Rabu, 02 April 2008

Alasan "Muda Tak Dapat Dipercaya"

Ini adalah salah satu kalimat dari salah satu iklan di Indonesia yang cukup populer. Pada awalnya saya bingung apa hubungan antara iklan ini dengan produk yang diperjualkan. Ternyata iklan ini berupaya mengambil hati konsumen dengan tema iklan yang sejalan dengan pandangan konsumen. Pandangan "muda tak dapat dipercaya" membuat saya bertanya-tanya kenapa hal tersebut dapat terjadi.

Apakah dikarenakan pengalaman membuat yang muda tak dapat dipercaya? Jika iyah, mengapa orang tua menyuruh anaknya sekolah hingga tinggi kenapa tidak setelah lulus SD disuruh bekerja. Menurutku pengalaman logika berfikir mungkin membuat yang muda tak dapat dipercaya akan tetapi bukanlah hal yang mutlak karena dapat ditutupi dengan pembelajaran yang diperoleh. Kepercayaan ditentukan oleh hasil, sikap dan tingkah laku manusia itu sendiri.

Hal paling utama yang membuat seseorang tak dapat dipercaya adalah etika (mengambil keuntungan yang bukan haknya). Berikutnya adalah keegoisan manusia, merasa dirinya paling benar sehingga tak mau mendengarkan dan banyak kesalahan tidak disadarinya. Selanjutnya keinginan untuk menjadi orang lain (akibat lingkungan) sehingga lupa akan dirinya sendiri dimana menyebabkan hilangnya kemampuan untuk menentukan apa yang terbaik bagi dirinya. Disini ditunjukan, bagaimana seseorang dapat memberikan keputusan yang terbaik untuk orang lain sedangkan memberikan keputusan yang terbaik untuk dirinya sendiri saja tak bisa. Terakhir tiadanya rasa hormat pada yang lebih tua atau senior disini menunjukan mereka lupa akan hukum timbal balik dimana bila seseorang tak menghormati orang lain maka orang lainpun tak menghormati dirinya.

Dari beberapa kesalahan diatas memang sangat dimungkinkan sehingga muda tak dapat dipercaya akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk yang tua. Pendapat diatas mungkin saja salah karena diriku adalah anak muda yang tak bisa membaca pikiran orang tua tetapi hanya menganalisa dari kehidupan para manusia muda dan diriku sendiri.

Enjoy, peace and love dari anak muda.

Related Posts by Categories



2 comments:

Mei mengatakan...

Pada dasarnya tiap orang mempunyai alasan masing2 dalam usahanya memenuhi semua kebutuhan pribadinya.

Jika kita ingin mendapatkan hasil yg memuaskan maka semua haruslah diterapkan & direncanakan dari awal, bgitu juga dalam melahirkan & mendidik generasi2 penerus bangsa.

Jika awalnya saja sudah salah maka ke depannyapun akan salah.

hendro mengatakan...

ya karena lom berpengelaman aja yang mudah simple

Artikel Favorit dalam 1 minggu