Jumat, 08 Agustus 2008

Kisah Maria Bersama Pulau Onrust


Hari Minggu adalah hari untuk istirahat dari kesibukan, bagaimana kalau berjalan-jalan ke pulau tanpa istirahat yang dikenal dengan pulau Onrust dan berada di Teluk Jakarta. Rasa penasaran menghantui diri saya akan kondisi pulau tersebut. Apakah mungkin ada yang lebih sibuk daripada kota metropolitan Jakarta di Indonesia?

Perjalanan dimulai dari Stadhuis Batavia sebagai tempat berkumpul yang kemudian berangkat ke Muara Kamal untuk menyewa perahu menuju pulau Onrust tersebut. Setelah kurang lebih 30 menit naik perahu motor, tibalah sudah di pulau tersebut dan sosok wanita berusia 28 tahun dengan nama Maria datang untuk berbagi kisah dengan kami. Berikut kisahnya:

Selamat siang dan selamat datang di pulau Onrust. Nama Onrust berasal dari bahasa Belanda yang berarti pulau tanpa istirahat atau pulau sibuk. Pulau ini dikenal juga dengan pulau kapal karena banyak kapal VOC yang berlabuh dan melakukan perbaikan. Kapiten-kapiten terkenal yang pernah mampir disini antara lain James Cook penemu benua Australia dengan kapalnya Endeavour pada tahun 1770 dan Albert Tasman yang menemukan pulau Tasmania.

Dahulu sebelum VOC masuk pada tahun 1610, pulau ini adalah pulau sengketa antara Jayakarta dan Banten. Karena VOC terus berkembang di daerah kekuasaan Jayakarta, VOC meminta pulau ini untuk dijadikan galangan kapal kepada Jayakarta. Hal ini dipenuhi dalam sebuah perjanjian yang dilakukan oleh L. Hemit dan pangeran dari kerajaan Jayakarta. Inilah titik awal dari sebuah cerita pulau Tanpa Istirahat.

Perjalanan pertama pulau ini dimulai pada tahun 1613 dengan dibangunnya sebuah galangan kapal. Tahun 1656 dibangun sebuah benteng belah ketupat dengan dua bastion yang kemudian diubah menjadi segilima yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan benteng Beekhuis pada tahun 1671. Pembangunan kincir angin untuk penggergajian kayu dilakukan pada tahun 1674 dan 1691 untuk kincir angin kedua. Pada tahun 1772 dibangun juga sebuah gereja di pulau ini. Perjalanan pertama pulau ini diakhiri oleh serangan Inggris yang dipimpin oleh HL Ball pada tahun 1795.

Perjalanan pulau dimulai kembali pada tahun 1803 akan tetapi kembali dihancurkan oleh Inggris pada tahun 1806 dibawah pimpinan Admiral Edward Pellow dan pulau ini menjadi milik Inggris yang kemudian ditinggalkan pada tahun 1816. Dua belas tahun lamanya Onrust tiada bersua dan akhirnya kembali terdengar setelah GA Baron Van Der Capellen membangun kembali pulau ini. Semakin terdengar keberadaan pulau ini ketika ada dok terapung yang dibangun pada tahun 1856. Tapi apa daya alam tidak menginginkannya pada tahun 1883 terjadi letusan gunung Krakatau yang maha dashyat sehingga menghancurkan pulau ini untuk ketiga kalinya dan menjadikan pulau ini tidak bernyawa hingga awal abad 20.

Tahun 1905, seberkas cahaya akan kehidupan pulau ini mulai tampak dengan berdirinya stasiun cuaca. Pada tahun 1911 pulau ini semakin ramai dengan berdiri sanatorium TBC dan dijadikannya karantina haji.

Meskipun pernah menjadi karantina haji, pulau ini juga menjadi pulau yang menyedihkan karena pulau ini dijadikan tempat tawanan pemberontak antara lain tawanan dari peristiwa perahu "tujuh propinsi" yang terjadi pada tahun 1933, tawanan Jerman yang disinyalir sebagai antek Hitler pada tahun 1940, dan bahkan sebagai tempat eksekusi Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo yang merupakan pimpinan DI/TII. Pada masa kemerdekaan, pulau ini menjadi tempat karantina bagi penderita lepra dan pada tahun 1960-an pulau menjadi penampungan gelandangan dan pengemis.

Sekarang pulau ini tinggalah menyisakan dua warung, penjara, beberapa meriam dan sebuah rumah dokter yang mana digunakan sebagai museum. Saya hanya hendak menunjukan bahwa yang tersisa di pulau ini tinggallah puing-puing dari rumah sakit, barak karantina dan fondasi dari benteng saja. Hal menyedihkan lainnya adalah pulau yang dahulu luasnya 12 hektar kini tinggal 7.5 hektar. Sehingga pulau tanpa istirahat ini bagaikan telah istirahat untuk selamanya.

Untuk para sahabatku. Sebelum meninggalkan pulau Onrust ini untuk kembali ke Jakarta hendaklah mampir ke tiga pulau sahabat yaitu pulau Kelor, Kyuper dan Sakit.

Pulau Kuyper adalah sebutan lain untuk pulau Kayangan atau pulau Cipir. Di ujung pulau tersebut anda dapat melihat sebuah dermaga panjang yang menuju ke pulau Onrust ini yang mana bagian air yang terdalam menggunakan fondasi pontoon. Disana anda masih dapat melihat puing-puing gereja dan rumah sakit yang mana dapat diambil fotonya untuk kenang-kenangan.

Pulau Kelor, bila anda beruntung anda mungkin dapat singgah ke pulau ini karena sering kali ombak di pulau ini sangatlah besar. Janganlah bersedih karena meskipun dengan kapal anda masih dapat menyaksikan kemegahan sebuah benteng dari sebuah pulau yang luasnya hanya 3 hektar. 23 awak perahu yang meninggal dari peristiwa perahu "tujuh propinsi" dikuburkan di pulau tersebut.

Pulau sakit yang sekarang lebih dikenal dengan pulau Bidadari. Disana anda akan menemukan sebuah menara Martello. Menara Martello di pulau itu adalah sebuah bangunan yang memiliki fungsi sebagai kastil dan pengawas yang memiliki bentuk oval. Di bagian bawah terdapat 7 kamar yang dipartisi oleh tembok dan sebuah ruangan tertutup sebagai tempat penyimpanan amunisi, pada bagian tengah terdapat dinding berbentuk lingkaran sebagai tempat penyimpanan air bersih dan untuk memasak.

Sekian cerita dariku. Sahut Maria.

Maria meninggalkan kami agar kami bebas mengelilingi pulau. Rasa penasaran akan siapa dirinya, membuat kami mengikutinya. Kami mengikutinya hingga Sampai di sebuah tempat dan disana kami melihat sebuah nisan dengan tulisan VOC yang bila diterjemahkan sebagai berikut:

Maria van de Velde
mayatnya dikubur
walaupun ia pantas
hidup bertahun-tahun lamanya
seandainya Tuhan
berkenan demikian
namun rupanya, Jehova
menghalangi itu dengan kematian
Maria hilang, Maria tiada lagi
bukan! saya tarik kembali kata itu
karena diucapkan tanpa pikir panjang
maka semoga kelancanganku
lansung didenda
kini Maria baru sungguh-sungguh hidup
sejak hidup dekat Tuhannya
lahir di Amsterdam
tanggal 29 Desember 1693
meninggal tanggal 19 November
1721 di Onrust

Akhir cerita, nikmatilah perjalanan di pulau tanpa istirahat.

Sebagai informasi:
  • Bastion adalah bagian yang menjorok pada sudut benteng yang berfungsi sebagai pos pengintai dan tempat menyimpan mesiu.
  • Tujuh propinsi adalah nama sebuah perahu. Tujuh propinsi diambil dari keadaan negeri Belanda saat itu yang mana memiliki tujuh propinsi.
  • Keberadaan menara Martello sebenarnya ada di setiap pulau yang mana keberadaan di pulau Onrust dan Cipir telah tiada. Menara Martello ini pertama kali diperkenalkan oleh Prancis di pulau Corsica pada abad 18. Informasi ini didapat dari Martello Castle at Bidadari Island.
Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi:
A. Hauken SJ, "Tempat-tempat bersejarah di Jakarta", Cipta Loka Caraka, Jakarta, 1997.
http://pulauseribujakarta.com/pulau-seribu-voc/

Related Posts by Categories



40 comments:

xamthone plus mengatakan...

hmmm.... bagus banget... suka sama blog ini deh.. hehe

Nikmaya John mengatakan...

Saya kagum sama tulisan2nya, semua sangat informatif dan cerdas

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Nice inpo gan,,,

Business And Finance mengatakan...

bagus bnget nich kontent.... mantap gan

Health Care Solution mengatakan...

penuh dengan inspirasi.. top markotop dech

Data Mobile Phone mengatakan...

salam knl gan

Free Downloads Games mengatakan...

walking" soob. jngn lupa kkunjungi balik

Asurion Verizon mengatakan...

mantap bro infonya

Professional indemnity insurance mengatakan...

i like this blog

Pembesar Penis mengatakan...

ceritanya sangat menrik loh...

alat bantu sex mengatakan...

salam kenal sob...

semenax asli mengatakan...

ceritanya menarik

Anonim mengatakan...

Mantaffff jg pengen mampir kesono jdnya.. heehhee

Khasiat Ace Maxs mengatakan...

Terimakasih atas infonya gan. . salam kenal

Pengobatan Alami Jantung Koroner mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
thank's

Pengobatan Alami Batuk Berdarah mengatakan...

Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat ya gan. .
nice desainnya, sukses terus
Thank's

Obat Step Pada Anak mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . Mantap banget desain blognya.
Salam sehat

Obat Herbal Infeksi Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Mantap banget gan infonya. . update terus ya
semoga bermanfaat.

Obat Untuk Penyakit Stroke Trombotik Ekstrak Herbal mengatakan...

Thank's ya gan atas infonya. . update terus dan salam sehat

Obat Untuk Penyakit Gondok Beracun Tradisional Alami mengatakan...

Mantap infonya. . nice desain artikelnya
TOP deh, update terus ya, thank's

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

obat herbal ISPA mengatakan...

blognya seru
obat herbal ISPA

Obat Varikokel Tanpa Operasi mengatakan...

Terimakasih infonya. .
semoga bermanfaat dan sukses terus ya gan

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

obat tradisional selulit mengatakan...

pengobatan secara alami
obat tradisional selulit
obat herbal tukak lambung kronis

Obat Untuk Penyakit Usus Buntu Secara Herbal mengatakan...

informasi dan ceritanya menarik gan. . update terus ya
terimakasih

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

obat herbal tumor otak mengatakan...

solutions for treating diseases that you are complaining about
obat herbal tumor otak

Obat Herbal Untuk Amenore Secara Alami mengatakan...

Artikel yang sangat bagus gan..
terimakasih telah berbagi dengan kami, sukses terus

Obat Herbal Untuk Penyakit Tetanus mengatakan...

Very nice the article gan..
terimakasih telah berbagi dengan kami, update terus

Pengobatan Alami Kanker Prostat mengatakan...

Thanks sobat untuk sajiannya..
artikelnya menarik, update terus ya

Obat Herbal Penyumbatan Pambuluh Darah mengatakan...

blog sukra ini memang memiliki artikel artikel yang berkualitas,mudah di fahami si pembaca dan menarik desai blognya
thanks ya gan telah berbagi dengan kami

Moviecamera21 mengatakan...

Buruan nonton diweb saya film2 terbaru
Subtitel indonesia, nonton gratis streaming bioskop online

Surabaya Sewa Mobil mengatakan...

It is delightful to read your article and you share some wonderful information.

Chelsy Kho mengatakan...

Numpang Promo ya

PAPADOMINO agen poker online terpercaya
judi poker
poker online terpecaya
bandar poker
domino online
agen poker online
poker online

Chelsy Kho mengatakan...

Numpang Promo ya

PAPADOMINO agen poker online terpercaya
judi poker
bandar poker
domino online
agen poker online
poker online
capsa susun
poker online terpecaya

Artikel Favorit dalam 1 minggu