Sabtu, 06 September 2008

Seni Perang

Seni identik dengan sebuah karya dengan kualitas yang luar biasa. Perang adalah pertempuran yang harus bisa diselesaikan dengan kemenangan. Seni perang adalah suatu cara yang luar biasa untuk menyelesaikan dan memenangkan dengan hasil yang luar biasa dan resiko minimal.

Salah satu seni perang yang terkenal dan pernah ada yaitu Sun Tze (Sun Wu) (± 550SM) dengan "Sun Tze Bing Fa" (seni perang Sun Tze) yang terdiri dari 13 bab yang mana hingga saat ini aplikasinya masih digunakan yaitu sebagai seni manajemen modern. Sekedar informasi, Sun Tze semasa dengan Kong Tze (confucius). Sun Tze lahir di negara Qi (propinsi Shan Dong) dan menjadi panglima perang di negara Wu (propinsi Jiang Su) pada 514 SM - 476 SM yaitu zaman Tiongkok kuno.

Seni perang Sun Tze memiliki banyak kesamaan dengan falsafah Dao dari Lao Tze (± 580SM- 500SM) yaitu tentang materialisme, naturalisme dan dialektikanya. Selain itu dalam seni perang Sun Tze diajarkan bahwa seorang pemimpin harus memiliki 3 hal yaitu keberanian untuk memutuskan pilihan, keberanian untuk mengubah keadaan atau strategi, dan keberanian menerima keadaan.

Sama halnya akan sebuah cerita, bagian yang terpenting adalah awal dan akhir. Bab awal seni perang Sun Tze tentang strategi dan bab akhir mengenai intelejen. Informasi tentang seni perang Sun Tze ini saya dapatkan dari sebuah diktat " Seri Ilmu Pengetahuan Traditional Timur: Ilmu Perang Sun Zi" oeh Lie Tjung Jie yang terbit pada november 1991 yang mana diterjemahkan dan dijabarkan secara bebas dalam 13 bab dan 108 pasal.

Ini kutipan yang saya coba jelaskan dengan pengertian saya:

Pasal 001: Perang adalah sebuah masalah besar yang akan menentukan apa yang disebut dengan mati, hidup, menang, kalah. Sehingga segala sesuatunya (strategi) harus dipersiapkan dengan cermat dan dipertimbangkan secara matang.

Pasal 002: Dalam perang terdapat 5 unsur yaitu

  • Moral yang berarti tujuan, prinsip, cita-cita harus selaras dengan keyakinan.
  • Alam yang berarti segala sesuatu berubah dan tak bisa dihentikan (waktu).
  • Ruang yang berarti langkah yang ditempuh apakah medan telah diperhitungkan, dikuasai dan dipelajari secara cermat.
  • Panglima yang berarti kemampuan untuk mengendalikan yang dimiliki. Lima kemampuan yang harus dimiliki adalah cerdik, jujur, welas asih, berani dan wibawa.
  • Peraturan yang berarti kedisiplinan dalam menjalankan organisasi dan strategi.

Dari dua pasal, saya menyadari apa yang tidak dimiliki hingga diri (saya, masyarakat, bangsa) sulit untuk menang dan maju.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Related Posts by Categories



4 comments:

andreas mengatakan...

pasal 002 itu sangat tepat untuk membaca cerita negeri ini. dalam amatan saya ilmu perang sun tzu jadi sumber inspirasi penting kalangan perusahaan dan modal. makanya kekuatan modal dalam dan luar negri lah yang mengendalikan negeri ini. makanya bacaan macam ilmu perang ini harus juga menjadi inspirasi rakyat

salam hangat

koko mengatakan...

ilmu perang sun zhu memang slalu menjadi inspirasi bahkan ilmu pernga ini sangat berguna untuk menentukan pilihan terutama saat pengambilan keputusan yang sangat sulit atau dianggap mustahil untuk dilakukan

Web Adsense Gratis mengatakan...

Hmmm...Ini ya seni perang Sun Zhu

Makasih ya infonya, bagus buat belajar

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

thanks yah mampir lagi

Artikel Favorit dalam 1 minggu