Senin, 19 Mei 2008

Hati, Jantung adalah Hal yang Sama

Suatu hal konyol jika mengatakan hati dan jantung adalah sama, karena mereka merupakan dua hal yang berbeda. Jika benar dapat diidentifikasikan pasti ini adalah sebuah lawakan, tapi bagaimana jika ini bukan sebuah lawakan belaka?Disini dicoba untuk diuraikan bahwa hati adalah jantung, baik secara lawakan maupun yang masuk logika.

Secara lawakan tentu hanyalah sebuah permainan bahasa. Hati yang merupakan tempat berdiamnya perasaan seperti suka, senang, marah, gelisah, takut, sedih bila dijadikan bahasa inggris menjadi heart. Heart bila dikamuskan ke dalam bahasa Indonesia berarti jantung yang merupakan organ tubuh sebagai pusat peredaran darah. Disini terbukti bahwa hati adalah jantung, meskipun memiliki makna yang berbeda.

Tak puas akan uraikan diatas mari lanjutkan pembuktian bahwa jantung dan hati adalah hal yang sama.

Jantung memompa darah ke otak sehingga manusia dapat berpikir dan memutuskan apa yang hendak dilakukannya. Emosi yang berada di hati, diperoleh dari panca indra atau memory yang berupa kenangan, yang dikeluarkan dan diolah sebagai informasi sebagai bahan untuk memutuskan suatu tindakan dan kemudian disimpan kembali dalam hati.

Jadi, Otak aktif karena adanya jantung dan bekerja karena adanya hati. Keputusan atau kebijakan yang ditempuh menunjukan jati diri seseorang. Dimana jati diri tidak akan tercipta jika salah satu dari hati atau jantung tidak berfungsi. Dengan kata lain hati dan jantung adalah hal yang sama yaitu membentuk jati (JAntung haTI) diri seorang manusia.

Sedikit memaksa, tetapi benar. karena jati diri adalah ciri-ciri atau gambaran seseorang yang dilihat dari jiwa dan daya gerak dari dalam.

Jantung adalah bentuk fisik
Hati adalah fenomena psikologi
jati adalah kebijakan diri

Kesimpulan, jantung dan hati berbeda, tapi sama yaitu membentuk jati diri manusia.

Enjoy, peace and love

referensi photo: http://image3.birthdaycards.com/dbc/i/c/isp_GlowingHeart1.jpg

Related Posts by Categories



4 comments:

Meily mengatakan...

Dear Zener,
Saya suka akan kepiawaian anda bereksplorasi dan berbagi. appreciate.
Pertanyaan: Yang dimaksud Zener dalam tulisan ini, hati dan jantng dalam konteks sosial emosional? karena dalam anatomi fisiologi hati adalah liver berfungsi terutama untuk metbolisme dan detoksifikasi, sedangkan jantung adalah heart
berfungsi terutama dalam peredaran darah.
Tks and Gbu always

Kerja Keras Adalah Energi Kita mengatakan...

Artikel yang bagus bro. Setelah membentuk jati diri, jangan sampai kita Mengembalikan Jati Diri Bangsa kembali. Karena itu membutuhkan Kerja Keras Adalah Energi Kita yang besar, dan akan mengalami proses waktu yang lama.

Salam kenal :)

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

tapi berbeda fungsi

Umpan Jitu Ikan Mas mengatakan...

Uraian yang mantap

Artikel Favorit dalam 1 minggu