Rabu, 13 Mei 2009

Wajah Aceh

5 Mei 2009, kunjungan untuk kedua kalinya dan lansung membuat saya terpesona. Lebih kurang 1 tahun telah ada gedung (terminal) baru yang menjadikan bandara Iskandar Muda bersakla internasional.

Hari yang panjang dan penuh kejutan akan dimulai. Setelah sampai di hotel untuk meletakan koper, Prof. Kiichiro Kagawa, Dr. Koo Hendrik Kurniawan FRSC (yang akan melakukan presentasi dalam seminar internasional ICONES 2009 esok) dan saya menyewa sebuah mobil untuk keliling Banda Aceh. Takjub saya melihat isi kota karena gambaran yang menakutkan karena adanya pertikaian (ketegangan) atau tanah yang rata akibat gelombang tsunami pada 26 Desember 2004 silam telah sirna, yang ada sebuah kota berkembang dengan wajah yang baru.

Padatnya acara membuat kami pergi ke tempat yang dekat tapi bermakna. Persinggahan pertama adalah Museum Negeri Aceh yang mana dapat menceritakan kebudayaan Aceh di masa lalu dari koleksi barang dan fotonya. Contoh adanya replika Masjid Raya Baiturrahman dari awal hingga berkubah 5 (saat ini mesjid telah berkubah 7). Di kompleks ini juga terdapat rumah Aceh yang dibangun pada tahun 1914 oleh gubernur Belanda Van Swart. Rumah adat yang tampak dan memang kokoh ini ternyata tidak ada satu pakupun digunakan dalam membangunnya.


Perjalanan berlanjut yaitu menuju kawasan untuk memori akan kejadian tsunami. Dimulai dari Museum Tsunami tapi kami hanya singah unuk melihat arsitektur dari luar saja karena hari telah senja. Tujuan selanjutnya adalah kapal apung yang merupakan kapal Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Kenapa disebut kapal apung? Karena ketika terjadinya gelombang tsunami kapal ini terbawa sejauh 5 kilometer dari tepi laut dan sekarang berada di atas tanah. Percaya tidak percaya, untuk menguatkan imajinasi tak jauh dari sana terdapat sebuah tugu yang menunjukan seberapa tingginya gelombang tersebut yaitu 7 meter. Disini saya baru dapat membayangkan seberapa menakutkannya gelombang tsunami tersebut. Selanjutnya supir dari mobil rental membawa kami menuju rumah yang terdapat perahu diatasnya. Inilah akhir perjalanan untuk memori kejadian tsunami.

Kembali ke hotel untuk bersiap menghadiri acara kesenian yang diadakan oleh fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala. Dalam acara kesenian tersebut para mahasiswi dan mahasiswa menyanyikan beberapa lagu dan beberapa tarian khas Aceh. Saya cukup terkejut akan nyanyian tersebut dan terkagum akan tariannya.

Lagu yang dinyanyikan saya tidak tahu tapi dari sana saya mendengar bahwa kata putri diucapkan terlebih dahulu sebelum putra. Tak tahu apakah ini disesuaikan dengan intonasi atau memang ada maksud sendiri. Hal yang pasti lagu tersebut membuat saya termenung, memang pria lebih banyak keluar dan dominan, tapi peran wanita juga tidak kalah hebat yaitu menjadi fondasi awal dari terciptanya sebuah keluarga.

Tarian yang diperagakan adalah Ranub Lampuan, Likok Pulo. Lampuan berarti mangkok dan ranub berarti sirih. Ranub Lampuan adalah tarian penyambut tamu dengan memberikan sirih kepada para tamu (sebagai pelambang persaudaraan). Tarian ini telah ditarikan sejak zaman kerajaan terdahulu yang mana bermakna memuliakan para tamu. Mungkin ini adalah pelayanan bahwa setiap tamu yang datang haruslah dihargai dan dihormati. Likok Pulo adalah tarian yang membuat saya tidak dapat memalingkan mata karena artistik, tingkat kesulitannya yang tinggi dan mirip dengan tarian saman. Perbedaan dengan tarian saman yang paling nyata ada seseorang yang membacakan sesuatu dalam bahasa Arab.

Itulah wajah Aceh yang terekam dalam perjalanan yang panjang dalam satu hari. Wajah yang penuh dengan warna dan makna yang membuat segala sesuatunya berharga untuk dikenang.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Related Posts by Categories



68 comments:

fia al Kurosawa mengatakan...

Bersyukur ya Bang Sukra...Saudara kita di Aceh dah mulai menggeliat lagi...btw bang Sukra enak ya bisa JJS ke Nusantara sembari kerja...mau tuh sesekali di ajak..hi hi

Putra Sigit mengatakan...

jadi penasaran pengen berkunjung ke Aceh..pasti seindah yang mas ceritakan..

apisz mengatakan...

hehe..hi..how are? long time no see..sorry..busy sedikit..skrg udah free.. =)

ciptamedia mengatakan...

nice posting bro.... :d

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Aku pernah kesan sih, tapi sebelum Tsunami melanda.

brown sugar mengatakan...

Interesting place...tapi kapan ya bisa kesana?

Fanda mengatakan...

ikut jalan2 ke Aceh nih...

wahyoe mengatakan...

gak bisa ke sana, tapi bisa tau sana dari sini..
nice artikel :D
salam kenal

uchie mengatakan...

wah asik nih yg abis jln2, oleh-oleh dunk,hehehehehe...
aku yg tinggal di sumatra aja blm sampe ke Aceh, mudah2an suatu hari nanti

sewa mobil di surabaya mengatakan...

aceh semakin membaik ya, setelah terjadi tsunami

pasang iklan baris tanpa daftar mengatakan...

enak ya traveling terus...

Linda Belle mengatakan...

kapal diatas rmh itu keren jg ya...

melati mengatakan...

kapan ya... bisa jalan-jalan lagi...

furniture indonesia mengatakan...

duh jd pngen k aceh...

it news mengatakan...

newswah mas sukra, nice post..
jadi pengen ke Aceh... kapan ya??
hehe...

ceritain lagi tentang alam-alam di Indonesia ya... seperti dikalimantan, irian jaya..

muchlisin mengatakan...

Jadi kepingin ke Aceh... Melihat langsung wajah SERAMBI MAKKAH

Lala mengatakan...

Waaaowww kapalnya sampai bertengger di atas rumah kek gitu.
Beruntungnya bisa menyaksikan keindahan dan keeksotikan Aceh :)

ikeys mengatakan...

pengen jg mampir k aceh lg

Uphank mengatakan...

wah asyik nih sobat bs jln2 ke Aceh. Kpn nih jln2 ke makassar? he...he...he...

penny mengatakan...

walaupun dah bolak balik pergi ke Banda Aceh (suami asli sana), saya malah belum pernah masuk ke Museum Negeri Aceh, hanya lewat depannya doang...
klo dah disana, pasti sibuk wisata kuliner or berkunjung ke rumah family or hunting souvenir aceh...hehehe

kakve-santi mengatakan...

sedih.. :D

Mellyta siregar mengatakan...

Mau dooong ke Aceh..!

~uPik_@bU~ mengatakan...

kapan ya Q di ajak :-"

karila mengatakan...

Aduh...jadi pengen ke Aceh...liat keindahan Tanah Rencong :)

karila mengatakan...

Aduh...jadi pengen ke Aceh...liat keindahan Tanah Rencong :)

nietha mengatakan...

udah berkunjung ke museum tsunami aceh dan nyobain kulinernya ga??

renspandy mengatakan...

waw.. kereeen..
beneran tanpa paku tuh??

Gaban mengatakan...

kalo masyarakat nya secara moral katanya ada penurunan begitu yang bang

eRGe mengatakan...

wah makasih mas ... udah memperkenalkan Aceh serta kebudayaan nya kepada dunia mas, saya sangat terharu sebagai salah seorang putra aceh .. makasih mas ... makasih


keep posting n sukses slalu mas .. salam

Aka Aceh, mengatakan...

bro...salut...thank's ya dah nulis tentang kita-kita...btw kalo kemari lagi kita mesti jumpa ya...

daniel mengatakan...

Aceh sudah aman yah...
wahh..bagus dah...

Coretan Imtihan mengatakan...

semoga suatu saat nanti saya bisa main2 ke aceh

Nikmaya John mengatakan...

Terus terang sya belum pernah ke Aceh,,, setelah baca2 blog ini jadi pengen ke Aceh,,,

Belajar Ngenet mengatakan...

Halo gan, salam kenal... blogwalking di blog ini.. mohon kunjungan balik.. terima kasih :p

btw jadi penasaran juga nih pengen berkunjung ke tanah rencong hehehe

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Pengalaman yang menyenangkan ya,,,,

Jual Souvenir Promosi mengatakan...

Hampir semua propinsi di Sumatera sudah pernah saya datangi, kecuali Aceh. Mungkin karena lokasinya yang paling ujung. Salut dengan Aceh, ternyata bisa bangkit cukup cepat meski telah terkena tsunami.

Satu hal lagi yg saya kagumi dari Aceh adalah tarian Aceh yang terkenal itu (tapi saya lupa namanya :p), dan sudah sering menang di berbagai kontes tarian internasional.

Proud to be an Indonesian. :)

Tahitian Noni Indonesia mengatakan...

newswah mas sukra, nice post..
jadi pengen ke Aceh... kapan ya??
hehe...

Mobile Phone Application mengatakan...

Waaaowww kapalnya sampai bertengger di atas rumah kek gitu.

Data Mobile Phone mengatakan...

kapan ya Q di ajak maen ke aceh

Mengatasi Buang Air Besar Berdarah mengatakan...

kunjungan pagi hari plenz... lam knl

kanker mengatakan...

Waaaowww kapalnya sampai bertengger di atas rumah kek gitu.

Technology Information mengatakan...

Jadi kepingin ke Aceh...

Business And Finance mengatakan...

Jadi kepingin ke Aceh...

Health Care Solution mengatakan...

ikut jalan2 ke Aceh ach

professional indemnity insurance quote mengatakan...

nice posting

professional indemnity insurance mengatakan...

ceritain lagi tentang alam-alam di Indonesia ya...

Business And Finance mengatakan...

Bersyukur ya Bang Sukra...

Asurion Verizon mengatakan...

mantap banget sob postingnya

obat herbal mengatakan...

Bersyukur ya Bang Sukra...

obat herbal asam urat mengatakan...

Jadi kepingin ke Aceh...

obat jerawat mengatakan...

adi pengen ke Aceh... kapan ya??
hehe...

resep membuat mengatakan...

meski pernah diterjang Tsunami, tapi kini Aceh udah bisa bangkit lagi. asal jangan nanem ganja lagi ya. bisa kena tsunami lagi nanti

masakan indonesia mengatakan...

makasih sharingnya gan..

resep bunda mengatakan...

aceh, alamnya indah sekali

handmade mengatakan...

aceh memang top :)

pinkand mengatakan...

nice posting mas sukra

putry naisabury mengatakan...

aku punya saudara di aceh,,ada yang kenal gak ?

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Obat Herbal Untuk Amenore Secara Alami mengatakan...

Artikel yang sangat bagus gan..
terimakasih telah berbagi dengan kami, sukses terus

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu