Jumat, 24 Juli 2009

Kebijakan demi Kejayaan

Perjalanan yang melelahkan dari desa Jayanusa ke kota karena harus mengelilingi kawasan Bintang Bermuda, menyebabkan banyak penduduk yang pindah ke kota. Rajamosa berpikir apa jadinya jika sebuah desa tanpa warganya dan bagaimana agar orang luar datang ke desanya.

Rajamosa mencari jawaban dan yang diperoleh hanya bersifat sementara. Hingga suatu saat di sebuah warung kopi, seorang saudagar kaya dan baik hati yang bernama Mandu mengungkapkan pendapatnya.

Desa harus memiliki daya tarik. Tidak cukup sebatas itu tapi harus memiliki kualitas yang mana tercipta karena adanya sumber manusia yang memiliki intelektual tinggi. Jika anda (Rajamosa) berkeyakinan mampu untuk mewujudkannya, maka Mandu siap untuk membantunya.

Rajamosa tahu betul akan apa yang dimaksud oleh Mandu yaitu memajukan pendidikan, karena disanalah akan tercipta manusia-manusia unggul. Dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, Rajamosa lansung memanggil Pangjaya untuk berdikusi dengan Mandu akan apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan kedepannya.

Langkah awal yang dilakukan Rajamosa adalah mendaftarkan semua anak-anak pandai dengan tujuan mengirimkannya ke luar untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Tiba-tiba, Mandu bertanya, "apakah itu adalah langkah yang tepat?" Bagi Mandu beasiswa hanya diberikan kepada orang-orang yang sangat berkualitas dengan harapan mereka menjadi penghubung antara desa dengan dunia luar karena sangat sedikit dari mereka yang kembali. Jika seluruh anak pandai dikirim ke luar maka siapa yang membangun desa ini. Dan jika kita mengirimkan mereka pada usia muda, apakah mereka masih memiliki hati untuk membangun desa ini dan tahan akan pengaruh buruk di luar sana. Jadi yang tepat adalah membangun sekolah, universitas dengan kualitas terbaik dan membangun jaringan yang kuat.

Rajamosa dan Pangraja merenung sejenak, dan membenarkan apa yang dikatakan Mandu. Jadi tahap selanjutnya adalah membangun sekolah dan universitas. Langkah awal yang dilakukan adalah menentukan kurikulum yang hendak diambil yaitu berdasar kurikulum negara maju atau membuat kurikulum sendiri. Mandu tanpa basa-basi, ambil kurikulum negara maju. Untuk pendidikan kok coba-coba, kegagalan berarti harus memulai dari 0 lagi dan itu merupakan kerugian yang sangat besar. Kurikulum negara maju telah memberikan bukti bahwa dengan kuantitas umum menghasilkan kualitas tinggi, jadi mengapa kita harus ragu.

Selanjutnya mencari guru-guru berkualitas. Pangjaya ditugaskan mencari guru-guru terbaik ke seluruh pelosok negeri oleh Rajamosa. Setelah beberapa bulan, ribuan guru terjaring oleh Panjaya yang kemudian dibawa ke desa-nya untuk diseleksi oleh Rajamosa dan Mandu.

Dalam proses seleksi banyak sekali terdengar kata: bintang 1 gagal, bintang 2 gagal, bintang 3 nanti dulu, bintang 4 tunggu kabar dari saya, dan bintang 5 keterima. Setelah seleksi Pangjaya yang penasaran akhirnya bertanya kepada Rajamosa apa maksud bintang 1 hingga 5 tersebut.


Rajamosa menjawab: itu adalah tingkat kemampuan guru mengajar. Bintang 1 adalah guru yang hanya mampu mengajarkan apa yang tertulis dalam teks saja. Bintang 2 adalah guru yang mampu mengajar dan menerangkan apa yang dimaksud dalam teks tersebut. Bintang 3 adalah guru yang mampu mengajar, menerangkan, dan menanamkan pada murid untuk menggali lebih dalam lagi apa yang ada dalam teks dan belajar dari segala sesuatu yang ada. Bintang 4 adalah guru yang mampu menghasilkan didikan dengan kualitas yang terbaik. Bintang 5 adalah guru yang mampu menghasilkan murid yang mampu berperan sebagai guru atau pembina.

Guru dan kurikulum yang baik adalah dasar untuk menciptakan manusia unggul. Jika guru tidak dapat menciptakan manusia dengan kualitas unggul maka tiada kata hari esok yang lebih indah karena kita selalu kalah dan berada di belakang.

Kebijakan yang umum tapi jarang dilakukan. Apa yang dilakukan adalah sebuah investasi besar untuk sebuah kejayaan yaitu sebuah desa dengan daya tarik yang fenomenal sehingga siapapun ingin datang ke sana. Resiko atau kerugian pada awal bagaikan memberikan sedikit garam ke dalam sebuah masakan yang nikmat.

Maaf jika ada kesamaan nama dan tempat.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi foto: http://www.scps.k12.fl.us/HR/_img/teacher3.jpg

Related Posts by Categories



45 comments:

hersu mengatakan...

kalu aku dah bintang 6 lho...ndak usah ngajar, muridnya pada bisa sendiri

suzhu BITES mengatakan...

huaaa...klo dibanding ma ni negara beda jauh. sekolah aja mo dibikin hotel. gimana mo maju coba...

Sigit mengatakan...

wah sudah merasakan belajar di luar negeri nih...makasih sudah berbagi..seru mas

khairuddin syach mengatakan...

Kalo gw termasuk guru bintang berapa yach??
Keknya Guru Bintang 4..hehehe...

C.Alv.B mengatakan...

Ilmu pengetahuan adalah satu kekayaan yang mahal sekali.. para guru adalah peneraju utama

kakve-santi mengatakan...

aduh terlalu dalem mas..

saya phobia kedalaman..D

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Semoga saya bisa menjadi guru yang mendapat bintang lima sobat.
makasih udah berbagi.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

tidak lupa ngevote sebelum pamit,... mari saling ngevote.
ditunggu kunjungannya.

Wisata SEO Sadau mengatakan...

ternyata guru ada tingkatan2nya ya.. hehehhe.. sip2

Rusli Zainal Sang Visioner mengatakan...

pengen jadi guru tingkat lima nih.. semoga :)

aldrix mengatakan...

aku dapet bintang berapa yah ??

bintangin aja kalee yah.. kwakwkawkak....


ada kontes lagi nee kang ... mau ikutan kah ??

http://apocalytyo.blogspot.com/2009/07/nothing-impossible-bukan-sekedar-impian.html

Ansgarius mengatakan...

nice info..

sewa mobil murah mengatakan...

bintangku malah sudah bintang 7. kepala pusing. :D

TIMADANG mengatakan...

menurut saya baik ya jika harus setaraf saja ke bintang-5

sedih ya hny dpat bintang -1
hehe..pasti pelajar ini golongan
yang lemah.

so klo begitu guru harus pintar
memberi jurusan yang sesuai
buat si lemah.

yang lemah itu tidak semestinya
selalu lemah.

Peluang Usaha mengatakan...

Pemerataan pendidikan untuk semua kalangan,,yang terpenting pendidikan tersebut harus dengan biaya murah atau gratiss kl, agar semua rakyat biosa mengenyam pendidikan dengan baik

Pasang Iklan Gratis mengatakan...

Informasi yang menarik adalah informasi yang membuat pembacanya mendapatkan manfaat darinya.
Semoga informasi anda menjadi salah satunya.
Bisnis Internet
Internet Marketing

Coretan Imtihan mengatakan...

untuk maju, sebuah negara harus mementingkan pendidikan. kira2 begitu yg saya tangkap dari cerita ini

uefa mengatakan...

kebijakan yg harus diterapkan di Indonesia tuh...

Nikmaya John mengatakan...

Kejayaan sudah lupa pada kebijakan,,,

Iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Memang kita harus bijak untuk memperoleh kejayaan

kanker mengatakan...

setuuujuuuuu gan......

Technology Informasi mengatakan...

Semoga saya bisa menjadi guru yang mendapat bintang lima sobat.

Business And Finance mengatakan...

aduh terlalu dalem mas.

busana muslim mengatakan...

ilmu memang tidak berat dibawa kemana2

obat tradisional batuk berdarah mengatakan...

memang segala sesuatu hal harus di ambil dengan bijak

obat herbal asam urat mengatakan...

aduh terlalu dalem mas.

taruhan bola online mengatakan...

nice posting gan..

agen bola mengatakan...

keep posting ya

agen guavita mengatakan...

ternyata ceritanya berlanjut. mantep deh gan

Toko Ace Maxs mengatakan...

Informasi yang disajikan diwebsite ini bermanfaat banget gan. . thank's ya
Jangan lupa mampir balik

Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak mengatakan...

Ijin nyimak nih gan. . mantap banget artikelnya
jangan lupa mampir balik ya, Sukses

Obat Herbal Disentri Alami Terbaik mengatakan...

Mantap dan keren banget nih artikelnya. . informasinya juga bermanfaat
Thank's ya gan, salam sehat

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
semoga bermanfaat, terimakasih

Obat Herbal Penyempitan Pembuluh Darah Ekstrak Alami mengatakan...

artikelnya menarik banget gan. .
thank's ya, semoga bermanfaat

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi & cerita yang disajikan sangat menarik dan bermanfaat gan. .
thank's ya

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's infonya gan. . semoga bermanfaat

Obat Herbal Sakit Kepala Ampuh mengatakan...

Mantap banget gan infonya..

Obat Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah mengatakan...

semoga cerita menarik dan informasi yang disajikan bermanfaat ya gan. .
terimakasih

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu