Senin, 14 Maret 2011

Jepang Tenggelam

Hanya judul ini yang bisa muncul dalam benak saya. Jepang tenggelam oleh gempa dashyat yang mencapai 9 skala richter (gempa terbesar di Jepang, dan menggeser pulau Honsyu 2.4 meter), tsunami mencapai 10 meter dan rasa takut akan bocornya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima Daiichi.

Mungkin saya termasuk beruntung ada di bagian barat Jepang, sehingga tidak mengalami lansung apa yang dialami oleh sehabat-sahabat saya yang ada di timur Jepang. Tapi rasa khawatir dan takut tetaplah menghampiri saya sehingga membuat saya cemas dan panik.


Masih teringat bagi saya ketika gempa besar tersebut datang (11 Maret 2011) hingga ke kota Fukui, kota yang jauh dari pusat gempa, getarannya terasa dan mungkin inilah gempa terbesar yang pernah saya rasakan. Apa yang saya lakukan, lari dari lantai 8 hingga keluar dari gedung tapi yang saya lihat hanyalah warga asing dan tidak ada seorangpun dari Jepang yang turun. Setelah selesai getaran tersebut, saya kembali dan melihat orang-orang bekerja seperti biasanya. Menurut saya mereka itu edan bagaimana bisa tidak takut. Tapi inilah Jepang, mereka tahu apa yang harus dilakukan meskipun dalam keadaan panik. Mereka tahu bagaimana menghadapi gempa, dan bagaimana mereka merespon kejadian tersebut.

Setelah beberapa saat, petugas gedung memeriksa setiap ruangan untuk memastikan semuanya dalam keadaan baik, aman dan memberitakan informasi akan gempa tersebut. Informasi menakutkan yang saya terima, gempa 8.9 skala richter (sebelum informasi diperbaharui), dan tsunami hingga 10 meter. Lansung terbayang kejadian yang menimpa Aceh, Indonesia beberapa tahun silam yang memporak-porandakan negeri tersebut dan menewaskan ratusan ribu manusia.

Di saat yang bersamaan saya bersyukur karena tidak terjadi di kota ini (Fukui). Mungkin ini adalah rasa egois manusia tapi memang itulah yang saya pikirkan karena pusat reaktor nuklir ada di daerah kota ini. Di malam hari, setelah mendengar sahabat-sahabat dalam keadaan baik, rasa tenang sudah mulai muncul meskipun masih ada gempa susulan, listrik padam dan matinya transportasi. Lebih menakutkan daripada film "Live Free or Die Hard"

Sebentar-sebentar, saya mengecek berita. Jumlah korban yang jauh lebih sedikit (walau masih tergolong banyak) dibandingkan kejadian tsunami di Aceh adalah wujud keprofesionalan mereka dalam menghadapi bencana alam tersebut. Mereka tahu bagaimana menghadapi gempa dan tsunami, mereka tahu bagaimana keluar dari situasi seperti itu dan mereka tahu kemana mereka harus pergi. Inilah salah satu contoh keprofesionalan negeri sakura yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain termasuk Indonesia (menurut saya).

Keesokannya (12 Maret 2011), kami sudah melakukan aktivitas seperti biasa. Inilah bentuk dari sebuah tanggung jawab yang membuat saya menggeleng-gelengkan kepala. Mungkin ini dapat dibilang keegoisan, tapi inilah yang membuat Jepang dapat berdiri.

Sore hari kabar yang tak ingin didengar kembali terdengar yaitu meledaknya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima Daiichi. Rasa takut muncul kembali, apalagi saya belajar di bagian power nuclear and safety energy sehingga tahu apa yang terjadi jika reaktor nuklir itu meleleh dan memancarkan radiasi. Apakah kejadian seperti Hiroshima dan Nagasaki akan terjadi lagi di Jepang atau kejadian Chernobyl di Ukraina yang merupakan major accident - level 7 (skala 0-7).


Kembali memantau situasi dari internet. Bagaimana orang Jepang sigap menghadapi masalah ini. Dimulai dari mengevakuasi masyarakat yang beradius 10 km yang kemudian meluas hingga 20km (walaupun masih terdapat korban), dan bagaimana menyelesaikan permasalahan yang ada di PLTN Fukushima tersebut (bencana level-4 Accident with Local Consequences). Walaupun informasi yang simpang siur sempat terjadi yang mana disebabkan peristiwa meledaknya PLTN tersebut tersiar lansung di televisi dan kemudian secara spontan masyarakat membayangkan hal terburuk apa yang akan terjadi. Tapi inilah Jepang, sigap dalam mengatasi masalah dimulai dari penyampaian informasi, antisipasi apa saja yang perlu dilakukan, dan terjun ke lapangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga membuat masyarakat lebih tenang.

Inilah sebuah keprofesionalan yang patut diacungin jempol meskipun mereka ada di negara yang sedang tenggelam oleh bencana.

Enjoy, peace and love from Sukra

referensi foto:

before and after earthquake

Related Posts by Categories



282 comments:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 282   Lebih baru›   Terbaru»
aya mengatakan...

Turut berduka cita, tapi melihat kesigapan mereka, kapan yah kita bisa begitu?

obat luka diabetes mengatakan...

kasian juga ya mereka, semoga kita bisa ambil hikmmmah dari semua itu,dan di beri ketabahan mereka di sana,

tintin mengatakan...

Kak Zener...ada rencana balik indo ga? Amankah disana?

asam urat mengatakan...

kalau dari segi kesigapan kita salut, bahkan mungkin ini bencana yg tidak terlalu besar, mengingatkan kita dengan di BOM nya Hiroshima dan Nagasaki oleh negara sekutu, jepang muncul dengan pesat kemajuan tekhnologinya....

sewa mobil di surabaya mengatakan...

turut berduka cita buat negara Jepang semoga negara ini

obat darah tinggi mengatakan...

kalo terjadi begini harga onerdil kendaraan pasti pada ya gan terutama peroduk japanese tuh, makasih gan buat infonya

andre mengatakan...

turut berduka juga untuk jepang. smoga cepat berlalu bencana ini.

slashtips mengatakan...

tapi jepang termasuk cepat dalam menangani bencana. smoga cepat selesai penanganannya.

obat herbal migrain mengatakan...

turut prihatin dengan bencana jepang,,moga jepang bisa kembali seperti semula lagi,,makasih banyak sukses slalu,,

solusi mengobati demam berdarah mengatakan...

moga dibalik smua ini ada hikmah nya dan jepang bisa kembali seprti semula,,,,makasih banyak,,

solusi mengobati hiv/aids mengatakan...

kasian juga penduduk yang kehilangan keluarga dan tempat tinggalnya,,moga ke depannya mereka bisa hidup lebih layak lagi,,

keluarga sehat mengatakan...

serem banget yakk, serasa smua kecil disisi Tuhan

XAMthone plus mengatakan...

jepang tenggelam, turut berduka cita sama mereka, makasih banyak gan buat infonya

obat herbal maag kronis mengatakan...

kejadian yang terjadi di jepang adalah merupakan peringatan bagi semua manusia jangan terlalu berambisi dalam memperbaharui alam.terima kasih atas postingnya mantap.lam kenal aja.

ponsel android murah mengatakan...

bencana memang mengerikan, tapi itu yang mengngatkan kita akan kuasa yang diatas

Obat alami hepatitis mengatakan...

wah kasian banget yah sama mereka, semoga di beri ketabahan, amin, makasih banyak buat infonya

jelly gamat mengatakan...

semoga bencana ini bisa dijadikan pandangan buat kita kedepannya...
untuk lebih berhati-hati lagi...

obat kanker darah mengatakan...

bener bener dahsayat nya bencana yang menimpa jepang hingga memporak porandakan negara jepang,,moga smuanya bisa kembali pulih dan seperti semula,,

obat kanker payudara mengatakan...

smoga banyak hikmah nya dibalik smua itu,,,,

Data Mobile Phone mengatakan...

wah kasian banget yah sama mereka, semoga di beri ketabahan

Nikmaya John mengatakan...

Kemajuan technologinya sangat bagus seklai,, maka orang gak akan ragu lagi kalau membeli produk buatan jepang,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Jepang kok banyak bencana ya

obat alami glukoma mengatakan...

astagfirulloh....
bgtu besar cobaan yang diberikan pada jepang...
saya ikt berduka cita saja dan ikt mendoakan yg terbaik untk mereka...
salm kenal ajj

Verizon Motorola Droid X Overview mengatakan...

Turut berduka cita

The best smartphone review 2011 mengatakan...

semoga bencana ini bisa dijadikan pandangan buat kita kedepannya

Nokia Mobile Phone mengatakan...

Kemajuan technologinya sangat bagus seklai

Netflix Update For HTC EVO 4G mengatakan...

turut berduka juga untuk jepang

Nokia Drops the Bomb mengatakan...

tapi jepang termasuk cepat dalam menangani bencana.

Agen xamthone plus jakarta mengatakan...

jepang pasti bisa cepat bangkit dari bencana...

cayoo jepang!

Agen xamthone plus surabaya mengatakan...

smngt buat jepang...

pasti kmu bisa bngkit lgi!

Agen gamat mengatakan...

jepang bangkitlah dri keterpurukan!

agen xamthone plus palembang mengatakan...

semua orang berduka cita,,,,,
tapi semoga saja kita bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut....

agen xamthoneplus jakarta mengatakan...

sabar ya buat rakyat jepang...

Agen jelly gamat tegal mengatakan...

sabarlah saudaraklu ini hanya cobaan!

Agen xamthone plus cikarang mengatakan...

ini bencana trbesar stlah jepang pernah di bom olh skutu,,,,

Agen jelly gamat medan mengatakan...

yg sabar dan tabah bwt penduduk jpang!!!

Agen jelly gamat surabaya mengatakan...

memang sunggh cobaan yg brt bwt warga jpang!!!!

Agen xamthone plus jakarta mengatakan...

brsabarlah!

Agen xamthone plus jakarta mengatakan...

mngis bwt jpang!!!

agen xamthone plus cinere depok mengatakan...

kasihan gan

jelly gamat mengatakan...

sungguh ironis...

propolis mengatakan...

trut brduka bwt jpang

TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in Indonesia mengatakan...

jepang aja tenggelam,,apalagi???

Pengobatan asam urat mengatakan...

sabarlah saudaraku...

Peluang Bisnis Online BlakBlakan mengatakan...

mantap

Tahitian Noni Juice mengatakan...

astagfirulloh....
bgtu besar cobaan yang diberikan pada jepang...

Blackberry Curve 8520 Reviews mengatakan...

kalau dari segi kesigapan kita salut, bahkan mungkin ini bencana yg tidak terlalu besar,

Nokia Mobile Phones mengatakan...

serem banget yakk,

Kanker mengatakan...

turut prihatin dengan bencana jepang,,moga jepang bisa kembali seperti semula lagi,

obat penyakit jantung mengatakan...

astagfirulloh....
semoga mereka ttp tabah...
saya turut berduka cita atas musibah ini

kanker mengatakan...

turut berduka juga untuk jepang

Technology Informasi mengatakan...

semoga tidak terjadi lagi bencananya

Obat herbal thalasemia mengatakan...

duka cita bwt jepang!

Obat herbal maag kronis mengatakan...

bencana yg tak diduga-duga!

Obat herbal batu ginjal mengatakan...

kasihan mreka!

Agen xamthone plus bandung mengatakan...

berduka cita,,,,,,,,

Agen xamthone plus bandung mengatakan...

thanks ya sob,,,,

Nokia C8 mengatakan...

semoga bencana ini bisa dijadikan pandangan buat kita kedepannya...

Agen xamthone plus bandung mengatakan...

ngeri skali musibahnya,,,

obat kolesterol tradisional mengatakan...

semoga bencana ini bisa dijadikan pandangan buat kita kedepannya...
untuk lebih berhati-hati lagi...

Nokia N8 mengatakan...

kalau dari segi kesigapan kita salut, bahkan mungkin ini bencana yg tidak terlalu besar

Nokia 700 mengatakan...

semoga bencana ini bisa dijadikan pandangan buat kita kedepannya...

xampthone plus bandung mengatakan...

bener aada masjid yg tidak rusak........?

obat jantung koroner mengatakan...

jepang tenggelam, turut berduka cita sama mereka, makasih banyak gan buat infonya

Pengobatan asam urat mengatakan...

semoga di brikan ketabahan...

Obat herbal kanker paru paru mengatakan...

thanks bgt ya gan,,,,

obat herbal Masalah Penglihatan / Glaukoma mengatakan...

sip m lahh..
n salam kenal ja

Propolis brazil mengatakan...

waduh,, bencana yg amat besar

Pengobatan sinusitis mengatakan...

mantap sobat

jus manggis mengatakan...

yang sabar aja yah mungkin dibalik bencana ini pasti ada hikmah na amin ,,,,,

obat asam urat tradisional mengatakan...

sip mas..
good post n salam kenal ja

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

turut berduka juga untuk jepang

jus manggis xamthone mengatakan...

oke juga nie ,sangat bagus nie,,,,,

cara pemesanan xamthone plus mengatakan...

sip mas..
thanks infonya n salam kenla ja

obat asam urat tradisional mengatakan...

sip mas..
thanks infonya

Obat Asam Urat Tradisional mengatakan...

munkin tuhan punya rencana yg lebih baik untuk kita, ambil hikmah nya aja agan/aganwati ...

Business And Finance mengatakan...

Turut berduka cita

Mobile Phone Apps mengatakan...

bencana yg tidak terlalu besar

Life Stlye mengatakan...

moga ke depannya mereka bisa hidup lebih baik

obat hebal aman mengatakan...

sabar aja pasti di balik itu semaua ada hikmah yang tersembunyi

xamthone plus mengatakan...

mantap salam kenal kunjungan pertama nih
kasian banget yah rakyat jepang
semoga di berikan ketabahan

obat hepatitis b mengatakan...

turut berduka cita yaa

Agen xamthone plus bandung mengatakan...

informasi yang sangat menarik

obat tradisional asam urat mengatakan...

terkandung hikmah yg sngt besar di balik musibah ini...

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

turt berduka ya...

obat herbal kanker hati mengatakan...

salam kenal mas,jangan lupa mampir ke blog sy

obat herbal kanker rahim serviks mengatakan...

blog agan unik dan keren sekali

obat herbal kanker usus mengatakan...

sebenarnya agak bingung sedikit

obat herbal kanker darah leukemia mengatakan...

jalan2 malam ketemu blog keren ini

obat herbal penyakit keputihan mengatakan...

nice share thanks for posting such good info

obat herbal penyakit diabetes melitus mengatakan...

Turut berduka cita, tapi melihat kesigapan mereka,hebat

obat herbal penyakit jantung koroner mengatakan...

kalau dari segi kesigapan kita salut, bahkan mungkin ini bencana yg tidak terlalu besar

busana muslim mengatakan...

info2 bermanfat thanks yahh

obat insomnia mengatakan...

thanks bgt ya gan,,,,

obat batu ginjal mengatakan...

obat batu ginjal

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

nice share thanks for posting such good info

obat tbc mengatakan...

bencana yg tak diduga-duga!

obat jantung koroner mengatakan...

jepang aja tenggelam,,apalagi???

obat jerawat mengatakan...

mngis bwt jpang!!!

obat sakit kepala mengatakan...

obat sakit kepala

obat kanker mengatakan...

sabarlah saudaraku...

obat herbal kanker mengatakan...

duka cita bwt jepang!

obat rambut rontok mengatakan...

obat rambut rontok

obat hepatitis mengatakan...

semoga tidak terjadi lagi bencananya

obat hepatitis b mengatakan...

obat hepatitis b

obat liver mengatakan...

salam kenal mas,jangan lupa mampir ke blog sy

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

tapi jepang termasuk cepat dalam menangani bencana. smoga cepat selesai penanganannya.

obat batu empedu mengatakan...

serem banget yakk, serasa smua kecil disisi Tuhan

Obat Alami Infeksi Saluran Kemih mengatakan...

yah mudah-mudahan saja musibah itu, menjadi pelajaran buat kita.

obat herbal asma mengatakan...

obat herbal asma

obat herbal wasir mengatakan...

obat wasir

obat herbal kolesterol mengatakan...

nice posting gan

obat herbal amandel mengatakan...

urut berduka cita, tapi melihat kesigapan mereka

obat herbal vertigo mengatakan...

turut berduka juga untuk jepang. smoga cepat berlalu bencana ini.

obat herbal diare mengatakan...

bencana memang mengerikan, tapi itu yang mengngatkan kita akan kuasa yang diatas

obat herbal kanker payudara mengatakan...

semua orang berduka cita,,,,,
tapi semoga saja kita bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut....

obat herbal stroke mengatakan...

kuat ya jepang kalian psti bsa

obat herbal kista mengatakan...

jepang bkn negara lemah mreka psti akan bngkit kmbli

obat herbal insomnia mengatakan...

informasi yang sangat menarik

obat jerawat mengatakan...

jepang tenggelam, turut berduka cita sama mereka, makasih banyak gan buat infonya

obat asam urat mengatakan...

alam kenal mas,jangan lupa mampir ke blog sy

obat asma mengatakan...

kasian juga ya mereka

obat maag mengatakan...

makasih banyak

obat batu empedu mengatakan...

serem banget lihat gambarnya..

obat herbal kanker darah mengatakan...

sangat sigap dalam menghadapi bencana...
mantap...

obat herbal kanker hati mengatakan...

thank u untuk informasinya...

obat herbal kanker paru paru mengatakan...

cuma dalam 1 hari bisa langsung menjalankan aktifitas seperti biasa lagi...
mantap sekali..

obat lupus mengatakan...

kapan ya indonesia bisa sigap secepat jepang.....
keren sekali...

xamthone plus mengatakan...

kasian ya rakyat jepang..sudah jatuh tertimpa tangga pula.

obat asam urat mengatakan...

semoga jepang bangkit lagi.

obat diabetes mengatakan...

kesigapan jepang patut ditiru negara kita jg kayanya tuh..

obat darah tinggi mengatakan...

info ini benar-benar bermanfaat bngt gan..

obat asma mengatakan...

makasih infonya karna patut dicontoh lho..

obat miom mengatakan...

great article..

obat trigliserida mengatakan...

meskipun sudah gempa tapi masih tetap kerja seperti biasa..
salut..

obat jantung bengkak mengatakan...

seharusnya negara kita bisa meniru jepang dalam hal mengantisipasi bencana-bencana alam sehingga korban bisa berkurang..

obat jantung bocor mengatakan...

sigap dalam mengatasi masalah harus ditiru oleh bangsa-bangsa lain.....
salut buat jepang...

obat flek paru paru mengatakan...

pasti jepang bisa bangkit seperti semula lagi...
thx gan buat share ceritanya...

obat kanker prostat mengatakan...

sigap dalam mengatasi masalah harus ditiru oleh bangsa-bangsa lain.....
salut buat jepang...

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

semoga jepang bangkit lagi.

obat herbal batu empedu mengatakan...

info ini benar-benar bermanfaat bngt gan..

obat herbal leukimia mengatakan...

sigap dalam mengatasi masalah harus ditiru oleh bangsa-bangsa lain.....
salut buat jepang...

obat kanker paru paru mengatakan...

great article..

obat sakit kepala mengatakan...

semoga gak terjadi lg ya bro.

obat kolesterol mengatakan...

semoga jepang diberi ketabahan..

obat wasir mengatakan...

radiasi aj bisa mengancam dunia ya...aplg tsunami.

obat kanker mengatakan...

semoga gak semakin terpuruk yaa...

obat herbal kanker payudara mengatakan...

bgs gan,bermanfaat.

xamthone plus mengatakan...

infonya bagus ne...
makasih ya..

Obat tradisional asam urat mengatakan...

jepang bisa secepat itu kembali pulih..
mantap...

obat tradisional diabetes mengatakan...

semoga bangsa ini bisa mengikuti kesigapan jepang dalam menghadapi bencana yang datang...
mantap postnya..

obat tradisional keputihan mengatakan...

teknologi di jepang sangat maju sekali ya bisa pulih dengan secepat itu...

obat tradisional darah tinggi mengatakan...

wah makasih ya uda share soal ini, semoga aja bangsa ini bisa meniru dari kesigapan jepang...
sukses terus buat blognya..

obat stroke mengatakan...

Turut berduka cita buat jepang gan.

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

turut prihatin dengan bencana yang menimpa jepang gan.

obat hiv mengatakan...

semoga bencana ini bisa dijadikan pandangan buat kita kedepannya agar jadi lbh baik lagi dan selalu waspada.

obat kista mengatakan...

kasian juga penduduk yang kehilangan keluarga dan tempat tinggalnya,untung di jakarta gak bgt ya gan.

obat herbal sinusitis mengatakan...

bencana memang mengerikan dan sangat menakutkan.

obat kanker serviks mengatakan...

Turut berduka cita buat jepang

obat herbal radang paru paru mengatakan...

radiasi aj bisa mengancam dunia ya

obat herbal gondok mengatakan...

turut prihatin dengan bencana yang menimpa jepan

obat penyakit lupus mengatakan...

pasti jepang bisa bangkit seperti semula

obat herbal miom mengatakan...

semoga bencana ini bisa dijadikan pandangan buat kita

obat tradisional asma mengatakan...

wah serem banget lihat gambarnya..

obat tradisional kolesterol mengatakan...

melihat kesigapan mereka, kapan yah negara kita bisa begitu????

obat ambeien tradisional mengatakan...

makasih uda share infonya ne....

obat tradisional kanker payudara mengatakan...

jepang tenggelam.....
turut berduka cita...semga ga terjadi lagi ya..

obat tradisional stroke mengatakan...

teknologinya memang canggih banget, habis bencana besoknya langsung aktifitas seperti biasa..
salut buat jepang..

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

wow gempa dan pln meledak....

obat hiv aids mengatakan...

coba diteladani dari kesigapan jepang dalam menghadapi bencana alam seperti ini..

obat tradisional kista mengatakan...

serem banget ya klo di indonesia ngalamin hal kaya jepang uda pasti morat-marit..

obat sinusitis mengatakan...

sigap banget ya negara jepang....
mantep...

obat penyakit ginjal mengatakan...

jepang pasti bisa bangkit lagi, ambil hikmahnya aja ya..
sukses terus buat blognya..

obat ginjal mengatakan...

acungkan jempol buat jepang..

obat batu ginjal mengatakan...

sigap bngt,,,,

obat tbc mengatakan...

patut ditiru kesigapan jepang.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

hebat bngt!!!

obat hepatitis mengatakan...

dahsyat bt jepang!!!

xamthone mengatakan...

sigap banget ya negara jepang

obat herbal asam urat mengatakan...

serem banget ya klo di indonesia

obat herbal diabetes mengatakan...

wah serem banget

obat herbal darah tinggi mengatakan...

jepang bisa secepat itu kembali pulih

obat herbal asma mengatakan...

serem banget ya klo di indonesia ngalamin hal kaya jepang

obat herbal sakit kepala mengatakan...

nice share

obat alami batu ginjal mengatakan...

jepang kena tsunami juga kaya di aceh...serem banget...

obat tradisional tbc mengatakan...

gambarnya aja uda mengerikan banget ya,bisa tenggelam begitu....

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

harusnya bisa diteladani untuk kesigapan jepang setelah menghadapi bencana ini....sehingga bisa cepat pulih..

obat jantung koroner mengatakan...

uda jato tertimpa tangga juga, mungkin ini yang cocok untuk jepang uda tsunami pln pun meledak....untungnya pemerintah jepang sangat sigap dalam menghadapi bencana,..

obat herbal kanker prostat mengatakan...

info yang bermanfaat ne, semoga aja bangsa ini bisa mengikuti kesigapan pemerintah jepang dalam menghadapi bencana alam.....diambil hikmahnya dan terus berkembang....

obat jantung koroner mengatakan...

iikkhh,,,,serem ya gmbrnya.

obat herbal kanker prostat mengatakan...

jepang bnr2 hebat..!

obat batu empedu mengatakan...

negara kita juga harus seperti itu.

obat leukemia mengatakan...

sigap donk seperti jepang.

agen xamthone plus mengatakan...

jangan pernah menyerah untuk jepang.

obat herbal sakit kepala mengatakan...

gambarnya aja uda mengerikan banget ya

obat herbal kolesterol mengatakan...

patut ditiru kesigapan jepang

obat herbal wasir mengatakan...

info yang bermanfaat ne

obat herbal kanker mengatakan...

serem banget ya

obat kanker payudara mengatakan...

harusnya bisa diteladani untuk kesigapan jepang setelah menghadapi bencana ini...

obat herbal stroke mengatakan...

bencana yg tak diduga-duga!

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 282   Lebih baru› Terbaru»

Artikel Favorit dalam 1 minggu