Sabtu, 31 Januari 2009

Media Koran Kaum Tionghoa (Hua Ren Bao Kan) (Kongbaba 6)

Koran adalah sebuah media komunikasi yang berisikan berita dan terbit secara periodik. Jadi fungsi koran hampir sama dengan buku yaitu jendela dunia. Walau isinya hampir sama antar koran yang satu dengan yang lainnya tapi pada umumnya mereka mengulas dari sisi pandang yang berbeda dan tidak jarang pula mengabarkan informasi yang berbeda.

Mungkin karena rasa penasaran yang besar, Kongbaba berkata jika mau tahu lebih bacalah koran yang lebih banyak. Akhirnya dimulailah penjajakan media koran yang mana dilakukan di daerah Glodok, Jakarta. Maklum menjadi tempat mangkal untuk beli DVD. Saya khan juga manusia. Hihihi.

Glodok adalah salah satu daerah yang komunitas Tionghoa terbanyak. Jadi dengan rasa penasaran saya melakukan penjajakan akan 10 media koran apa yang paling diminati oleh mereka melalui penjual-penjual koran disana. Hasilnya:

  • Koran kompas dengan jumlah pembaca 61% dan berhubungan dengan TRANS TV grup. Koran ini adalah koran dengan usia paling tua dan terbesar di Indonesia yang mana menggunakan bahasa Indonesia dan merupakan bacaan kaum intelektual termasuk Tionghoa Indonesia umumnya.
  • Seputar Indonesia dengan pembaca 11% dan berhubungan dengan RCTI grup. Koran dengan bahasa Indonesia dan cukup diminati oleh kaum Tionghoa Indonesia. Hal ini dikarenakan grafik, data dan gambar peristiwa yang disajikan menarik dan mudah dicerna.
  • Harian Guo Ji Ri Bao dengan pembaca 8%. Koran berbahasa China Han Yu (Zhong Wen) (Hua Qiau Bao Kan) dan terbit setelah era reformasi. Koran yang beritanya mengarah ke China Daratan, Hongkong dan Taiwan. Koran ini lebih bernuansa politik kepentingan China dan peminat koran ini umumnya adalah kaum China perantauan, Tionghoa totok Xin Ke, dan sebagian Tionghoa Indonesia.
  • Harian Indonesia Xin Zhou Ri Bao (Sin Chew) dengan pembaca 7%. Ini adalah satu-satunya koran berbahasa mandarin Tionghoa (Hua Wen) (Hua Yi Bao Kan) di Indonesia pada zamannya orde baru. Ini merupakan koran bacaan kaum Tionghoa Indonesia dan Tionghoa totok Xin Ke. Koran ini telah merger dan untuk berita luar negerinya cenderung negara Asia Tenggara.
  • Media Indonesia dengan pembaca 5% dan berhubungan dengan Metro TV. Bicara Metro TV, mengingatkan saya bahwa mereka memiliki siaran berita dengan bahasa Mandarin. Koran dengan bahasa Indonesia ini diminati oleh kaum Tionghoa dan yang suka akan perkembangan politik.
  • Indopos dengan pembaca 4% dan berhubungan dengan Jawapos group. Indopos sebetulnya koran Jawapos dengan versi Jakarta, menggunakan bahasa Indonesia. O yah, di koran ini mereka sudah menggunakan istilah Tionghoa dan Tiongkok yang mana pada umumnya masih menggunakan Cina dan China. Pada koran ini terdapat halaman khusus bagi kaum Tionghoa (China Town) dan banyak digemari oleh kaum Tionghoa Indonesia terutama peranakan betawi.
  • Koran-koran lainnya Bisnis Indonesia, Harian Tempo, Republika, Rakyat Merdeka.
Yah, begitulah hasil penjajakan saya. Maaf jika kurang mendetail, khan penjajakan ke tukang koran. Harap berguna bagi yang senang dan belajar bahasa, kebudayaan, sejarah Tionghoa atau Zhong Guo China yang sedang diminati di dunia.

Istilah yang layak digunakan :
  • Orang Tionghoa Indonesia (Yin Ni Hua Ren) adalah orang Tionghoa yang berwarga negara Indonesia dan memiliki rasa cinta akan bangsa dan tanah air Indonesia.
  • Orang China Indonesia (Zhong Guo Ren)adalah orang China daratan yang tinggal dan berdomisili di Indonesia dengan status warga negara asing yang dapat dianggap sebagai China perantauan atau orang Tionghoa (Hua Ren) yang masih mempunyai rasa tali ikatan dengan negeri China.
Semoga berguna.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo: http://id.voi.co.id/images.php/gambar/article/content/1075/

Related Posts by Categories



25 comments:

Andi mengatakan...

nice post..:) salam tuk Kongbaba...

Anonim mengatakan...

Reportase yang lengkap. Makasih ya infonya.

Baru tau ada 2 istilah yg digunakan, Orang Tionghoa Indonesia (Yin Ni Hua Ren)dan Orang China Indonesia (Zhong Guo Ren)

Anonim mengatakan...

nice banget nih infonya.. :D
ternyata emang Kompas media cetak paling populer ya...

ayuzuricha mengatakan...

lha jawa pos gimana hayo :P kan kita ni orang jawa hehe ;)

Anonim mengatakan...

Info yang keren! sayang nasib koran pertama Indonesia (Selompret Melayu) udah KO duluan.

semoga dunia jurnalistis Indonesia makin maju n mantabbb!

admin mengatakan...

hemmm... informasi bagus nih.
Tp karna ayas wong ngalam, ayas lebih suka ma jawa post tuh :)

admin mengatakan...

hemmm... informasi bagus nih.
Tp karna ayas wong ngalam, ayas lebih suka ma jawa post tuh :)

Anonim mengatakan...

terimakasih banyak infonya sangat menarik. edukative sekali banyak menceritakan kebudayaan di blog ini. bisa jadi tambah pengetahuan.

btw numpang add linknya ya. buat referansi di blog ku. di tunggu postingan selanjutnya

Anonim mengatakan...

Hmm... Kompas keknya mencakup smua kalangan ni. Paling banyak terjual, sampe-sampe kalo dijual gratispun kompas dah dapet untung.

Anonim mengatakan...

klo aq suku ma tabloid koki :D

FATAMORGANA mengatakan...

ang Tionghoa Indonesia (Yin Ni Hua Ren) adalah orang Tionghoa yang berwarga negara Indonesia dan memiliki rasa cinta akan bangsa dan tanah air Indonesia.

mungkin aku masuk golongan ini.
btw, keluargaku pernah langganan koran Harian Indonesia dan karyaku pernah dimuat di sana lho. Tapi dalam bahasa Indonesia. gak bisa bahasa mandarin nih.

Unknown mengatakan...

Semangatnya orang china memang luar biasa...hmm sampai koran chinapun ada salam persaudaraan..dari Bali. Untuk Indonesia...

Anonim mengatakan...

Info yang bagusss
postingannya tentang china semua nih?? pengetahuannya banyak ttg China.

Anonim mengatakan...

Posting yang menarik.
Di jaman sekarang informasi memang sudah menjadi kebutuhan, selain sandang, pangan, papan.

Semar Badranaya mengatakan...

Mantav.... Indonesia semakin kaya warna dan informasi... good posting boz...

Salam

BERKATA BEBAS

Anonim mengatakan...

Wuiih.... sumber datanya sampai segitunya, salut aku bro. hebat..

Anonim mengatakan...

jangan suka berantem ya nak!

microsoft word download mengatakan...

penelitian yang menarik sob, hmm.. klo kompas mah dah pasti jadi pemenangnya :), juga merupakan media cetak terbesar nasional

Coretan Imtihan mengatakan...

kompas menduduki peringkat paling atas. Itu menunjukkan bahwa warga tionghoa indonesia adalah warga terdidik. Ini dikerenakan kompas lebih disukai oleh pembaca terdidik

Kanker mengatakan...

terimakasih banyak infonya sangat menarik.

BlackBerry Curve 8520 mengatakan...

Semangatnya orang china memang luar biasa.

Mobile Phone mengatakan...

Mantav.... Indonesia semakin kaya warna dan informasi...

bayi sehat mengatakan...

trims atas artikelnya yang sangat membantu saya. smoga artikelnya terus bertambah untuk referensi saya ke depan.

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Artikel Favorit dalam 1 minggu