Sabtu, 19 April 2008

Binatang Purba Indonesia (Sangiran_3)

Sebelum memulai ada yang harus dipahami terlebih dahulu bahwa binatang purba itu tidaklah selalu berupa dinosaurus. Dinosaurus adalah makhluk yang hidup antara 225 juta hingga 25 juta tahun yang lalu. Sedangkan binatang purba adalah binatang yang hidup pada masa lampau dan hidup pada masa yang sama dengan manusia pertama atau prasejarah.

Jadi di Indonesia terutama Sangiran tak akan kupungkiri bahwa disana pasti ditemukan fosil binatang purba yang beraneka baik dari binatang vertebrata dan invertebrata atau binatang laut dan binatang darat. Karena lapisan tanah di Sangiran ada yang berasal dari lautan dan diketemukan manusia-manusia purba yang mana merupakan satu masa dengan binatang purba tersebut.

Selidik-selidik ternyata binatang purba yang pernah ditemukan di Sangiran tidak kalah hebat dengan binatang purba yang ditemukan di belahan bumi yang lain. Kekalahan Indonesia dalam binatang purba mungkin hanya dinosaurus karena tidak diketemukannya di negara tercinta ini. Jadi Sangiran memeberikan kontribusi lagi dalam memecahkan misteri dari dunia ini. Hihihihi.

Dalam catatan ala kadarnya di Sangiran pernah fosil-fosil vertebrata antara lain:

  • Kategori Chelonia (kura-kura)
  • Kategori Crocodiliaus (buaya)
  • Kategori Bovidae (banteng)
  • Kategori Hippopotamidae (kuda nil)
  • Kategori Rhinocerotidae (badak)
  • Kategori Elephantidae (gajah)
  • Kategori Suidae (babi)
  • Kategori Cervidae (rusa)
  • Kategori Felidae (harimau)
  • Kategori Cercopithecidae(monyet)
Hal paling menarik dari fosil vertebrata di Sangiran yaitu fosil kategori gajah. Karena fosil yang ditemukan berasal dari berbagai jenis bahkan lebih dari separuh jenis gajah yang pernah ada ditemukan disini seperti jenis tetralophodon, mastodon, stegodon, elephas. Bahkan fosil gajah terbesar yang pernah ditemui di dunia ditemukan di Sangiran ini.

Akhir kata, semoga warisan dunia ini tidak hilang dan menjadi harta yang tak dapat tergantikan dengan apapun juga. Btw mohon maaf jika masih banyak data kurang karena ini bukanlah bidangku. Enjoy, peace and love.

Related Posts by Categories



21 comments:

pinkyangga mengatakan...

salam kenal :D

infogue mengatakan...

Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://fossil.infogue.com
http://fossil.infogue.com/binatang_purba_indonesia_sangiran_3_

Henri mengatakan...

Aku dulu percaya bahwa dari penciptaan pertama sampai bermilyar milyar tahun kemudian tetap sama. Tapi semakin bertambah tua, semakin banyak yang tak liat n baca aku semakin yakin bahwa makhluk hidup tidak tetap, namun berubah berdasar keadaan alam di sekelilingnya. Contoh serigala, setelah didomestikisasi selama ribuan tahun akhirnya berubah jadi anjing. Anjing pun berubah dari waktu ke waktu. Ada Bulldog, herder, rottweiler dll. Anjing greyhound dari Mesir memiliki postur yang tinggi ramping ini menyesuaikan dengan lingkungannya di padang pasir. Anjing Husky berbulu tebal karena menyesuaikan dg lingkungan saljunya. Anjing pitbull dulu yang biasa digunakan bertarung dulunya adalah anjing biasa di Irlandia (juga Inggris). Tapi karena diadu sampai salah satu mati, atau kalau yang melarikan diri dari pertarungan akan dibunuh, maka selama berabad abad hanya yang terbaik dalam pertarungan yang bertahan dan dikembangbiakkan. Maka Pitbull dua abad yang lalu dengan pitbull hari ini sangatlah berbeda. Ini adalah bukti kecil evolusi, masih banyak bukti kecil dan besar yang lain.

Ultimate Software mengatakan...

Terima Kasih

adesunandar mengatakan...

ternyata indonesia juga pernah dihuni oleh makhluk hidup jaman purbaya..kaya akan keanekaragaman

xamthone plus mengatakan...

salam kenal ya... :))

wicker furniture mengatakan...

maaf...., kalo pemerintah tikus berdasi termasuk gak ya? kayaknya mereka itu manusia purba modern...

jelly gamat mengatakan...

Wah jadi pengen liat langsung dinosaurus klo gitu,,,,

obat alami nyeri haid mengatakan...

kira-kira binatang purba masih ada gak ya,,,?/
hehe

jus kulit manggis mengatakan...

perlu di lestarikan dan disimpan baik-baik tuh fosilnya,,,
atau di museumkan,,,

Health Care Solution mengatakan...

salam knl gan

obat insomnia mengatakan...

kehidupan sblum kita ternyata panjang bgt

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

bener juga sob, semoga warisan itu jangan sampai hilang, itu harus di abadikan , makasih banyak atas infonya

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Nice inpo,,,

Nikmaya John mengatakan...

Thanks inponya gan,,,,

Agen XAMthone plus bekasi mengatakan...

waduh aku malah baru tau gan , heheh makasih banyak buat infonya sukses selalu yah

Obat Herbal Asam Urat mengatakan...

oh itu posil gajah ya gan , hehhesemoga saja tidak sampai hilang itu posilnya, makasih banyak atas infonya gan

Business and Finance mengatakan...

wah ane mlah bru tau itu gan

Compare cell phone plans mengatakan...

salam knl mas

Free downloads games mengatakan...

mksih gan dah do share

Data Mobile Phone mengatakan...

walking" sob

Artikel Favorit dalam 1 minggu