibayangkan, jumlah radiasi yang akan dihasilkan dan dalam beritapun kapal-kapal laut US mulai menjauh dari karena telah mendeteksi radiasi yang cukup tinggi dari perairan Jepang. Benar-benar hari kelabu bagi saya, hari yang seharusnya indah menjadi hari penuh kecemasan dan ketakutan.


Lanjut melakukan penelitian, dan hasilnyapun tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini membuat rasa cemas terus meningkat. Hal ini dikarenakan penelitian yang saya lakukan berhubungan erat dengan reaktor nuklir yaitu mendeteksi elemen Hidrogen yang mana bila terjadi proses fisi maka reaktor itu akan meledak. Walau saat ini mungkin belum memberikan kontribusi tapi perasaan bahwa hidup mati manusia ada ditangan ini, benar-benar menakutkan. Setelah selesai penelitian dan membuat kesimpulan, professor saya kembali bercerita tentang kejadian reaktor nuklir yang ada di Fukushima tersebut terutama yang terjadi pada reaktor nuklir 3. Baginya ini adalah malu bagi Jepang bagaimana sebuah kegagalan terjadi hingga 2 kali apalagi ini berhubungan dengan keselamatan orang banyak yang merupakan prioritas no 1 di Jepang.

15 Maret 2011, berharap kejadian yang mencemaskan dan menakutkan tidak lagi terulang. Akan tetapi yang saya dapatkan adalah kabar bahwa reaktor nukir 2 meledak dan reaktor no 4 mengalami kebakaran. Tidak tahu secara detail karena ada kemungkinan informasi tersebut ditutup-tutupi, tapi hal yang pasti radiasi yang ditimbulkan telah menyebar hingga kota Tokyo dan dikatakan telah melewati batas normal. Tentu hal ini membuat panik setiap orang dan mereka benar-benar menyerbu supermarket untuk membeli segala kebutuhan terutama makanan dan minuman. Sebagian warga mulai berusaha meninggalkan Jepang atau mencari pengungsian yang jauh untuk memberikan rasa ketenangan karena situasi ini telah memberikan dampak kepada kebutuhan pokok mereka. Pada malam harinya sekitar pk 22.30, kembali terjadi gempa yang mencapai 6.1 skala ritcher di daerah Shizuoka dan 5.8 di laut dekat pusat gempa yang bersakla ritcher 9 minggu lalu.

Tiada hal yang bisa saya lakukan selain berdoa, agar Jepang (tempat kuberdiri saat ini) dan dunia (seperti Mesir dan Libya) kembali aman, tentram dan damai.


Enjoy, peace and love from Sukra.

Gambar 1: miniatur reaktor nuklir

Related Posts by Categories



341 comments:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 341   Lebih baru›   Terbaru»
obat radang paru-paru mengatakan...

wah kasian juga ya saudara kita di sana, semoga mereka bisa ambil hikmah nya, salam kenal aja gan

You're Gemini, Fa mengatakan...

hi mas sukra. saya suka membaca postingan mas yang ini. awalnya saya hanya googling mengenai Gracilaria dan muncul blog ini. saya baca lebih lanjut ternyata ada postingan mengenai beasiswa monbusho yang saya idam-idamkan, saya berharap bisa apply beasiswa tersebut tahun ini untuk progam master di nagoya daigaku. ternyata mas sukra juga satu bidang dengan ayah saya, fisika. saya juga merasakan keegoisan yang mas sukra tulis, saya bersyukur karena keluarga saya di nagoya dalam kondisi aman. semoga Tuhan melindungi mas sukra dan semua rekan di sana dan sukses penelitiannya. salam kenal..

xamthone plus mengatakan...

terima kasih nih gan buat informasinya semoga bermanfaat gan, salam kenala aja gan

Infeksi saluran kemih mengatakan...

setiap musibah pasti ada hikmahnya...thanks gan sudah buat postingan seperti ini

uhooi mengatakan...

.. thank's info.nya...
turutt sedih dan semoga mereka yang disana selalu diberi kesabaran,ketabahan, dan bisa mengambil hikmah.nya...

lam kenal aja yaa;
http://uhooi.blogspot.com/

aradeamarkatin mengatakan...

aku ikutan prihatin dengan ini semua,mudah-mudahan semua segera berakhir...salam kenal

aradeamarkatin mengatakan...

banyak berdoa gan biar kita terlindungi dari bencana itu...ga kebayang gimana rasanya pas kejadian seperti itu kita ada di sana....thanks

xamthone obat herbal segala penyakit mengatakan...

moga dengan adanya bencana bencana ,,,orang bisa lebih mendekatkan diri kpd AlLoh SWT...dan sabar menghadapinya,,,

Traffic mengatakan...

dalam jal ini saya sangat memuji kesiapan Jepang dalam menghadapi bencana seperti ini...
kerja keras dan sikap tidak putus asa mereka telah memukau dunia....
saya yakin Jepang akan bangkit kembali...

obat infeksi saluran kemih mengatakan...

liat nya jadi sedih gan , semoga di balik semua kejadian itu ada hikmah yang baik, thank

jantung koroner mengatakan...

semoga saja di balik semua itu ada hikmah yg baik, dan semoga mereka di beri ketabahan , makasih gan buat infonya

do follow mengatakan...

mas admin sedang kuliah di japan ??

Web Design Idea mengatakan...

semoga ttp sbr dan bisa kmbali mnjalani hidup normal kmbali...

Family and Parent Corner mengatakan...

hari kelabu bukan hanya untuk Jepang tapi juga untuk dunia...
seluruh dunia berkabung...

MMy Car mengatakan...

lets's pray for japan..
mudah2an mereka bisa bangkit lagi...

chain block elephant mengatakan...

infonya menarik..aku turut prihatin nich tuk jepang moga cepat stabil deh keadaannya kayak dulu

rental mobil di surabaya mengatakan...

kasihan ya semoga cepat selesai

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

bencana datang silih berganti,,moga kita bisa lebih mendekatkan diri kita kpd ALLOH SWT,,dan moga jepang bisa kembali aman dan tentram,,,

obat tradisional batu ginjal mengatakan...

moga mereka yang terkena musibah bisa menghadapi dengan kesabaran dan ketawakalan,,

solusi mengatasi nyeri saat haid mengatakan...

turut prihatin dengan bencana yang melanda jepang,,moga smuanya bisa kembali aman dan masyarakatnya bisa lebih sabar menghadapinya,,makasih banyak,,sukses slalu,,

obat infeksi saluran kemih mengatakan...

terimakasih gan buat infonya turut berduka cita buat mereka di jepang sana ,

Career and Job Update mengatakan...

gimana yah perkembangan terakhir kerusakan nuklir disana?
katanya sudah parah banget yah?

Sarang Semut mengatakan...

Jepang pasti bisa bangkit kembali! Ganbatte!!

obat asam urat mengatakan...

kasian mereka, semoga jepang cepat bangkit lagi dan bisa merakit mobil kembali, makasih atas informasinya

obat alami hepatitis mengatakan...

jepang tenggelam kasin yah mereka di ssanah, semoga cepat berdiri lagi , makasih atas infonya

obat tradisional infeksi saluran kemih mengatakan...

turut berduka cita...

obat tradisional sakit pinggang mengatakan...

semoga ada hikmahnya......

xamthone plus mengatakan...

ini ujian dari Alloh...
semoga ditabahkan..

Computer Solutions mengatakan...

hiks...
hari yang kelabu untuk hari ulang tahunnya mas..
:(
tetap semangat yah!

obat kanker serviks mengatakan...

bener2 kelabu tuh jepang, makasih banyak gan buat infonya

lake tahoe hotels cheap mengatakan...

Pak Sukra selaku orang indonesia yang sedang berada di Jepang, tentu memiliki kekhawatiran yang jauh lebih tinggi dibanding kami yang di Indonesia.. Mudah-mudahan ujian ini cepat berlalu dan mudah-mudahan ada hikmahnya..

obat alami hepatitis mengatakan...

semoga di kasih ketabahan mereka, makasih banyak buat infonya

obat insomnia mengatakan...

moga jepang bisa cepat kembali pulih lagi,,,

obat herbal hiv mengatakan...

bencana datang dengan tiba tiba,,,moga mereka di beri kesabaran untuk menghadapi smuanya

google adchoices mengatakan...

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana kalutnya orang di sana. Di mana lagi kita akan bernaung bila Tuhan sudah berkehendak.

jelly gamat mengatakan...

Semoga warga jepang selalu diberi kesabaran dan ketabahan, mungkin ini adalah ujian....

kanker payudara mengatakan...

Apapun masalahnya pasti ada jalan keluarnya, dengan kejadian ini kita bisa mengambil hikmah yang sangat bermakna...

Latest Mobile Phone mengatakan...

Wah kasihan juga saudara kita disini... semoga negara kita tdk mengalami seperti itu

Latest Mobile Phone mengatakan...

hhmmm jangan sampai negara kita mengalaminya

Data Mobile Phone mengatakan...

Terima kasih infonya gan... salam knl

Pengobatan Alami Penyakit Darah Tinggi mengatakan...

bner2 turut larut dalm kesedihan itu. saya yakin,, jepang negara yang kuat. pasti bsa lalui semua itu dan bangkit dengan semangat baru,..

Data Mobile Phone mengatakan...

semoga mereka bisa ambil hikmah nya

Nikmaya John mengatakan...

Kemajuan technologi juga membuat dunia ini menjadi serem,,, banyak yang malah dijadikan sembaga alat untuk menyakiti,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Wah kalau mendengar nuklir jadi gak bisa membayangkan gimana reaksinya,,,,,

How to Root HTC Evo 4G Android Phone mengatakan...

wah kasian juga ya saudara kita di sana

Samsung Strive Mobile Phones mengatakan...

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana kalutnya orang di sana.

Nokia N9 Mobile Phone Reviews mengatakan...

turutt sedih dan semoga mereka yang disana selalu diberi kesabaran,ketabahan

Nokia Mobile Phone mengatakan...

liat nya jadi sedih gan ,

Motorola Brute i686 – graphite (Sprint Nextel) Preview mengatakan...

lets's pray for japan..

penerjemah bahasa inggris mengatakan...

Segala yang terjadi pada umat manusia ada hikmahnya.

Baso Mukramin mengatakan...

Turut berduka cita

Baso Mukramin mengatakan...

Baso Mukramin

Agen XAMthone plus tasikmalaya mengatakan...

tahnk sob buat infonya semoga bermanfaat sob, salut sekali sama mereka

agen xamthoneplus jakarta mengatakan...

yang sabar aja...
semua pasti banyak hikmah nya

Agen jelly gamat surabaya mengatakan...

bangkitlah jepang!

Agen jelly gamat jakarta mengatakan...

sabarlah saudaraku..

xamthone plus mengatakan...

wah mengharukan sekli ya,,buat negara jepang semoga bisa sabar ya dan tetaap semangtt...

Antiques Fair mengatakan...

tetapi dengan masyarakatnya yang mempunyai etos kerja tinggi, Jepang mampu bangkit kembali dan recovery dalam waktu yang relatif cepat.

Agen jelly gamat surabaya mengatakan...

jdi terharu...

Agen jelly gamat surabaya mengatakan...

trut berduka bwt saudaraku semua..

Agen xamthone plus solo mengatakan...

sabarlah saudara"ku..

ini cobaan dri yg maha kuasa

Agen xamthone plus solo mengatakan...

mnyedihkan....

Agen jelly gamat tegal mengatakan...

trut berduka!!!

Agen xamthone plus cikarang mengatakan...

sabar aja bwt warga jepang!!!

Agen jelly gamat medan mengatakan...

tabah dan sabar pada yg maha kuasa!!

agen xamthone plus cinere depok mengatakan...

sabar saja

jelly gamat mengatakan...

bencanabsar bwt jepang!

propolis mengatakan...

jepang mndapt cobaan....

wedding souvenir mengatakan...

yang sabar dah tabah aja kawan...
semoga di baliq semua ini ada Ikmah nya...

Mobil Bekas mengatakan...

iya saya juga lihat di video mobil bagaikan anai-anai terbang gitu aja ngalir sm air. smeoga keadaan jepang bisa cepet pulih yah.. ganbate

obat penyakit jantung mengatakan...

saya turut prihatin,, semoga masalah ini cepat teratasi....

chanscorleone mengatakan...

sabar dan terus berjuang....

Mengecilkan perut mengatakan...

terima kasih atas infonya..
salam kenal..

suaraterbaru mengatakan...

salam kenal...

TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in Indonesia mengatakan...

bukti kekuasaan tuhan

Agen jelly gamat tarakan mengatakan...

kesabaran yg hrus diperlukan saat ini...

seo sydney mengatakan...

One of the very best I have read. Well written, with style and intelligence. Mas admin sedang kuliah di japan ?? I respect your comment from my bottom of heart. Such a super post for read. Thanks for sharing this post so much.

thinkbet mengatakan...

kapan ya saya bisa dpt beasiswa di jepang? salam kenal aja dah mas

Pengobatan asam urat mengatakan...

pasti bisa bangkit...

Peluang Bisnis Online BlakBlakan mengatakan...

salam kenal

Tahitian Noni Juice mengatakan...

dalam jal ini saya sangat memuji kesiapan Jepang dalam menghadapi bencana seperti ini...

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

terima kasih nih gan buat informasinya semoga bermanfaat gan, salam kenala aja

Tahitian Noni Indonesia mengatakan...

aku ikutan prihatin dengan ini semua,mudah-mudahan semua segera berakhir..

Mobile Phone Application mengatakan...

hari kelabu bukan hanya untuk Jepang tapi juga untuk dunia...

Mengatasi Buang Air Besar Berdarah mengatakan...

bencana datang silih berganti,,moga kita bisa lebih mendekatkan diri kita kpd ALLOH SWT,

Business And Finance mengatakan...

kunjungan pagi hari ane soob

kanker mengatakan...

bencana datang silih berganti,,moga kita bisa lebih mendekatkan diri kita kpd ALLOH SWT,,

Technology Informasi mengatakan...

walking" kawan

Obat herbal thalasemia mengatakan...

wahhh cobaan yg brat!

Obat herbal maag kronis mengatakan...

kasihan ya mreka!

Obat herbal batu ginjal mengatakan...

sabar,,,

Agen xamthone plus bandung mengatakan...

musibah yg besar!

Agen xamthone plus surabaya mengatakan...

siip masss.....

Nokia C8 mengatakan...

musibah yg besar jangan sampai melanda lagi

Agen xamthone plus bandung mengatakan...

kasihan mreka,,

obat asam urat tradisional mengatakan...

semoga saja di balik semua itu ada hikmah yg baik, dan semoga mereka di beri ketabahan , makasih gan buat infonya

Nokia N8 mengatakan...

mudah2an mereka bisa bangkit lagi...

Nokia 700 mengatakan...

semoga saja di balik semua itu ada hikmah yg baik

Obat herbal glaukoma mengatakan...

semoga di berikan kesabaran aja,,,

Pengobatan asam urat mengatakan...

semoga kalian d brikan kesabaran ya,,,

Obat herbal kanker paru paru mengatakan...

hanya doa yg bisa kami brikan utk kalian semua,,,

obat herbal kanker payudara mengatakan...

good post n salam kenal ja

xamthone plus mengatakan...

mantap nie postingan nya sangat menarik nie.......

xamthone plus mengatakan...

oke juga nie info nya sangat bagus nie.......

Pengobatan sinusitis mengatakan...

thanks mas bro...

Propolis brazil mengatakan...

thanks mass infonya,,,,,

obat tradisional nyeri haid mengatakan...

jepang pasti bisa bangkit kembali dan menjadi lebih baik lagi,,
saya yakin,,

obat asam urat tradisional mengatakan...

sip mas..
thaks ifonya n salam kenal ja

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

saya suka membaca postingan mas yang ini

healthy blog mengatakan...

artikel yang menarik dan sangat bermanfaat untuk saya pencari berita. thanks ya

Obat Asam Urat Tradisional mengatakan...

untuk orang2 yg meninggal, smoga diterima disisinya ... amien ..
dan untuk orang yg ditinggalkan smoga disabar kan
ini hanya cobaan dari tuhan, ambilah hikmahnya ...

Business And Finance mengatakan...

aku ikutan prihatin dengan ini semua,mudah-mudahan semua segera berakhir

Professional Indemnity Insurance quote mengatakan...

bencana datang silih berganti

Life Stlye mengatakan...

cuma lihat aja jadi sedih gan

Mobile Phone Apps mengatakan...

salam kenala aja gan

obat hepatitis b mengatakan...

turut merasakan yaa :)

penanggulangan hepatitis mengatakan...

terimakasih artikel nya sangat menambah wawasan saya

obat tradisional asam urat mengatakan...

cobaan yg besar...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

kernn gan mantapp....!

obat jantung mujarab mengatakan...

ikut berduka cita atas apa yang sudah terjadi di jepang mudah mudahan cobaan ini menjadi aaaawal yang baik buat ke depannya
amiiin

Berita Hyundai mengatakan...

dibalik musibah pasti akan ada kebahagiaan yang sudanmg menanti di depan,,,,,

obat herbal kolesterol tinggi mengatakan...

blogwalking gan

obat herbal kanker payudara mengatakan...

suka sekali dengan postingan anda

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

jalan2 ketemu blog yang keren satu ini

obat herbal kanker otak mengatakan...

trims mas atas infonya

obat herbal kanker hati mengatakan...

hi mas sukra. saya suka membaca postingan mas yang ini.

obat herbal kanker rahim serviks mengatakan...

terima kasih nih gan buat informasinya semoga bermanfaat gan, salam kenal

galaxy tab 7 plus mengatakan...

terima kasih nih gan buat informasinya

obat herbal kanker usus mengatakan...

wah kasian juga ya saudara kita di sana, semoga mereka bisa ambil hikmah nya

obat herbal kanker darah leukemia mengatakan...

wah kasian juga ya saudara kita di sana, semoga mereka bisa ambil hikmah nya

obat herbal penyakit keputihan mengatakan...

setiap musibah pasti ada hikmahnya.

obat herbal penyakit diabetes melitus mengatakan...

hari kelabu bukan hanya untuk Jepang tapi juga untuk dunia...

obat herbal penyakit jantung koroner mengatakan...

terimakasih gan buat infonya turut berduka cita buat mereka di jepang sana

obat herbal penyakit stroke mengatakan...

semoga di kasih ketabahan mereka,

obat herbal penyakit tbc mengatakan...

semoga di kasih ketabahan mereka,

obat herbal penyakit gondok mengatakan...

moga dengan adanya bencana bencana ,,,orang bisa lebih mendekatkan diri kpd AlLoh SWT

xamthone plus mengatakan...

semoga saja di balik semua itu ada hikmah yg baik

xamthone mengatakan...

jepang tenggelam kasin yah mereka di ssanah, semoga cepat berdiri lagi , makasih atas infonya

obat herbal amandel alami mengatakan...

cuma lihat aja jadi sedih gan

obat herbal penyakit kista ovarium mengatakan...

hi mas sukra. saya suka membaca postingan mas yang ini.

obat herbal vertigo alami mengatakan...

turut prihatin dengan bencana yang melanda jepang

obat herbal sinusitis alami mengatakan...

jepang pasti bisa bangkit kembali

obat herbal insomnia kronis mengatakan...

jepang pasti bisa bangkit kembali

obat herbal penyakit asam urat mengatakan...

semoga ada hikmahnya

obat herbal penyakit asam urat mengatakan...

turut berduka cita

obat herbal penyakit maag mengatakan...

semoga kalian d brikan kesabaran

obat herbal asma alami mengatakan...

semoga kalian d brikan kesabaran

obat herbal penyakit batu ginjal mengatakan...

semoga saja di balik semua itu ada hikmah yg baik,

obat herbal penyakit gagal ginjal kronis mengatakan...

aku ikutan prihatin dengan ini semua,mudah-mudahan semua segera berakhir

obat herbal penyakit lupus mengatakan...

moga dengan adanya bencana bencana ,,,orang bisa lebih mendekatkan diri kpd AlLoh SWT

obat herbal darah tinggi hipertensi mengatakan...

dalam jal ini saya sangat memuji kesiapan Jepang dalam menghadapi bencana seperti ini.

obat herbal darah rendah alami mengatakan...

dalam jal ini saya sangat memuji kesiapan Jepang dalam menghadapi bencana seperti ini.

obat herbal demam berdarah alami mengatakan...

terima kasih nih gan buat informasinya semoga bermanfaat gan

obat herbal diare alami mengatakan...

aku ikutan prihatin dengan ini semua,mudah-mudahan semua segera berakhir

autism life mengatakan...

ya kitaharus ambil hikmahnya

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

turut berduka cita yaa sodaraku

busana muslim mengatakan...

salam kenal,,sukses yahh dengan postingan nya

obat tradisional kanker prostat mengatakan...

ambil hikmahnya dari semuanya
turut berduka cita atas kejadian yg menimpa sodaraku di jepang

Cara Pemesanan Jelly Gamat Luxor mengatakan...

mungkin jepang sedang diberi teguran oleh Alloh SWt....

xamthone mengatakan...

yang sabar dah tabah aja kawan...
semoga di baliq semua ini ada Ikmah nya...

xamthone plus mengatakan...

sabarlah saudara"ku..

obat kolesterol mengatakan...

turut berduka cita yaa sodaraku

obat herbal kolesterol mengatakan...

salam kenal,,sukses yahh dengan postingan nya

obat amandel mengatakan...

obat amandel

obat diare mengatakan...

obat diare

obat vertigo mengatakan...

kasihan ya mreka!

obat kanker payudara mengatakan...

mantap nie postingan nya sangat menarik nie.......

obat herbal kanker payudara mengatakan...

obat herbal kanker payudara

obat stroke mengatakan...

mnyedihkan....

obat herbal stroke mengatakan...

pasti bisa bangkit...

obat kista mengatakan...

Semoga warga jepang selalu diberi kesabaran dan ketabahan, mungkin ini adalah ujian....

obat sinusitis mengatakan...

untuk orang2 yg meninggal, smoga diterima disisinya ... amien ..
dan untuk orang yg ditinggalkan smoga disabar kan
ini hanya cobaan dari tuhan, ambilah hikmahnya ...

obat herbal mengatakan...

nice post

xamthone plus jakarta mengatakan...

lanjutkan gan

agen xamthone mengatakan...

mantab bgt posting nya

khasiat buah manggis mengatakan...

wah kasian juga ya saudara kita di sana, semoga mereka bisa ambil hikmah nya, salam kenal aja gan

obat herbal keputihan mengatakan...

obat herbal keputihan

obat herbal diabetes mengatakan...

herbal dibtes

obat herbal darah tinggi mengatakan...

obat herbal darah tinggi

obat herbal maag mengatakan...

obat herbal maag

obat jerawat mengatakan...

hari kelabu bukan hanya untuk Jepang tapi juga untuk dunia...
seluruh dunia berkabung...

obat asam urat mengatakan...

turut berduka cita yaa sodaraku

obat herbal radang paru paru mengatakan...

tidak ada peristiwa yang tak ada hikmahnya ,, semuanya pasti ada hikmah yang dpat di capai

obat tradisional jerawat mengatakan...

terima kasih nih gan buat informasinya semoga bermanfaat gan

obat asam urat alami mengatakan...

thank's info.nya...

obat alami diabetes mengatakan...

thanks

obat herbal diabetes melitus mengatakan...

semoga saja di balik semua itu ada hikmah yg baik

obat keputihan tradisional mengatakan...

emoga ttp sbr

obat herbal ejakulasi dini mengatakan...

lam kenal aja yaa;

obat tradisional tbc mengatakan...

nice post....
sukses terus....

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

semoga aja bisa diambil hikmahnya dari kejadian-kejadian itu...

obat jantung koroner mengatakan...

salam kenal ya gan....

obat herbal kanker prostat mengatakan...

numpang nyimak ya....
post yang bagus/.....

obat alami batu ginjal mengatakan...

jepang pasti bisa maju dan bangkit lagi dari kejadian-kejadian ini...
semangat....

obat trigliserida mengatakan...

jadi sedih ya kalo kita liat jepang yg seperti itu.

obat lemah jantung mengatakan...

aku sih blm pernah kejepang,tp moga aj gak terjadi lg deh ya bencana seperti itu.

obat jantung bengkak mengatakan...

seremm ya...

obat jantung bocor mengatakan...

jadi sedih!!!

obat flek paru paru mengatakan...

semoga jepang tetep sabar,dan harus lbh semangat lg membangun negaranya.

obat batu empedu mengatakan...

wow ternyata jepang pernah dilanda bencana yang sangat dahsyat ya...
thx for share..

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 341   Lebih baru› Terbaru»

Artikel Favorit dalam 1 minggu