Rabu, 20 Agustus 2008

Becak Fantasy

Becak adalah suatu kendaraan beroda tiga yang dijalankan oleh tenaga manusia. Fantasi adalah sebuah khayalan atau gambar yang ada di angan-angan. Becak Fantasy adalah sebuah album yang ditulis oleh seorang maestro gitaris bernama Jubing Kristianto. Hihihi.

Selidik-selidik, becak yang umumnya berkapasitas tiga orang yaitu dua penumpang dan seorang pengemudi diambil dari bahasa Hokkian yaitu be chia yang berarti kereta kuda. Percayakah anda, bahwa becak ternyata bukan berasal dari China melainkan Jepang yaitu pada tahun 1870-an yang memiliki nama jinrikisha. Jinrikisha tidaklah seperti becak saat ini melainkan sebuah kendaraan beroda dua dan ditarik oleh manusia (tanpa menggunakan sepeda) yang dikenal dengan sebutan angkong atau rickshaw (dalam bahasa Inggris). Penggunaan becak yang menggunakan tiga roda mulai dikenal pada saat perang dunia ke II.

Becak pertama kali muncul di Indonesia yaitu pada akhir tahun 1930-an di Jakarta. Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan yaitu becak dengan pengemudi di belakang (ditemukan di Jawa), becak dengan pengemudi di samping (ditemukan di Sumatra). Btw, ada juga becak dengan pengemudi di depan (di beberapa daerah). Tapi apa daya, saat ini becak sangatlah sulit ditemui di kota Jakarta dikarenakan becak dianggap sebagai transportasi yang lambat sehingga membuat kemacetan lalu lintas dan pekerjaan yang tidak manusiawi karena menggunakan tenaga manusia. Mungkin dengan berpergian ke Bandung, Yogyakarta atau kota lainnya anda akan lebih mudah menemukannya.

Satu dekade atau dua dekade dari sekarang, becak mungkin akan hilang dari bumi pertiwi. Meninggalkan sebuah kenangan, beruntung jika anda memiliki sebuah kenangan pergi berdua bersama pasangan anda dengan becak, so romantic. Bagaimana anak, cucu kita? Pasti sama pada diri saya bertanya-tanya bagaimana rasanya naik trem listrik.

Becak, yang pernah menjadi bagian dari Indonesia akan hilang? Mungkinkah ada sisa becak untuk dirasakan di kemudian hari? Maklum, masyarakat Indonesia sering membuang sesuatu yang dianggap tidak berguna saat itu, padahal benda tersebut akan menjadi saksi sejarah dan berharga di kemudian hari. Di beberapa negara seperti Singapura, Hongkong, becak sudah dijadikan sebagai media transportasi wisata.

Btw, becak ada lagunya lohhh. Lagu tersebut diciptakan oleh Ibu Sud pada tahun 1942. Mungkin lagu ini sudah jarang diperdengarkan karena sulitnya ditemuinya becak dan anak-anak lebih suka dengan lagu barat. Berikut liriknya:

Saya mau tamasya berkeliling-keliling kota
Hendak melihat-lihat keramaian yang ada

Saya panggilkan becak kereta tak berkuda
Becak becak coba bawa saya


Saya duduk sendiri dengan mengangkat kaki
Melihat dengan asik ke kanan dan ke kiri
Lihat becakku lari bagaikan tak berhenti
Becak becak jalan hati-hati

Akhir kata, becak mungkin hal yang menyebalkan karena lambat, tapi becak bisa memberikan fantasy yang luar biasa indahnya.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi: http://zerocouriers.com/workbike/research/Becak.pdf
Photo by Bing

Related Posts by Categories



7 comments:

xero mengatakan...

disurabaya masih banyak becak, enak lho naik becak sore2, asal ngga kena debu plus asap kendaraan hehehe

btw foto tukang becaknya keren tuh, bergaya banget hehehehe

zener_lie mengatakan...

hihihihi.

mencarinya foto becak huihhhh 2 hari. untung ada sahabatku berkata die punya foto becak yang keren lansung ku minta deh.

hihihihihi

Anonim mengatakan...

mantap......



di semarang buanyak becak...


asik loh, sambil makan tape dan jalan2 di kota lama..

serasa jaman belanda... wkwkkw

Gil Nocturne, Gillian shie mengatakan...

mantap......



di semarang buanyak becak...


asik loh, sambil makan tape dan jalan2 di kota lama..

serasa jaman belanda... wkwkkw

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

ada juga becak kayak gitu yah
nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular

jelly gamat mengatakan...

gaul bgt tuh si amang ..hhi :)

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu