Minggu, 05 April 2009

Filosofi Manusia dalam Aksara

Dipercaya bahwa setiap tulisan aksara Tionghoa (aksara piktograf) merupakan simbol, bentuk, perilaku dan fenomena yang memiliki makna atau filosofi tertentu. Sebagai contoh Ren (manusia) makhluk yang dapat berdiri tegak, melangkah dan berjalan diatas kedua kakinya. Dalam hati bertanya, bagaimana dengan seseorang yang cacat? Saya tidak tahu, mungkin memang ada makna lain dari tulisan tersebut. Tentu banyak hal yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut.

Da (besar) yang mana ada tambahan tangan dari huruf Ren. Disini ingin menunjukan bahwa manusia itu terus berkembang dengan cara meraih atau menggapai sesuatu yang tentu dengan usaha keras (yang umumnya menggunakan tangan). Tai (sangat, terbesar) yang mana ada tambahan titik dibawah huruf Da. Nah, titik ini dipercaya sebagai simbol untuk alat vital. Saya berpikir, apakah ini bermakna bahwa hubungan sex akan membuat manusia terasa hidup atau indah yah? Sedangkan, Tai Tai (istri) bila dijabarkan memiliki makna ibu rumah tangga yang memiliki peranan sangat besar sebagai wanita dalam roda keturunan kehidupan keluarga. Quan (anjing) adalah guratan Da yang ditambahkan titik pada bagian atasnya. Bila titik pada Quan memiliki makna yang sama dengan titik pada Tai yaitu alat vital dan keberadaannya di atas sehingga menyebabkan memiliki makna anjing; maka kesimpulannya adalah hubungan seksual yang menyimpang dari kaca mata manusia. Maaf tidak mau melanjutkan untuk bagian ini jadi silahkan berimajinasi sendiri yah...

Tian (langit), huruf Da yang ditambahkan sebuah garis pada bagian atasnya memiliki makna manusia merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan oleh langit. Fu (suami), garis Tian yang menembus ke atas. Disini kita dapat melihat bahwa bangsa Tiongkok mempercayai bahwa Tuhan itu adalah laki-laki, dan hanya seorang suami sejati yang bisa mengubah nasib keluarganya. Yao (mati muda), garis Tian tidak menembus dan garis bagian atas terbuka miring. Disini menunjukan ada ketidak seimbangan dalam kehidupan yang menyebabkan pintu langit terbuka (mati muda). Makna kiasan ini berlaku bagi seorang suami yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai bonus, berikut adalah makna dibalik huruf nan (laki-laki) dan nu (wanita). Nan adalah gabungan 2 aksara yang memiliki arti sawah dan tenaga. Disini berarti seorang laki-laki harus bekerja sekuat tenaga untuk mengolah, memikul sawah untuk menafkahi kehidupan keluarganya. Nu menggambarkan seseorang yang sedang terlentang yang memiliki makna seorang wanita harus melayani suaminya bukan menguasai demi keharmonisan kehidupan keluarga.

Jian (Zina atau perkosa) merupakan gabungan 3 aksara Nu dengan posisi satu diatas dan dua dibawah. Yao (genit, iblis) adalah gabungan 2 aksara yang mana bagian kirinya adalah Nu dan bagian kanannya adalah Yao. Jian dan Yao memiliki arti hubungan dengan wanita yang tidak sesonoh dapat meruntuhkan kehidupan keluarga.

Satu hal yang perlu diingat bahwa tulisan aksara Tionghoa disatukan oleh raja Qin Shi Huang Ying Zheng pada dinasti Qing (SM 221 - SM 226). Sehingga arti atau filosofi ini janganlah dijadikan sebagai aturan yang baku karena manusia terus berevolusi mungkin tidak secara fisik tapi secara emosi, tingkah laku, pekerjaan, kebutuhan, dll.

Bagaimana dengan aksara nusantara terutama aksara Jawa (Ha na ca ra ka ... nga) dengan legenda Aji Saka. Aksara Jawa konon juga memiliki makna dan filosofi dalam budaya masyarakat Jawa (Prombon Jawa)? Bagaimana dalam perjalanan evolusinya? Apa hubungannya antara aksara Palawa, aksara Kawi, aksara Majapahit dan aksara Jawa (yang mulai dipakai pada abad ke 15)? Bagaimana melestarikan warisan budaya nenek moyang yang berupa aksara Budaya ini?

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi:
Lie Tjung Jie," Diktat Kursus Sekilas Bahasan Bahasa Tionghoa Ditilik dari Filosofi dan Budayanya" Jakarta, Mei 1999.


Related Posts by Categories



55 comments:

ardi33 mengatakan...

welwh welwh...gtoo yaa...
btw pertamaxxx!!!!!!!

Hyzoel Coerneone Blog's mengatakan...

keduaxxxx....

nanoq da kansas mengatakan...

Saya meyakini, bahwa hurup-hurup yang lahir dan berkembang di Asia (negeri timur)dengan Cina sebagai pusat budaya tertua, adalah tercipta berdasarkan konsepsi “harmoni”. Ini berarti memberi peluang kepada eksistensi manusia untuk senantiasa berjalan seiring dengan alam semesta, dengan kehidupan yang senantiasa berkembang, tidak pernah berhenti!

Hurup-hurup yang berkembang di negeri timur bukanlah “simbol-simbol mati” yang membentuk teks dogmatis, tetapi hidup selaras dengan konteks yang ada. Bahwa, hurup-hurup di negeri timur tidak hanya sebagai sekedar alat untuk menciptakan teks, tetapi juga sebagai fasilitas untuk menerima dan memasuki konteks dalam upaya manusia menciptakan harmonisasi dengan semesta raya bernama: KEHIDUPAN.

dwinacute mengatakan...

hmmm gak begitu faham zen tapi oke juga buat nambah pengetahuan. thanks infonya. kalo di baca 2 3 kali mungkin lebih ngarti kali yaaa...

banggundul mengatakan...

apapun budayanya yang penting melestarikan budaya tersebut

temon mengatakan...

kayae seh bagus neh...
gak tau kalo di dalam tulisan kayak gitu ada makna nya masing2...
aku seneng yang tai .... makna bagus ...

reni mengatakan...

Wah ilmu baru nih. Aku jadi mikirin apa yg mas Sukra bilang tentang ha na ca ra ka.... Kira-kira apa ya makna di dalamnya ??

bayu nugroho mengatakan...

gile filosofinya edan...memang manusia akan berevolusi pasti bukan secara fisik mungkin tapi hal-hal yang bentuknya tidak terlilhat...

J O N K mengatakan...

saya gak terlalu mengerti yang begituh , tapi sip banget buat nambah ilmu saya :) ...

peradaban kuno lebih jago dari jaman sekarang kayaknya.

Neng Aia mengatakan...

tionghoa ya?

saya baru belajar bahasa hokkian-nya nih, tapi tulisannya belum bisa.. :)

JengSri mengatakan...

JengSri masih belajar tentang filosofi juga nih :)

bluehope mengatakan...

Berinformasi. BlueHope tak pernah tau tentang benda ni.

aa.LiL - belajar dan berbagi mengatakan...

hmmm, jd seperti itu ya... kirain tulisan ya tulisan aja gt, gak ada makna apa2 nya... mantaaabb

salem mengatakan...

Very funny! It's a clearn Lent joke!

Lala mengatakan...

Oooo itu toh makna yang terkandung di dalamnya...
wawasan baru buatku:)

karila mengatakan...

Aku sempat diberitahu juga ama rekan ekspat-ku yang dari China...cuman ga sampai semua huruf yang ada...

Erik6499 mengatakan...

Tks sharingnya.
Saya pernah belajar beberapa huruf, tapi gak tau sampai mengenai falsafahnya

Linda Belle mengatakan...

sempet belajar mandarin tp filosofinya sih belon diajarin sampai disitu hehe...

renspandy mengatakan...

wuih..
gak nyangka huruf memiliki filosofi gitu..
hmm...
nice.. nambah ilmu nih...
hehe

indra putu achyar mengatakan...

oooooooooooow,
angguk-angguk, ya-ya-ya...

else mengatakan...

hehehe binun aku
klo namaku apa artinya ya?
kali artinya gadis manis yang baik hati dan tidak sombong, ramah tamah , muarah senyum n gemar menabung
*gubraxxxxxxxxxxxxxxx

donadz mengatakan...

belajar bahasa Tionghoa dari mana Dik Sukra???

semar mengatakan...

mantav....

Saya pernah baca satu artikel (sayang ga tau dimana), katanya huruf cina ada pengarunya juga dari huruf arab kuno.. bener ga ya ?

antopunyablog mengatakan...

huii..
gw pndatang baru di blogger.

anto

lam nal!!
;)
bagi" tips dunk,ka'!!

makasieh..

andrizoom mengatakan...

Apa Tau Makna Filosofi Itu Yang Sebenarnya

mad max mengatakan...

lestarikan budaya dan ciptakan budaya baru....

arumsekartaji mengatakan...

Guratan aksara China atau pun Jepang senantiasa mempunyai makna filosofi akan arti kehidupan.
Demikian pula makna huruf/aksara Djawa merupakan terjemahan dari pergulatan Ajisoko yang melawan Dewatacengkar.

Rinie "Miss sensitive" mengatakan...

Waahhh baguss nii postingan na,... huhuu

rinie baru tauu..

hhee

kakve-santi mengatakan...

wew...

puyeng nih liat hurupnya.. :D

aries mengatakan...

Mmh...yg jelas tulisannya bagus..artistik gt...cheers :)

ridwan171 mengatakan...

bener sob aksara sebenernya byk juga dari dalam negeri n perlu dilestarikan juga sob

dwinacute mengatakan...

lebih manteb ama tulisan akhirnya. Bahwa indonesia masih belajar mengenal jati dirinya.

salam pemilu indonesia..meskipun kemarin milih pake nama temen tapi tetep seneng karena udah ikutan milih hehhehe

Yohan Salman mengatakan...

di Indonesia khususnya di Sunda ada juga aksara sunda..

pasang iklan baris mengatakan...

konichiwa,
hehe:D
wah bagus juga mas. tambah2 ilmu tentang budaya. terimakasih ya

icang69 mengatakan...

Wah ternyata orang cina filosofinya cukup tinggi. setip guratan ada maknanya. hilang atau bertambah satu garis saja bisa memberikan makna yang berbeda

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

mirip fengsui yah

Nikmaya John mengatakan...

Sebenernya aksara jawa sangatlu diper perhatikan, sedikit juha yang tau filosofi aksara jawa,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Ternyata seperti itu,,,

kanker mengatakan...

Wah ilmu baru nih. Aku jadi mikirin apa yg mas Sukra bilang tentang ha na ca ra ka....

Technology Information mengatakan...

lestarikan budaya

Nokia N8 mengatakan...

Saya meyakini, bahwa hurup-hurup yang lahir dan berkembang di Asia (negeri timur)dengan Cina sebagai pusat budaya tertua

Nokia 700 mengatakan...

wuih..
gak nyangka huruf memiliki filosofi gitu..

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

hmmm gak begitu faham zen

Business And Finance mengatakan...

kayae seh bagus neh...

obat herbal mengatakan...

gak nyangka huruf memiliki filosofi gitu..

obat herbal asam urat mengatakan...

welwh welwh...gtoo yaa...

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Artikel Favorit dalam 1 minggu