Kamis, 04 Juni 2009

Kegagalan Sebuah Reformasi

Cek dan ricek akan informasi yang keluar dari mulut "orang gila" dan yang saya pernah tulis dalam sebuah artikel "Era Baru Perang Negara". Seorang sahabat yang penasaran akhirnya mencari jawaban dan menjadi "orang gila" karena tidak percaya akan apa yang dipelajarinya.

"Orang gila" bukan berarti orang sakit jiwa tapi seseorang yang bisa mengeluarkan pendapat yang berbeda dari orang lain. Seperti saya.

Sebuah jawaban yang membuat sahabat saya menjadi "orang gila". Adakah jawaban akan masa depan yang membingungkan tentang reformasi? Sebuah kisah yang menjadikan Indonesia mengulang drama sejarah? Sebuah misteri yang berpaku pada buku "Zhan Guo Ce" dan "Dong Zhou Lie Guo Zhi" sebagai benda keramat, untuk kearifan bagi kaum eksklusif, elit, dan juga sebagai panduan kebijakan strategi di masa edan ini.

Ini adalah catatan sejarah tentang zaman keemasan yang paradoks antara kekacauan, kegalauan, kegairahan dan keterbukaan yang terjadi lebih kurang 500 tahun di negeri tirai bambu. Sejarah menuliskan terbaginya 2 periode di era zaman Dong Zhou yaitu periode Chun Qiu (SM770 - SM476) dan Zhan Guo (SM475 - SM 221) yang mana di setiap periodenya terbagi atas 2 fase. Fase-fase tersebut:

  • Fase ideologi (I) dimana ratusan filosof, yang terdiri dari 3 aliran dan 9 ajaran ideologi, saling bersahutan untuk memberikan pandangan-pandangannya. Para filosof tersebut antara lain Lao Zi, Kong Zi, Mo Zi, Guan Zi, Sun Zi, Wu Zi, dll.
  • Fase tokoh (II) adalah fase munculnya figur-figur yang berpengaruh. Figurnya antara lain Qi Huan Gong, Jin Wen Gong, Qin Mu Gong, Song Xiang Gong, Chu Zhuang Gon, dll.
  • Fase kukuatan (III) dimana 7 kekuatan negara otonom melakukan sebuah perubahan reformasi terhadap tata kenegaraannya. Di fasa ini, para pemikir dan pencetus reformasi banyak yang terasing, menjadi tumbal dan terbunuh sebagai akibat dari kebijakannya. Tokohnya antara lain Wu Qi, Shang Yang, Han Fei Zi, Li Si, dll.
  • Fase Koalisi (IV) yang saya definisikan sebagai sebuah era paradoks karena munculnya berbagai strategi politik koalisi negara. Perang dan koalisi antar negara tidak terelakan. Berbagai formasi koalisi (horisontal, vertikal, jauh dekat) dilakukan yang pada akhirnya dimenangkan oleh negara Qin dengan formasi jauh dekatnya. Tapi apa daya, negara Qin yang merupakan sebuah negara kesatuan dengan sistim tata negara sentralisasi, hanya dapat bertahan 15 tahun. Kelanjutan kisah sejarah adalah dinasti Han mengganti kedudukan Qin. Dengan mewariskan sistim tata negaranya.
Apa yang dimaksud dengan terulangnya sejarah dan masa depan yang membingungkan tentang reformasi? Jawabannya adalah 4 fase yang disebutkan diatas. Sebuah fase awal yaitu dari pemahaman akan ideologi, fase figur tokoh pemimpin hingga kekuatan organisasi dengan mengusung reformasi (perubahan) yang pada dasarnya penuh akan masalah dan tragedi. Pada akhirnya, melakukan berbagai strategi politik koalisi otoriter dan pragmatis demi kemenangan mutlak untuk kesatuan "bangsa dan negara". Apakah anda tidak merasakan ini sebagai pengulangan dari sejarah?

Akan tetapi berapa lamakah hal tersebut bertahan? Apakah berlanjut hingga generasi penerus?

"Sepanjang sejarah politik negara yang namanya revolusi, reformasi, pemberontakan, kudeta yang datang silih berganti; keadilan, kesejahteraan dan kemanusian yang masih saja langka di era zaman modern ini; apakah harus dibayar dengan harga mahal seperti tumbal reformasi? Sebenarnya harapan rakyat sangatlah mudah yaitu rasa aman, bisa bekerja dan bebas berpendapat untuk kehidupan yang manusiawi".

Enjoy, peace and love from Sukra.

Related Posts by Categories



65 comments:

muchlisin mengatakan...

Alhamdulillah komen pertama:
============================

Semoga reformasi ini tidak gagal di tengah jalan. Saya masih ingat kata kawan-kawan gerakan mahasiswa "jangan titipkan reformasi pada siapapun!"

renspandy mengatakan...

keduax

wew.. di fase 4, fase koalisi, makin aneh aja yah.. makin kompleks..
sebenernya saya rada bingung juga nih.. hoho..

♥ Neng Aia ♥ mengatakan...

masih seputar filosofi dan sejarah.

saya suka. :)

Rakhmat mengatakan...

Karena kehidupan ini terus silih berganti, bumi berputar yah bisa saja akan terulang kembali di generasi penerus tapi yang pasti harapan rakyat ini yang penting bisa mendapatkan rasa aman, bisa bekerja dan bebas berpendapat untuk kehidupan yang manusiawi. Semoga itu bisa terwujud baik di masa sekarang hingga generasi penerus.

Belajar SEO Para Pemula mengatakan...

wekekek.. kalo sejarahnya bagus, keulang berapa kali juga gpp deh.. hehehe.. :P

:: p R i n c E s S _ N :: mengatakan...

reformasi!!

Isdarmady mengatakan...

merdeka!!!!!!!!!!1

joegrimjow mengatakan...

yg pntg
pertahankan era sekarg

TRIMATRA mengatakan...

politik bikin otakku jadi gemezzzzzz.....

karila mengatakan...

Hmm..politik lagi ya bro..
Aku sendiri berpendapat...reformasi dan sukses tidaknya tergantung bagi diri kia untuk memaknainya..

karila mengatakan...

Hmm..politik lagi ya bro..
Aku sendiri berpendapat...reformasi dan sukses tidaknya tergantung bagi diri kia untuk memaknainya..

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi mengatakan...

maju terus dan Lanjutkan(loh)... hehehe...

JengSri mengatakan...

reformasi kalo gak tersusun dengan benar jadinya revolusi.

Kahono mengatakan...

Salam kenal bro.. bisaca politik aku palig gak mudeng.. tingkahnya aneh2
tapi reformasi ke arah yang lebi baik tetap perlu diperjuangkan..

Investpanas mengatakan...

reformasi suksess berkat kerja kita semuanya bukan dari 1 / 4 orang saja
thanks

faizz mengatakan...

reformasi?
apanya yang reformasi?
bagian mana yang direformasi?

ughhhh.....geleng-geleng

banggundul mengatakan...

sejarah dan filosofi nya mantab

suzhu mengatakan...

hmmm...asik juga baca postingan-nya. indonesia belum pada tahap reformasi tapi kita masih jalan ditempat, karena yang memerintah orang yang sama dari keluarga yang sama, seperti dinasti-dinasti yang saling menurunkan kekuasaan dan ideologinya.

i love this country so much but i deeply hate the goverment

Ari mengatakan...

Reformasi.

Positif apa Negatif?
Yang sering adanya kebohongan. Reformasi, perubahan untuk menginjak yang lemah.

Perubahan untuk melindungi Kapitalis.
Mungkin tepatnya Moneytism.

FMA mengatakan...

makasih mas infonya...
menambah ilmu buat saya dan lainnya sebagai pembaca....
mudah-mudahan diberikan ilmu yang bermanfaat dan segera diamalkan lagi ya mas...terimakasih...salam hangat....

FMA mengatakan...

makasih mas infonya...
menambah ilmu buat saya dan lainnya sebagai pembaca....
mudah-mudahan diberikan ilmu yang bermanfaat dan segera diamalkan lagi ya mas...terimakasih...salam hangat....

Lala mengatakan...

Apakah bangsa kita termasuk gagal dalam melaksanakan reformasi? Hmmmmmm...

Hadi mengatakan...

Hidup Reformasi!!!
tapi reformasi jangan bikin rakyat kecil jadi repot nasi...

Awal Sholeh mengatakan...

masih tentang sejarah ya sob. semoga bangsa ini belajar dari sejarah.

apabila yang berminat laptop klik disini http://awalsholeh.blogspot.com/2009/06/mp3-music-player-creative-zen-neeon-5gb.html

kado spesial mengatakan...

Terlalu banyak kepentingan yang bermain dengan reformasi yang membuat makna reformasi itu sendiri menjadi kabur dan semakin jauh dari tujuan semula

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Semoga reformasi yang sementara bergulir ini tidak menemui jalan buntu, sebab kapan gagal,.... berarti bukan reformasi namanya.

buwel mengatakan...

Sukses reus reformasi..heheheheh

budiawanhutasoit mengatakan...

sejarah pasti berulang..
yang penting reformasi harus tetap berjalan..biar bangsa ini semakin maju, tidak jalan ditempat.

escampur88 mengatakan...

Reformasi harus dilanjutkan..karena hasil tanggung akanmemperoleh kesiasiaan..
hidup reformasi

buJaNG mengatakan...

Hemmm jadi begitu ya..?

alhejawi mengatakan...

Hehehehe... kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda

mamas86 mengatakan...

Orang tidak pernah merasakan kegagalan suatu saat jike mengalamai gagal maka dia tidak akan mampu untuk bangkit lagi karena dia tidak tahu bagaimana caranya bangkit dari kegagalan tersebut

Tips PDA mengatakan...

teruskan perjuangan....

rental mobil di surabaya mengatakan...

postingannya oks bgt .....
itu di negara tirai bambu, kalo di negara kita sendiri gimana ya?......:)

blogger bisnis mengatakan...

mngkin kegagaln awal dari sebuah keberhasilan...

Kolektor Game mengatakan...

Mantap tulisannya, kalau menurut saya reformasi gagal karena tidak adanya komitmen mempertahankan apa yang telah dicita-citakan para penggagas reformasi..

Moto Modding mengatakan...

Hmmm, reformasi yang ada malah rakyat "repot nasi", ga tau deh pemimpin yg sekarang ga ada yg bisa di percaya...

belajar adsense mengatakan...

HIDUP INDONESIA lah pokokna mah.....

hendro mengatakan...

nice post makasih ya infonya im back again

Investasi mengatakan...

reformasi sebenarnya tidak gagal cuma sedang proses jadi butuh waktu, itu menurut saya

herusutomo mengatakan...

jangan samapi gagal deh reformasinya.Cuma butuh waktu lagi

violia mengatakan...

bagaiman bisa terjadi reformasi kan harus lanjut terus

kwangkxz mengatakan...

Kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Anonim mengatakan...

Nice Article...

One Simple Tech - Computer News, Reviews and Guides
The Forex Page - The Foreign Exchange
The Airlines Page - All Things Airlines
The Fitness Page - Guides to Healty Life
The Network Site - Networking Technology
The Adsense Site - Guide to Online Adsense Earning
The Asian Hotties - Sexy Asian Girls
Bali Page - Island of Bali
Guam Page - Island of Guam
Indonesia Page - All About Indonesia
MagicStix Site - Personal Blog of MagicStix

Internet Marketing mengatakan...

Salam kenal mas. Moga sukses ya.

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

perlu ditingkatkan terus

obat herbal multi khasiat mengatakan...

iyaa sipp !! Bersyukurlah jika anda mengalami kegagalan . Karena dengan kegagalan anda sedang disiapkan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar

kanker mengatakan...

hmmm...asik juga baca postingan-nya. indonesia belum pada tahap reformasi tapi kita masih jalan ditempat

Technology Informasi mengatakan...

Terlalu banyak kepentingan yang bermain dengan reformasi yang membuat makna reformasi itu sendiri menjadi kabur

Business And Finance mengatakan...

merdeka!!

Grosir Batik mengatakan...

kreatif banget

Obat Herbal Radang Sendi mengatakan...

I can't say anything about Politics, It's too hard.

tutorial pembuatan menu navigasi dengan html mengatakan...

huhuhu. selalu gak dapet pertamax

Obat Kolesterol Tinggi Tradisional mengatakan...

Terimakasih ya gan untuk semua informasinya. .
Nice juga desain blognya. . sukses terus

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Moviecamera21 mengatakan...

Buruan nonton diweb saya film2 terbaru
Subtitel indonesia, nonton gratis streaming bioskop online

Artikel Favorit dalam 1 minggu