Minggu, 06 April 2008

Banggalah Pemuda Indonesia

Ingat kata pemuda, jadi ingat akan sumpah pemuda yang isinya:

Kami Putera dan Puteri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia.
Kami Putera dan Puteri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia.
Kami Putera dan Puteri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.


Terasa aneh jika seluruh dunia mengumandangkan sumpah pemuda ini. Tapi lebih aneh lagi, banyak orang Indonesia tidak bangga akan tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia. Padahal Indonesia adalah negara yang luas, bangsa yang besar dan bahasa yang cukup banyak penuturnya.

Tanah air Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan 17.000 pulau dan luas wilayahnya no 15 di dunia dan terluas di Asia Tenggara. Tanah air Indonesia kaya akan flora dan faunanya dimana Indonesia salah satu negara yang memiliki jenis fauna burung, spesies ikan, flora untuk obat-obatan terlengkap ke 2 di dunia. Tidak hanya itu Indonesia juga memiliki warisan dunia antara lain Ujung Kulon, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pulau Komodo, Taman Nasional Lorentz, dan situs manusia purba Sangiran. Sebetulnya pernah terpikir dalam benakku, jika saya menggelilingi seluruh tempat wisata di nusantara apakah bisa selesai dalam satu tahun? Karena banyak sekali tempat wisata dan keindahan alam di bumi nusantara ini.


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Dilihat dari jumlah penduduk, Indonesia adalah negara terpadat ke empat di dunia dengan suku bangsa yang banyak. Urutan negara terpadat di dunia: China, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brazilia. Apa karena dahulu zaman perjuangan para pahlawan selalu berkata mati satu tumbuh seribu yah? Jadi ingat dahulu Bangsa Indonesia adalah bangsa yang disegani baik di laut maupun di darat.

Bahasa Indonesia bukanlah bahasa internasional akan tetapi salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Pada awalnya saya tidak percaya tapi setelah diberikan statistik, kubertanya kenapa bahasa Indonesia tidak menjadi bahasa internasional. Urutan jumlah penutur terbanyak: Mandarin, Hindi, Inggris, Spanyol, Arab, Indonesia. Oyah penutur dengan menggunakan bahasa Jawa ternyata lebih banyak dari penutur yang menggunakan bahasa Perancis. Hihihihi aneh tapi nyata. Jadi sebagai orang Indonesia harus bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, benar dan menjadikannya sebagai bahasa primer. Setuju?

Bagi orang yang memandang rendah negara ini berarti mereka belum melihat siapa Indonesia. Karena Indonesia memiliki tanah air yang luas, bangsa besar dan bahasa dengan pengguna yang banyak. Jadi tugas seorang pemuda Indonesia tidaklah ringan karena haruslah memberikan pendangan pada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan tak dapat dipandang sebelah mata.

Enjoy, peace, and love from pemuda Indonesia.

Referensi:
Komandoko Gamal,"Buku Serba Tahu Edisi Senior", Pustaka Widyatama, Jakarta, 2008

Related Posts by Categories



6 comments:

Anonim mengatakan...

Sayangnya Negara & bangsa kita skarang ini lebih dikenal karena tindakan korupsinya. Kebanggaan akan Negara kita ini telah dirusak oleh tangan2 koruptor. Apalagi banyak peperangan antar suku & bangsa, kita boleh berbangga tapi apalah arti kebanggaan itu jika tidak ada seorangpun yang mau menginjakan kakinya (bertandang) ke Indonesia untuk menyaksikan apa yang menjadi kebanggaan kita.

adhe_5381 mengatakan...

mugkin yang anda maksudkan adalah saya. salah satu manusia yang tidak bangga menjadi orang indonesia karena saya lebih bangga jika disebut dengan orang internasionale. memang Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan kebetulan saja penduduk Indonesia sangat padat, beranjak dari situ saya simpulkan semakin banyak kepala dan otak maka akan semakin banyak pemikiran pemikiran dan permusuhan dan sebab itu harus ada dulu satu tujuan atau visi misi yang sama

Anonim mengatakan...

Setuju, bahwa kalau tidak kenal maka tak sayang. Sebelum ikutan BATMUS, aku juga tak ada respeknya sama negara ini. Malu malah jadi orang Indonesia gara-gara reputasinya di luar negeri. Tapi setelah melihat keindahan Indonesia di beberapa propinsi, baru deh rasa nasionalismeku mulai muncul. Ternyata Indonesia keren banget dan banyak juga lo orang-orang Indonesia yang pekerja keras dan menginspirasi (ini sih gara-gara suka nonton Kick Andy dan baca kolom Sosok di Kompas). Memang reputasi negara kita sebagai bangsa koruptor, mungkin sumber teroris, sangat memprihatinkan dan tidak menguntungkan kita sebagai satu bangsa. Tetapi daripada meributkan dan mengeluh tentang orang lain, kita mulai saja dari diri sendiri untuk hidup dengan setia pada yang benar. Mudah-mudahan yang lain bisa terinspirasi juga untuk ikut konsep hidup setia pada yang benar. Semoga ya... Tetap optimis untuk Indonesia.
Salam, Myrna

sewa ac portable termurah mengatakan...

ya, saya bangga jadi Pemuda Indonesia :D

Rental Mobil Di Surabaya mengatakan...

I read few articles "Banggalah Pemuda Indonesia" on this site and I think that your Article is real interesting and Power to the People of excellent information.

Yuli Anti mengatakan...

Hi, your blog has great informative and awesome posts. I am very glad to read it . IT increased my knowledge. thanks for sharing. Makanan Penyakit Gerd

Artikel Favorit dalam 1 minggu