Sabtu, 16 Agustus 2008

Padamu Negeri

Menjelang kemerdekaan membuat saya ingin bernostalgia dengan lagu wajib Indonesia. Lagu yang paling berkesan bagi saya adalah "Padamu Negeri" karena memiliki arti yang dalam meskipun singkat dan seringkali membuat saya merinding ketika mendengarnya. Berikut adalah lirik lagu "Padamu Negeri"

Padamu Negeri kami berjanji
Padamu Negeri kami berbakti
Padamu Negeri kami mengabdi
Bagimu Negeri jiwa raga kami

Saya termenung, apa yang menjadi janji, bakti dan abdi pada negara ini? Hal ini menjadi tanda tanya karena banyak janji yang tidak ditepati, bakti karena ingin sebuah kepopuleran dan abdi yang semata hanya demi keuntungan pribadi.

Bercermin dari salah satu lagu wajib Indonesia lainnya yaitu "Hari Merdeka". Hal pasti yaitu semua warga negara Indonesia harus setia mempertahankan Indonesia dan membelanya. Dengan kata lain, setiap anak negeri harus mempertahankan jati diri bangsa yang mana pada kenyataan seringkali lupa siapa diri kita ini.

Dengan kata lain negara yang telah merdeka 63 tahun ini ternyata terbelenggu oleh kemiskinan, dan kesejahteraan rakyat yang masih rendah. Di pihak lain, budaya KKN merajalela dan kebodohan terus disebarluaskan. Jadi anak negeri wajib untuk mempertahankan segala yang telah diperjuangkan oleh pahlawan dahulu dan membela kebenaran untuk menjadikan negeri lebih baik. Bukan melarikan diri dan melupakan siapa diri kita dengan mengambil budaya luar tanpa menseleksinya terlebih dahulu.

Menurut saya kunci dari janji, bakti dan abdi pada periode ini (tahun 2008) adalah

  • Anak negeri harus menjadikan Indonesia negara besar dengan mempersatukan segala perbedaan yang ada di negeri ini.
  • Anak negeri harus mempersiapkan diri dimulai dengan mengenal Indonesia dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
  • Anak negeri harus jujur dan bersih sehingga nama baik bangsa terjaga.
  • Anak negeri harus bekerja keras agar tidak ada negara lain berani untuk menginjak harkat dan martabat bangsa.

Tentu dalam menjalani janji, bakti dan abdi tersebut tidaklah mudah karena banyaknya penghalang antara lain pendidikan. Pendidikan yang harus diberikan adalah pendidikan yang pasti dan berkualitas dengan metode dan kurikulum yang baik. Bukan pendidikan yang hanya memiliki kemasan yang bagus tapi kualitas biasa-biasa saja. Betul!!!

Akhir kata selamat hari merdeka dan merdeka!

Enjoy, peace and love from anak negeri.

Foto: Tugu proklamasi di Rengasdengklok

Related Posts by Categories



3 comments:

mfajrinet mengatakan...

Merdeka???

Agen XAMthone surabaya mengatakan...

pada mu negri aku akan terus semangat, hehe

obat kanker payudara mengatakan...

pada mu negri aku mengabdi

Artikel Favorit dalam 1 minggu