Sabtu, 19 April 2008

Asal Usul Pulau Jawa (Sangiran_1)

Dengan semakin rusaknya alam maka terpikir bagaimanakah bisa terciptanya sebuah pulau. Manusia menciptakan pulau seperti pulau Jawa apakah mungkin? Menurutku hanyalah alam yang bisa membentuk pulau dan hal tersebut berlansung sangat-sangat lama. Karena Bukti yang ada di Pulau Jawa, telah berumur 20juta tahun yang lalu.

Proses terjadinya pulau menurutku terjadi dikarenakan adanya berlakunya teori lempeng tektonik, letusan gunung berapi, dll. Teori Lempeng tektonik menjelaskan benua di dunia seperti rakit yang membeku di dalam es dari suatu arus yang mengalir, terseret bersama dasar samudra. Setelah adanya pergeseran lempengan maka mulai terjadinya pulau. Terjadinya pulau dikarenakan tenggelamnya dataran tinggi yang terletak di pantai (pulau-pulau kontinental) dan adanya zona-zona ketidakstabilan dalam kerak bumi (busur pulau). Pulau kontinental karena dahulu Jawa, Sumatra dan Kalimantan bersatu. Busur Pulau karena adanya palung laut, banyaknya gunung berapi yang menunjukan adanya kegiatan volkanik zaman dahulu.

Umur Pulau Jawa 20 juta tahun yang lalu dikarenakan ditemukannya fosil invertebrata dan vertebrata dimana ditemukan di Situs Sangiran, Jawa Tengah. Tapi untuk sementara dilihat dari sisi kacamata lapisan tanah dulu yah.

Di Situs Sangiran ada 5 formasi tanah dengan lapisannya yang dapat dilihat secara langsung dimana merupakan salah satu keajaiban Sangiran. Formasi tanahnya antara lain:

Formasi Kalibeng (Puren) berumur 5 juta s/d 1.8 juta tahun lalu. Dengan lapisan:
01. Lapisan napal (Marl)
02. Lapisan lempung abu-abu (biru) dari endapan laut dalam
03. Lapisan foraminifera dari endapan laut dangkal
04. Lapisan balanus batu gamping
05. Lapisan lahar bawah dari endapan air payau.


Formasi Pucangan (Sangiran) berumur 1.8 juta s/d 1 juta tahun lalu. Dengan lapisan:
01. Lapisan lempung hitam (kuning) dari endapan air tawar
02. Lapisan batuan kongkresi
03. Lapisan lempung volkanik (Tuff) (ada 14 tuff)
04. Lapisan batuan nodul
05. Lapisan batuan diatome warna kehijauan

Formasi Kabuh (Bapang) berumur 1 juta s/d 250 ribu tahun lalu. Dengan Lapisan:
01. Lapisan konglomerat
02. Lapisan batuan grenzbank sebagai pembatas
03. Lapisan lempeng vulkanik (tuff) (ada 3 tuff)
04. Lapisan pasir halus silang siur
05. Lapisan pasir gravel.

Formasi Notopuro (Phojajar) berumur 250 ribu s/d 15 ribu tahun lalu. Dengan lapisan:
01. Lapisan lahar atas
02. Lapisan teras
03. Lapisan batu pumice

Formasi Teras Solo (Kali Pasir) berumur 15 ribu s/d 1.5 ribu tahun lalu. Dimana hanya memiliki lapisan endapan sungai batu kerikil dan kerakal.

Btw informasi lapisan ini hanyalah sebagai tambahan dan catatan saja dikarenakan takut hilang. Maklum bukan ahli tanah, bila coretan di kertas terbuang maka informasi yang sukar didapat ini tak akan kembali. Lapisan tanah ini juga dijadikan bahan penelitian untuk menentukan usia bumi ini. Hihihihi.......

Sebelum Lupa di tengah area ladang sawah Sangiran terdapat kubangan yang menyemburkan bui air asin yang aktif. Dari informasi awal, lapisan tanah dan kubangan aku menarik kesimpulan bahwa pulau Jawa dahulu adalah lautan dimana akibat pergeseran lempengan sehingga muncul Jawa (Sumatra, Kalimantan, Jawa merupakan satu daratan) dan akibat ketidakstabilan kerak bumi dan erosi sehingga permukaan air laut meninggi sehingga muncul yang namanya pulau. Mohon maaf jika kesimpulanku salah karena sekali lagi aku bukanlah ahli dalam bidang ini.

Akhir kata, satu dari rahasia dunia (meskipun belum terungkap secara keseluruhan) terdapat di Sangiran, Jawa Tengah. Perlukan kita malu sebagai manusia yang tinggal di Indonesia.

Enjoy, peace and love.

Referensi Photo:
http://www.klett-verlag.de/sixcms_upload/media/100/tektonik_welt_500.jpg

Related Posts by Categories



29 comments:

Sexsual Healty mengatakan...

waduuuh gan... ane aja orang jawa tp baru tau ini asal usulnya... makasih dah share gan

Nikmaya John mengatakan...

Nice inpo gan,, sangiran merupakan bagian dari sejarah manusia

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Rumit juga yah,,,hehe,,,

agen xamthone plus banjarmasin mengatakan...

owh ternyata seperti ya..... thanks ya dah menambah ilmunya

jelly gamat mengatakan...

bgtu ya asal-usulnya pulau jawa...

thanks udh shar ilmu..

propolis mengatakan...

nice info....

Bisnis Online daftar Gratis bonus jutaan rupiah mengatakan...

info yang bermanfaat

android mengatakan...

waww thnk you infonya mas

best computer mengatakan...

waww thnk you infonya mas

ipod nano battery life mengatakan...

waww thnk you infonya mas

sony ipod mengatakan...

waww thnk you infonya mas

obat herbal mengatakan...

Nice inpo gan,, sangiran merupakan bagian dari sejarah manusia

obat herbal asam urat mengatakan...

Rumit juga yah,,,hehe,,,

obat herbal keputihan mengatakan...

thanks ya dah menambah ilmunya

obat herbal diabetes mengatakan...

nfo yang bermanfaat

obat herbal darah tinggi mengatakan...

thnk you infonya mas

obat herbal maag mengatakan...

info yang bermanfaat

obat herbal amandel mengatakan...

Rumit juga yah,,,hehe,,,

obat herbal diare mengatakan...

owh ternyata seperti ya

xamthone plus mengatakan...

ok

xamthone plus mengatakan...

sip...

xamthone mengatakan...

mantab...

xamthone plus mengatakan...

thanks

OBAT HERBAL RADANG PARU-PARU mengatakan...

Terima kasih atas informasi yang di berikan.

OBAT HERBAL LIVER / EMPEDU mengatakan...

Berkat membaca artikel yang anda tulis saya jadi tahu asal-usul pulau jawa.

agen sbobet mengatakan...

wah ane baru tau asal usulnya gan.

dehumidifier mengatakan...

nambah lagi wawasan saya tentang pulau jawa. thanks informasinya

agen bola terpercaya mengatakan...

wah si mas satu ini selalu memberi artikel yang buat gua gak pengen pergi dari blog ini. thanks pengetahuannya gan

haidar@kuncibisnis mengatakan...

wah baru tahu nih gan, terima kasih info uniknya

Artikel Favorit dalam 1 minggu