Jumat, 13 Februari 2009

Cinta Untuk Senyum Anak-anak di Dunia

Sulit menjelaskan dari mana judul ini muncul dan bagaimana cara menyampaikan keinginan yang sederhana ini kedalam sebuah tulisan. Hal yang disebabkan karena banyak yang saya lihat dengan mata, dengar dengan telinga, rasa dengan hati, dan berpikir dengan logika.


Dunia berarti segala sesuatu yang berada di atasnya (bumi). Hanya anak-anak, ditangan merekalah kehidupan dunia di masa depan akan dibawa ke arah yang lebih baik atau buruk. Senyum merupakan suatu identitas yang bermakna kesenangan, kebahagian dan keberhasilan yang mana memiliki kekuatan untuk memberikan perasaan damai kepada orang yang memberi ataupun yang menerima. Untuk memiliki makna suatu harapan yang menjanjikan. Sedangkan, cinta adalah tempat dimana perasaan kasih itu berada dan menjadi istimewa yang mana dapat diberikan kepada pasangan, orang tua, dan orang banyak (universal). Cinta untuk senyum anak di dunia berarti sebuah perasaan kasih yang diberikan untuk sebuah senyum penuh mimpi dan kedamaian pada diri anak-anak yang diharapkan masa depan yang cerah dan damai untuk bumi tercinta.

Diawali dengan melihat apa yang saya temui di tempat-tempat umum. Mereka (anak-anak kecil) lebih suka menyanyikan lagu tentang cinta (orang dewasa) daripada lagu anak-anak. Padahal lagu adalah salah satu media untuk mendidik dan mengajar yang efektif. Mendengar sekeliling tapi tiada yang bersuara. Mereka tiada peduli pada lingkungan, fokus pada ...-nya, ...-nya, ...-nya. Inilah yang terjadi, keadaan terus berubah dan tanpa disadari hari ini akan menjadi sejarah ketika tengah malam berlalu.

Perasaan ini gundah, melihat apa yang sedang terjadi. "Dingin" rasa tak peduli akan segala sesuatu yang terjadi. Tapi ada sebuah rasa cinta yang mana membuat saya terus berharap dan berpikir tentang apa yang dapat saya lakukan untuk dunia ini. Dimulai dari sebuah senyum untuk diri saya dan orang lain. Tapi ini tiadalah cukup karena mereka (media informasi) memiliki kekuatan untuk mempertahan apa yang menurut mereka berharga (keuntungan).

Berpikir secara logika, tiadalah mungkin. Ketika keputus asaan menghampiri, saya mendengar lagu anak-anak seperti karya ibu Sud atau A.T Mahmud. Lagu yang telah lama hilang ternyata masih ada yang mengumandangkan. Seberkas cahaya telah tampak tapi apakah dapat bertahan. Pengaruh zaman kadangkala membuat lagu yang indah terlihat tiada bermakna. Apakah dunia ini tidak ada lagi manusia seperti ibu Sud atau A.T Mahmud yang begitu peduli kepada anak-anak baik untuk masa kini atau masa depannya.

Apakah perlu diadakan sebuah kompetisi mengarang (bukan menyanyi) lagu anak-anak? Yang mana dikemudian hari dapat diperlombakan di seluruh dunia seperti World idol? Itulah keinginan sederhana yang ingin kusampaikan.


Untuk Cinta ada cokelat dan bunga
Dari Cinta ada nyanyi dan tari
Oleh Cinta ada kedamaian dan keindahan
Karena Cinta ada tawa dan senyum
anak-anak di dunia
Happy Valentine

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo:

Related Posts by Categories



72 comments:

DUNIA KITA mengatakan...

ingat boz, cinta itu ada tatacara dan aturan atau urutannya....jangan terpedaya akan cinta yang kita lihat, halah.......(lupakan saja)

Lies mengatakan...

gak akan komentar ttg cinta ato palentin ah :D (mau Pa Lentin kek ato Bu Lentin, gak ngaruh :D )

tp setuju dengan kompetisi menulis (mengarang) untuk anak2 sehingga akan menjadi inspirasi bagi anak2 lainnya, bukan hanya kompetisi menyanyi saja!!!!

Erik mengatakan...

Bagus banget gambarnya?

Gambar awan itu memang aslikah?

Saya juga setuju dengan kompetisi mengarang, hanya saja materinya disesuaikan dengan usia mereka. Jangan seperti idola cilik

Rakhmat mengatakan...

Saya juga mendukung, tapi mari kita mulai dari yang paling kecil yaitu dari keluarga kita sendiri... karena kesibukan kita hal ini akan bisa terabaikan... maka kembali ke diri kita apakah selama ini sudah kita berikan cinta untuk senyum anak2 kita ? jika sudah mulailah mendunia :)

nanoq da kansas mengatakan...

Setuju dengan Rakhmat, bahwa jika kita berharap dunia akan menjadi lebih baik di tangan anak-anak nanti, maka mari kita berikan senyum dan cinta kepada anak-anak kita. Mari berhenti menyuguhkan perang, kebohongan politik, kemunafikan berkedok agama, pergunjingan dalam bentuk infotainment, penghasutan atas nama Tuhan, dan sejenisnya kepada anak-anak kita! Salam :)

suryowidiyanto mengatakan...

wah mentang2 momentnya hari valentine nih? uhuuuuuuiiiii.....

syue mengatakan...

wah,suke bangat sama ini posting :)
really interesting.hee~

tp, saya tk bercinte. tkde feel sangat la ;DD

ekha@bella mengatakan...

entry ni sempena valentine's day ke? :)

Linda Belle mengatakan...

bln feb emang month full of love dah!!

devianty mengatakan...

anak merupakan generasi penerus yang harus kita jaga, beri mereka cinta kasih yang tulus

dewi mengatakan...

dunia kita harus lebih baik, jangan perlihatkan kekerasan dan kekejaman kepada anak

belajar dan berbagi mengatakan...

waduh,, lum pnya anak neh, kawin aja blm..hehe..

intinya jaga anak2 dari segala hal negatif dan berikan suplemen yg positif dalam kehidupan sehari2 nya..

Mish Hawtchocolate mengatakan...

cinta itu indah.
=)

Aries mengatakan...

Cinta sejati itu seperti hantu....Dibicarakan sama bnyk org tapi cuma beberapa og aja yg pernah bener2 menemukannya... cheers.. :)

musse mengatakan...

cinta ya?
q gak ngerti apa itu cinta??
hehehehe..

banggundul mengatakan...

gambarnya bagus!
apalagi isinya

mocca_chi mengatakan...

senyum dalam rangka valentine kah?

bunda 4zka mengatakan...

Wah... koq semua postingan org2 nuansanya valentine semua ya??

' Li ' mengatakan...

emang gini hari mana ada lagi anak2 nyanyi lagu yg sewajarnya di nyanyikan oleh anak2...
sedih siy...cm ya kenyataannya begitu...hiks..

Johanas mengatakan...

uh...

Valentine gak punya pasangan ,mengerikan....

yulia mengatakan...

cinta itu kayak nano nano, manis,asem dan asin, rame rasanya ^^

azwinner mengatakan...

lomba nya gw dukung...
tp gw gak ikut jd peserta,
gak bisa...
hehehhhehhe

Rian Adhivira mengatakan...

wuaa silau kena kemilau cinta... haha
met valentine day !!

chacha mengatakan...

boleh juga tuh, kompetisi mengarang lagu anak...
abiz, anak-anak sekarang lebih suka lagu "cinta ini membunuhku" daripada "libur tlah tiba"

dwinacute mengatakan...

waaaahhh romanties ya. di saat kebanyakan orang hanya ngucapin happy valentine ama pasangan ehhh tiba tiba ada gak lupa ama anak anak di dunia. good luck y

saya berkata mengatakan...

bos, saya pikir yang bos bilang bener, kasih itu apa bener2 sudah hilang yah. nggak ada lagi tuh yang tergerak untuk bikin lagu anak atau sibuk menghayati dunia anak. anak malah dijadiin barang pameran (eeh anak gw bisa 3 bahasa, anak gw sekolah di sekolah internasional, anak gw udah pinter main piano, dsb)... sedih yah..
btw iseng nambahin kalo boleh, namanya cinta itu isinya kalo nggak kasih yah nafsu. anak itu bisa jadi buah kasih atau buah nafsu? mungkin sekarang dunia udah terlalu didominasi oleh nafsu, sehingga anak merupakan buah nafsu. tampak dari bagaimana anak-anak diperlakukan untuk pemuasan ambisi orangtuanya.
jarang ada anak yang mendapatkan refleksi kasih orang tuanya. kasih berarti ada pengharapan. pengharapan bahwa anaknya bisa bahagia di dunia yang makin lama makin kejam. pengharapan bahwa anaknya sempat merasakan cinta ketika besarnya nanti ananda harus bersaing untuk hidup. pengharapan bahwa anaknya merasa sebagai buah kasih bukan buah nafsu belaka.
Sadarkah kita sebagai orang tua sebetulnya sebelum anak lahir sudah memikul beban? Beban bahwa dia harus hidup membawa seperangkat gen milik orang tuanya agar dapat hidup dikemudian hari. seperangkat gen itu justru makin dibebani dengan ambisi agar orangtua yang dibalut dengan norma agama dan sosial yang mengharuskan anak harus berbakti kepada orang tua. orang tua baru bisa merasakan bakti anaknya kalau orang tua dapat mencicipi keberhasilan anak sebelum mereka mati. andaikan orang tua menawarkan kasih, mungkin. mereka bisa hidup selamanya dalam hati sanubari anak "ayah ibu, terima kasih sudah memberikan kesempatan hidup di dunia yang indah ini" (kapan kita terakhir dengan jujur mengucapkan ini)

Itik Bali mengatakan...

Cinta itu absurd..
membuai
menyenangkan
dan buat saya gak menyakitkan

betul tidak?*logat AA Gym*

Salam kenal ya mas..

Fanda mengatakan...

Aku ga bisa nyanyi, jadi aku datang bawa syair aja, syair tentang cinta...Cinta yang sederhana itu memang sdh luntur digantikan oleh cinta 'komersiil' ala sinetron dan musik. Mari kita bagikan cinta yg tulus, lewat sapaan, perhatian dan senyuman dari kalangan kita sendiri: para blogger, khusus dimulai Valentine day ini!

BlaGaBloGer mengatakan...

Valentine days buat semua kalangan, termasuk buat anak-anak....
jangan cuma buat anak orang ketemu gede... hehehehe

Loecky Febriansyah mengatakan...

Cinta Yes, Valentine No. Cinta itu bukan hanya ungkapan tapi suatu bukti perbuatan yang nyata untuk orang yang dicintai. Kalau mo ambil dari iklan: " Talk less do more..", that is Cinta. (lf)

wfqh wfqh mengatakan...

iyaaaiyaaaaa.indah sungguhh.:)

joo mengatakan...

Hmmm..dah ada idola cilik tuw...
kiekiekeikek...

zener_lie mengatakan...

bukan kontes menyanyi tapi kontes mengarang lagu :)

nyanyi lebih cenderung menunjukan sesuatu yang mana menjadikan dirinya terkenal. mengarang walau mungkin tujuannya sama tapi memiliki tujuan utama yaitu ingin mendidik :)

nirmana mengatakan...

pengaruh budaya instant yg dibawa para kapitalis, semua ingin menjadi terkenal, populer dengan cara yg instan lalu lahirlah acara2 idol yg meracuni jiwa anak2.

klo lomba mengarang saya setuju, tapi apakah ada kapitalis yang tertarik dengan dunia karang-mengarang???

Lala mengatakan...

Gambarnya kerennnn..., artikelnya juga keren kok. Peace and Love...

boykesn mengatakan...

saya sangat bahagia jika masih memiliki cinta, sayang...dan berbahagialah jika ada yang masih memilikinya...

YST mengatakan...

inilah yg namanya peradaban manusia

Linda Belle mengatakan...

klo ditmp saya ada coklat dan jeruk mas hehe...HAppy HEart day ya

Wiran mengatakan...

Ow ya ni tanggal 14 ya... Kakak perempuanku ulang tahun...jadi inget (maaf niy ga ada hubungannya ma postingannya)

♥ Cik HeLena ♥ mengatakan...

wah bagus sekali karya mu itu...apa2pun teruskan berkarya..
happy valentine day buat kamu

fuda mengatakan...

pantas kah anak2 skarang menyanyikan lagu cinta.. ekeke

bisa di diliat dari acara idola cilik pada salah satu stasiun tv swasta. pasti lagunya cinta mlulu...

emang parah deh. jama skarang. dah gada lagi penerus ibu sud, At mahmud, kak seto, yang pada zamannya produktif menciptakan lagu anak2...

nah skarang siapa.. eh mengapa bgini mengapa bgtu..
tanyakan pada galeleo... wkookwwkow

ilmair mengatakan...

wah tadinya saya juga punya archive yang belum di posting tentang lagu anak-anak yang masuk ke dunia yang bukan dunianya... wah zaman memang sulit di kekang.. perkembangannya terkadang melupakan budaya dan agama yang telah ada dan seharusnya jadi patokan pedoman hidup.. sayang sekali mulut kecil ternoda oleh ucapan yang belum atau bahkan tidak pantas...

LiYaNa mengatakan...

saat saya terbaca artikel ni... minda saya singgah di Gaza... mengenangkan nasib anak-anak Palestin di sana.. bagaimana mereka menempuh hidup yg dipenuhi dgn tangisan.. tiada lg senyuman..... (-_-)

Dhe mengatakan...

^_^

Bunga Binti Nordin mengatakan...

how sweet!

Anonim mengatakan...

nice article :)

ninin mengatakan...

cinta sgt subjektif....
setiap manusia mempunyai maksud yg tersendiri mengenai cinta....))

cinta sesama manusia penting...
bila sama mencintai dunia juga akan jadi aman...))

Fallen Angels mengatakan...

Seandainya dunia ini emang seindah puisi...

Senoaji mengatakan...

wewwww... tadi pagi seseorng dengan bersendu, datang ke lubuk hati, menggedor pintu prasangka dengan amarahnya, lalu berteriak kembalikan cinta kepadaku... ambil matiku ambil airmataku, tapi jangan biarkan aku tercincang oleh cinta yang bersenggama di relung2 itu... dan lelaki itu pulang ke peraduan malam, kemudian paginya ditemukan tertambat di gejolak pagi dengan senyum paling bijak yang pernah dia akhiri.. lam kenal kunjungan perdana

Senoaji mengatakan...

dan yang ditemui oleh lelaki itu adalah sebuah kelembutan yang memaksanya mengelus dan menggelitiknya dengan kasih sayang, senyum seorang lelaki kecil yang belum pernah mengaduh tentang cinta. memang anak bisa jadi alternatif lain mempergunjingkan cinta

renspandy mengatakan...

bener tuh.. jauh lebih bagus kalo nulis lagu ketimbang 'cuma' nyanyiin...
nice post bro.. ^^

Lyla mengatakan...

kasih sayang untuk anak2 seluruh dunia tidak hanya pas saat hari valentine aja... tiap hari penuh dgn kasih sayang duh.... senangnya andai itu bisa terwujud...

masakan kita mengatakan...

hari kasih sayang gak hanya pada bulan february sob...?
hohoho...

bisnisway mengatakan...

wah grafisnya keren bro... salam merdeka!

www.katobengke.com mengatakan...

wah tapi judul kamu bagus skali.....
kemu menunjukan bahwa cinta dengan makna yang cukup luas....
kamu adalah jiwa pecinta anak2.....
kamu adalah manusia yang diciptakan dengan penuh cinta kasih....
god luck yah....

alhayat mengatakan...

senyum, bahasa universal untuk mengungkapkan kebahagiaan.
tp jgn kebanyakan senyum, ntar dibilang GILAAAAAA

masakan kita mengatakan...

yg ngerayain...met pak lentin ya...hohoho...

Brigadista mengatakan...

Jika duni berdasa cinta kasih makas takkan ada pertikaian yang berarti,....

Secret 4 SEO mengatakan...

Aku juga anak-anak cinta untuk senyumku mana haha

Joe mengatakan...

Cinta ya kadang bikin bingung kadang juga bikin indah dan berartinya hidup
Salam Kenal

tyas mengatakan...

mulai dari anak2 di keluarga kita dulu.. sukses n bahagia mereka adalah sukses kita juga krn bisa mendidik n mengasuh dg benar.. kemudian baru menyebar dan menular ke lingkungan yg lebih besar.. sampai bisa kita lihat bahagia dan prestasi seluruh anak di dunia....

(mungkin nggak ya...?)

nowGoogle.com Adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

artikel yang bagus sobat. dukung kami yah di kontes SEO...nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular yah...sukses selalu buat sobat

Coretan Imtihan mengatakan...

saya masih ingat, dulu masih ada siaran2 lagu anak2 di tv nasional kita. Sekarang acara musik di tv didominasi oleh musik dewasa dan hampir tidak menyisakan bagi acara untuk lagu anak2

agen xamthone plus tangerang mengatakan...

setu banget,,,

ciptakan sejuta cinta untuk mereka
anak'' di dunia
hehhe

obat penyempitan pembuluh darah mengatakan...

Mange ønsker seg en grønn plen i hagen. Her følger oppskriften på hvordan vi har holdt en tett, grønn, hardfør gressmatte i 16 år. Uten mose og ugress.

obat kanker prostat mengatakan...

aku hanya ingin numpang komen byy the way thanks yah...telah di muat....

agen ibcbet terpopuler mengatakan...

terharu banget gan setelah membacanya.... sukses terus ya bareng blognya :)

biaya sumur bor mengatakan...

lagu-lagu anak sudah jarang didengarkan

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Artikel Favorit dalam 1 minggu