Sabtu, 28 Juni 2008

Perjalanan Pendidikan

Perjalanan pendidikan saya S2 di ITB (Institut Teknologi Bandung) telah selesai dengan predikat cumlaude, yang sebelumnya S1 di UI (Universitas Indonesia) dengan nilai sangat memuaskan. Saya sadari perjalanan pendidikan ini tidaklah mudah dan setiap perjalanan memiliki peran dan arti sendiri. Oleh karena itu, janganlah salah dalam melangkah karena langkah yang diambil akan menentukan masa depan.

Perjalanan pendidikan, saya bagi atas empat yaitu perjalanan sebelum S1 (SD, SMP, SMA), S1, S2 dan S3. Berikut adalah perbandingan setiap jenjangnya.

Perjalanan sebelum S1 adalah langkah untuk membentuk karakter manusia. Manusia saat ini bagaikan selembar kertas putih sehingga mereka cenderung mengikuti apa yang dilihat, dirasa, didengar dan diajarkan. Oleh sebab itu pilihlah sekolahan dengan lingkungan yang baik agar tercipta suatu kebiasaan dan pengetahuan dasar yang baik.

Perjalanan S1 adalah perjalanan yang membentuk pola pikir manusia. Manusia telah memiliki dasar pengetahuan, sehingga mereka tidak hanya mengikuti teori saja tapi melihat, berpikir kemudian memutuskan apa yang terbaik bagi dirinya. Oleh sebab itu usahakanlah masuk universitas terbaik karena disanalah berkumpul dan berinteraksi dengan manusia yang secara umum memiliki pandangan terbaik. Perlu diingat pola pikir dan karakter ditentukan oleh manusia dalam bermasyarakat. Kehidupan kampus adalah miniatur kehidupannya.

Perjalanan S2 adalah perjalanan untuk mendalami suatu keahlian tertentu. Manusia ingin berbeda dan memiliki keinginan untuk lebih dari apa yang telah dimiliki saat ini. Oleh sebab itu pilihlah bidang yang diinginkan kemudian pilih universitas yang memiliki kualitas terbaik di bidang tersebut untuk menciptakan keahlian yang unggul.

Perjalanan S3, perjalanan yang belum kulalui tapi yang saya tahu perjalanan ini adalah pembuktian tentang diri dalam dunianya. Sehingga pilihlah pembimbing dengan kualitas tingkat dunia dan mempunyai sederet publikasi internasional dibidang yang diinginkan untuk melakukan penelitian.

Perjalanan sebelum S1 adalah perjalanan yang umumnya ditentukan oleh orang tua, jadi saya percaya pilihan orang tua adalah pilihan yang terbaik. Perjalanan S1 adalah perjalanan yang umumnya ditentukan oleh diri sendiri jadi berikut adalah tips-tipsnya. Pertama tentukanlah apa yang menjadi minat, dilanjutkan dengan memilih beberapa universitas terbaik. Sebelum menentukan pilihan lihat kembali apa yang menjadi tujuan dirimu setelah lulus, dan pikirkanlah kondisi dirimu jika kuliah di tempat tersebut (jarak, uang, keluarga, beasiswa dan lain-lain).

Oke sekian dariku. Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi Photo: http://www.artsandsciences.leon.k12.fl.us/Icons/graduation.jpg


Related Posts by Categories



3 comments:

mel mengatakan...

untung perjalanan pendidikan 'cuma' sampe S3, coba kalo ada lebih tinggi lagi, bisa pusing deh..... mpe S3 aja uda melelahkan bow

cathy mengatakan...

Congratulation ya, udah lulus CUMLAUDE! menurut aku setiap jenjang pendidikan itu adalah anugrah, jadi tidak boleh disia-siakan. Tidak boleh didiamkan mengendap, harus dibagikan atau bahkan ditambah terus selama ada kesempatan. Ditunggu karya nyatanya di bumi pertiwi ini!

Free! mengatakan...

Ilmu akan bermanfaat bila dirasakan oleh banyak orang.

Jujur...saya hanyalah seorang S1 dan lulus dengan predikat 'Alhamdulillah Lulus Juga' :)

Lanjut ke S2? Bukan pilihan utama, karena uang yang ada saya gunakan untuk membuka usaha, sehingga peluang kerja baru dapat tercipta. Walaupun usahanya masih kuecil :)

Lanjut ke S3? S2 aja belum :)

Namun demikian, bukankah hidup memiliki berjuta pilihan?

Dan semoga kita saling menghargai atas pilihan tersebut :)

BTW congrate ya atas Cumlaudenya! Salut!

Artikel Favorit dalam 1 minggu