Jumat, 11 April 2008

Usia dan Status

Dahulu pada saat saya melakukan kesalahan ada yang mengatakan, "kamu tuh sudah besar" atau "dasar anak kecil." Jadi sering kali kubertanya dalam diri tentang kapan seseorang dapat dikatakan dewasa. Apakah 13 tahun untuk wanita dan 16 tahun untuk pria? atau 17 tahun untuk wanita dan 21 tahun untuk pria? Hmm.... Setelah banyak baca buku ternyata tidak ada patokan kapan manusia disebut anak-anak, remaja, dewasa atau tua.

Secara umum usia terbagi atas empat kategori yaitu:

  • Usia kronologis: jumlah tahun sejak dilahirkan
  • Usia biologis: sisa waktu kehidupan sebelum ajal
  • Usia psikologis: kemampuan adaptasi, perasaan subyektif terhadap usianya
  • Usia sosial: pandangan masyarakat akan peran, tangung jawab

Usia Kronologis menurut ilmu kesehatan Tiongkok tingkat kedewasaan (tian gui) dihitung dari siklus yang terjadi pada tubuh manusia dimana pria biasanya siklusnya 8 tahunan dan wanita 7 tahunan.
  • Pertama yaitu tahap pertumbuhan anak ditandai dengan tanggalnya gigi susu (L: 8 thn, W: 7 thn).
  • Kedua, tahap remaja dimana sudah dapat regenerasi karena pria telah dapat mengeluarkan sperma dan wanita menstrubasi (L: 16 thn, W:14 thn).
  • Ketiga, tahap dewasa dan kesiapan berkeluarga ditandai pertumbuhan gigi telah sempurna(L:24 thn, W:21thn).
  • Keempat, pria dan wanita berada di tahap puncak kematangan biologis (L:32thn, W:28thn).
  • Kelima, proses penurunan ditandai dengan munculnya keriput dan rambut mulai rontok (L:40 thn, W:35 thn).
  • Keenam, mulainya masa penuaan karena munculnya uban pada rambut (L:48thn, W:42thn).
  • Terakhir adalah keadaan menurunnya fungsi organ dan alat gerak dan untuk wanita sudah tidak dapar reproduksi lagi(P:64 tahun. W:49thn).
Catatan: perhitungan umur +1 tahun karena berdasarkan perhitungan shio.

Akan tetapi yang menentukan dewasa tidaknya seseorang bukanlah usia kronologis tetapi usia sosial dan usia psikologis yang bersifat subyektif.

Kesimpulannya: Seorang anak kecil dapat dikatakan dewasa bila dapat memikul tanggung jawab besar dan memiliki pandangan luas dimana diperoleh dari pengalaman, pendidikan, dan informasi di sekitarnya. Seorang tua dapat dikatakan muda bila selalu belajar dan tak pernah mau berhenti. Seorang dewasa dikatakan anak kecil bila tidak dapat menjalankan tanggung jawab dan bertingkah laku seperti anak kecil.

Dimanakah status usia anda? Janganlah anda berkata dewasa jika belum dapat menentukan keputusan, melihat resiko yang ada di depan mata dan bertanggung jawab atas pilihan yang diambil.

Enjoy, peace and love

Referensi:
"Intisari: Kumpulan Artikel Psikolog 3", Jakarta, PT Gramedia, 2008
http://static.flickr.com/113/306693777_f9778297c3.jpg

Related Posts by Categories



1 comments:

Anonim mengatakan...

Skarang ini malah banyak anak-anak yang Dewasa sebelum waktunya. Mengetahui apa2 yang seharusnya belum diketahui di usia mereka dimana semua itu pada akhirnya merusak moral mereka.

Artikel Favorit dalam 1 minggu